Membuat Kue Nastar dengan Oven Listrik

Seperti keinginan yang pernah saya posting disini, saat dibelikan oven listrik sama Pak Ne, saya ingin mencoba membuat kue kering untuk lebaran dengan oven listrik baru saya. Ternyata keinginan itu tinggal keinginan saat bulan puasa lalu dan mendekati lebaran serta mendekati Mudik tanggal 2 agustus 2013 yang ada saya tidak punya waktu untuk membuat kue kering. Dan karena saya bener bener pecinta Nastar dan ingin menikmati kue nastar buatan sendiri maksudnya biar irit dan puas gitu..hehehe..eh soalnya sayang juga Utinya kinan udah bikin selai nanasnya soalnya pan kerasa enak banget selai-nya…ya iyalah enak wong selainya tiba tiba aja udah jadi…dibikinkan :) nggak pake capek capek saya bikin…Makasih ibuk :) tau aja anaknya suka selai nanas…

Akhirnya hari sabtu tanggal 17 Agustus 2013 setelah upacara *halah…eh salah ding  nggak ikutan upacara ding yang ada hari itu sorenya ke kantor untuk ngelembur 5 jam release Ohsas document…*semoga jerih payah dan daya upayanya dihargai..kalopun enggak dihargai…Insyaallah Allah SWT yang menghargainya…*walahhhhhh  melas men mak mak….:) intinya karena tanggung jawab aja….susah payah merayu kinan untuk bolehin emaknya kerja hari itu..bilangnya ke saya sambil melas “Mama ini hari Sabtu kan, adek udah hitung Mama libur kan?? Iya Kan??” Ya Allah…maaf nduk…mama akhirnya meminta mbak dwi untuk menemani adek di rumah dan betapa senangnya kita buat kue nastar sama sama sebelum mama lembur nyangkul.

Inilah penampakan kinan membantu mama buat kue nastar

kinan membuat nastarResep Kue nastarnya masih pake resep yang lama tahun lalu yang pernah saya posting disini, yang gampang gampang aja dan cepat di kerjakan.

Kue nastar Klasik

Bahan bahan adonan

  1.  1/2 kg tepung terigu
  2.  2 bungkus margarin @ 225 gram (emak kinan pake yang brand Bl*e B*nd)
  3. antara 50 gram sampai 100 gram  gula halus
  4. 1/2 ons tepung susu
  5. 2 sendok makan tepung maizena (yang ini modifikasi emak kinan berdasarkan resep yang di searhcing di internet)
  6. 2 kuning telur rebus (yang sudah matang) dihaluskan dan dicampurkan dalam adonan
  7. Keju edam/ Butter cream 50 gram (biar lebih harum) emak kinan skip yang ini karena nggak tersedia dirumah cari cari muter muter Tanjung uban juga nggak ada.
  8. Kuning telur untuk olesan
  9. Nanas , Gula, kayu manis, cengkeh,untuk  membuat selai nanas.

Cara membuat adonan untuk nastar:

Campurkan tepung terigu dengan gula halus, tepung maizena, tepung susu, telur rebus, margarin, aduk adonan dengan tangan sampai kalis, lalu siap dibentuk, terserah selera mau pake cetakan atau langsung dibentuk bulat, kemudian beri selai nanas ditengahnya, bentuk lagi, taruh dalam loyang. Untuk yang nastar keju bisa adonan bisa dicampurkan sedikit keju dan juga diberi taburan keju diatasnya.Oven 45 menit dengan api bawah suhu 160 derajat Celsius atau  sampai matang.

Cara Membuat Selai Nanas;

Parut nanas atau blender, kemudian panaskan dengan gula, diberi kayu manis dan beberapa batang cengkeh, didihkan dan sedikit keringkan, selai nanas siap di buat untuk isi kue nastar.

