GTM,Vitamin dan Berat Badan

*Set Mode   emak emak yang dapat problem anaknya susah makan😦 *

Saat jam makan siang ku telp Ibu-ku dirumah. Seperti biasa kutanyakan tentang gimana kedaan kinanku. Pertanyaan standard, dimulai dari rewel apa enggak?? Udah Puf atau belum? Udah Bobo apa belum?? Berapa lama kalo udah bobo? Sarapannya tadi abis apa enggak?? Bagaimana dengan makan siangnya, mau makan atau tidak? Cemilan atau buahnya udah dimakan atau belum?, biasanya pertanyaan-pertanyaan standard itu yang aku berikan untuk mengetahui keadaannya saat ku tinggal kerja.

Deg!!! Mesti  lemes kalo ibu ku bilang ” Kinan maemnya sedikit. Lagi agak susah makannya!”….Ya allah, nduk apa dirimu cari perhatian mama tho…suka susah susah gampang makannya. Kemarin kata ibu gampang banget makannya. Lumayan mau makan banyak dan nyemil banyak. Tapi hari ini mulai susah lagi. Soal variasi menu dah dilakukan, hampir tiap hari ganti menu dan bahan, sampai bingung dan mati gaya mau masak dan bikin apa lagi. Sampai bikin spread sheet, menu apa saja yang disukai, untuk sarapan apa, untuk makan siang dan sore apa…biar nggak bingung me-rolling dan  mendata makanan apa yang dia habis banyak dan makanan apa yang dia kurang suka. Tapi ternyata masih juga sering GTM, apa semua anak memang mengalami masa masa seperti itu…dari yang aku baca di milist banyak juga bunda yang putra putrinya mengalami  GTM. Ganti suasana ???…sudah juga…dimulai dari didalam ruangan, mau sambil jalan jalan, atau duduk manis didepan TV, atau sambil jalan jalan..masih juga sama, kadang habis banyak kadang cuman 5- 10 suapan….,hiks..

Memberikan  Vitamin untuk kinan?? Ya pernah saya lakukan, saya juga tidak terlalu kaku dan strength soal pemberian vitamin,  tapi diminimalisir dan  ini yang masih pro dan kontra dan masih merasa belum perlu sangat untuk setiap hari harus diberikan, pada kasus tertentu untuk pemulihan gizi setelah sakit mungkin iya saya pernah kasih kinan vitamin atau ketika misalnya satu rumah terkena flu..antisipasi ditambah vitamin biar cukup vitamin dan daya tahan tubuhnya nggak drop (benarkah pemikiran ini???), bagiamanapun juga lebih baik yang alami daripada yang sintesis (vitamin buatan pabrik)  untuk itulah berusaha meminimalisir memberikan vitamin yang sintesis.

Nah susahnya anaknya GTM, itu masalahnya. Tapi selama ini alhamdulilah kinan masih mau makan variasi buah buahan dalam takaran yang cukup, Buah jadi favoritnya kala GTM, selalu itu yang habis duluan, dan juga Steam brokoli atau brokoli kukus yang setiap hari harus ada walaupun itu mungkin hanya 30-50 gram atau paling tidak 2 atau 3 kuntum kecil. Makanya untuk Nge bost berat badannya  diusahakan  ada pisang dan alpukat dalam menu buahnya. Atau kalo misalnya Melon disitu diselipin beberapa potong kurang lebih 20 gram pisang.

Waktu konsultasi ke Dr. Dewi Metta berapa bulan yang lalu, pernah curhat juga soal kinan yang GTM dan tanya vitamin penambah nafsu makan, yang ada dokternya tersenyum dan bilang, ”Nggak ada deh bu kayaknya vitamin yang dapat menambah napsu makan”.   Dapat juga penjelasan yang aku dapat dari Dari Moderator Milist MPASI Rumahan Dr. Yossi A (hari ini di milist yang aku lihat topiknya soal vitamin untuk menambah nafsu makan…cocoklah dengan problem saya akhir akhir ini) soal vitamin dari Temulawak (tapi yang ini belom dicoba untuk kinan, mungkin nanti kalo ketemu yang namanya temulawak aku beli dan bikin sari temulawak untuk kinan) atau minta dikirimi temulawak dari Jawa sama atung atau Yang Ti ya?? tinggal pesan nieh..:) ,

 Ini Petikan dari MPASI Rumahan yang dikirim Dr. Yossi Arioseno ; ( Ijin Copas ya Dok, biar jadi tambahan informasi dan semoga bermanfaat)

Dear Moms/Dads,Apakah betul semua anak sama keadaannya? pola makannya sama?
Apa tujuan pemberian suplemen tsb?Please be rational & wise dalam berpikir & memutuskan, juga dalam memberi saran.

