Manfaat dan Kandungan Gizi Kemiri

Break sejenak meluruskan punggung dan kaki..heuhuehue..lemes lemes kok kerjaan ra rampung rampung…hiks..yo wis..sebisanya..istirahat dulu sambil nunggu bell, *kayak anak sekolah aja yah nunggu bel…lirik jam di komputer 4.47 PM…heuheueheu…masih tersisa beberapa menit lagi, itu juga kalo ayahnya kinan, bisa ontime, seringnya saya malah harus pulang duluan. Disyukuri dan dinikmati  demi segenggam beras,  juga berlian  dan  logam mulia….kejauhan mak..!!!!

Alhamdulilah udah weekend lagi, uhuyyyyyyyy udah jum’at dan alhamdulilah sudah hari ke 7 bulan Ramadhan, kok terasanya cepet yah??!!  Lagi nggak ada ide posting apaan ya udah mau menulis tentang “Kemiri” aja, karena  beberapa minggu lalu dirumah Uti-nya kinan lagi  jatuh cinta dengan sayur asem Betawi, yang menggunakan bumbu “Kemiri”, walaupun saya dah masak macem macem, tetap aja UTinya bikin Sayur Asem Betawi.  Karena keseringan membuat sayur asem betawi dengan kemiri ini akhirnya Utinya kinan menanyakan kepada saya tentang kandungan gizi dan bahaya kalo kebanyakan “kemiri” ini.  Dan saya janji kepada ibu saya untuk mencarikan artikel tentang “kemiri dan kandungan gizinya”. Maklumlah emak saya ini cenderung suka yang herbal dan alami, susah banget kalo disuruh minum obat obat atau vitamin atau suplemen kimia, sebisa mungkin menjaga tubuh dengan makan makanan yang sehat dan sesuai dengan aturan. Makanya demen banget kalo dikasih tahu kandungan kandungan gizi dari bahan bahan makanan yang biasa kita gunakan.

Tapi dengan begitu bagus juga sih saya yang anaknya ini juga belajar dan berusaha mencari di mesin pencari, ayo kita tanya mbah google, dan ternyata begitu surprise ternyata kemiri yang nama latinnya  Aleurites moluccana ini memiliki kandungan gizi yang bagus dan berguna bagi tubuh.

KEMIRI

sumber gambar dari sini

Wah dari penampakan daun-nya ini kayaknya banyak aku jumpai di tempat aku tinggal pulau Bintan ini, yah dan ternyata benar sepanjang perjalanan dari Tanjung Uban ke arah Tanjung Pinang di beberapa ruas jalan nampak pohon kemiri. Aku tahu informasi itu malah dari Utinya kinan, itu kayaknya pohon kemiri katanya beberapa waktu lalu saat ke Tanjung Pinang. Dan ternyata benar di bintan ini banyak dijumpai pohon kemiri yang ditanam.

Lalu apa manfaat Kemiri??? seperti yang saya baca dari sini, kemiri bermanfaat dari rambut sampai ke perut.

Masyarakat Indonesia sudah lama memanfaatkan minyak biji kemiri sebagai penumbuh dan penyubur rambut. Bila teratur mengoleskan minyak kemiri ke kulit kepala, rambut akan tumbuh sehat, tebal, dan berkilau.

Kemiri diyakini berkhasiat mengobati buang air besar yang berdarah, diare, disentri, sakit perut, sembelit, demam, sariawan, dan sakit gigi.

Kemiri mengandung zat gizi dan nongizi. Zat nongizi dalam kemiri misalnya saponin, falvonoida, dan polifenol. Banyak peneliti telah membuktikan bahwa ketiga komponen ini memiliki arti besar bagi kesehatan. Kandungan zat gizi mikro yang terdapat dalam kemiri contohnya protein, lemak, dan karbohidrat.

