HFMD atau Flu Singapore

Ya allah, penyakit apa lagi ini, pikirku ketika banyak anak kawan kawan yang dekat lokasi kawasan Industri dimana aku kerja banyak terjangkit penyakit ini. Awalnya yang aku dengar anak seorang teman kami Pak H, kemudian anak Pak C, kemudian anak pak G, ada lagi kemarin anak Mbak S.
Gejalanya panas yang tidak terlalu tinggi lalu timbul banyak sariawan  dimulutnya, terus ada bintik bintik yang berisi air (bahasa jawanya mlenting mlenting) ditelapak tangan dan telapak kaki. Review tentang penyakit HFMD atau flu singapore ini bisa dibaca disini.

Makanya dua minggu yang lalu pas kinan sempat sakit panas, aku khawatir banget. Hari minggu sore kinan anget. Tidurnya nggak nyenyak dan tengah malam terbangun nangis, saat aku termo panasnya 39.4 derajat. Kaget langsung ku gendong untuk menenangkannya. Aku minta ayahnya untuk menyiapkan Sunm*l yang ada dilemari Es. Saat diberikan Sunm*l kinan tambah nangis, jadi tak berapa lama langsung muntah. Duh, mana masuk obatnya wong muntah, tapi ya udah nggak usah dikasih lagi, dilihat lagi nanti satu jam sambil di kompres terus dalam gendonganku. Alhamdulilah berangsur turun panasnya. Pagi itu nggak aku mandiin cuma di lap lap aja. Hari senen itu aku masih tinggal kerja. Tapi asli, nggak tenang blas di tempat kerja, kepikiran terus dan hampir tiap jam aku telp rumah. Ibu bilang panasnya dah turun dikisaran 37.5 sampai 38 derajat.  Dan cuma pagi aja dikasih Sunm*lnya, karena siang pas mau dikasih malah ngamuk ngamuk. Sedikit tenang saat ku telp, ternyata dia mau turun dari gendongan dan main main, bahkan aku sempat dengar dia nyanyi nyanyi menirukan lagu anak anak di CD yang diputarin Ibuku. (Kinan alhamdulilah  sejak usia kurang dari 16 bulan sudah bisa menirukan lagu lagu anak anak di CD dan mengingatnya untuk dinyanyikannya lagi sendiri, walaupun kadang masih buble buble gak jelas gitu syairnya..seperti “kakak ua” -untuk “Kakak Tua”…dll)

Sore pulang dari tempat kerja, aku cek masih panas, dikisaran 37.6 derajat. Dikasih Sunm*l dan dia mau tidur walaupun tidak nyenyak. Malamnya jam 12 saat ku lihat masih panas dikasih Sunm*l lagi alhamdulilah nggak muntah. Aku ngobrol sama ayahnya kinan memutuskan untuk paginya dibawa ke Awalbross Batam ke tempat Dr. Dewi Metta  aja. Karena takut  juga kinan kenapa kenapa atau kena HFMD yang lagi mewabah dekat kawasan. Walaupun alhamdulilah di daerah diperumahan ditempat aku tinggal setahuku belom ada kasus itu.(Jangan sampai ya allah). Kata ibu kinan setiap menguap atau membuka mulut selalu menunjuk nunjuk bagian dalam mulutnya. Suspect ku..mungkin mau tumbuh gigi lagi atau radang tenggorokan. Soalnya kita tengok telapak tangan dan kakinya alhamdulilah tidak timbul bintik bintik ber-air. Biar lebih yakin  untuk diagnosanya.

Bangun pagi alhamdulilah kinan dah gak anget lagi, aku thermo udah normal dikisaran 36 derajat. Tapi kami tetap putuskan untuk ke Batam, seharusnya bulan ini jadwalnya imunisasi yang gak wajib buat kinan yang dikasih Dr. Dewi Metta, yaitu imunisasi cacar, tapi kemarin hasil diskusi dengan ayahnya kita sepakat tunda dulu untuk bulan bulan depan atau paling tidak untuk february.

Sampai di Awalbross, dapat nomer 26 🙂, nasib kita karena jauh dari Batam naik roro dulu jadi daftarnya telat. Karena Dr. Dewi Metta tak melayani daftar lewat Tlp harus  datang langsung. Ya udah..menunggu, selama menunggu itu kita sarapan, aku suapin kinan di cafe yang ada di RS awalbross, alhamdulilah abis banyak. Setelah itu menunggu diruang mainan anak yang ada playgroundnya. Kinan dah asyik kesana kemari, naik kuda kudaaan, minta naik keatas rumah rumahan dan juga prosotan. Ayahnya menunggu didekat ruang praktek Dr. Dewi Metta yang agak jauh dari Playground.

