Perkembangan kosakata

Alhamdulilah Ghina Artya Kinanthi, sejak usia satu tahun kosakatanya dari ke hari semakin bertambah dan kadang mencengangkan. Masyaallah, Sejak usia  15 bulan lebih dirimu dah bisa nyanyi nduk…:)  ada nadanya lagi walaupun syairnya belom begitu jelas. Biasanya kalo diputerin CD pasti dirimu akan berdiri didepan TV sambil goyang goyang badan dan nyanyi mengikuti syair lagu. Bahkan kalo dininabobokkan dengan nyanyian yang ada dia bukannya tidur malah ikut ikutan nyanyi. Sebenarnya aku dah dilaporin ibu waktu itu,dia dah bisa niruin lagu yang diputar atau nyanyi buble buble sendiri gitu. Pas hari libur dirumah aku dengar dia nyanyi,” Oh Ameliya, adis ilik incah nian” – maksudnya Oh Amelia gadis cilik lincah nian. Walah nduk..mama sama ayah sampai kaget mendengarnya..kalo lagi suka sama satu lagu yang diputer bisa seharian itu minta diputer ulang. “agi ..agi “ begitu katamu kalo mau lagi sambil bergaya memencet remote ditangannya. Seharian bisa jadi lagu ”Bangun Tidur” diputer sampai enek kali yang dengar..atau lagu Amelia, atau lagu edelweis….hehehe, terus kalo diterusin yang lain dia pasti akan teriak ”endakkkkkkkk”….karena sekarang lagi hobby apa apa bilang ”endakkkkkk” hehehe..

Rupanya dah mulai bisa merangkai kalimat dirimu…awal awal berbicara hanya suku kata terakhir aja..seperti kata yang kita stimulus mama Ker…”ja” dia akan menjawab bagian suku kata terakhirnya. Kemudian bulan ke 15 dah begitu fasih panggil “Ayah” dan “Mama” dengan fasih. nggak perlu pake buble ama ma, atau adah..tapi bener bener excelent…senengnya nduk…mak nyessss rasanya hati ini seperti disiram air dingin pas kepanasan..suejukkkkkkkkkk…mendengar dirimu selalu mendengungkan kata kata ” Mama”….”Mama”

Kalau pas  lagi lihat gambar yang ada dibuku atau Koran seorang laki laki atau perempuan pasti dirimu langsung menyeletuk “Ayah Mama”…walah sapa tho nduk yang ngajarin..hehehe. Kinan juga sudah bisa merangkai 2 kata, misalnya dia dah bisa bilang mimik utih (minum air putih) atau bilang mimik cucu, Mama nenen…walah walah..sekarang apa apa yang dia lihat di akuinya sebagai miliknya. Dia akan bilang “ Unya Nana”…(maksudnya punya Nana). Kenapa “Nana”. Karena namanya Ghina Artya kinanthi, makanya kemarin mbah utinya lebih suka panggil Nana, kependekan dari Ghina dan karena hampir tiap hari didengungkan itu akhirnya dia memanggil dirinya sendiri dengan sebutan Nana. Tapi kalo pas aku tanya ” Mana kinan?” pasti dia akan nepuk dadanya sambil bilang ”ini”..walah alhamdulilah ngerti juga …dan kemarin begitu tercengang ketika dia sambil tiduran mengeja namanya sendiri sambil berkata ” Nina Atiya Inanti” (Ghina Artya Kinanthi). Deg….kaget lah aku sama ayahnya..sampai tak percaya aku tanya lagi sama ayahnya, tadi kinan bilang apa?? Pernah dengar tak sebelum ini??…Rupanya dia menyimak setiap kali kita bilang namanya adalah Ghina Artya kinanthi. Kemudian bertambah lagi dengan menyebutkan nama ayah dan mamanya, pas ditanya siapa nama ayahnya kinan akan jawab ”Ayah Anan” (maksudnya Ayah Anang), kalo ditanya nama mamanya pasti dia akan bilang ”Mama Acik” (Mama Atik maksudnya, dia belum bisa menyebut nama lengkapku Sugiharti paling belakangnya aja ”ati” ) . Kinan juga suka panggil..”Ma cini” maksudnya Mama kesini, ”Ma lihat”..atau Ma Ayo…sambil menggelandang tanganku..kalo pingin mengajak kesuatu tempat…misalnya kekamar…walah walah ndukk…atau suka bilang..”Naik naik..kalo mau naik sepeda, kursi  atau naik ketempat tidurnya Uti yang tinggi dan dia belum bisa menjangkaunya.

Kaget juga saat suatu waktu dibulan Desember,saat main main, kinan bisa berhitung sendiri..menyebutkan angka satu sampai delapan..”Atu, ua, iga, empat, lima, eman (menyebut enam masih eman), Ujuh, apan…..” Masyallah…dah bisa menyebutkan angka..dengan urut walaupun secara konsep  visual angkanya belom ngerti mana satu  mana dua…..Dan setiap kali ditanya apa apa…”Nduk lihat, bunganya ada berapa?” pasti kinan kebanyakan  jawabnya ”Ua” (maksudnya dua)..walah nduk…nggak papa..semangat yah….kita belajar lagi pelan pelan..belajar sambil bermain yang menyenangkan…:).

