Cerita Gado Gado Untuk Kak Hilwa yang cantik

Dear Kak Hilwa yang cantik

Happy Birthday kak hilwa cantik

Selamat Ulang Tahun yang ke 10 tahun untuk Kakak hilwa kemarin tanggal 29 May 2011. Maaf yah kak hilwa tante ngucapinnya telat. Maaf banget soalnya kemarin tidak sempat membuat cerita untuk hadiah ulang tahun kak hilwa pas lagi libur dirumah. Biasa dedek kinan selalu minta perhatian lebih kalo mama-nya libur. Dan belum sempat juga titip kado buat kakak hilwa dan mas syafiq pas ke Batam kemarin. Semoga lain kali bisa dikirimkan yah kak🙂

Sebenarnya tante bingung mau cerita apa yah sama kak hilwa, karena kak hilwa nieh dah gedhe dan sudah pinter umurnya persis seperti ponakan tante yang namanya mas Naufal sekarang kayaknya sudah kelas Empat atau lima yah..haduh bener bener dah tua nieh tante lupa tentang kelas berapa ponakannya saat ini, nanti coba tante telp untuk menanyakannya. Bingung dengan ide mau nulis apa dengan kak hilwa, tiba tiba terbersit tentang petualangan tante hidup di negeri seberang beberapa tahun silam.  Tante tidak akan menceritakan tentang detail kehidupan tante pas kerja disana, tapi lebih ingin menceritakan tentang hal hal yang unik dan bagus  yang pernah tante lihat disana. Dan semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kak hilwa tentang banyak hal.

Kak hilwa pernah dengar atau tahu tentang Kingdom of Saudi Arabia atau disingkat dengan KSA?? Kalo belum pernah coba minta diceritakan sama bunda yah kak. Tante pernah baca perjalanan bunda kak hilwa ke Saudi Arabia untuk Umrah, jadi tante yakin bunda kak hilwa tahu juga tentang Negara ini dengan baik. KSA adalah Negara dimana kota Madinah, Jeddah, dan   Makkah berada. Kota Makkah yang dimana disitu Ka’bah berdiri dengan tegak sebagai arah kiblat kita sholat setiap hari.  Kota Suci yang penuh sejarah perjuangan Agama Islam dan banyak kisah para nabi dalam agama Islam. Kali ini tante tidak akan menceritakan tentang banyak hal tentang sejarah dan juga perjuangan umat Islam jaman dahulu. Karena tante yakin kak hilwa  sudah sering mendengar cerita dari Ayah bunda, dari guru ngaji, dari pelajaran agama di sekolah dari buku buku cerita tentang ini.  Tante ingin menceritakan tentang banyak hal unik yang tante dapat selama hidup disana.

Kenapa tante bisa bekerja disana??? Ceritanya panjang sekali, mungkin kalo diceritakan bisa membutuhkan waktu 7 hari 7 malam dan juga membutuhkan berlembar lembar kertas serta tinta untuk menuliskannya. Satu yang pasti kenapa tante bisa berkerja disana adalah karena tekad kuat untuk mencoba mendapatkan pengalaman baru dengan bekerja dinegeri orang. Dan kenapa KSA yang dipilih karena kebetulan saat itu mendapat tawaran dari seorang kawan tentang sebuah organisasi kesehatan yang sedang membuka lowongan untuk pekerja administrasi dan akhirnya sampailah tante disana dengan penuh suka duka dan cerita.  Alhamdulilah kehidupan tante disana menyenangkan, berjumpa banyak kawan baru, pengalaman baru  dan juga kebudayaan baru. Sama seperti cerita bunda kak hilwa  yang takjub pertama kali saat melihat Ka’bah,tante  juga begitu “speechless” *artinya tanyakan bunda yah kak🙂 tidak bisa ngomong apa apa, hanya air mata yang berbicara.