FYI,
Yang dimaksud vitamin penambah nafsu makan adalah temulawak, atau nama latinnya curcuma.
Curcuma sendiri sudah lama digunakan baik secara tradisional dari jaman nenek moyang kita, sampai telah melewati uji klinis yang tahapannya tidak pendek.
Biasanya, selain kandungan curcuma, terdapat pula penambahan vitamin B kompleks, ada pula yang ditambahkan DHA, Prebiotik, dll.

Dengan pemberian vit B kompleks, akan membantu pertumbuhan dengan meningkatkan metabolisme, yang mana tentunya anak akan merasa lapar.

Kalau ada yang bilang: “anak perlu vitamin”,atau “anak tidak perlu vitamin”, dilihat dulu dong kondisi anak.

Regards,
Yossi Arioseno

 

Petikan lainnya dari Dr. Yossi Arioseno

 Dear Moms/Dads,

Nikotinamida, adalah salah satu bentuk dari vitamin B3. Jadi, pada merk vitamin tadi, yang berfungsi menambah nafsu makannya diharapkan dari vit B kompleks yang terkandung di dalamnya.

Memang ada beberapa zat yang dapat merangsang appetite atau nafsu makan, selain curcuma, vitamin B kompleks, ada pula siproheptadine (cyproheptadine HCl) yang dapat meningkatkan nafsu makan. Siproheptadine ini adalah golongan obat antihistamin (baca untuk awam: anti alergi), tetapi mempunyai unlabeled use sebagai appetite stimulant.

Untuk penggunaan zat yang dikategorikan sebagai obat, tentu membutuhkan resep dan supervisi dari dokter/dsa.

So, kalau ada masalah, please consult to your doctor/pediatrician, dan usahakan tidak berpindah2 dokter/dsa (kecuali kepepet), karena anak itu tumbuh dan berkembang moms/dads.

Dengan mempunyai dokter/dsa langganan, insya Allah pertumbuhan dan perkembangan anak akan terpantau dengan baik.

Banyak juga saran saran dari smart moms lainnya di milist yang berguna buat saya lebih bijak untuk keputusan soal memberikan vitamin atau tidak, soalnya kadang merasa desperate banget ngadepin GTMnya kinan.

Soal bagaimana susahnya kinan makan ini, rasanya udah hampir desperate mama menghadapinya. Kenapa yah nduk?? Dulu awal-awal MPASi lumayan semangat dan selalu menghabiskan porsi makanannya. Mulai usia 10 bulan dirimu mulai mengenal GTM. Sekarang pinter kalo nggak mau disuapin dia tutup mukanya dengan tangan atau nempel ke pelukan mama supaya mama nggak bisa nyuapin dirimu, kalo dirimu sedang berjalan pasti cepet cepet memalingkan muka dan berjalan kemana gitu, biar mama nggak bisa nyuapin lagi, Duduk disatu tempat dengan porsi kecil makanan didepanmu dan mama suapin, nggak bakalan bertahan lama pasti yang ada ”usreg” dah minta turun, atau lebih parah lagi mainan makanan porsimu, dan kalo disuapin pasti mingkem, sambil geleng geleng kepala.

Duh, nduk….jadi ngiri melihat anak anak lain yang makannya gampang….Atau emang porsi makanmu hanya segitu, sedikit sedikit tapi sering…dan memang body kinan memang sudah pawakan seperti itu???!!!

Soal pertambahan berat badanmu?? 2 hari lalu ditimbang 9.1 Kg dan tinggi 75 cm…alhamdulilah…naik lumayan signifikan.., dan masih masuk dalam range chart yang dari KMS ataupun Growth Chart-nya WHO. Hampir seharian kemarin mama googling soal growth chart dan tetek bengeknya…karena pingin yakin bahwa Berat badan dan tinggi kinan serta lingkar kepala dah memenuhi standard.

Masih dibawah batas standard berat badannya tapi masih masuk dalam range -syukurlah nduk

 

Dari sebuah situs growht chart online, untuk usia kinan kurang lebih batas minimal dibawah standard minimal berat 7.6 Kg, berarti kinan masih masuk dalam range rata rata dengan beratnya yang 9.1 kg.

Kemarin waktu pulang ke Jawa, sempat melihat lihat lagi photo masa kecilku dari bayi sampai Balita. Ya allah, kinan kurang lebihnya mirip aku, mungil, rambutnya agak ikal keriting (kalo mama zaman kecilnya lebih ke keriting banget hehehe)…Matanya mirip aku…tapi dari hidung dan bibir dan warna kulit ini yang mirip Ayahnya…(hehehe nge-les, soalnya merasa agak putihan dikit dibanding Ayahnya :)  ) Tapi kata ibu badanku agak sekel, padat berisi gitu, Ibuku lupa dulu kesukaanku makan apa, dan dibikinkan apa, soalnya Ibu jaman dulu juga kerja, jadi pengasuhanku ada sama Uyut ku dan juga Bulek-nya Ibu. Duh….semoga makanan yang sehat yah bu….hehehe..:)

