Mudik 2011: @ Batu Secret Zoo ~ Jatim Park II

Salah satu agenda mudik kemarin salah satunya sebenarnya adalah pingin bersua dengan sahabat jaman kuliah saya dulu.  Nathasye atau Nike bundanya kak Sultan yang tinggal di kota Malang.  Saya merasakan betapa persahabatan kami begitu indah dan saling  support,bersama juga dengan  salah satu sahabat  saya yang lainnya “Rizka” bunda Radic dan Rayan, yang kini tinggal di Surabaya. Sungguh sayang akhirnya gagal semua rencana yang telah saya susun karena  waktu yang tidak bisa diajak kompromi.  Yah, kami memang ke Batu Malang, tapi tidak sempat mampir dan bersilahturahim ketempat sahabat saya.

Berangkat pagi dengan keluarga besar dari pihak saya, ada Atung, Uti, pak dhe budhe, Uyut kung dan Uyut Ti, bersama sepupu. Kami tidak menginap dan balek  hari, terus terang saya tak enak  hati sama Ayah kinan kalo saya mengajak mampir ketempat sahabat saya, karena pada malam  hari itu bersamaan akan ada kesibukan dirumah Yang Ti kinan, jadi Ayah kinan berpikiran lebih baik pulang agak siang dari Malang biar tiba kembali kerumah tidak terlalu Malam.Yah, apa boleh buat, harus men-skip acara pingin mampir ketempat sahabat saya, padahal dah kangen banget. Beginilah kalo dah jadi emak emak..rasanya pingin menikmati waktu bersama sahabat tapi susah banget cari waktu yang tepat.

Berangkat dari rumah jam setengah tujuh pagi, dan sampai di Batu Malang kurang lebih jam setengah sebelas siang. Hmmm…perjalanan dari mulai masuk kota malang macet, hanya merambat, begitu pula menuju kearah Batu padat. Tujuan utama kita mengajak seluruh keluarga ke Jatim Park II dimana disitu ada “Batu Secret Zoo”. Awal pertama kali saya mengetahui tentang Adanya Batu Secret Zoo ini saat membaca postingan Mbak Indah atau Mommy Athia, Mommy blogger yang ada dirumah ini saat posting tengan Kebun Binatang Ragunan bisa dibaca disini. Kalo  Jatim Park I dah tahu dari dulu tapi karena hanya wahana permainan seperti ANCOL dan rasanya kinan masih blom begitu menikmati makanya mending ke Jatim Park II atau Batu Secret ZOO-nya aja.

Akhirnya saya diam diam mulai searching tentang Batu Secret Zoo ini, tanpa sepengetahuan Ayah kinan, alasannya kenapa?? not so sure he will be agree with my plan. Bukan karena apa apa, concern-nya karena repot dirumah Yang Ti karena persiapan pernikahan Om Fatrin. Apalagi karena kita dah ke Gembira loka Zoo, Yogyakarta jadi kayaknya sedikit banget harapan rencana saya *yang dalam hati ini bakalan di approve sama Ayah kinan.  Jadi pas dirumahku, aku coba tanya tanya ke kakakku tentang Jatim Park II sama Taman Safari di Prigen. Taman Safari Cisarua saya pernah kesana, jadi kurang lebihnya membayangkan kurang lebihnya konsepnya kayak gitu di Taman Safari Prigen. Dan lagi jaraknya yang lumayan jauh jika dibandingkan dengan kota Batu. Kata kakakku Jatim Park II atau kerennya “BATU Secret Zoo” ini bagus banget konsepnya, kebetulan pak dhe kinan ini dan keluarganya baru mengunjungi tempat itu, jadi dari penjelesannya tambah penasaran, jadi sekalian saya rayu ayah kinan, mumpung kita di Jawa, kebersamaan untuk jalan jalan, Kapan Lagi?? Dan akhirnya “Approved” dan kita berangkat ke BATU hari selasa tanggal 6-September 2011. Berangkat dengan minim persiapan jadi terlupa  isi battery kamera, jadilah sampai disana cuman sempat beberapa kali jepret jepret pakai digcamp..*sungguh menyesal..dan jadi pelajaran berharga buat saya  untuk lebih mempersiapkan segala sesuatunya termasuk isi batterey kamera sampai penuh saat ingin bepergian.

