Tempat Wisata di Pulau Bintan/ Bintan Island – versi saya!

Beberapa waktu lalu pingin  nulis tentang Pulau Bintan, dengan harapan kalo nggak males dan ada waktu luang. Nah berhubung besuk hari Sabtu tanggal 14 May 2011 akan ada Putri Ibu Bos saya dulu pas di Jakarta,akhirnya saya berupaya untuk nulis tentang Bintan ini untuk Mbak Menik yang cantik. Nama lengkapnya Maryani Paramitha Astuti, entah kenapa nama kesayangananya dikeluarga Ibu dipanggilnya mbak menik…jadi ingat dengan kebersamaan keluarga besar Bapak Daryatmo Mardiyanto * semoga selalu sehat selalu bapak dan ibu* saya dari dulu nge-fans sama mbak menik ini. Mbak menik ini umurnya jauh dibawah saya, *dah ketahuan tuwir neh…:D ….tapi begitu saya kenal dari dengar ceritanya dari Ibu bos saya dulu saya langsung nge-fans. Anaknya kecil imut, cantik & manis, pinter lagi. Dari kecil prestasinya luar biasa. Dulu tinggalnya didaerah Jakarta TImur. Ibu Bos saya dulu selalu bercerita sama saya, nggak usahlah sekolah swasta mahal mahal tuh buktinya mbak menik, TK-nya Tadika Puri aja, SD-nya SD negeri unggulan di Jakarta Timur, terus SMP-nya SMP Negeri  unggulan dijakarta kalo tak salah SMP negeri  15 atau 115 * maaf kalo salah yah mbak menik…hehehe walah lupa aku, tapi aku ingat SMP Itu didaerah mana dijakarta. Terus SMA-nya SMA Negeri 8 yang ceritanya satu kelas sama pemeran  utama laki lakinya…AADC (Ada Apa Dengan Cinta itu) siapa yah namanya  Nicholas Saputra yah???!! Correct me if I am wrong kawans…* maklum dah emak emak dah lupa nama artis- emak nggak gaul pula * plakkkkk…(Plakkkk : entah kenapa jadi suka pinjam tulisan plakkkkkk ini setelah sering baca koment komentnya Yoga Pratama alias Gaphe yang ada di blog ini nieh  ( http://gaphebercerita.blogspot.com/)

Kemudian mbak menik ketrima di ITB, lulus dengan predikat Cumlaude atau Summa Cumlaude gitu lho..lupa  saya * sedangkan saya..waduh IPK berapa yah jaman dulu ..yang penting bukan nasakom aja…hehehe itupun hasil kerja keras dan wayangan tiap hari. Terus Mbak menik ketrima buat S2 di Standford University di USA plus Singapore…lalu sekarang PR disingapore, bekerja disana..wuihhhhhhhhh betapa membuat saya semakin nge-fans. Saya ingin kinan kelak kayak mbak menik pinternya * amien amien….Nah kapan hari kabar kabar mau ke Bintan mau nginep di Lagoii Beach (kawasan wisata di pulau Bintan yang diset kayak Nusa Dua Bali) dan juga jalan jalan keseputaran pulau Bintan. Akhirnya buat gambaran saya janji kasih ringkesan  tempat tempat wisata apa aja yang bisa dikunjungi di pulau Bintan ini. Buat kawan  kawan yang tinggal di BIntan yang mau nambahi boleh komen disini biar saya tambahkan dalam ringkesan saya buat mbak menik besuk. Ayo Ibu Dini yang ada di blog ini - (http://barbiedini.blogspot.com/)  bantu saya dong mbak..hehehe…soalnya terus terang saya bukan orang asli Bintan jadi bisa jadi keselip tidak masuk dalam tulisan saya .

Ayo dimulai nulis tentang Bintan-nya. Bismillah (sebelumnya mohon maaf apabila ada kurang dan lebihnya)

Tampilkan Peta dulu YUkkkkkk mari dilihat ini Peta Bintan, gambar peta ngambil dari internet terus dimodifikasi dikit jadilah seperti ini.

