MPASI Pertama, Middle Of February Till Beginning of April (Episode 2)

Sempat takut dan was-was, ketika mendekati hari-hari kinan mau dapat MPASI, takut kalo kinan nggak mau makan, takut kinan  gak mau dan bingung dengan suapan pake sendok. Karena masih takut-takut dan was-was, malah  rencananya mau kasih kinan bubur susu dari biskuit bayi aja yang dibeli jadi (instans) tapi karena waktu itu kinan jadi tambah batuk, aku stop dulu biskuitnya, cuman kemakan 1.5 biji, lainnya emaknya yang menghabiskan hehehhe….(emaknya tergolong pemakan segala…..makanan bayipun dilahap..gimana gak melar segedhe gajah bu….hehhehe). Terus pernah pula dicoba pake botol yang bersendok, maksud hati supaya sterril dan tak kena kuman waktu nyuapin, eh ternyata dia tak mau pula. Syukurlah dia malah semakin lahap kalo pake sendok.

Merasa bersalah karena kinan MPASI  pertamanya bubur susunya pake biskuit bayi instans akhirnya aku buatkan sendiri makanan untuk kinan, pertama untuk perkenalan yang serba pure2an, sambil memperkenalkan kinan sama sayur dan buah-buahan, adakah alergi atau tidak..ikuti aturan 2-4 days waiting…awal MPASI-nya. Untuk Pure pada perkenalan pertama aku berikan pure alpukat (pas saat itu ada stock di kulkas) wah ternyata seneng banget…alhamdulilah (mungkin dia nggak asing kali sama rasa alpukat karena pas di masih didalam perut hampir tiap hari emaknya bikin jus alpukat-makanya emaknya banyak lemaknya…nggak langsing langing…malah langsung melar….), kemudian pure pisang, terus pure apel, pure pepaya, pure labu kuning, pure pir, pure kentang, pear ubi jalar,pure tomat, pure zuchini, air jeruk. Kayaknya gampang yah tinggal kukus,…dihaluskan diatas saringan, tambah susu formula atau asi, jadi deh…tapi praktiknya….wah tiap hari..gedebug hantam sana hantam sini nyiapin makanan kinan secepat dan sehigienies mungkin karena emaknya takut telat ngantor….dari beras merah yang aku bikin sendiri tepungnya dari blender lalu dibikin bubur dan ditambah susu formula atau ASI, karena bikinnya pake blender jadi ribet, dan cari tukang tepung disini nggak ada, dan juga lama nyiapinnya kalo bikin sendiri. aku juga bikinkan kaldu ayam kampung untuk ku tambahkan saat membuat bubur susunya

Kabocha,Zhucini (bukan sutini...:P),xianle pear,orange, dan sayur mayur lainnya...biar kinan suka sayur dan buah nantinya...

Akhirnya dapat informasi tepung GASOL dari internet saat browsing, tergoda akhirnya beli online, untuk mencoba.  Waktu itu tahu gasol dari forum diskusi, dan ada no telpnya. MaMa Khansa, begitu yang punya tokoonline di www.kafeibu.com  (ketahuan jadi keranjingan belanja online neih…hehehehe) saya pesan tepung gasol dan neckring untuk berenang…(sampai sekarang blom dipakai, karena masih takut2, soalnya kayaknya kinan gak begitu suka berendam lama2 di air, waktu mandi  aja kakinya suka dinaikkan…dan masih suka rewel…hehehe) nanti lah nduk itu dipake yah…..:)
Waktu pertama pesan tepung gasol dari mama khansa coba dulu beli yang beras merah wangi, beras coklat,kacang ijo, dan tepung ubi. Sempat ada insiden, sampainya lama banget..hampir 2 minggu, alhamdulilah sampai juga…Pembelian kedua akhirnya minta Om nya kinan yang sekarang di Aceh, untuk beliin pas jalan-jalan ke Medan….(Makasih Ya Om Patrin mau direpotin ponakan hehehehe menyita waktunya untuk jalan-jalan nyariin gasolnya ponakan,  kiriman tepung Gasolnyapun  cepet sampainya, nggak  pake lama…:)

Tepung Gasol hasil belanja online, ditambah neckring untuk berenang

Tepung gasol kiriman om fatrin dari Medan (tepung gasolnya jalan jalan yah..dari Cianjur ke Medan dari Medan ke Aceh terus ke Bintan..:)

Setiap hari aku kombinasikan makanan kinan dari 4 tepung itu untuk serealia-nya….ditambah buah dan sayur. Dari pengamatanku saat pertama kinan mulai diperkenalkan pure buah dan sayur-sayuran, rasanya tidak ada dia menolak untuk makan, lahap banget, malah suka geregetan minta cepet2 disuapin sambil merengek-rengek. Labu kuning dan kabocha suka banget dia. Saat belanja Grocery dihypermart kemarin sempat terbeli  Zuchini (sama ayah kinan disebut…Sutini….halah lidah ndeso katanya…hehehhe ), dan kuperkenalkan dengan pure,dia juga suka. Sempat pula Puf nya keras saat kuperkenalkan pure apel, akhirnya tiap hari untuk buahnya harus selalu ada Pear dan pepaya supaya puf-nya lancar dan nggak keras. Kasihan soalnya ngelihat kinan kesakitan saat mau puf, alhamdulilah saat 7 bulan  lebih ini dah mulai lancar, dan puf-nya dah nggak keras lagi.

Sempat pula ditanya-tanya sama ibu-ku (Uti-nya Kinan yang jagain kalo pas aku kerja) kok dikasih labu dan ubi apa aja nilai gizinya?, akhirnya untuk mengkounter itu aku print-kan nilai gizi yang terkandung dalam buah2an dan sayur2an itu dari Web   http://wholesomebabyfood.com, sambil kurang lebihnya ku translate seperti seperti ini : Labu kuning atau labu parang. Vitamin A dan beta karotennya tinggi, terlibat dalam perlindungan tubuh. Beta karoten yang bila dicerna berubah menjadi vitamin A juga akan menstimulasi produksi sel NK untuk menghancurkan sel-sel terinfeksi atau sel-sel kanker. Labu kuning juga sumber vitamin C, zat besi dan kalsium yang baik. (hayah jadi belajar lagi biologi ini….:). Kemarin sore dapat laporan dari Uti-nya, senang sekali sama Kabocha sampai rengek-rengek nggak sabaran mau lagi dan lagi…nduk nduk….syukurlah maemnya pinter…kalo kenyang tak mau dipaksa hehehe, disembur-sembur…atau mingkem…(tutup mulut rapat-rapat…)

Gaya kinan kalo nungguin disuapin....hehehe ada yang gaya manyun..:)

Dan Alhamdulilah setelah bobotnya sempat turun 4 ons, 1 minggu yang lalu saat ku timbang beratnya sudah 7.1 Kg. Syukurlah nduk…semoga sehat selalu yah nduk, tambah aktif, tambah pinter, tambah cantik….mama sayang kinan…selalu

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, MPASI and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s