Alhamdulilah dan ucap syukur   tante yang tak henti hentinya kepada Allah SWT, tante diberi kesempatan untuk sering sholat di Masjidil haram selama tinggal disana. Pemandangan pagi  hari didepan halaman Masjidil haram begitu menakjubkan kak  hilwa, banyak burung burung dara beterbangan dan berebutan makanan saat banyak orang menyebarkan makanan untuk mereka.

Berada dinegeri orang untuk bekerja membuat tante harus mandiri dan berhati hati dalam segala tingkah laku.  “Dimana bumi dipijak disitu langit di Junjung” Alhamdulilah selama dua tahun berada disana,tante  merasakan betapa persaudaraan itu indah. Bertemu kawan kawan baru dari berbagai Negara membuat tante merasa tidak sendiri. Menjumpai banyak hal baru yang  mungkin tidak kita jumpai di Negara kita.  Negara  kita yang begitu  hijau dan subur penuh dengan segala  macam tanaman berbeda dengan pemandangan yang kita jumpai disana. Yang panas dengan pemandangan gurun pasir dan bukit bukit berbatu. Semakin membuat tante bersyukur tante hidup dan dibesarkan di Indonesia, sampai bahkan ada kutipan untuk Negara kita Indonesia “ Tongkat kayu dan batu jadi tanaman” benar benar berbeda dengan Negara KSA. Tapi bukan berarti disana tidak ada  tanaman lho, disana tumbuh juga tanaman khas daerah gurun pasir dan berhawa panas. Seperti misalnya tanaman kurma.

Di KSA, ada satu daerah dataran tinggi dekat dengan kota Makkah yang bernama Taif. Disitu daerahnya sejuk dan berhawa dingin, dan banyak tanaman tanaman yang tumbuh subur disitu seperti  buah Tiin, (seperti yang tersurat dalam surat dalam Al Qur’an  Wa Tiinii Wa Zaitun – Demi buah Tinn dan buah Zaitun), kemudian pohon Delima tau disebut Roman dalam bahasa Arab, kemudian ada banyak perkebunan bunga rose yang ada disana. Dan baru di negara itulah tante tahu hal hal yang aneh aneh untuk dimakan. Misal bunga rose disana dipake untuk teh, dan setelah mencicipinya rasanya enak juga. Terus tante pertama kali   mengenal namanya buah “Barsumi” atau bahasa inggrisnya “Prickly fruit” buah berduri yang   rasanya lezat sekali. Kak hilwa tahu tentang tanaman kaktus atau tanaman gurun?? Buah “barsumi” ini adalah buah  dari salah satu jenis tanaman kaktus gurun yang di budidayakan di kota Taif. Hmmm rasanya manis…mantap..tapi saat mengupasnya harus berhati hati karena banyak durinya. Ini dia gambar tanaman buahnya

Buah Berduri "Barsumi"

Hampir semua yang tersurat dalam Al Qur’an (kita suci umat Islam) disini dimanfaatkan dan dibudidayakan dengan baik. Karena Allah SWT, menciptakan segala sesuatunya tidak sia sia melainkan mempunyai banyak manfaat. Seperti tentang banyak buah buahan yang disebutkan dalam Al Qur’an seperti buah kurma, buah delima, buah anggur, buah Tiin, buah Zaitun dan masih banyak yang lainnya.  Disinilah tante juga mengenal makanan khas Negara syiria  yang kalo di Indonesia terutama di daerah jawa tengah dan Yogyakarta dikenal dengan arem arem. Tapi nasinya bukan dibungkus pake daun pisang lho melainkan  dibungkus dengan daun anggur. Daun anggur yang sudah di rebus utuh untuk kemudian dipakai membungkus beras yang sudah dicampur dengan daging dan bumbu bumbu khusus kemudian di tanak dengan kaldu daging sampai matang. Hmm…rasanya yummy sekali. Awalnya mungkin akan berasa aneh tapi setelah dinikmati ternyata enak juga. Ini dia gambar makananya dan daun anggur-nya. Karena tante tak ada stock photonya soal ini jadi tante ambil gambarnya dari internet. Dari sini link-nya dan ini gambarnya :

Nasi yang dibungkus dengan daun anggur

Begitulah kurang lebih makanan unik yang pernah tante rasakan ketika berada dinegeri seberang. Walaupun awalnya rasanya asing di lidah tapi setelah terbiasa lama lama jadi menyukainya.

