Kerupuk sebagai Produk Unggulan Indonesia

Indonesia,  sebuah negara kepulauan yang kaya akan hasil bumi dan laut. Beraneka ragam jenis makanan ada dinegara kita dari mulai makanan pokok sampai makanan ringan atau kudapan yang banyak macam dan jenisnya. Banyak makanan khas pada daerah tertentu yang pada akhirnya menjadi produk unggulan daerah tersebut sebagai makanan khas untuk oleh oleh atau buah tangan. Begitu juga dengan makanan ringan yang bernama kerupuk.

Krupuk merupakan sajian yang hampir selalu hadir dalam hidangan masyarakat Indonesia sehari-hari baik pada acara perayaan kecil maupun besar. Makanan ini dibuat dan bahan dasar berbagai macam tepung terutama terigu dan tapioka, bumbu-bumbu, bahan tambahan penyedap dan bahan pewarna. Bahan dasar dan bahan tambahan tersebut di atas diaduk rata dan dibuat adonan, kemudian dimasak, selanjutnya adonan di- bentuk menurut selera pembuat, dikeringkan di bawah panas matahari atau lemari panas, dan siap untuk dipasarkan. Komoditi yang sudah kering kemudian digoreng untuk dikonsumsi. Krupuk umumnya diproduksi industri rumahan (home industry), industri skala kecil formal dan non-formal, dalam bentuk dan jenis yang beraneka ragam.

Berbagai macam kerupuk tercipta diberbagai wilayah Indonesia sebagai produk unggulan khas suatu daerah. Misalnya didaerah Bintan ada kerupuk khas yang dibuat dari bahan kerang “Gonggong”,kerupuk ikan, kerupuk jengkol, kemudian didaerah daratan sumaterea lainnya ada kerupuk ikan, kerupuk kemplang palembang,kerupuk kulit sapi dari padang, kerupuk terung (binatang laut) khas dari surabaya, kemudian di Sidoarjo tekenal dengan kerupuk udangnya serta banyak daerah lainnya yang dengan berbagai macam kerupukkhasnya yang jadi produk unggulan daerah karena tidak hanya untuk konsumsi domestik bahkan sampai merambah pasar luar negeri.

Apakah anda pecinta kerupuk? Atau malah mungkin tidak suka dengan yang namanya kerupuk kulit? Kebetulan saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang menjadi pecinta kerupuk. Kerupuk apa saja yang penting kriuk, gurih dan halal. Didaerah asal tempat saya ada kerupuk khas yang juga jadi produk unggulan daerah. Kerupuk rambak atau disebut kerupuk kulit, yang bahan dasarnya terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang telah diolah sedemikian rupa sehingga hasil terakhirnya terciptalah sebuah krupuk yang mantap rasanya. Setiap kali mudik ke Tulungagung selalu terbeli kerupuk kulit khas daerah saya untuk buah tangan atau oleh oleh.

Kerupuk Rambak Tulungagung, sumber gambar internet

Kerupuk sebagai sebuah makanan khas suatu daerah memang layak dijadikan komoditas dan jadi produk unggulan suatu daerah. Maka tak heran ketika kita berkunjung kesebuah negara dan masuk kesebuah toko yang menjual produk produk asia kita bisa menemukan produk unggulan khas Indonesia yang bernama kerupuk. Yang banyak ditemukan memang kerupuk yang masih mentah dan perlu digoreng terlebih dahulu untuk dinikmati.

======================================================

Ditulis untuk ADUK  pak dhe cholik, tentang Produk Unggulan

About these ads

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in QUIS and Contest and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Kerupuk sebagai Produk Unggulan Indonesia

  1. Pakde Cholik says:

    Saya sudah membaca artikel sahabat
    Dan sudah langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi anda yang hebat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    Thanks pak dhe..saya berharap kecatet kemarin soalnya last menute banget dan koment entah masuk kemana kemarin ketempat pak dhe…

  2. hilsya says:

    aah.. yang penting udah dapet kerupuknya..:)

    hehehe…..biar merasakan krupuk gonggong…:) mau aku tambahin kerupuk jengkol takut nanti nggak doyan..:D

  3. Gaphe says:

    wow kerupuk ya? emang banyak macem jenisnya, dari mulai kerupuk beras, singkong, sampe krupuk gonggong gitu.. *eh berarti itu namanya keripik donk?*

    tapi ide bagus juga tuh menjadikan kerupuk jadi komoditas unggulan.
    semoga sukses aduknya, saya pas gak bisa ikutan

    wah ikutan aduk..soale liburan terus yah..jalan jalan terus…enaknya gaphe ini….oleh oleh kerupuk nggak dari jakarta :)

  4. lidya says:

    makanan wajib saat makan itu krupuk bun :)
    kalau ga ada yangkriuk2kurang nikmat

    iya mbak, gak ada kerupuk kurang rasanya….:)

  5. BunDit says:

    Saya penggemar berat segala macam krupuk mam. Krupuk kulit apalagi *tp skr membatasi diri hehehe*. Good luck di kontes ADUK ya mam :-)

    iya bunda dita..suka banget yang namanya kerupuk…:) bunda absen Aduk yah kemarin..semoga rabu depan bisa ikutan :)

  6. Inda Rozalia says:

    aku paling suka kerupuk jangek sama kerupuk udang mba.. hehe

    kerupuk jangek = kerupuk kulit yah mbak inda…penyuka sekali saya..apalagi makan soto ayam anget anget…ditemani kriuknya krupuk kulit…hmm……enaknya :)

  7. kips says:

    Dengan segala kerendahan hati, sekedar penyambung tali silaturahmi barangkali berkenan menerimanya.
    Silahkan dicek! http://kipsaint.com/isi/award-perekat-tali-kerabat.html

  8. Pingback: Penghargaan Untuk Sahabat1 « Batavusqu

  9. di daerah saya juga bu, produk unggulannya kerupuk dari kulit kerbau atau yg dikenal dengan rambak… :D

    makan ga sempurna kalau ga ada krupuk…

    salaam

  10. ocha says:

    saya juga suka banget sama kerupuk. Kalo di daerah saya sumatera barat kerupuk kulit itu namanya kerupuk jangek… ^_^

  11. Estika Badry says:

    emang ada krupuk jengkol mam ?
    anggota kelg disini juga doyan kerupuk, sampai langganan sama pedagangnya yang biasa nyetok di warung2, plus ninggalin kaleng/toples kotak krupuk yg sama kyk di warung itu lho

  12. Asop says:

    Keluarga besar ibu saya pelahap kerupuk. Gak bisa makan besar kalo gak ada kerupuk. Tapi anehnya, saya gak ketularan. :lol: Respon saya terhadap kerupuk biasa2 aja. :D

  13. riliarully says:

    wah krupuk rambak..sukaaaa buangettt!! apalagi krupuk rambah kebo..makannya sma soto kudus pedes..maknyuss..
    jd ngiler nih..pulang kerja mau hunting krupuk rambak kebo ah..thanks ya Mam krupuknya..kriuk deh ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s