Dan karena baru pertama kali ini memakai  oven listrik merek K*r*N untuk buat kue kering ini jadi masih “trial and error, saya tambah satu loyang seukuran oven jadi total ada 3 loyang dalam sekali bakar, kita pindah pindah aja nanti loyangnya agar panasnya merata dan matang merata.

nastar dengan oven listrik

Taraaaa…this is it…Nastar ala emak kinan, pas dibawa kekantor macem macem komentar kawan kawan, ada yang bilang oke, Selainya Oke banget berasa nanasnya, terus ada yang bilang sayang kurang kering, kurang kress gitu…..ada yang bilang pas dan ok malah ada yang bilang mau pesan untuk dirumah…*halah masak sih mbak??…….hehehe Semua saran ditampung untuk “improvement” pembuatan nastar berikutnya..overall sing penting emak kinan senang bisa makan nastar sepuasnya…hehehe….*kesukaan banget soalnya..lebaran tanpa nastar koyok gak lebaran…*halah…

Jadi karena selai nanasnya masih ada kemungkinan ada babak kedua pembuatan nastar..*halah halah mak..emang sepak bola gitu..ada babak kedua segala…:)

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Resep Masakan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

31 Responses to Membuat Kue Nastar dengan Oven Listrik

  1. bundaMaRish says:

    nastarnya kasih keju lebih enyuuuuuuukkkk… trus selai nanasnya yang banyaaaaaaaaakkk..

    happy belated Idul Fitri mbak! ;)
    *sungkem

    • iyo mbak sama sama mohon maaf lahir batin…yang kemarin ini nggak sempat kasih keju maunya klasik aja..ini babak kedua nyidam pengin dikasih keju..iya mbak selainya tak banyakin..biar puas makannya..*halah…bilang ada doyan

  2. liez says:

    mau nastarnyaaa… *ngeces

  3. dian_ryan says:

    Mau dong nastarnya mama kinan….

    btw, itu bener mba kuning telornya direbus dulu ?

    • bener mbak..asli ini versi yang direbus dulu jadi bener bener nggak menggunakan kocokan mixer saya baru tahu tahun lalu setelah dipraktekkan enak saya males ribet pake mixeer makanya pake kuning telur rebus

  4. Desi says:

    ayoo mba bikin lagii mumpung selainya masih ada.. ;))
    aku kemaren pas bantuin ibuku, masih ada juga sisa selai nanasnya..akhirnya aku pake buat olesan roti tawarnya radit.. selainya lebih enak karna homemade ;)

  5. nyonyasepatu says:

    yg babak kedua boleh dong hasilnya dikirim ke medan *mulut mangap*

  6. monda says:

    buat lagi mbaak
    selai nanas nya uti Kinan pasti enak, bisa awet gitu ya

  7. Berapa Watt Mbak daya dari openan listriknya?
    Kinan rajin ya….semoga rajin sampai segede tante ya….karena tante dulu seumuran Kinan suka bantuin Bunda bikin kue eh sudah gede males, he he he

    • hi mbak….kalo dari yang aku baca kalo watt untuk pemanas bawah 400 watt kalo yang untuk atas juga 400 jadi kalo dua duanya bekerja apakah 800?? itu yang belom aku ketahui …coba nanti aku check lagi….:)
      Aamiin semoga kinan rajin bantuin mama-nya nanti kalo dah gede mbak..:)

  8. Zizy Damanik says:

    Saya belum pernah bikin kue kering, Mbak. Belum pede. Kalau dulu masih tinggal sama ibu saya, saya selalu bantu tuh kalau bikin kue kering… :)

  9. Aduh..kue nastar enak banget… Saya paling suka..

  10. Elsa says:

    Mbaaak…
    aku tuh maju mundur mau bikin nastar.
    ribet gak sih mbaaaakkk
    takut aja nggak jadi nastar gitu, hahahahhaa
    secara seumur hidup belom pernah bikin kukis.
    bisanya cuman bikin cake aja