 About  Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo from Google

Batu Secret Zoo source from Google

Jatim Park II - Batu Secret Zoo - Musium  Satwa- HOtel Pohon Inn

Batu Secret Zoo sebuah kebun binatang yang dikelola secara modern dan jauh dari gambaran tentang kebun binatang yang biasa kita lihat sebelumnya. Begitu kurang lebih dari brosur yang kuterima dari kakakku tentang Batu Secret Zoo atau ditempat saya  dikenal dengan Jatim Park II. Dan ini terbukti pas saya berkunjung kesana bener bener “worth it” banget. Terletak di  Jl. Oro- Oro Ombo No 9 kota Batu-Malang dan  tidak jauh dari  lokasi BNS dan juga Jatim Park I.

Jatim Park II - Batu Secret Zoo dan berbagai  wahana didalamnya

Jatim Park II - Batu Secret Zoo dan berbagai wahana didalamnya

Masuk ke areal Jatim Park II ini kita dibuat bingung mau parkir dimana, soalnya sudah penuh sesak mobil mobil yang parkir, mungkin suasana masih liburan lebaran jadi bener bener dimanfaatkan untuk berwisata oleh sebagian besar masyarakat. Padahal dari yang saya baca areal parkirnya luasnya ada  2 Ha. Akhirnya kami dapat parkir agak jauh kebelakang, dari pintu  masuk tepatnya dibelakang “Giant wheel”  dan disebelah kiri museum satwa.

Dengan harga tiket masuk Rp. 40.000  pada hari biasa dan Rp. 50.000 rupiah pada weekend dan hari besar lainnya. Akhirnya kami bersama rombongan saat itu berapa orang yah?? Hmm keluarga besar, kayaknya ayah kinan beli tiketnya untuk 14 orang  sekitar Rp. 700.000 dan kinan karena tingginya masih kurang dari  85 CM jadi gratis. *alhamdulilah menghemat pengeluaran …Tiket masuk berupa kerta yang dililitkan sebagai gelang dan  dipasangkan ke tangan kita.   Dari Peta yang kita dapatkan di lokasi penjualan tiket kayaknya areal Jatim Park II atau Batu Secret Zoo ini bener bener luas, yang saya baca luas keseluruhan lokasi  sekitar 15  Ha, dan Luas bangunan Indoor “Musium Satwa”  1 Ha. Hmmm..lumayan luas, dan dijamin gempor ngiterin seluruh wahana yang ada. Dari pengalaman kakak saya akhirnya kita mengambil keputusan tujuan pertama ke Kebun binatang yang Outdoornya baru nanti terakhir ke Musium satwa.

In front of Batu Secret Zoo

Kesibukan kita didepan "Ticketing" Batu Secret Zoo,

Pertama kali masuk Ke dalam Batu Secret Zoo ini, kesan pertama kita langsung disuguhi dengan penampakan kandang untuk binatang yang desain kandangnya menarik. Batu Secret Zoo menampilkan berbagai macam satwa yang hidup diseluruh dunia. Di desain secara berbeda dan jauh lebih bagus dari konsep kebun binatang yang sudah ada di Indonesia . Saya tidak akan mengira bahwa ternyata begitu luas dan beraneka ragam didalamnya, awalnya saya pikir akan seperti kebun binatang pada umumnya. Ternyata saya salah sama sekali, semakin kedalam, mengikuti rute perjalanan yang telah ditentukan dan tertera dalam brosur melihat satu demi satu binatang binatang dan habitat nya begitu memukau, kinan tampak menikmati perjalanannya kali ini.  Lebih dari perjalanan yang di Gembira Loka.  Sampai gempor rasanya kaki ini melangkah menyusuri jalan jalan yang disepanjang kanan dan kiri didesain dengan kandang binatang.  Desain dan penataan kandang yang menarik sekali banyak sudut sudut yang bagus untuk pengambilan gambar. * lagi lagi gigit jari karena digcamp abis battery..hanya mengandalkan HP dari pak dhe ugik dan mbak dwi…dan naasnya HP mbak dwi ini hilang  sebelum saya minta filenya untuk ditransfer..apes..:) tapi tidak mengurangi  rasa gembira saya telah mengajak kinan jalan jalan kesini.

