Episode: Ringkasan “Pinggang Kecetit” alias Terkilir

Sungguh efek dari “kecetit” pinggang ini banyak hikmahnya, diantaranya  adalah mampu membuat emak kinan produktif posting hehehe, horeeeeeeeeee, terus ada lagi efek yang dahsyat, emak kinan berhasil menamatkan novel “99 Cahaya di Langit Eropa”, karya Hanum Salsabila Rais hadiah dari ngontes  ini dirumah bunda monda yang ada dirumah ini. Efek yang aneh, kok bisa??? heueheheue bisa saja, soalnya selama bed rest kerjaannya mbaca novel itu, untung kinan mengerti dan lebih banyak main sama ayahnya *tumben mau..pengertian banget anak mama sekarang, jadi lumayan lengket sama ayahnya ke kamar mandipun udah mau sama ayahnya *biasanya harus sama Mama kalo ada mamanya. Terus selama dalam perjalanan ke Batam dalam rangka memeriksakan “kecetit”  di klinik fisioterapi hari Rabu kemarin,  dalam perjalanan kapal roro/ferry  yang kurang lebih satu setengah jam kemarin, novel itu menjadi teman setia, *Kasihan deh ayah yang nemanin perjalanan  dicuekin…hehehe…

Judulnya kok “Ringkasan Pinggang Kecetit”?? Hehehe..soale ini adalah kumpulan hasil searchingan saya  saat mengalami kecetit Sabtu tanggal 12 may 2012 yang lalu. Daripada menguap mending di dokumentasikan di blog, siapa tahu berguna untuk kawan kawans yang mengalaminya…

Ono ono bae…inilah ujian dan cobaan….datangnya tiba tiba banget, kalo sudah begini bener bener berucap “ Masyallah, betapa nikmatnya, nikmat “Sehat” yang telah diberikan Allah Swt untuk kita”, makanya kita harus selalu mensyukurinya..karena ujian sakit bisa saja datang tiba tiba….seperti saya hari sabtu  kemarin, siap siap mau pergi ke kondangan, saat mengangkat kinan kayaknya posisi membungkuk saya tidak terlalu bagus,*bilang aja kayaknya posisi membungkuk saya salah ..kalo bahasa  tim HSE ditempat saya nyangkul bahasanya…posisinya nggak ERGONOMI…..seingat saya saat itu belom sempat saya mengangkat kinan, yang ada lalu  pinggang terasa sakit sekali kayak kecetit atau terkilir, Duh sakitnya…secara tiba tiba, akhirnya batal ke kondangan sama kinan, masuk kembali kerumahpun harus di bimbing, beristirahat  sampai akhirnya kinan tertidur dipelukan saya. Berangkat juga kekondangan dengan ayah kinan, dengan kondisi yang sedikit meringis ringis, ditambah Maag yang tiba tiba kambuh. Sorenya karena rasa sakit yang tidak tertahankan saya minum antipiretik “antalgin”, Duh ternyata saya salah…tambah sakit nieh lambung kayak diperas- peras….rasanya sakitnya kayak mau lahiran, *apa pengaruh saya lagi PMS juga, *lengkap sudah penderitaan..akhirnya karena nggak kuat ke dokter juga, lalu menceritakan kronologisnya, minum obat apa saja…dan ternyata kata dokternya  kalo maag jangan konsumsi antalgin, antipiretik jenis itu memicu asam lambung, jadi maagnya makin menjadi…huhuhuhuhu……pantesannnnnnnnnnnn!!! Standard obatnya..dikasih obat maag, dikasih obat pereda rasa sakit yang dioleskan namanya “FLAMAR”, terus parecetamol,  dan tidak saya minum semua…lalu apa guna ke dokter mak???!!! *ayah kinan sampai geleng geleng kepala..cuman obat olesnya aja yang dipake..

Hari minggunya, lumayan sedikit berkurang nyerinya…tapi masih sangat nyeri untuk posisi posisi tertentu, Hari seninnya benernya dah lumayan juga dah bisa ngantor.., udah bisa gendong2 kinan, udah bisa lincah masak memasak…cuman memang masih nyeri juga untuk posisi tertentu, saya paksakan untuk gendong kinan pada posisi yang sudah berdiri, nggak dari jongkok…misal saat mengambil kinan dari ayahnya yang sudah digendong…baru bisa kalo dari posisi jongkok masih sakit…Sampai kantor tergoda untuk mencoba pijat urat, ditempat yang disarankan teman, hmmm…setelah pijat kok terasanya malah jadi tambah sakit yah…atau masih baru saja, atau  karena nggak pernah dipijat plus juga di bekam…hauahuahua…jadi makin kayak baru di gebukin nieh badan..heheuheue…nyesal juga nggak dengerin ayah kinan yang dokter minded dan nggak kenal begituan…….hmmm ternyata belum ada progressnya…

