Update MPASI Kinan April – Middle of June (Episode 3 )

Kesan pertama kayaknya menggoda....Rasanya...emmm yummy lah buatan mama yah nak..:)...

Hayah…posting MPASI aja pake episode-episode….:) soale nggak setiap bulan bisa posting…you know what the reason lah…malyessssssss…sibyukkkkkkkkkkkkk….huahuahua, soale nulisnya juga tergantung mood…jadi yah harap maklum…yang penting paling tidak apa yang kulakukan bersama kinan-ku kurang lebihnya bisa terdokumentasi…suatu saat kalo kinan dah bisa baca, dia bisa baca cerita mama-nya tentang Dia dimasa kecilnya…..semacam buku harian tapi nggak setiap hari ditulis…dan buku harian ini bisa dishare sama sodara-sodara, pak De, budhe..tante…om…kawan kawan mama…intinya untuk dokumentasi buat kinan kelak dan share sesama bloger emak-emak….maklum soalnya masih amatiran..banyak nyontek dari yang dah senior senior, contohnye…dari blog bunda dita www.alumongga.wordpress.com   Terutama soal MPASI kinan aku banyak download dari halaman halaman yang ada diblognya bunda dita, mulai dari menu, info sayuran, buah buahan,protein… dan bahan makanan lain Versus Usia…..secara bunda dita lebih berpengalaman, kini kalo tak salah kakak dita dah usia 22 bulan lebih kayaknya… Tanya sana sini…Ibu, Ibu Mertua, Kakak Ipar, kawan -kawan…di combine lah info info yang bagus diambil untuk Mpasi Kinan…

Hidup MPASI rumahan…bangga rasanya bisa memberi kinan masakan sendiri dan terbebas dari MPASI instan…terimakasih untuk semua bunda-bunda, mama-mama,emak-emak, mommies blogger yang telah menginspirasi untuk mpasi rumahan, dan mempertahankannya…jadi kita tahu bahan makanan dan gizi yang terkandung didalam makanan yang kita berikan, begitu pula cara memasaknya….kalo instans dari yang aku baca baca…we don’t know exactly what the ingredients  dan cara membuatnya melalui pemanasan yang tinggi…jadi apa nggak merusak kandungan gizi-nya …????!!! Itu dari yang aku baca disebuah artikel tentang hati hati makanan instans…makanya syukur alhamdulilah dapat banyak pencerahan dari banyak pihak terutama dari para blogger emak-emak..:) …setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka……begitu juga mama untuk kinan…

Back to MPASI lanjutan Kinan mulai April sampai sekarang…..Sejak usia 9 bulan kinan dah makan bubur kasar, dan juga nasi TIM lembek…

Serealia

 

Untuk sarapan setiap pagi aku masih kasih bubur tepung-tepung-an dari gasol seperti beras merah, kacang hijau, Ubi,pisang, kedelai, untuk outmeal kadang aja aku bikinin, soalnya pingin menaikkan Berat Badan kinan, jadi sifat outmeal yang mengenyangkan dalam jangka waktu lama kayaknya dikurangi pemberiannya. Untuk sarapan biasanya saya campur dengan sayur-sayuran atau buah serta dicampur kaldu. Beberapa kali juga pernah dibikinkan bubur kentang dengan kaldu ayam dan sayur. Untuk  makan siang dan sore dibuatkan bubur  tapi yang sudah tidak disaring lagi. Kadang  juga dibuatkan nasi Tim lembek

Pada akhirnya memutuskan tidak membeli slow cooker, karena nyaman bikin bubur dari panci steinless dengan tutup kaca. Awalnya capek karena lama nungguinnya, akhirnya bikin buburnya dari nasi yang ditanak pake rice cooker (sama kayak nasi orang dewasa biasa) taruh di pancil stainless, ditambah kaldu ayam atau daging atau kaldu ceker, plus daun salam untuk melengkapi aroma harumnya…jadinya lebih cepet nggak kalo bikin bubur dari beras apalagi kalo beras  merah…lama banget…Kalo bikin nasi  Tim sama juga kurang lebihnya prosesnya,setelah agak lembek dari panci stainless dipindahkan ke mangkok stainless kecil ditambah parutan keju (kalo lagi pingin kasih keju) baru ditanak lagi ditaruh tempat kukusan yang ada di rice cooker…gitu deh…lebih praktis..dan kinan suka

Sayuran

 Sayurnya masih seputaran  seperti bulan-bulan yang kemarin….Bayam,sawi hijau,zucchini, labu parang,kabocha,buncis,wortel,broccoli, bunga kol (cauliflower),Ubi ungu dan ubi Kuning, Kentang. Suka kehabisan ide dan bingung mau dibikinkan apalagi ya…harus sering-sering browsing resep nieh biar ada terus yang baru dan menghindari GTM alias Gerakan Tutup Mulut dari kinan….soalnya sudah mulai susah nieh nyuapinnya harus ekstra dialihkan perhatian sambil diajak main main ..

Protein

Untuk protein hewani seperti biasa dari Ayam kampung, ceker ayam kampung, hati ayam kampung, daging. Untuk protein nabati suka aku buatkan kukus tempe biar harum ditambah keprekan bawang putih  dan daun salam.

