Fakta Tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Outmeal /Havermuth

Hasil BW ketempat bunda dita yang rumahnya ada disini pagi ini, dan diakhir tulisan yang sedikit menyinggung tentang Outmeal/Havermuth saya jadi ingat pesan ibu saya untuk browsing-in dan mencari data tentang bolehkah outmeal ini untuk penderita diabetes militus. Siapa yang mengidap DM?? Yah bapak saya terkena DM sejak  beliau  mengalami pembedahan karena kanker pankreas, yang pada akhirnya berefek pada produksi hormon insulinnya.   Kejadian itu ketika saya duduk dibangku SMP pas berbarengan dengan ujian  EBTANAS SMP kala itu..masih ingat betapa sedihnya saya belajar tidak ditungguin bapak dan ibu yang harus berada di Rumahsakit, saat saya masuk ruang ujian dan bapak harus masuk ruang operasi untuk pembedahan, pemotongan usus dan juga pankreasnya. I still remember how sad that moment…Alhamdulilah, Bapak sembuh dan sehat sampai sekarang..terimakasih Ya Allah, semoga selalu sehat dan engkau berikan Panjang umur untuk Bapak.

Pertama saya mengenal outmeal  kapan yah?? Tidak jelas kapan  pastinya yang pasti sudah lama saya tahu tentang outmeal atau havermuth terutama yang branded “Qu*k*R*.  Kemudian lebih intens lagi mengenal outmeal ini  setelah  ada kinan, hasil dari browsing menyiapkan MPASInya kinan  pas berusia 6 bulan. Banyak yang merekomendasikan memberikan bubur outmeal untuk MPASI-nya.  Nah dari sinilah mulai mencari lebih lengkapnya tentang outmel atau havermunth ini. See my below screen, kandungan gizi yang ada didalam outmeal hasil browsing dari  web ini.

Fakta kandungan dalam outmeal

Dari kinan mulai MPASInya di usia 6 bulan saya sering membuatkan bubur outmeal dan disiram saus buah untuk kinan untuk sarapan paginya. Banyak ingredient saya variasikan untuk bubur outmealnya biar tidak bosan. Kadang saya campurkan kaldu ayam kampung atau kaldu daging saat membuat buburnya. Kemudian diberi parutan keju diatasnya. Begitu juga dengan saus buah untuk campuran di outmealnya tergantung ketersediaan buah dikulkas atau melihat kecenderungan kesukaan kinan saat itu.Alhamdulilah kinan lumayan suka, bahkan sampai sekarang untuk sarapan paginya dalam seminggu menunya  pasti ada outmeal untuk sarapan paginya. Karena alhamdulilah kinan dah bisa bicara dengan bahasa yang walaupun masih cedal tapi bisa bisa ditangkap dengan benar.Kadang dia sendiri yang minta sarapan pakai  outmeal, dia akan bilang sama Uti-nya  “dek nana mau utmel”  kalo ditanya dek nana mau sarapan apa? Sama Uti-nya.

sumber : internet

Beberapa waktu yang lalu saat browsing tentang sumber makanan atau nutrisi yang bagus  untuk otak  saya juga banyak menemukan outmeal ini disebutkan sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak balita. Berikut ini beberapa petikan dari kelebihan atau manfaat outmeal/havermuth yang saya dapatkan;

-   Oatmeal. Menurut Sarah Krieger, seorang pakar gizi di Florida, oatmeal adalah sereal favorit anak-anak yang sangat baik bagi kesehatan otak dan jantung mereka. Oats memberikan energi yang sangat baik alias bahan bakar untuk otak yang pertama kali dibutuhkan oleh anak-anak di pagi hari. Oat juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh kita dan otak berfungsi pada kapasitas penuh. Sumber dari sini. (Judul Artikel: Makanan untuk Memaksimalkan Kecerdasan Otak)

- Havermut. Menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, havermut akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Havermut juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium,d an seng yang membuat tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh. Kandungan vitamin E pada 250 gram havermut adalah 0,08 mg. Kandungan vitamin B 0,26 mg per 250 gram havermut dan seng 6,19 mg per 250 gram havermut. Sumber click disini

Balik lagi ke outmeal/havermuth dan manfaatnya untuk orang tua ternyata banyak sekali. Dan ternyata bagus juga  dikonsumsi untuk yang lanjut usia dan boleh untuk penderita Diabetes militus seperti bapak saya.  Berikut ini kurang lebih ringkasan Manfaat outmeal/havermuth untuk orang Dewasa.

 - Bubur havermut (oatmeal) sangat berguna untuk menurunkan kolesterol dan triglyceride. Selain itu bubur havermut juga sangat berguna bagi penderita diabetes dan untuk body slimming (melangsingkan badan).Bagi orang lanjut usia yang kotorannya cenderung keras, Havermut bisa membantu mencegah penyebab kemungkinan stroke, karena dapat memperlancar buang air besar dan mencegah ngeden yang kelewat kuat. Ngeden kelewat kuat bagi orang yang lanjut usia merupakan salah satu penyebab kemungkinan stroke.

