“Bila Mama Boleh Memilih”

Mbak Andri…makasih forward-an puisinya yah…menginspirasi-ku…
Buat ibu-ibu PKK (siapa aja yang terdaftar disini :)….makasih sharing2-nya saat makan siang, dapat ilmu, curhat…tempat nggombal,curhat kekesalan……kayaknya terlampiaskan saat makan siang…dan jadi nggak terasa kalo menu makan siang biarpun rasanya nggak ngalor dan nggak ngidul…habis juga….)

BILA IBU BOLEH MEMILIH
Anakku,?
Bila ibu boleh memilih
Apakah ibu berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu
Maka ibu akan memilih mengandungmu?
Karena dalam mengandungmu ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Allah
Sembilan bulan nak,? engkau hidup di perut ibu
Engkau ikut kemanapun ibu pergi
Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan
Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu kecewa dan berurai air mata?
Anakku,?
Bila ibu boleh memilih apakah ibu harus operasi caesar, atau ibu harus berjuang melahirkanmu
Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu
Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu
Adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga
Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat ibu rasakan
Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua
Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit,
Yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun
Dan ketika engkau hadir, tangismu memecah dunia
Saat itulah? saat paling membahagiakan
Segala sakit & derita sirna melihat dirimu yang merah,
Mendengarkan ayahmu mengumandangkan adzan,
Kalimat syahadat kebesaran Allah dan penetapan hati tentang junjungan kita Rasulullah di telinga mungilmu
Anakku,?
Bila ibu boleh memilih apakah ibu berdada indah, atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu,
Maka ibu memilih menyusuimu,
Karena dengan menyusuimu ibu telah membekali hidupmu dengan tetesan-tetesan dan tegukan tegukan yang sangat berharga
Merasakan kehangatan bibir dan badanmu didada ibu dalam kantuk ibu,
Adalah sebuah rasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan
Anakku,?
Bila ibu boleh memilih duduk berlama-lama di ruang rapat
Atau duduk di lantai menemanimu menempelkan puzzle
Maka ibu memilih bermain puzzle denganmu
Tetapi anakku?
Hidup memang pilihan?
Jika dengan pilihan ibu, engkau merasa sepi dan merana
Maka maafkanlah nak?
Maafkan ibu?
Maafkan ibu?
Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita,
Agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang
Percayalah nak?
Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu
Percayalah nak?
Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu

By : Ratih Sanggar Wati

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to “Bila Mama Boleh Memilih”

  1. itta says:

    mbak yu…aku terharu baca blognya…mungkin kinan adalah salah satu anak yg paling berbahagia didunia karena punya bunda yang berhati malaikat dan begitu menyayangi putri dan keluarganya tercinta….diriku bisa meniru keteladan mbak yu ga ya?

    • kinan09 says:

      Jeng ita…(waduh…kok jeng….jawa banget yah hehehehe..bukannya seharusnya pariban atau ????)…nanti jeng ita juga akan merasakan kalo dah jadi bunda….jeng ita juga akan berupaya menyayangi anak-anak dan keluarganya…I am sure…u will be good wife and mother for the future…makanya cepetan jeng..:)

  2. mulyani says:

    Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita,
    Agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang.

    Mb…aku juga ingin menjadi yang terbaik buat anakku,….dan jika aku bisa memilih, aku memilih segalanya untuk dia.

  3. IbuDini says:

    Mb…puisimu bikin aku iri.
    Kinan pasti bangga punya ibu sepertimu mb, kelak dia besar nanti semoga saja mengerti apa yang kita inginkan dan untuk apa kita memberikan itu untuk dia ya mb.

  4. ungkapan hati seorang ibu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s