Pelajaran yang  ingin tante pesankan untuk kak hilwa dari pengalaman tante tinggal dan bekerja di negeri orang adalah tentang Ketekunan dan kesabaran. Kak hilwa harus rajin belajar agar dapat menggapai semua mimpi dan cita cita yang diinginkan. Jangan pernah menyerah dengan kegagalan. Misalnya  hari ini kak hilwa tidak bisa memperoleh nilai seratus dalam pelajaran matematika atau yang lainnya terus lah belajar dan jangan menyerah. Insyallah dengan ketekukan dan giat belajar dan berlatih semua pelajaran menjadi mudah.

Tante ingat waktu ponakan tante yang namanya mas naufal pindah sekolah dari Lampung ke tempat kami di Jawa.  Mas naufal yang tidak bisa berbahasa jawa dan tidak pernah mendapatkan pelajaran bahasa jawa di Lampung akhirnya harus menemukan pelajaran Bahasa jawa dalam muatan lokal di SD yang baru. Awalnya mungkin begitu susah karena tidak mengerti sama sekali dan nilainya pun jelek dalam pelajaran bahasa jawa akan tetapi dengan ketekunan belajar akhirnya mas naufal bisa mendapatkan nilai bahasa jawa yang bagus dan dapat rangking dikelasnya disalah satu SD Islam Terpadu favorit di kota kami.

Tentang ketekunan dan kesabaran ini tante juga pernah baca dalam sebuah dongeng fabel untuk anak anak tentang sang kancil yang belajar kepada sang guru Harimau yang bijaksana.  Ceritanya bermula dari kancil kecil yang sedih melihat kelakuan Ayahnya yang tidak terpuji seperti mencuri dan berbuat curang kepada teman temannya. Lalu kancil kecil ini ingin dia bisa jadi lebih bijaksana maka pergilah dia berguru pada Sang guru Harimau yang terkenal sebagai guru bijaksana.

Pada hari pertama  berguru di padepokan guru Harimau, sang kancil diminta untuk merebus 10 telur, lalu karena merasa senang telah diterima jadi murid dan diberi tugas pertama sang kacil sedikit ceroboh dan memecahkan satu telur. Selesai merebus telur tersebut sang kancil dengan jujur menceritakan tentang satu telur yang pecah tadi kepada guru harimau. Lalu guru harimau memintanya untuk menghapalkan kalimat “Telur sepuluh  pecah satu”, begitu setiap harinya selama kurang lebih 10 hari, sang kancil hanya diberi pelajaran hapalan tentang telur yang pecah tersebut.

Dalam hati kancil merasa sedih karena tidak kunjung mendapatkan pelajaran baru dari guru harimau, tapi kancil tidak putus asa dan tetap berada di padepokan guru harimau sambil mengerjakan tugas tugas harian seperti mencari kayu bakar dan juga menimba air disumur. Sampai suatu sore dia melihat guru harimau memberikan ilmunya untuk kawan kawan padepokan lainnya didekat sumur tempat ia menimba air. Kancil mendengarkan dengan seksama pelajaran tersebut sambil bekerja menimba air. Sampai suatu hari guru harimau memanggilnya untuk bergabung dengan kawan kawannya untuk belajar bersama. Dan terbukti kancil memang cerdas dan pintar dibandingkan dengan teman temannya yang lain.

Sang guru harimau memuji sikap kancil yang  tabah dan tetap teguh pendiriannya untuk berguru kepada sang guru harimau, meskipun guru harimau mengujinya dengan hapalan yang itu itu saja. Mungkin kalo binatang yang lain sudah  pergi meninggalkan padepokan harimau kalo diperlakukan sama seperti kancil.