Sampai gilirannya mau tiba,tetap aja tak mau diajak pergi malah teriak teriak…walah nduk…dah kekeh sekarang, kalo kemauannya tak diturutin bakalan teriak…”endak”…walah…akhirnya dibujuk bujuk…mau diajak jalan ketempat nunggu giliran. Masuk ketempat praktek dokter Dewi Metta, dah mulai lagi ngoceh ngoceh menunjuk boneka boneka yang berjajar banyak disana…”Ta Ta” “Ta Ta”  maskudnya untuk “Boneka” sambil tunjuk tunjuk dan di ulang ulang..sampai nggak begitu konsen untuk sesi konsultasinya. Saat diperiksa nggak nangis…cuma agak usreg aja pas dilihat mulutnya sama dokter dewi metta. Aku minta dipastikan ada sariawan atau tumbuh gigi lagi atau apa, Dr. Dewi metta bilang, gak ada sariawan ataupun tanda mau tumbuh gigi, cuma didalam tenggorokannya tampak memerah. Jadi kesimpulannya radang. Karena udah nggak panas lagi, dokter Dewi Metta sebenarnya nggak meresepkan banyak obat, hanya dikasih suplemen vitamin,obat muntah karena tadi diawal konsultasi kita bilang kinan muntah 2 kali, dan juga obat antivirus atau apa yah…(diupdate lagi nanti kalo dah ketemu obat apa itu) sekalian aku minta diresepkan lagi untuk obat turun panas  buat stock dirumah Sunm*l dan juga obat yang lewat anus (in case kalo panasnya sudah tinggi untuk menghindari kejang).

Nduk nduk…polah tingkahnya masih juga pecicilan, aktif…kayaknya emang dia dah melewati masa panasnya. Akhirnya kita nggak minumkan sama sekali obat-obatannya itu. Lho wong anaknya dah adem…dah lari kesana kesini…malah waktu diajak makan di foodcourt nagoya, yang ada nggak jadi makan dibungkus aja buat kinan sop iganya. Karena dah nangis jejeritan minta main di playgroundnya ACE HARDWARE yang letaknya tepat didepan foodcourt…walah nduk emaknya ini malu lah, gak ada belanja malah minta  main diplaygroundnya…hehehe…akhhirnya yo main juga..biarpun nggak beli apa apa..:)…Bilang aja mau ke Batam  ngemall gitu lho nduk..nggak usah pake sakit, mama kan khawatir…:) atau kinan dengar janji janji mama nya yah..nanti desember akhir lah ke Batam yah nduk untuk Imunisasi gitu…??? entahlah…atau emang mau nambah pinter seperti orang jawa bilang kalo sedikit panas..bilangnya “Mau tambah pinter itu anaknya” mungkin benar juga yah…:). Ya allah, semoga kinan selalu sehat dan tambah pinter, Engkau jauhkan dari segala macam penyakit *amien.

Ini dia penampakan polah tingkah kinan di Awal Bros

Jalan jalan kesana kemari…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado. Bookmark the permalink.

6 Responses to HFMD atau Flu Singapore

  1. lidya says:

    keponakanku juga kena flu singapura,ada2 aja penyakit. disana ada rymahsakit awalbros juga ya

    • Iya mbak lidya…takut juga yah mbak jaman sekarang banyak virus virus baru penyebab penyakit…semoga anak anak kita semua diberi kesehatan dan daya tahan tubuh yang baik sama Allah.
      Ada mbak Rs Awalbros, dibekasi kayaknya ada juga, juga di tangerang Rs.Global..di pekan baru ..makasar..

  2. BunDit says:

    Alhamdulillah skr Kinan sudah sehat ya. Awalbros tms RS Besar di Batam ya mam?

    • kayaknya itu satu satunya bunda yang lumayan lengkap dari segi layanannya…di pulau Bintan..walah malah nggak ada pilihan bunda…ditempat aku tinggal dokter anak cuma ada 1…jadi mau tak mau harus ke Batam kalo ingin mendapatkan pilihan yang lebih lengkap

  3. Sekarang Kinan dah sehat kan Mom? semoga sehat terus yah Sayang

    Zahia juga sempet sakit awal taun 5 hari muntah2. Hiks, ampe BB nya turun sekilo. Tapi alhamdulillah setelah itu makannya jadi kuat (kalo kata orang Sunda mah mamayu). So sekarang lagi program penggemukan kembali neh🙂

    • alhamdulilah dah sehat jeng soes…tapi kemarin sempat di opname juga, waduh..kakak zahia pinternya maemnya dah banyak…ngiri dot com neh, kapan kinan jadi mamayu kayak kak zahia yah…beratnya juga turun nieh bun…dah kurus kelihatan lebih kurus lagi sekarang..hiks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s