Mineral yang dominan dalam kemiri adalah kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Juga terkandung zat besi, seng, tembaga, dan selenium, dalam jumlah sedikit.Kandungan penting lainnya adalah vitamin, folat, serta fitosterol yang dapat meruask enzim pembentuk kolesterol di dalam hati, sehingga menghambat pembentukan kolesterol.

Protein pada biji kemiri terdiri dari asam amino esensial maupun nonesensial. Fungsi asam amino esensial antara lain untuk pertumbuhan karena asam amino terdapat di semua jaringan dan membentuk protein dan antibodi.

Asam amino nonesensial yang menonjol pada kemiri, yaitu asam glutamat dan asam aspartat. Keberadaan asam glutamat yang memberikan rasa nikmat ketika kemiri digunakan sebagai bumbu. Hal itu membuat kemiri dapat mengganti penyedap masakan seperti MSG. (sumber dari sini)

Orang bule bilang, Kemiri ini “Hazelnut” Kemiri dan Hazelnut tidak sama, kalo Hazelnut lebih banyak digunakan untuk campuran di kue dan coklat. dan juga untuk kosmetika.  kalo mau tahu tentang seluk beluk kemiri ini bisa juga di click di wikipedia  yang ada disini.

Wah sebenarnya negara kita ini bener bener kaya yah, gemah ripah loh jinawi, bener kata lagunya “Koes Plus”  yang katanya “Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”  apa apa ada…dan bermanfaat bagi kita..semoga kedepannya negara kita makmur nggak ada lagi yang dibawah garis kemiskinan, semua sehat..semua bisa menikmati fasilitas pendidikan, semua  maju, masyarakat makmur dan bahagia, aman tenteram dan tertib..*berdoa dan berharap ..berbaik sangka pada pemerintah..semoga pada sadar dan tidak melakukan korupsi untuk menggembungkan kantong pribadi…*bulan puasa semoga do’anya dikabulkan sama Allah SWt, dan kita berbaik sangka kepada pemerintah..:D…Betul tidak ….jamaahhhhhhhh…..walah kok jadi kayak ustad itu…hehehe..yo wis ah…sekian dulu posting saat menunggu ayah kinan selesai dengan reportnya..sambil ngabuburit. Akhirnya 5.31 PM..time to go home..

Happy weekend kawans…Selamat menunggu berbuka puasa

About these ads

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Manfaat dan Kandungan Gizi Kemiri

  1. Applausr says:

    wah setahu saya busa juga buat laki laki yang kumisnya tidak ada bisa dioleskan minyak kemiri..
    buat ambein juga bisa ya… baru tahu nih…

  2. zasseka says:

    masak pake kemiri, mesti jadi gurih :D

  3. kemiri di bikin sambel juga enak loh ^^

  4. Ely Meyer says:

    wah aku baru tahu lho penampakan kemiri yg asli, sdh lama ndak lihat kemiri, walau dijual di toko asia, tapi jarang beli, banyka juga y amanfaatnya, baru tahu juga, thanks ya :)

  5. kiky says:

    ohhh jadi hazelnut itu kemiri toh mbak…

  6. mama hilsya says:

    serius hazelnut itu kemiri? baru tau…
    padahal baru aku mau komplen kok rasanya ga nemu kemiri di pasaran..
    ndilalah aku ngegadoin hazelnut rebus, hehehe

  7. naniknara says:

    weh baru tahu klo kemiri = hazelnut

  8. Pingback: Kemiri dan Hazelnut *edisi revisi dan lanjutan..hueheueheue | My new world

  9. Pingback: Hazelnut dan Kemiri | My new world

  10. Dija dan Elsa baru tau loh penampakan pohon dan buah kemiri seperti itu
    biasanya liat di dapur, yang kemiri sudah siap olah gitu

  11. BunDit says:

    Baru tahu pohon kemiri kayak gitu…tahunya ya kemiri yang sudah dijual di pasar hehehe. TFS mam :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s