  11. D I J A says:

    Enak ya… Kakak Kinan dibikinin nastar sama mamanya
    Dija gak pernah dibikinin tuh sama emaknya

  12. Lidya says:

    bun aku mau dong nyicipi kue nastarnya

  13. Anggie says:

    Mau juga dikirim nastarnya dong… ;)

  14. fitri says:

    sing mama and bunda minta resep buat kue ring keju na donk….
    q’ suka bgt tp lum bisa buat sndri

  15. kl bikin nastar yg paling capek emang pas bikin selainya hihi

  16. mrscat says:

    ahhh seandainya aku bisa baking…..*masukin ke target pengembangan diri haha*

  17. pinter banget ih bikinnya, aku ga pede bikin kue mbak, sering gagalnya soale hehehe

  18. ratnareene says:

    mantaf bgtt ya mbk bikin kuenya, jd kpengen mkn nastar mlm2 gini.

  19. lel says:

    mbak, ini oven kirin yang tipe apa ya?udah dipake berapa tahun dan masih oke nggak ya?cukup untuk loyang ukuran berapa kah?matur nuwun mbak …

    • Message Body

      hi mbak laili maaf yah baru sekarang bales koment ini oven yang saya beli kemarin, kurng lebih umurnya setahun sekarang, masih sangat ok, dia ada dikasih 2 loyang bawaan saya beli sendiri untuk tambahan biar jadi tiga kalo bikin nastar biar cepat kemarin

      KBO-190RA
      Nama Produk KBO-190RA
      Elemen Pemanas 2 pilihan (atas & bawah)
      Kapasitas 19L
      Bahan Body Stainless steel
      Suhu antara 100 °C – 250 °C
      Timer 60 menit
      Daya Bawah 400 Watt
      Daya Atas 400 Watt
      Voltase 220 Volt, 50Hz
      Keterangan Dilengkapi dengan fungsi rotisserie

  20. Kiki Mayang says:

    salam kenal mbak, kita punya oven yg samaa.. hehe.. cuman ya itu aku cuman muat 2 loyang aja. loyang asli yg bawaanya dr oven pas beli yg item itu, sama satu loyang lagi ditaruh diatas yg kawat itu. nah mbak kok bsa muat 3 loyang? yang ditengan (sesuai pict) itu kalau boleh tau ukuran brp y mb? makasih sebelumnya.. insha mau nyoba jualan tp kok isinya cmn dikit jd gempor ngovennya

    • saya pake loyang tambahan mbak beli yang kurang lebih ukuran sama dengan loyang bawaan. jadi muat gitu saya naruhnya yang ini dialasi pake yang kawat stainless bawaannya itu karena kayaknya nggak pas gitu sama, terus yang satunya pake loyang hitam bawaan, nah satunya lagi kan ada tuh bawaan yang kayak lurus aja itu dan ada lengkungnya dikit..nah saya pake itu..jadi pas proses oven bisa 3 langsung saya masukkan, cuman biar panasnya merata saya sering pindah kan aja yang bawah, dipindah keatas, yang atas kebawah, yang tengah ke bawah, terus keatas begitu…biar kondisinya matang merata. Tos mbak sama ovennya..alhamduilllah so far nggak ada masalah berarti sama ovennya..semoga awet ya mbak oven kita :)

  21. Kiki Mayang says:

    hehehe, amien.. tapi punya ku gak cepet panas mbak, jd kalo manasi aku lgs pake api atas bawah (gak tau inibener apa gak) biar cepet panas.. hehe.. iya mbak, aku biasanya cuman 2 aja.. yang di foto terakhir itu kan paling atas loyaitem yang bawaan dr ovennya y? yg paling bawah loyang yg dialasi rak kawatnya itu, nah yg tengah itu mbak pake loyang beli sendiri ukuran berapa? mau ngikut belii.. hehehe..

Leave a Reply