Peta Bintan Island *sumber : internet

 Tanjung Pinang

Ibukota Propinsi Keppri atau Kepulauan Riau. Untuk lebih lengkap tentang Tanjung Pinang Ibu kota Keppri bisa click disini. ­ – http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tanjungpinang.  Seperti di PT disini ada Pelabuhan Ferry, terus ada dekat  kantor Gubernur. Pasar dan pusat perbelanjaan. Menurutku Tanjung pinang seperti Kota Malang atau Kediri (kota di Jawa Timur) kurang lebihnya tentang keramaiannya, tapi Malang  lebih ramai lah..tidak terletak di tepi Pantai sedang kan Tanjung Pinang berada dekat dengan Pantai.  Kalo masalah Pusat perbelanjaannya  Mall-nya maksudnya juga lebih besar dan lengkap di Malang. Mungkin lho, ini hanya analisaku aja tapi emang tipikal kotanya beda sih, jadi tidak bisa disamakan.

Every places have their own unique place and totally different between each other. (Update terbaru October 18’2011 dan sedikit OOT alias nggak nyambung sama topic : soal tata bahasa inggris; maaf kalo bahasa inggrisnya salah, bahasa inggrisnya  emak kinan sangat  curut..alias payah  alias tempe atau kata lainnya sangat enggak banget, mohon dimaklumi :D, terus terimakasih untuk yang telah membenarkannya dengan koment indahnya seharusnya menjadi “Every place has their own unique place”  doakan emak kinan bisa ke negeri londo untuk sekolah bahasa inggris atau plesir kesana yakk!!!  Matur nuwun atas sharingnya, bukan sok sok pake bahasa inggris, namanya juga lagi belajar )

Makanya untuk lebih tahu mendalam dan penasaran silahkan ber- Traveling ke Tanjung Pinang. *promosi bo’…

Photo-photo tentang Tanjung Pinang bisa dilihat juga di Wikipedia atau googling aja dari internet, banyak banget.

 Pulau Penyengat / Penyengat Island

Kalo ke Bintan nggak ke Pulau penyengat kayaknya nggak Afdol. Tapi apakah saya sudah kesana?? Heuheuehue…terus terang dan jujur kacang ijo selama saya tinggal kurang lebih 3 tahun disini saya blom kesana, saya takut naik perahunya kesana, * ketahuan phobia naik perahu* soalnya perahunya kecil sodara sodara..biarpun saya bisa berenang tapi takut juga..…waktu itu pasang ombak dan angin pula..saya bilang sama bapak dan ibu yang waktu itu saya ajak, kalo mau kesana, kesana aja saya tunggu dipelabuhan aja..hik hiks..akhirnya semua nggak jadi. Tapi insyallah kalo ada waktu boleh juga besuk saya sempatkan kesana, lihat kondisi lautnya nanti..

Tentang sejarah dan lain lain lainnya bisa digoogling juga atau baca disini – (http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Penyengat). Kalo saya yang tulisin sejarahnya nanti jadinya Tujuh hari tujuh malam cerita ini nggak selesai selesai  hehehe…

Tapi tak apalah kasih photo dari Camdig saya * tapi maafkan kawans kalo penampakannya jelek banget dan mengganggu suasana kawans menikmati tulisan saya * hehehe, itu diambil kali  saat saya berkunjung ke Pinang tahun lalu suasana di Pagi hari didekat pelabuhan Ferry, ditepian pantai yang surut..tuh nampak agak jelek kalo surut * biarpun surut airnya tetap masih nggak berani naik perahu menuju ke pulau penyengat masih juga phobia*

Yang ini View pulau penyengat dari Jauh, asli dari Camdig saya...:) bukan ngambil dari internet hehehe

Photo masjid pulau Penyengat yang tersohor itu. Gambar nyomot jug dari disini – (http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Penyengat).

Masjid Pulau penyengat - sumber : wikipedia

 Pantai Trikora/Trikora Beach

 Dari Tanjung pinang berjarak kurang lebih  30 KM-an dari pusat kota Pinang.  Sepanjang Pantai banyak resort dan gubug2 indah yang disewakan.

Karena koleksi photo saya  sedikit banget dan nggak asyik, saya tidak akan menyertakan dipostingan ini. Mending googling aja di internet dengan Keyword Trikora beach atau Pantai trikora buanyak banget view pantai trikora yang indah indah, lebih puas dan kawans sekalian dijamin suka.

Salah satunya situs ini photohnya mantap, click disini.

Trikora Beach - sumber: Internet

 Kawasan Wisata Lagaoii / Lagoi Beach Tourism

 Ini yang mantap, tapi berbasis dollar bo’. Banyak Hotel hotel berbintang disini dengan segala fasillitas dan keindahan pantainya. Mulai dari nirwana garden, Bayan Tree, Angsana hotel, Club Med hotel, Bintan Lagoon, BRC, Ria Bintan lengkap dengan fasilitas fasilita golf, kolam renang, spa dan lain lainnya.Mantap lah pokokna. Di set seperti Nusa Dua bali dan setahu saya under Singapore Management. Seperti sama juga dikawasan Industri dimana saya berkerja ini.