 -Havermut atau oat (Avena sativa L). Havermut dalam bentuk bubuk untuk dimasak menjadi bubur sangat mudah diperoleh di supermarket. Umumnya havermut dikonsumsi sebagai bubur untuk sarapan pagi atau sebagai satu-satunya sumber gizi bagi manula. Sudah banyak bukti ilmiah dan empiris yang mendukung khasiat havermut untuk mengatasi penyakit-penyakit degeneratif seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Rahasia di balik khasiatnya adalah kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama avenantramida dan karbohidrat kompleks dalam bentuk beta-glukan.

Sumber : internet.

Ternyata begitu besar maanfaat si biji kecil outmeal ini. Dan baru ingat betapa waktu saya berpuasa di tanah rantau KSA beberapa tahun silam saya selalu melihat menu bubur outmeal/havermuth ini  dalam ada dalam menu buka puasa yang diberikan.  Seperti petikan yang saya temui saat browsing tadi ternyata memang bermanfaat banget bagi bagi yang menjalankan ibadah puasa. Apalagi sebentar lagi kan Ramadhan,bisa dicoba neh dirumah. Para ahli gizi banyak yang merekomendasikan konsumsi makanan  berserat tinggi untuk mempertahankan stamina tubuh selama berpuasa. Alasannya makanan yang mengandung serat tinggi akan dapat menyediakan energi lebih lama dibanding makanan berserat rendah, seperti nasi.Dari sekian banyak makanan berserat tinggi, salah satu yang terbaik adalah havermut atau oat (Avena sativa L). Havermut dalam bentuk bubuk untuk dimasak menjadi bubur.

Ayo hidup sehat, dengan mengkonsumsi  makanan yang sehat :). Semoga sharing tentang Outmeal/Havermuth  kali ini bermanfaat.

About these ads

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Fakta Tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Outmeal /Havermuth

  1. Mama Cal-Vin says:

    outmeal bisa dijadikan baso oat juga bun, biasanya aku kasih untuk alvin, atau bisa dijadikan kue

    iya mbak lidya, aku juga tahu dari browsing di internet tentang resep bakso dari outmeal. Kalo aku pernah bikinin kinan nagget salmon dengan outmeal, terus kemarin nugget ayam giling dan outmeal….pingin coba bikin cookies nya tapi masih blom ngeh soal resepnya..terus kayaknya ribet …belom coba :) thanks mbak lid infonya

  2. monda says:

    paling praktis dibuat bubur aja, he..he..

    Iya bun… paling praktis dan seringnya saya buat bubur juga..:) dikasih toping buah potong..gampang dah…:)

  3. Gaphe says:

    kayaknya kalo saya yang makan makanan kayak gini, bukannya tambah sehat tapi tambah kurus deh. hehehe secara kalo liat iklan-iklannya, nyerep lemak, nyerep kolesterol, dan mengeluarkan bersama kotoran.. lah, kalo gitu dapet energi dari mana saya.. ahaha.. *lebay*

    tapi emang kalo mau diet, ini perlu dicoba sih. ^__^

    Gaphe..jangan dirimu tidak direkomendasikan makan outmeal..nanti tambah melayang…:karena semakin langsing…:) hehehe bener bener tuh iklannya..:)

  4. Asop says:

    Havermuth. SAya suka sekali kue havermuth bikinan ibu saya. :oops:
    Enaaaaak banget, teksturnya di lidah itu lho…. gak tahan… :oops:

    Wah lagi kangen masakan mama nieh si anak kos..ayo cepet mudik rek..neng suroboyo..hehehe..iya neh sop..pingin bikin cookies dari havermuth belom kesampaian..wah boleh bagi resep cookies atau kue havermuth buatan mama asop tak?? :)

  5. Aubergine says:

    havermuth memang terkenal sehat. dan yg paling aku suka, mujarab tuk orang yg sedang berdiet :)

    hai mbak..lama tak muncul..kemana aja nieh..sibuk sama si cantik yah..meluncur ahh ke blog nya :)

  6. hilsya says:

    daku juga makan oatmeal buat menjaga kelangsingan tubuh… *apaaaaa? hihhihi…*

    jiahhhhhhhhhh bukannya sampean dah langsing banget mbak…:) minta resep langsingnya dong…..