Ternyata manjur dan cepet juga dengan CD ataupun lagu lagu anak-anak  bisa menstimulus pertambahan kosakata kinan. Aku memang tergolong cerewet dan banyak omong, (yang ini mungkin bapak ibukku serta suami…dah mengakui dan dapat sertifikat kecerewetan..hehehhe) jadi pas kebersamaan sama kinan pasti kalo tak menyanyi pasti lah bercerita tentang banyak hal, tentang apa yang dia lihat, tentang buku bukunya, tentang gambar…binatang dan lain sebagainya. Aku percaya bahwa proces kinan  berbicara dan memperbanyak kosakata akan lebih mudah bila berinteraksi langsung dengan  lingkungan sekitarnya dan dengan contoh seperti melalui percakapan kita dengannya, pertanyaan kita (walaupun dia belum bisa merespon dengan jawaban, walaupun hanya dengan dengungan atau respon lainnya) nah itu berarti dia dah bisa diajak berkomunikasi dua arah. Perkembangan memorynya pun juga bisa dilihat lewat bagaimana dia mengingat kata kata dan mengungkapkannya kembali. Seperti contoh yang membuat kita tercengang suatu pagi.

Pagi itu seperti biasa kinan begitu melihat dompet ayahnya tergeletak dia langsung membongkar bongkar isinya, semua kartu kartu dan uang yang ada didalamnya dikeluarkan semuanya. Begitu memegang uang kertas Rp.2000 dia langsung datang ke tempat ayahnya yang tak jauh dari tempat duduknya dan berkata sambil menunjukkan uang itu. Kinan bilang “Bapak”…sambil menunjukkan gambar pangeran Antasari yang ada di dalam  uang tersebut. Spontan aku tertawa…masyaallah nduk…dirimu dah ngerti konsep bapak bapak yah….:).  Setiap kali ada orang yang lebih tua (laki laki) kita selalu mengajarkannya untuk mengatakan ”Bapak”. Atau kalo melihat anak perempuan atau laki laki yang lebih tua darinya kita selalu menyebutkannya Kakak. Begitu lihat ditelevisi ada anak anak yang menyanyi pasti dia akan tunjuk tunjuk sambil bilang “kakak”

Pangeran Antasari disebut Bapak sama kinan...:)

Indahnya bersamamu melewati proses belajar berbicara nduk…semoga dimudahkan sama Allah yah nduk……diberi kecerdasan dan daya ingat yang bagus…*amien…Mama love U nduk…:)

 

 

 

 

 

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado. Bookmark the permalink.

4 Responses to Perkembangan kosakata

  1. BunDit says:

    Wah..Kinan makin pinter. Bener mam, mengikuti perkembangan kepintaran anak pasti sangat takjub. Nanti kalau sudah lancar bicara lebih takjub lagi karena bisa ngeles dan ngeyel hehehe. selalu sehat ya Kinan🙂

    • Hehehe..iya ya bun..kayak kak dita yang udah kritis dan berani mengungkapkan pendapat tentang pilihannya..kayak yang pernah aku baca diblog bunda kemarin…ditanya pingin sarapan apa kak dita bisa mengungkapkan pilihannya🙂
      amien makasih doanya bunda dita…

  2. Mbakyuuuuu, mangap neh dah lama gw kaga maen kesini. Inet di rumah diblokir boo sejak akhir taun. Baru normal lagi tanggal 14. Tapi secara gw dilanda mual2 hebat makanya BW ke rumah tetangga dicicil.

    Waaaahhhh Kinan pingter yah. Bener Mba, yang namanya belaja itu darimana ajah. Tapi selama ini DVD emang jadi temen belajar Zahia. Makanya ampe sekarang masih Barney mania.

    Selain itu buku juga okeh. Zahia dari 2 taun dah tertarik dengan buku. Kalo sebelomnya cuma dipegang2, dibolak-balik, bahkan disobek, sekarang dah disimak dengan baik apa isinya.

    Tambah pinter yah Kinan sayang. Kiss dfari ka Zahia🙂

    Oya Mba, gw lagi ngadain lomba kecil2an tuh. Sok monggo kalo mo berpartisi-sapi. Ikutan yaaaaa. Ditunggu loooohhhhh

    • waduh..jeng soes..hamilnya nggak preman lagi dong…kena juga morning sickness…hehehe..
      iyo lho kemarin kemarin sering tak tengok blognya..kok masih test pack aja yang nongol :)…sekali nongol aku yang telat gara gara seminggu aku nggak nge net…kinan opname di RS..

      Kinan kalo buku masih tertarik yang buku bergambar gambar cerita cerita gitu…

      Thanks doanya yah bunda zahia, semoga kinan sehat terus dan tambah pinter kayak kakak zahia yang waduh dah pinter dan kritis banget…dah bisa ngingetin UTinya..

      Oke deh..disiapkan nanti posting sama kang mas ku…untuk ikutan lombanya bunda zahia…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s