Usia 9 bulan kinan dah boleh tumis tumisan, dari hasil browsing dan saran dari ibu-ibu  di milist udah dikenalin dengan keju dan butter unsalted. (semua dipilih yang kadar garamnya paling sedikit..keju merk D*amond dan butter Orch*d unsalted. Begitu juga dengan yoghurt dah kukenalin dengan Yoghurt yang plain (Y*mmy yoghurt Plain) aku kasihnya campur sama buah buahan. misal dicampur sama alpukat dikit aja 2 sendok teh…dan nggak setiap hari, sisanya satu pack emaknya yang menghabiskan soalnya dah deket expired…daripada kebuang…yoghurt emang nggak bisa tahan lama…(Dari yang aku baca, Yoghurt termasuk protein yang mudah dicerna jadi direkomendasikan juga untuk baby..tapi ingat cari yang plain…

Soal hati ayam sempat pro dan kontra mau ngasihnya, setelah browsing dan Tanya dimilist dan dari referensi bunda dita, akhirnya dikasih juga tapi nggak sering paling seminggu 2 kali. Hati ayam  kaya Zat besi dan folat. Tapi hati juga jadi tempat menyaring racun…nah kalo kita yakin ayamnya makanannya ok nggak neko neko…apalagi ayam kampung boleh lah diberikan sebagai lauk….

 Ikan Air Tawar

Usia 9 bulan berarti dah boleh ikan tawar. Minggu ini aku kenalkan dengan Lele dulu, yang paling mudah dan gampang carinya. Lele aku kukus dengan bumbu sedikit parutan keju, daun salam, keprek bawang putih, irisan bawang Bombay dan tomat. Alhamdulilah lolos aturan 4 hari tidak ada alergi. Kinan seneng…selalu habis makannya. Untuk lele ini super duper hati hati karena takut durinya, aku ambilnya dengan tangan sambil dipenyet  untuk make sure nggak ada durinya..

Buah-buahan

Buahnya kurang lebih juga masih sama dengan bulan bulan kemarin : Kinan paling suka alpukat, kayaknya hampir nggak pernah nolak kalo dikasih alpukat…kecuali yang pahit…(ya iyalah…hehehehe),  kinan aku kenalkan sama Dragon fruit (buah naga) dia juga suka, sempat pula aku kenalkan sama kiwi, yang ini bener bener ditolak mentah mentah sama kinan karena Asem-nya kali yah, padahal dah dipilihkan yang jenis manis. Buah buah yang lainnya standard lah masih seperti yang bulan yang lalu, seperti Pepaya, Pisang, Semangka, Melon, Apel, pir…Bulan lalu kinan bener bener Banana mania…tiap kali lihat pisang merengek-rengek…minta dikerokin pisang dan disuapin dicoba sebagai finger food suka sekali tapi aku takut slolotan …soalnya sekali gigit besar, takut nggak terkunyah malah langsung masuk…..jadi cari amannya aja dikerok…

Saking parno-nya takut kinan kok suka sekali pisang akhirnya aku download masalah pisang ini dan review dari mail lama soal pisang…

Manfaat Pisang ;

Kandungan Nutrisi
Secara umum pisang mempunyai kandungan gizi yang baik. Buah yang sangat disuka monyet ini kaya karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Mengacu dari Wikipedia, 100 gr pisang memasok 136 kalori. Ini berarti kandungannya 2 kali lipat dibandingkan apel. Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat.

Sedangkan kandungan protein dan lemak pisang sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Karena itu, tidak perlu takut kegemukan walau mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak.

Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari. (hasil searchingan dari google)

 Tapi kayaknya Cuma bertahan 2 mingguan aja jadi pisang mania, setelah itu sempat tak mau….tadi malam iseng karena dia makan sorenya dikit, aku kerokin pisang…alhamdulilah habis satu pisang kapok yang besar….begitu juga pagi ini, dia dah merengek2 kayaknya lapar, coba aku kerokin pisang habis satu juga…syukurlah..jadi suka lagi pisang.

 

Cemilan  atau Finger Food

Kadang  kinan aku kukuskan broccoli, ubi atau labu parang untuk finger food dan dia suka. Aku juga sedia biscuit baby, tapi yang ini dibatasin…nggak boleh terlalu banyak

Hari minggu kemarin coba merealisasikan membuat agar-agar buat kinan. (Terinspirasi dari ngintip blognya bunda dita – www.alumongga.wordpress.com  tapi kalo bunda dita Agar-agarnya nggak sufor tapi ASIP ). Usia 9 bulan dah boleh agar-agar, kemarin aku bikinkan agar-agar dicampur labu kuning dan sufor…

Alhamdulilah mau walaupun nggak banyak….sisanya emaknya lagi yang makan..heuehueheuheu…..tambah melar.com

Gaya kinan kalo pas makan agar-agar kemarin….awalnya disuapin….karena dah geleng geleng kepala terus..akhirnya dikasih aja sebagai finger food hasilnya belepotan kemana mana…..kubiarkan aja belepotan..nggak mau pake bib/slaber soalnya…biarin ya nduk..nanti bajunya kan bisa dicuci…:)hehehehe….nduk nduk…mama sayang selalu…

Disuapin udah geleng geleng...ya udah....finger food time lah nduk

Tumben mau dipakein BIB nduk...biasanya belepotan kemana mana...:)

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s