Nah hikmah yang bisa diambil dari cerita itu lagi lagi adalah tentang sebuah kesabaran dan ketekunan. Semoga di Usia yang ke 10 tahun ini kak Hilwa lebih tekun dalam belajar, dan semoga kelak bisa menggapai cita-cita yang di inginkan. Happy Birthday kak Hilwa🙂

_______________________________________________________________

Tulisan gado-gado ini dipersembahkan sebagai hadiah terindah untuk Kak Hilwa Putri dari Bunda Hilsya yang ada dirumah ini.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Home, QUIS and Contest and tagged , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Cerita Gado Gado Untuk Kak Hilwa yang cantik

  1. hilsya says:

    wah..ternyata mama kinan punya cerita seru kerja di KSA ya?.. aku juga lagi supportin dia buat punya mimpi banyak dan berusaha untuk meraihnya..

    makasih banyak atas ceritanya yaa…
    iya bun,, biarkan anak anak kita mempunyai mimpi dan fasilitasi untuk dia bisa menggapai mimpinya..semoga kita bisa membawa mereka kearah kebaikan yah bun *amien amien

  2. IbuDini says:

    Wahhh cerita yang menarik, ternyata pengalaman nya banyak ya bun…
    Selamat ulang tahun utk Hilwa semoga kelak besar jadi anak yang berguna dan bisa seperti mama kinan yang hebat

    halah mbak biasa aja..banyak yang lebih saya hanya melakukan petualangan jaman muda yang ingin mandiri….:)

  3. lidya says:

    senangnya sudah melihat ka’bah ya bun. pingin sekali kesana

    saya pun ingin kesana lagi mbak lid dengan suami dan kinan dan keluarga…semoga insyallah kelak bisa kesana lagi..begitu juga dengan mbak lidya dan keluarga insyallah

  4. Pingback: Berita hari ini… « written minds

  5. Elsa says:

    lihat gambarnya… bener bener bau tau deh Mbak…nasi dibungkus daun anggur, trus ada barsumi
    aneh yaaa, hehehee

    semoga sukses deh…

    saya pun awalnya juga merasa aneh mbak elsa..walah walah…ternyata dunia ini bener bener beraneka ragam..Masyaallah, Subhanallah …

  6. BunDit says:

    Waaa..ternyata mamanya Kinan sudah pernah bekerja di KSA to? Pengalaman yang tak terlupakan ya mam🙂

    alhamdulilah bun…petualangan lulus kuliah ..2 tahun aja disana..:)

  7. Enno-Mama Fira says:

    Waa…. saya aja seneng banget nih bacanya… Pasti kakak Hilwa juga seneng banget baca cerita ini…
    Saya juga pengeeennn banget bisa liyat Ka’bah secara langsung sama Fira dan papanya… Amiiinnnn

    Amien amien ya robal alamin..semoga cita cita kita melihat Ka’bah bersama keluarga terkabul yah bun..:)

  8. Nice posting, mbak… Hilwa pasti seneng banget bacanya🙂

    Wah, pernah kerja di negeri orang yah…hebat! Kapan2 cerita dong mbak lebih banyak lagi tentang pengalaman di negeri orang, pasti banyak yang unik dan menyenangkan🙂

    walah mbak..berpetualang kecil…jadi kuli juga mbak…TKW berskilll…tapi ya tetap aja TKW..Tenaga Kerja Wanita ..:) tapi saya bangga kok mbak soalnya …TKW pahlawan devisa…:P

  9. Baru tau Mba kalo dikau pernah kerja di KSA. 2 bulan wah pasti pengalaman yang sangat berharag tuh. Dan alhamdulillah bisa sekalian umroh🙂

    Serius, gw belom pernah icip makan nasi yang dibungkus daun anggur🙂

    petualangan jaman baholak jeng…alhamdulilah…bisa kerja sekalian ibadah🙂..nanti kalo kesana lagi coba jeng..waraga anab..nasi dibungkus daun anggur🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s