Plan B-nya kalo masih saja sakit, akan ke Awalbross untuk check ke dokter syarat& tulang atau  dokter rehabilitasi medis…seperti yang teman pernah lakukan…

Saat searching dan tanya tanya sama kawan kawan yang pernah mengalaminya lumayan dapat pencerahan, ternyata banyak juga kawan yang mengalaminya, Kata salah seorang kawan bisa jadi itu angin yang terjebak?? benarkah?? mungkin yah..jadi dia menyarankan untuk mencoba minum bandrex aceh atau membuat mie kemudian dikasih rajangan bawang merah mentah, dimakan gitu sama mienya nanti bisa buang gas alias *maaf bahasanya k*nt*t gitu…sudah saya coba itu malam harinya, tapi kalo bandrex aceh tidak dicoba karena dilarang sama ayahnya kinan. Sempat tanya tanya bapak dijawa, dia bilang bisa jadi luka lambung juga berefek ke nyeri pinggang?? benarkah?? wah nggak tahu juga benar tidaknya…dari hasil searching2 di mbah google banyak juga penemuan lucu lucu…terutama dari forum thread yang ini  dan ini soal kecetit bikin ngakak ngakak juga bacanya….hmm forum bapak bapak :)

Akhirnya pada hari rabu kemarin ambil cuti MC dan berangkat ke RS AwalBross batam, langsung ke bagian rehabilitasi medik, kenapa tidak ke syaraf ? Atau ortopedi karena pertimbangannya sudah cidera keadaannya, dan dari pengalaman kawan disarankan langsung ke situ nanti bisa di treatment dengan sinar atau hanya di berikan advice untuk exercise dan banyak saran lainnya.  Dan akhirnya alhamdulilah, sampai juga di Awalbross bertemu dengan dokter Fisher Iwan, yang menangani, penjelasan dan pemeriksaan begitu gamblang dan enak, alhamdulilah lega mendengarkannya. Saat diperiksa reflex syaraf ok, nggak ada masalah, terus tulang ok, *parnonya takut pengeroposan tulang..kata beliaunya biasanya pengeroposan tulang itu pasa kasus usia monopuse, kalo masih produktif jarang banget katanya.  Hanya ketarik otot atau bahasa populernya “Kejetit/kecetit”. Jadi bukan syarat bukan tulangnya. Beliau menambahkan biasanya hal ini terjadi karena salah posisi atau gerakan reflex yang tiba tiba.   Kemudian beliau memprintkan bentuk2 exercise yang harus dijalankan dirumah untuk kelenturan otot  dan menghindari cedera pinggang. *karena sering banget saya mengalami hal seperti ini, dan yang terparah adalah kali ini. Makanya mending berobat dan mencari jawaban pada ahlinya…. Biar lebih plong dan lega serta tentunya lebih hati hati….*ini mah kata kata suami saya..sebenarnya Plan B ini saya nggak mau tapi ayah kinan yang ngotot sengotot ngototnya…orang ditanggung asuransi dari kantor aja…kok ribet seh..mengingat tanggal tua ke Batam, bisa gigit jari mak..heueheuheuehue…itu pertimbangan saya, nggak bisa kemana mana, kalopun mampir ke mall tentunya nggak dengan kepala tegak, tapi yang ada lesu..heueheuehue…*lebay..lagi lagi lebay…

Ini dua hasil print-print-an yang diberikan  dari dokter Fisher iwan untuk kasus pinggan kecetit saya;

Hal hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari Pinggang kecetit/kejetit

Dokter Fisher Iwan juga memberikan gambaran exercise ringan atau peregangan otot yang seharusnya dilakukan bila terkena cedera otot pinggang seperti saya ini;

exercise untuk pinggang kecetit

Exercise untuk pinggang kecetit

Betapa kalo sudah sakit begini bener bener berucap dan bersyukur dengan nikmat sehat yang telah diberikan Allah swt untuk kita. Reminder buat saya sendiri untuk lebih berhati hati dan banyak bersyukur, kalo sudah gini ingat banget banget  Ayat yang ada disurat Ar. Rahman,

 “Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan”

Ayat dari Ar rahman

Silahkan click pada gambar untuk tahu sumber gambar

 

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

29 Responses to Episode: Ringkasan “Pinggang Kecetit” alias Terkilir

  1. rina says:

    gws ya mama kinan… nikmat sehat itu memang luar biasa, tidak ternilai oleh apapun

