Toilet Training….cuba-cuba..biar jadi kebiasaan..

Kinan masih pake p*mpe*s (nggak nyebutin merk nanti dikira promosi…), Kasihan juga Uti-nya kalo tak dipakein p*mpe*s saat menjaganya waktu kita tinggal pergi kerja. Saat dah mulai MPASI ini kinan sering Puf, walah nduk maemnya seneng dan banyak, tapi puf-nya juga sering dan banyak, makanya jadi khawatir, apa gara gara itu kinan seret naik BB-nya??? ngaruh apa nggak yah…..tapi sedikit lega setelah banyak tahu dari sharing para smart mommies di milist  mpasirumahan, banyak yang tanya dan sharing hal yang sama, jadi sedikit legalah selama kinan aktif dan sehat begitu pula perkembangan motoriknya sesuai dengan usianya atau bahkan alhamdulilah skip usia diatasnya dari yang aku baca di motorik perkembangan, jadi saya pikir masih wajar..dan tidak terlalu worried (padahal ini membesarkan hati aja, sebenarnya yang ada takut juga untuk timbang, takut kalo naik BB-nya nggak banyak naiknya atau cuman dikisaran itu itu aja…nantilah nduk kita konsultasi ke DSA)

Sebenarnya alhamdulilah kinan maemnya lancar, kadang emang agak susah tapi dibujuk bujuk agak lama sih kadang, kalo menunya cocok cepet sekali habisnya setengah mangkok Pi*g*on itu bisa habis dalam waktu singkat. Sukanya dia yang selera manis manis, macam kabocha, labu kuning, ubi kuning, ubi ungu,pisang, pear,alpukat, jeruk tapi yang manis…..apel…hiiiiii sering geleng-geleng karena asem kayaknya, bubur2an gasol dah katam kayaknya dia biasa aja, tergantung mood dan campurannya kalo ok bakalan cepet habisnya, …protein seperti daging sapi masih agak susah padahal dah diblender juga….Ayam alhamdulilah dia suka…(kita kasih kinan ayam kampung dan cekernya untuk campuran dibuburnya, untuk dapatin daging ayam dan cekernya kita menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan sesama wong jowo……duh istilahnya  kerjasama…beli di sebuah rumah makan  (duh kerena amat “rumah makan”), kalo disini mungkin kedai makan kali yah…J (asli ayam kampung) merah putih namanya…secara disini nggak ada gitu lho ranch market..

Kalo kinan mau puf kita dah apal gayanya, kalo tak sambil duduk atau posisi merangkak terus berusaha untuk puf…kadang kasihan juga nggak lega ruang untuk puf-nya karena pake p*mpe*rs,makanya pas belanja kapan hari kita masukkan potty untuk toilet training buat kinan. Awalnya saat searching dari beberapa baby shop kita ada beberapa pilihan dari harga yang paling murah sampai yang mahal…(walah untuk wadah puf aja sampai semahal itu..hehehhe), karena pertimbangan pingin coba dulu dia mau atau enggak akhirnya kita pilih yang model standard aja dan harganya bisa dibilang murah..(bukannya kita nggak mau beliin kinan yang agak mahalan dikit yang ada musicnya, atau yang model tempat duduk  dll..tapi agak nggak rela juga..hehehe masak tempat Puf -T..i….  aja yang muahal…mending bisa dipake beli keperluan kinan yang lain, tapi enggak tahu nanti kalo akhirnya dibeliin juga karena pertimbangan potty yang classic simple ini nggak efisien buat kinan…jadi perlu coba yang lain…)

Awal pakai potty lumayan susah, berhasil puf di potty  tapi setelah itu langsung minta berdiri…waduh….pagi hari ini kinan rewel, dari kemarin belum puf, apa gara gara hati ayam kampung itu yah??? atau gara gara kemarin kurang asupan buahnya?? kayaknya enggak juga, dari yang aku baca hati emang bikin susah BAB, pas kelihatan dia rewel dan agak mengejan aku segera buka bajunya dan mendudukkan di Potty, alhamdulilah kinan berhasil puf, siangnya buahnya dikasih pear, katanya Uti-nya siangnya puf lagi….syukurlah tidak sembelit  yang berlanjut…waduh postinya kok tentang Puf  ….habis gimana lagi soalnya topiknya toilet training…kita coba lagi besuk ya nduk pakai potty-nya…biar jadi kebiasaan baik dan segera terbebas dari popok sekali pakai…yang bikin gerah aktifis pecinta lingkungan …(maaf yah belom bisa pake cloth diapers yang ramah lingkungan, save tree)

Ini gaya kinan kalo lagi di pink potty-nya…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s