In front of Batu Secret Zoo

In front of Batu Secret Zoo

Kinan  in action at Batu Secret Zoo

Kinan in action at Batu Secret Zoo

Berikut saya sertakan denah rute perjalanan kami di Batu Secret Zoo, mengikuti map atau peta yang kami dapat dari bagian pembelian tiket:

Denah atau rute  perjalanan di lokasi  Batu Secret Zoo

Denah atau rute perjalanan di lokasi Batu Secret Zoo

Setelah gempor mengitari  Reptile garden,Aquarium, Aneka satwa Burung,Harimau,Jaguar dan sebagainya kami melanjutkan perjalanan ke “Savanah” serasa merasakan perjalanan ditengah padang rumput yang dikanan kiri terdapat hewan hewan dan juga diorama suku suku  dari negara-negara lain, tapi nggak langsung, karena masih dibatasi kaca tertutup. Puas rasanya melihat berbagai macam satwa yang ada situ. Kemudian menuju ke luar Savanah disambut dengan nuansa Pasar afrika, kemudian  kandang terbuka untuk Gajah, kudanil, buaya, burung elang, unta, rusa  dan beberapa binatang lain, kemudian berjalan kearah Wahana permainan. Gratis nggak perlu bayar lagi. Namun sayang kinan masih belom bisa menikmati wahana mainan ini, karena masih takut, pas ditanya “adek mau naik kereta api itu?” kinan jawabnya “Mau”, tapi pas saya teruskan lagi “ Tapi sendiri lho naiknya, soalnya mama nggak boleh ikut, tuh kayak kakak tuh naik sendirian, adek mau?” jawabnya langsung spontan “Nggak mau”, ya udah nggak usah dipaksakan..toh dah sering main di Playground  selama di Tulungagung…yo wis skip semua wahana permainan dan water boom, kami hanya lihat lihat saja disitu.

binatan didalam Savanah Batu Secret Zoo

binatang didalam Savanah Batu Secret Zoo -sumber internet

Kemudian melihat kandang harimau, dan atraksi memberi makan harimau, terus kearah pintu keluar, finally bener bener gempor nieh kaki. Bagi yang tidak kuat lagi bisa menyewa E-bike per 3 jam Rp. 100.000. Tapi saya memilih yang jalan jalan santai aja sama kinan dan ayahnya biar menikmati. *halah bilang aja biar irit..:P

Diantara Binatang yang ada di Batu Secret Zoo

Diantara Binatang yang ada di Batu Secret Zoo, binatang yang paling kaya kayaknya soalnya ada "Beli Bis", Harimau tutul,haduh mengingatkan saya sama 3 Macan :D....itu ada kalkun..dulu Atung pernah pelihara Ayam Kalkun...apakah sama dengan yang ini?!

Dari pintu keluar kita istirahat dulu didepan Musium satwa, sambil ngemil ngemil bekal, baru setelah cukup kembali energinya, dilanjutkan masuk ke dalam Musium satwa yang dari gedungnya yang besar  dan kokoh menawarkan  sajian satwa dari berbagai belahan dunia antara lain dari Afrika, Amerika, Australia, eropa dan antartika. Mengusung konsep museum masa kini (kotemporer). Menggabungkan antara seni lukis, technologi, dan ilmu pengetahuan khususnya satwa. “Wow” bener bener fantastic…. Speechless keren.. karena terus terang baru kali ini masuk ke museum satwa, jadi belum bisa membandingkannya dengan museum satwa ditempat lain atau dinegara lain. Dari awal masuk, ada Sebuah sangkar Burung yang sangat besar, disitu banyak bertengger patung atau entah burung aslil yang  diawetkan ..jadi tempat photo photo bagi pengunjung yang datang. Masuk kedalam dan semakin kedalam dengan berbagai ragam satwa didalam kandang kaca * tidak tahu pasti apakah satwa asli yang diawetkan atau hanya berupa patung saja. Yang pasti begitu mirip dengan aslinya.  Ada diorama diorama  satwa yang menarik, begitu juga museum kupu kupu yang lengkap, replika dinosaurus dan berbagai binatang yang lainnya…bener bener puas nggak nyesel banyar Rp. 50.000 per orang.

replika Dinosaurus didalam  Musium Satwa - Jatim Park II

Replika Dinosaurus didalam Musium Satwa - Jatim Park II

Bagi yang mau menginap diareal Jatim Park II atau Batu Secret Zoo ini ada sebuah hotel “Pohon Inn Hotel” dengan tarif permalam Standard Rp. 400.000 ribu untuk hari biasa dan Rp. 800.000 untuk weekend dan Holiday season.   Kok emak kinan tahu?? Emang nginep?? Hehehe enggak, cuman tanya tanya aja di reception dan minta brosurnya..kali kali aja suatu saat berminat nginep kan nggak dilarang tanya tanya :)