Lagi lagi silahkan googling untuk lebih jelas view atau picture tentang Lagoii beach.

 Tanjung Uban

Kota kecil di ujung sebelah utara pulau Bintan, yang terdekat dengan pulau Batam.Nah disinilah saya tinggal. Bisa dilihat dipeta yang sudah saya upload diatas.

Ditanjung uban ada pantai Sakerah. Seperti yang pernah saya posting di blog ini beberapa ceritanya. Silahkan dicari cari  yah…maaf kalo tidak detail dan lengkap.

 Kuliner di Tanjung Pinang

Ada soto enak disini namanya soto Pak Djenggot, kalo aku bilang tempatnya tidak tepat di tengah kota Tanjung pinang, tapi lebih ke pinggir. Mungkin istilahnya Tanjung pinang Coret. Atau bisa juga lihat diblognya Mbak lely yang bercerita tentang Kuliner di Tanjung Pinang ada disini nieh blognya klik disini. (http://aishilely.blogspot.com/2011/04/kuliner-di-tpi.html).­ Maafken teman secara saya jarang mengabadikan dengan photo kalo pas makan udah focus aja sama makanannya dan kadang lupa tak bawa HP berkamera atau camdig *terlihat dari body-nya yang melar dan suka makan hehehe pemakan segala lagii..hua hua hua..

 Duriannya disini juga enak, tapi nggak tahu sekarang kayaknya lagi belom musim, mungkin sekitaran June dan seterusnya itulah mulai musim durian yang ditandai dengan banyaknya penjual durian dipinggir jalan. Ada juga Agro Wisata Gunung Bintan yang kadang pas musim durian menggelar “Pesta Durian”. Sepanjang perjalanan Tanjung Pinang ke Tanjung Uban memang banyak Pohon Durian yang besar besar…Hmmmmmmmmmmmm durian..I like it very much…!!!!

Katanya juga ada Agro wisata Salak didaerah Jago antara Tanjung pinang dan Tanjung Uban..ini yang saya blom tahu. Coba Tanya Mbah Google aja saya tahu bisa nemu. Saya juga blom kesana soalnya. Atau next kalo saya dah jumpa itu agro wisata bisa di posting kapan kapan. Konon katanya salaknya manis, kurang lebih legitnya kayak salak pondoh. Ya saya emang udah merasakan salak Bintan, memang lumayan enak.

Di Tanjug Uban ada Mie Ayam Hijau – penasaran kan…walah lagi lagi no photo… kapan kapan lah saya posting berikut photonya *kalo sempat dan nggak males yah Kawans. Apalagi yah..standard sih soalnya. Kafe-kafe, rumah makan padang, Empek empek dan kawan kawannya seperti tekwan, model dll, masakan jawa, Ikan bakar, bakso…hmmm…bisa dinikmati kalo kawan kawan kesini :). Kelong atau rumah makan seafood disepanjang perjalanan arah Tanjung Uban ke Lagoi yang lewat Sakerah Beach.

 Jadi conclusionnya  “ Welcome to Bintan Kawans”   alias Selamat datang ke pulau bintan,  nanti salah tulis bahasa inggrisnya, diprotes lagi kebangetan kalo ini juga salah yah…:D

Soal kuliner yang lainnya kayaknya yang asli tanjung pinang nieh bisa nambahin di koment please ya kawans..

Demikian reportase kali ini, Emm maksudnya posting saya kali ini semoga bisa member gambaran untuk kawans semua tentang pulau Bintan tercintah ini.

Sekian dan Terimakasih. Huahuahua masih  amatiran soal Travel report.

About these ads

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

21 Responses to Tempat Wisata di Pulau Bintan/ Bintan Island – versi saya!

  1. IbuDini says:

    Hmm jadi kangen pulang ke Pinang ..soalnya udah beberapa bulan gak pulang mb.

    Apa ya…tg pinang yang menarik banyak ya hanya saja saya kurang begitu pasti dimana letaknya, maklumlah mb meskipun asli tg pinang tp jarang jalan2…

    Paling ya kalau kita mulai dari pelabuhan jangan lupa singgah di Pulau Penyengat ya, trus
    Tugu Fisabillilah, melayu square jgn lupa nyoba baksonya , Tugu Pinsil trus utk makanan di daerah batu 4 jalan Ahmad Yani enak2 suguhan makanannya.