  2. Lidya says:

    seperti gerakan yoga ya bun kalau aku perhatikan.semoga lekas sembuh ya

  3. Orin says:

    Mba, semoga skrg sudah pulih total ya. Aku selalu merinding baca ayat Ar-Rahman yg itu…

  4. kalau dulu saya mengalami ini saya bisa sembuh dengan berolahraga… harus dipaksakan olahraga. tidak boleh dipake tiduran makin lama sembuhnya. saya bisa merasakan sakitnya tuh..
    dipake duduk awalnya sakit tapi lama lama baikan.. mau berdiri sakit lagi jadi jalannya bungkuk… begitu juga sebaliknya…

    Olahraga Ibu… paksain aja sakitnya.. dijamin besok atau lusanya sudah sembuh…

  5. Desi says:

    sehat emang nikmat yang ga ada duanya :D Smoga kita selalu diberi kesehatan ya mba.. amin..

  6. alamendah says:

    Saya keknya pernah merasakan walaupun tidak parah-parah banget, Bunda. Detailnya bagaimana saya sudah agak lupa.
    Btw, dua print out yang disertakan sangat memberi pencerahan buat kita semua.

  7. mama hilsya says:

    hihihi… itu juga aku baru baca tuh.. yg lambung, syaraf, jantung, darah, renal, repro, kulit… lengkap..
    ampun deh.. berasap kepala.. ga ada yg nempel nih…

    btw, udah sembuh sekarang?

  8. naniknara says:

    wah libur panjang kok diisi tiduran aja. Kasihan si Ayah. tapi ada hikmahnya juga kan?

  9. vera says:

    gimana sekarang kabarnya, moga lekas pulih ya…

    aku pengen juga tuw baca buku hanum, gak punya bukunya. katanya bagus ya

  10. riliarully says:

    wah iya aku pernah juga tuh jeng emang sakit banget..cepet sembuh ya..
    tp hikmahnya banyak ya dari kecetit :D
    btw smp skr kl bungkuk tulang belakang saya jg masih sakit..thanks ya sharing tipsnya :)

  11. bahkan seusai kecetit pun masih menghambil hikmah
    subhanallah, inilah salah satu tanda orang yang beriman
    semoga cepat pulih kembali ya mamanya Kinan…

  12. wah makasih nih tipsnya :D

  13. Zipora Maria says:

    Mbak…saya lagi blogwalking nih trus mampir kesini.
    Baca kabar kalau Mamanya Kinan lagi kecetit pinggangnya, haduh pasti apa-apa gak enak tuh, soalnya kaki saya pernah terkilir dan itu ampun deh sakitnya dan pulihnya lamaaa berbulan-bulan. Memang bener kata Mbak, sehat itu patut disyukuri. Get well soon ya Mbak.

  14. Diandra says:

    mama Kinaaaaan…..
    maaf baru mampir sini,abis sembuh dari sakitnya Rafi pengennya ditungguin terus di sekolah
    jadilah aq seminggu ini penunggu setia sekolah…hehe
    pulang sklh udah cape pengennya istirahat jadilah aq jarang bw

    btw gimana skrg udah sehatkah…?
    lain kali hati-hati yaaa…..
    bagi qta para emak2 sebaiknya diusahakan jangan sakit….hehe
    tapi untunglah Kinan mau dengan ayahnya yaaa….

    aq juga pernah kyk gitu lho
    waktu itu aq mau ngambil sayuran dari kulkas,dr posisi jongkok langsung berdiri terlalu menghentak … dan saat itu aq ngerasa tulang ekorku sakitnya minta ampun sampai gak bisa berdiri. langsung dibawa ke tukang urut dan sampai pulihnya pun tidak cukup diurut 1x ada mungkin sampai 3 kalian….
    mulai dari situ aq jd lebih berhati2 deh…..

  15. ainuq says:

    Mba….skrg gmn keadaannya?udah baikan blm? Aduk, aku blm pernh ngerasaain tp kebayang deh gmna sakitnya:( kalo mask angin dan bikin punggung sakit aku pernah…

    Untungnya Mba Kinan nice baget ya Mba…pengertian;)

  16. Waduh…jadi sekarang gimana mam? Sudah baikankah? Moga lekas pulih yaaa…

    Btw, yang tidak boleh pake sepatu hak tinggi itu…itu yang susah buat saya…hahahaha

  17. mudah mudahan cepet sehat lagi ya mbaaaaa…

    Tapi biasanya kalo mamanya sakit, sang anak emang jadi lebih deket ama ayahnya mbaaa…
    itung itung cuti laaaaah :)

    Tapi kalau mau diurut/pijat emang harus hati hati mbaaa…takut gimana gimana…
    Untunglah akhirnya ke dokter kan?