  7. motik says:

    tfs mam… memang oatmeal banyak banget manfaatnya. Dulu pas kuliah aku pernah rutin konsumsi oatmeal 2 bulan penuh, alhamdulillah badan jadi enak banget. Awalnya susah krn biasa makan nasi, tapi lama2 biasa aja. Abis 2 bulan tergoda nasi lagi eh akhirnya ngga rutin lagi makan opatmeal hehe…

    sama sama mbak motik…iya mbak..setelah baca koment mbak motik ini saya jadi pingin diet dengan otmeal nieh, tapi kinan masih nenen juga..jadi takut nanti tambah nggak ada ASI-nya..nanti kalo kinan dah 2 tahun aja, atau coba dulu untuk sarapan saja kali yah..nasi diganti dengan outmeal…

  8. Inda Rozalia says:

    pengen banget sering2 makan oatmeal, tapi koq rasanya ga masuk diaku y mba.. Dulu pernah beli yg kaleng kecil, coba sekali, koq rasanya tawar ga karuan gitu?? akhirnya nganggur deh tu oatmeal sampe expired. heheehe

    biar nggak tawar dikasih saus atau potongan buah mbak..tapi tawarnya gurih gurih gitu sih menurutku..hehehe..maklum mbak emaknya kinan tergolong pemakan segala…jadi kadang suka susah membedakan enak gan gak enak, asin, manis, gurih..hayukkkkkk aja..:D

  9. IbuDini says:

    Kalau makanan ini hanya cocok buat saya yang emang lagi program diet…kalau buat sarapan dinis sama ayahnya kasihan banget…
    Secara mereka berdua kurus abis padahal makannya banyak belum lagi susunya.

    Mungkin emang gak mau gemuk kali ya…

    hehehe…aku juga batasin untuk kinan mbak…karena programnya kinan kan naikin BB :)

  10. tunsa says:

    hmm…paling susah deh kalo ngomong masalah gizi :(

    kenapa ??? kelebihan gizi yah mas..hehehe …just kidding..share info aja mas

  11. baby DIJA says:

    Dija gak seberapa suka utmel Tante…

    kenapa princess dija, tawar yah…..:) minta tante elsa bikin cookies atau nagget gitu yah :)

  12. 3snainc says:

    memang betul makanan oatmeal lebih sehat untuk dimakan… tapi kecewanya adalah semakin kesini havermout buat ukuran oatmealnya makin tipis dan kecil, tidak seperti dulu jamant tahun 80an… pertama kali saya makan dan cinta sarapan itu sampai sekarang :)

    oooo, gitu yah mbak….walah saya malah nggak begitu perhatian…penurunan kualitas dari jaman dulu nampaknya :)

  13. Mam, tau gak, sampe sekarang menu sarapan Raja masiiiihhh aja oatmeal setiap hari, hehehe, habisnya Raja gak pernah bosan sih. Dibikinnya pake air kaldu ayam, trus dikasih keju, sama daging ayam atau telur rebus (ayam kampung/omega 3). Kalo Raja lagi gak semangat makan atau lagi sakit, oatmeal ini selaluuuu jadi andalan, karena walopun lagi gak enak tenggorokannya, tetep aja dia masih mau makan oatmeal. Mungkin krn oatmeal tuh sejuk terasa di tenggorokan yah….

    iya mama raja, kinan pun kalo pagi maemnya susah, jadi yo semaunya..yang paling disukai ya outmel sama saus buah atau keju…iya mbak ternyata kaya manfaat banget outmael ini :)…kemarin sempat aku batasin karena program naikin BB dari yang aku baca outmeal kurang bagus untuk naikin BB jadi dikurangin konsumsinya untuk kinan :)

  14. Fauzon M Noor says:

    Apakah Oatmeal aman untuk yang punya Asam Urat, karena bahannya dari kacang-kacangan. tks

  15. erni says:

    memang havermout kandungan gizinya dan manfaatnya banyak, bagi yang sudah kurung nggak perlu kawatir, yang penting sehat…
    oya saya sudah coba dibuat cookies enak juga…, bisa tuk camilan, buatnya juga gampang, beberapa resep di internet, kl kita yakin pasti bisa buat…. Mau praktis lagi tinggal seduh pake susu atau teh. Hanya saya masih bingung havermout itu dibuat dari bahan apa saja ya?

  16. Martin says:

    Tapi apakah benar makan oatmeal bisa menurunkan berat badan? Kalo orang nya uda kurus, tiap hari makan oatmeal. Gimana donk? Hahaha

  17. Woah! I’m really digging the template/theme of this website. It’s simple, yet effective.

    A lot of times it’s difficult to get that “perfect balance” between user friendliness and visual appeal. I must say that you’ve done a very good job with this.
    Also, the blog loads very quick for me on Internet explorer.

    Exceptional Blog!

  18. mama nabila says:

    anak aku umur 9bln,brt bdannya sdh mencapai 11,6kg,menurut bunda2 blh gak anakku aku kasi oatmeal?

  19. Endah Palupi says:

    Yes, totally agree…..havermut is the best food…..menu sarapan yg paling praktis dan terlengkap gizinya…..:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s