Keluar dari  Musium satwa, sekitar jam 3 an sore..dengan senyum mengembang karena puas biarpun kaki gempor dibuatnya…Salut sama Uyut kung dan  Uyut Ti nya kinan yang dah sepuh mau ikut jalan jalan dan kuat menjelajahi semua wahana…wah rasanya merasa bersalah mengajak kemari karena takutnya capek..tapi mereka bilang seneng banget, dan gak terlalu capek karena pelan pelan jalannya sambil banyak istirahat. ALhamdulilah kalo mereka senang. Jam 4 sore segera meluncur untuk pulang, gak pake mampir mampir. * padahal kita rencananya mau mampir ke gramedia bentar untuk cari CD barney untuk pengganti CD kinan yang hilang satu box.  Makan malam di Blitar sekitar jam 7 an, disebuah kedai Bakso yang lumayan ternama  dan enak,  pesan  14 mangkok dan masing masing the hangat atau es jeruk, tebak habis berapa?? Rp. 120.000 ribu…Hmm…lagi lagi membayangkan kalo misalnya dengan 14 porsi bakso  di Bakso halilintar Bintan   satu mangkoknya 10 ribu belum minumnya…subhanallah….padahal baksonya juga enak lho..!!

 Akhirnya sampai kembali dirumah sekitar jam setengah sembilan, saya dan kinan berberes dan bersiap untuk  istirahat, sedangkan ayahnya kerumah Yang Ti sendirian. Maaf ya  Ayah, soalnya capek, takut kinan nanti malah rewel disana. Salah satu tujuan saat mudik sudah ter-chek list…finally nggak penasaran lagi sama Batu Secret Zoo yang lagi marak diperbincangkan. Maklum nanti kalo balik lagi ke Bintan kemana lagi kita bisa travelling ke Zoo, harusnya next destination Singapore Zoo atau Jurong bird park..huahuahua…ngayal Mak, dollar aja nggak ada!!…Yah bermimpi kan boleh, mumpung kita tinggal tetanggan ma pulau-nya pak dhe Lee Kwan Yew….”Ya allah turunkan rejeki-MU untuk kami jalan jalan sekeluarga”….Haduh jalan jalan aja yang dipikirin emak satu ini, “Iling mak, Sadar sadar dan insyaf”…mikir beli “rumah” mak…ingat masih kontraktor…mikir investasi buat dana pendidikan anak mak…hehehhe..* insyallah semua tercapai…”Bismillah” ….Orang yang sabar pasti disayang sama Tuhan…walah closing  yang gak sesuai dengan judul, maklum dah pukul 3.54 Am, waktunya siap siap masak memasak..

See u kawans in next posting.. Happy Tuesday

About these ads

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Jalan-Jalan and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Mudik 2011: @ Batu Secret Zoo ~ Jatim Park II

  1. hilsya says:

    wiss.. ra ketemu konco sing penting wis ketemu budhe.. qiqiqi

    batu secret zoo emang cocoknya bawa anak-anak.. seumuran kinan pasti tambah seru..
    lha eike kemarin pas ke batu bawa nenek-nenek ababil semua? yg ada cekikikan mulu..
    bubaar.. blas, hehehe

  2. Bikin tambah penasaran deh sama Batu Secret Zoo ini…duh…kapaaannn bisa ke sana, soalnya di sana gak punya sodara, sih..keknya bakal nunggu didinasin ke sana deh baru bakal maen ke sini, hehehe…

    Amiiinn…semoga semua cita-citanya tercapai ya jeng ;)

  3. Abi Sabila says:

    pengen ke sono tapi kok ya jauh banget, untunge data dan fotonya lengkap jadi cukup terobati rasa penasarannya. Saya doain deh biar cita-cita ke Singapore Zoo atau Jurong bird park kesampaian, yang penting jangan lupa jeprat jepretnya biar kita-kita bisa tahu situasi di sana tanpa harus keluar biaya. hahahaha….

  4. rina says:

    baca beberapa blog postingan tentang batu secret zoo ini… jadi pengen kesana… senangnya berlibur di udara yang sejuk yaaa kinan…

  5. BunDit says:

    Waa…jadi makin penasaran sama Batu Secret Zoo.. Ikut happy deh liat Kinan menikmati banget liburannya. Amiin, semoga semua cita2 mama Kinan tercapai :-)

  6. IbuDini says:

    kalau di lihat dari petas sepertiny aluas ya mb…pantes aja gempor kakinya, hmmm kalau saya gak sanggup lagi mb.
    tapi itulah ya demi anak gemporpun tak apa…yang penting anak seneng…secara sekali-kali…

    Kinan pastinya senneg sekali, dari mulai Jogja sudah melihat kebun binatang dan mampir ke malang masih melihat kebun binantang lagi….tiketnya lumayan mahal ya mb.