Hari ini Mama Googling, bagaimana mengatasi anak yang susah makan. Rasanya dari semua artikel yang mama baca dari Tips-tipsnya  hampir semua sudah pernah mama lakukan. Tapi banyak yang nggak berhasil…Insyaallah mama nggak akan menyerah, tetap masak buat kamu nduk, ”Home made food”…biarpun pada akhirnya hanya dimakan sedikit yang penting mama berusaha, seperti kemarin dirimu malah lahap dengan menu nasi goreng buatan mama (maksudnya bikin untuk yang dewasa, tapi nggak ada salahnya dicobakan toh nggak pedas dan nggak pake penyedap sausnya dari tomat asli), terus suka dengan semur Tahu dan daging…suka dengan tahu kukus + ayam cincang dan wortel yang dikukus….mama akan berusaha nduk…walaupun pengetahuan masak memasak mama terbatas tapi untuk dirimu mama akan berusaha…Semangat semangat!!!!!

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado. Bookmark the permalink.

7 Responses to GTM,Vitamin dan Berat Badan

  1. lidya says:

    thx sharingnya ya.kl aku sih ga kasih vitamin

    • mama pascal, kadang aku juga agak agak bingung dan nggak konsisten gitu..pinginnya nggak ngasih vitamin kan ke kinan, tapi giliran ada teman cerita ini itu soal vitamin, dibelikannya vitamin anaknya yang harga ratusan ribu…jadi kadang agak goyah juga, kok kinan nggak aku kasih vitamin….makanya kemarin waktu ada share tentang vitamin sedikit banyak jadi pencerahan lah…aku jadi tambah yakin…nggak dikasih vitamin sintesis pun dari asupan gizi yang maksimal sudah OK!!..thanks sharingnya mama pascal..:)

  2. Kalau saya, selama BB anak masih dalam range berdasarkan usianya , gak perlu worry. Apalagi walau Kinan gak bisa makan banyak dalam sekali makan tapi lebih suka sedikit namun sering, ya diikutin ritme nya saja. Setuju mam, tetep semangat memberi makanan home made. Selalu sehat ya Kinan sayang. Oh ya, makasih telah berpartisipasi dalam kuis🙂

    • Thanks bunda dita…alhamdulilah nieh, dengan nge blog punya banyak kawan bunda bunda…memberikan semangat tersendiri buat saya, banyak ilmu dan pengetahuan dari nge blog bersama bunda bunda yang pinter pinter…biar aku juga nggak ketinggalan memberikan yang terbaik semampuku buat kinan..apalagi dalam hal home made food masih amatiran bun…hehehe

  3. ela says:

    sebelumnya salam kenal ya, manfaat banget informasinya. saya mengalami hal yang kurang lebih sama dengan bayi saya. sekarang umurnya sudah 11 bulan tapi berat badannya mandeg di 6.7 kg dari umur 3 bulan sampai 9 bulan BB nya 6,5 kg. saya khawatir anak saya BB nya kurang pusing banget gimana caranya supaya naik, padahal 3 bulan terakhir makannya gak terlalu susah. saya masih memberikan asi. coba pake sufor gak cocok karena ada alergi protein.
    ada yang bisa bantu gimana caranya biar bb anak saya naik.
    thanks

    • Halo mom, walaupun udh lama bgt gmn ank nya skrg? BB nya msh kurang g? Anak saya skrg 11 bulan bb nya 7,9 termasuk kurang kt dojter padahal usia 5 bln 6,8 kg jd bb nya pertambahan nya minim bgt dari usia 5 sampai 11 ini krn dia sejak usia 5 bln suka bapil hampir tiap bulan. Ternyata dia alergi. Skrg lg terapi alergi di bio-e. Terapi tanpa obat. Kakak nya juga sama alergi dehingga pertumbuhan badan nya kurang maksimal. Usia 5 tahun berat 16 kg. Bayi asi plus alergi emang pertumbuhan nya jadi kurang. Satu hal tentang asi. Ternyata asupan gizi ibu kg hrs diperhatikan krn akan mempengaruhi kualitas asi. Bukan hanya asupan buah dan sayur aaja namun apakh asupan protein dan lemak baik nya jg cukup. Itu yg sy pelajari. Mau dikasi sufor ank nya alergi. Bingung jg

      • Makasih bunda nisrinbawazier, yang saya tulis ini tentang anak pertama saya yang saat ini usianya sudah 7 tahun, BB nya kemarin timbang 17.5 Kg. Hmm termasuk mungil dan kecil dibanding kawan kawan seusiannya, alhamduliillah jarang sakit, alergi iya ada alergi *nurun dari saya, dulu nyampur juga ASI dan sufor, nah sufor nya ini yang bikin alergian ternyata…anak kedua ini juga gitu 18 bulan berat masih dikisaran 9.3 kg yang adeknya ini full ASI, segala daya upaya juga diusahakan untuk menaikkan BB nya tapi yah segitu gitu, anaknya susah makannya, ngemil ya mau tapi ya gitu porsinya kecil. Akhrinya yah mau gimana lagi yang penting sehat sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s