    kurang olahraga aja kayaknya mah *sok banget padahal sendirinya gak pernah olahraga juga…hihihi…*

  18. BunDit says:

    Kalau saya sering “salah tidur” jd lehernya yang sakit heehe. Semoga lekas sembuh mam :-)

  19. Ely Meyer says:

    sehat itu karunia yg tak ternilai harganya ya

    btw, apa kabar ? :)

  20. pras says:

    sama kayak saya sih…
    saya justru dari maret kmaren ngalaminya, bahkan sampai skarang pun masih terasa nyeri…
    mungkin istilah yang cocok dengan tu penyakit adalah HNP (hernia nucleus pupolus) wah sakiiiiiiiittttttttttttttttt bgt tuh…..
    cb search dulu aja tu penyakit, sapa tau dari situ bs nemuin solusi…
    saya juga menyadari betapa penting kesehatan diwaktu kita terkena ni penyakit,,,
    tetep sabar, dan jngan putus asa, masih bnyak orang yang mengalami ni penyakit….

  21. afif says:

    aslmkm, mama kinan, salam kenal aja, sy org btm jg (MCD)lg mencari info bengenai kecetit , so yg mba alami gak pake urut-urutan yah…, dan apakah hasil terapi olah raganya berhasil..? trims

    • waalaikumsalam
      alhamdulilah saya waktu itu cepat pulih, dan sejak saat itu saya kalo misalnya pinggang udah kaku gitu cepet2 melakukan peregangan otot yang disarankan dokter fisherman diawalbross itu…setiap bangun tidur atau mau tidur biasanya saya melakukan gerakan2 sederhana yang saya sempat upload diatas.saya waktu itu sebenarnya udah agak mendingan, terus kegoda urut dan bekam..walah malah malamnya nggak bisa jalan..ngesot bener..saking sakitnya dipake posisi untuk berdiri..terus sehari udah lumayan baru hari berikutnya periksa ke awalbross itu. Dikasih obat oles dan untuk otot yang diminum, tapi nggak saya minum…*berusaha mengindari yang obat2an kimia jadi coba obat saleb olesnya aja..alhamdulilah sembuh..pengalaman saya emang harus hati hati saat melakukan aktifitas dan jangan membuat gerakan yang tiba tiba…atau paling tidak kita melakukan peregangan otot atau olahraga yang disarankan untuk kelenturan otot..wah bapak dibatam yah bisa ke awalbros mungkin untuk check ke dokter fisherman..*bukan iklan tapi dokternya baik….dan penjelasannya gamblang..kawan saya ada yang sempat terapi disitu, hasilnya emang lumayan katanya..kalo saya nggak terapi cuman permeriksaan aja…semoga bermanfaat yah …*maaf sekedar sharing pengalaman tidak bermaksud menggurui..

  22. tantri says:

    Mbak, makasih ya atas edukasinya mbak, bermanfaat sekali, krn saya jg ngalami pinggang kecetit ini mb, hampir aja saya mau pijat, krn mbak yg pijatnya sibuk terus, jd sy waiting list gt, syukur alhamdulillah sy search di google, n baca sharing dari mbak, saya mau coba exercisesnya mbak…terimakasih mbak

  23. galang says:

    kecetit emang gk enaknya luas biasa…lebih baik sakit gigi drpd kecetiti…kalo yg slama ini aq lakukan…pake dokter jawa, yg bener2 ahli, bukan dipijet tapi mbenerin urat, dijogja tukang urat yg ahli ada di jl magelang…dulu pernah kesitu…mak nyus, cuma ditangani 5 detik, dah enakan

  24. terimakasih… alhamdulillah saya mengikuti saran di gambar, hasilnya langsung nyata… rasa sakit pinggang saya akibat kecetit langsung hilang. tadinya untuk jalan saja susah… Jazakumullah….

  25. sasmitaika says:

    Mbak, terima kasih sharing infonya tentang kecetit. Baru saja ngalamin, setengah jam yang lalu, waktu membungkuk mau jemur baju. Sakit banget ;”( nggak bisa duduk. Langsung browsing tentang sakit pinggang mendadak, ketemu blognya mbak. Kupraktikkan exercise di gambar, alhamdulillah reda sakitnya. Semoga ini kecetit yang pertama dan terakhir ;”)

  26. salam kenal ya, pagi tadi swaktu memberishkan kamar mandi, rasanya tiba2 kaya keecentit sehingga pinggangnya sakit banget,,,,aku mau coba exercisenya …
    .

  27. Sangat Membantu tutorialnya ibu Kinan dari dokter fisher… terimakasih

Leave a Reply