    Untuk makan 120 rb 14 orang kalau di bintan piro yo mb….hehehhe emang disana murah meriah soal makanan ya mb.

    apa cerita selanjutnya mb…..

  7. Pakde Cholik says:

    Reportasenya apik,lengkap dan menjelaskan dengan gamblang ttg Jatim Park. Lha saya sendiri bolak-balik ke Batu malah nggak mampir ke Jatim park je.
    Salam hangat dari Surabaya

  8. monda says:

    tempatnya luas banget ya mbak, dan banyak permainannya,
    pasti anak2 serasa di surga he..he…

  9. Susindra says:

    Baca ini jadi serasa ikut jalan-jalan, nih. Makasih ya mbak. Soalnya aku juga penasaran. Berkali-kali ke Malang g a[ernah dolan2 karena alasan tiket mahal. (700 ribu, booo… untuk serombongan…. sak gitu itu gaji normal perbulan di Jepara). Keep posting ya, mbak.

  10. enno-mama fira says:

    Waaa.. pengen pengeeennn.. bikin mupeng aja niey, Fira juga pasti seneeenngg banget deh

  11. irmarahadian says:

    siip…..
    jd pengen lagi dech….
    salam kenal y mb…:)

  12. hai mbak salam kenal..
    uda bbrp kali denger crita orang ttg jatim park ini,, jadi penasaran deh.. tfs yah mbak.. jd tmbh pengen ksana nih abis baca ini..

    lucy

  13. Huaaa….jadi iri nih sama Mama Kinan yang udah duluan ke Batu Secret Zoo. Aku yang di tanah Jawa malah belum kesampean. Baca cerita Mama Kinan yang seru ini jadi tambah kepingin pergi deh. TFS ya, Mbak. Nanti kalo aku diberi rezeki untuk ke Batu Secret zoo pasti aku akan balik lagi ke postingan ini cari bocoran. Hihihi

  14. mia says:

    aku yg kediri aja belum pernah kesana mbak,hiks..*malu* sejak kuliah dimalang atao sekarang sowan sodara malang jarang mampir batu..hoohohoo jadi pengen kayak mamakinan dech..

  15. Nchie says:

    whuaa..senengnya yang jalan2..
    Luas banget ya Mam..
    Pengen ke Jatim Park tapi ke jauhan..

    Reportasenya sudah mewakilkan aku jalan2 kesana…
    MAkasih ya Mama kinan..

  16. ainuq says:

    Seru dan menyenangkan ya liburan ke Batu Secret Zoo, recommeded nih kayaknya untuk dikunjungi suatu saat;)

    Kk Kinan nampaknya sangat menikmati jalan2nya yah;)

  17. Gaphe says:

    saya looh, yang di surabaya.. malah belom pernah kedua tempat itu.. sama temen cuman omong-omong aja, belom pernah kesampaian. hahaha… maklum lah, semua ketelan sama kesibukan.
    seperti mampir dimari yang tertunda, juga karena sibuk.

    maaf yaaaa lama nggak Bewe

  18. wah seru ma, luas banget ya arealnya mbak dan lebih bagus dari ragunan (jauuuh). ini mah keren kaya di luar negeri. walo ga jadi ketemuan ama sahabat tapi dapat jalan2 ya mah

  19. Elsa says:

    aku yang dekat sama Batu aja belom pernah kesana loh Mbak.
    :(

  20. dey says:

    lengkap bener ceritanya, bisa jadi panduan kalo kesana ya .. tapi kapan bisa sampe Malang ? hiks …

  21. riliarully says:

    wah keren juga ya Batu Secret Zoo..cocok buat tujuan liburan keluarga terutama anak2..lha wong emak2 jg pasti suka hehehe..
    50rb/ orang.. iya ngga nyesel ya
    Aminn..i semoga diluaskan pintu rizkynya biar bisa jalan2 terus sm keluarga n sapa tau bs keliling zoo keren2 di luar negri sono.. ;)

  22. Ahmad Alkadri says:

    Saya sama sekali belum pernah dengar tentang Batu Secret Zoo sebelum membaca ini,, padahal kelihatannya bagus banget ya tempatnya. Jadi pengin ke sana,, Liburan semester ajak temen2 ke sana ah. :P

  23. Estika Badry says:

    coba gembira loka jogja kyk jatim park ini, hmmm, bkhayal dlu gpp y

  24. Pingback: Trip To Singapore : ” Go to ZoSingapore Zoo” | My new world

  25. Pingback: Rekreasi sambil Belajar di Taman Jawa Timur 1 (Jatim Park 1) | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s