    Jangan lupa singgah sebentar ke Kijang utk beli Otak2 disana sangat terkenal dan enak banget beda sama di pelabuhan tg pinang…jangan lupa juga berfoto di belakang masjid besarnya..tempatnya bagus.

    Di kijang batu 20 atau 23 saya lupa ada juga kebun binatangnya tapi sayang saya belum pernah kesana katanya sih suguhannya bagus2…trus dari kijang kita bisa melewati jalan Tirta madu agar bisa sampai ke Jalan Gesek nah disepanjang jalan sana kita bisa lihat kebun kelapa sawit dan kebun nanas..

    Atau bisa aja balik lagi ke daerah batu 10 bisa singgah ke Hana Ria disana banyak juga permainan dan Ikan emas…habis itu meluncur ke senggarang melewati jalan darat…
    Baru deh terakhir ke Trikora…atau lagoi…rasa lelah terbayarkan dengan keindahan lautnya Lagoi dan Trikora lah..

    Selamat jalan2 aja buat mama Kinan dan tamunya.

    Mbak ya ampun, terimakasih banyak, hari sabtu aku jemput ke Tanjung Pinang, semua yang ditulisin mbak itu dah dibikin list sama Mbak menik dan kawan kawan…hari minggu nya kemarin mereka jalan jalan muter muter BIntan, kalo yang bagian muter muternya saya tak ikut mbak biarkan mereka yang muda muda ber petualang menjelajahi Bintan..hari ini mereka balik SG lewat Tanjung Pinang lagi…Makasih banyak yah mbak berguna sekali listnya

  2. Lidya says:

    walau bukan asli bintan bunda kinan sepertinya sudah paham daerah sana ya

    hehehe nggak juga mbak, aku belum terlalu blusukan di bintan ini, banyak kawanku yang yang malah sudah menjelajah daerah daerah terpencil,hutan, kepulauan..aku yang umum umum terkenal disini aja mbak lid :)

  3. hilsya says:

    hwaa.. bikin mupeng aja. seruu banget tempat-tempatnya!

    Ayo bunda hilsya..welocome to Bintan..semoga ada tugas kesini nanti yah :) bekerja sambil berwisata :)

  4. Di Bintan banyak juga tempat wisatanya ya. Bandingkan Palembang, adanya Sungai Musi aja… Gunung tak ada, laut pun tak ada…hihihihi…

    Jadi penasaran nih ke Bintan. Baru pernah nyampe ke Pekanbaru sama Batam aja nih :D

    walah masak sih mam, kayaknya di Palembang banyak yang indah indah tuh, apalagi kulinernya mantap mantap, baru aja kawan saya cerita tentang Palembang yg kulinernya huokeee banget dan TOP pokoknya enak enak..malah kawan ku ini pingin sekali kepalembang lagi…jadi pingin juga neh ke palembang Oneday..:) Ayo mam, Welcome to Bintan, deket banget sama Batam :)

  5. Inda Rozalia says:

    aku suka otak-otaknya mba. Trus makan yg bakar2 di malam hari dekat meja 7, meja 8. :)

    waduh dimana tuh mbak..kelewatan saya yang meja 7 dan meja 8 ini..ayo searching..biar nanti disambangi kalo kesana….otak otaknya mantap emang mbak…:)

  6. lam kenal jeng ngelink dari mama raja

    tak pikir tinggal dimana

    hm.. dr.meta tgl 25 mei ultahnya nya ;) ngintip di foto kemaren

    Lam kenal balik yah jeng :) iya tinggal berdekatan pulau neh..:) wah thanks info ultahnya dr. dewi metta..Fivian juga ke Dr. Dewi metta yah jeng??? semoga anak anak kita selalu sehat sehat

  7. eh salah komennnnn harusnya di posting kinan en imunisai hehehehehehe

    maksud hati mau komen juga disini kalo daku pengen ke bintan juga, kerenan mana ma babel hehehehehe ;)

    Waduh nggak tahu perbandingannya sama bangbel jeng, saole hanya bisa lihat lewat TV soal keindahan pantai bangbel..tapi mungkin masing masing punya keunikan sendiri dan ciri khas sendiri..welcome to Bintan jeng..mumpung di Batam, kesini lah main..:)

  8. febriosw says:

    Amiin. Semoga Kinan jadi pintar juga. Pasti bisa!

    Nah gitu dum Ma. Reportasekan daerahnya kepada dunia. Biar kalau ada yang ke sana tau gambarannya. Sy takjub sama Mama Kinan. Sy yang sarjana Kartografi (Ilmu Membuat Peta) saja jarang sekali menulis di blog dengan menampilkan peta. Tapi Mama Kinan malah menyantumkannya. Mantap!

    Amien, amien..semoga kinan jadi anak pinter, pinter otak , pintar dan baik dalam tingkah laku dan juga baik dan pinter hatinya…:)
    Walah itu peta hasil nyomot dari mbah gugle rio, abis cuman penikmat Peta, kalo disuruh bikin..mending disuruh masak deh..*nyerah mood on..:)
    tersipu dengar pujiannya jadi bersemangat menulis reportase alias liputan jalan jalan neh…:P

    • febriosw says:

      Eh, Ma. Sekarang sy bisa masak loh. Masak masakan buat teman nasi sampai yang extra seperti pempek. Tapi masalah rasa ya sementara egois dulu deh. Hehehehe.

      waduh selamat yah Rio dah pinter masak sekarang..walaupun rasanya masih ego pribadi..*berarti masih menurut rio aja enak yah hehehe btw mbak wilis suka sama masakanmu apa nggak??hayo ngakuuuuuuuu…..

      • febriosw says:

        Dia seneng banget. Malah dia jd suka terima beresnya aja. Hehehe.

        sip sip..suami siaga tuh..hebat..:) harus kayak gitu rio..biar romantis dan kelihatan kasih sayangnya…:)

  9. Jadi pengen kesituh Mbakyu. Hehehe, kayanya seru deh tempat2 wisatanya :-)

    Dirimyu cocok boo nulis ulasan kaya begini

    Hayo hayo jeng..mampir kemari kalo ke Malaysia..:) kekekke…cucok nulis reportase perjalan getohhh jeng..ah masak iya seh…:)

  10. elsa says:

    trikora beach nya menggoda iman Mbak… kepingin kesana banget deh….
    tapi kenapa namanya trikora ya? identik dengan orde baru tuh
    hehehehehheeee, sok teu banget nih.

    udah ketemuan sama AishiLely Mbak???

    Ayo mbak elsa makanya ke Bintan biar tahu Trikora, belom sempat mbak…aku juga blom sempat telp mbak lely..coba nanti abis ini sampai rumah tak sms mbak lely….

  11. nh18 says:

    Wah …
    Ini dua pokok bahasan nih …
    Satu tentang menik …
    Satu lagi tentang Bintan

    Tentang Menik …
    Wow keren banget kariernya … Dan ya memang betul … swasta atau negeri itu kurang begitu berpengaruh … yang lebih berpengaruh adalah kualitas intelektual orangnya …

    Mengenai Bintan :
    Catat
    Mudah-mudahan suatu saat saya bisa berkunjung ke Bintan

    Salam saya

    Salam juga pak NH, benar sekali catatan bapak, masuk notes saya nieh * amien semoga bapak bisa berkunjung ke Bintan, kabar kabar yah pak :)

  12. Pingback: I am Back ! After the Nightmare « My new world

  13. Pingback: Ikutan Adopsi buku dirumah bu dokter cantik | My new world

  14. me aishi says:

    alhamdulillah berguna postinganku hehehe karena biasanya pendatang malah lebih tau tempat makan enak daripada penduduk asli :D
    hayuk lah maen ke penyengat..keren mba… jangan takut sm perahunya save hahaha
    jadi pengen kenal sm mb menik ^^

  15. I do trust all the ideas you have presented on your post. They’re really convincing and will definitely work. Still, the posts are very brief for starters. May you please extend them a bit from subsequent time? Thank you for the post.

  16. luki gustian says:

    di ubannya dmana ya mbk kalo bleh tau?

  17. Pingback: ferrydwiyono

  18. eni says:

    di pinang itu paling enak loo wisata kulinernya..
    mantap-mantap :D
    mulai dari nasi goreng pak haji yang lebih d kenal dengan bofet pak haji di jalan pemuda, terus ayam rujaknya di meja 7, selain itu sate takana juo lamak bana tuuu di pelabuhan pnyeberangan k batam, bakso d pramuka…
    banyak dehh..
    kalau mau k kijang jangan lupa looo beli otak-otak sungai enam, mantappp pisan, apalagi sambil duduk2 d pantai trikora sambil berenang :D

  19. eni says:

    makan seafood d pantai trikora juga murah-murah banget, gak bakal nyesel deh kalau kesana :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s