Tepat 22 Bulan hari ini @20 Juni 2011

Happy Ulang Bulan nduk-ku, Cah Ayu, Kinanku…tanggal 20 Juni 2011 hari ini usiamu genap 22 bulan. Wah nggak terasa kurang 2 bulan menuju 2 tahun.

Maaf yah nduk cah ayu, mama nggak konsisten mendokumentasikan moment Ulbul dan perkembanganmu. Seingat dan sesempat mama untuk posting soal ini. Tapi yang pasti setiap perkembanganmu terekam dalam memory mama dan diabadikan dalam camdig.

Hmm..lama rasanya nggak nulis special tetang dirimu nduk ..apa saja..pokoknya tentang dirimu, milestones atau perkembangan bahasa dan daya nalarmu, perkembangan motorik halus dan kasarmu, kelucuan kelucuanmu…kepolosan pertanyaanmu…semakin mama  mengingat semakin mama kangen banget sama dirimu nduk..

Perkembangan Bahasa dan Kosakata.Alhamdulilah kinan bicaranya sudah semakin lancar dan terarah. Walaupun masih dengan bahasa khas anak anak yang cedal tapi jelas banget terdengar, tidak seperti berdengung atau  sepotong potong. Setiap hari banyak kata kata baru yang dia ucapkan, kadang sampai  membuat kita yang dewasa ini melongo, ternganga..belajar dari mana?? Yang pasti mungkin tidak sengaja mendengar dari kita  yang dewasa ketika kita berbicara atau bercakap cakap atau dari DVD anak anak yang setiap hari minta diputarkan untuknya. Misal suatu hari dia melihat Uti-nya yang dah ganti baju, kinan tiba tiba aja nyeletuk “ Uti bajunya cantik, cekali, Beli dimana Uti?” spontan kita yang dengar melongo..halah anak ini rupanya dah bisa memuji dan bertanya…

Suka bermain peran.Kalo sedang bermain sudah mulai mengatur dan menyuruh melakukan seperti yang dia mau, dan bilang “ Mama duduk disini, Ayah disitu”. “Mama gendong adik Bealler-nya”..atau “Mama, Bacain celita”.  Suka sekali bermain peran. Suka gendong boneka bonekanya kemudian pura pura nyuapin, atau sambil cerita cerita persis menirukan apa yang kita lakukan untuknya. Misalnya gendong bonekanya sambil bilang “maunya apa tho, buah nggak mau, nasi nggak mau, sayul nggak mau, telus makan apa”..sampai kita yang dewasa ini tertawa kalo mendengar dia lagi main sama bonekanya. Semua kata kata yang kita ucapkan, kinan ulang dan dia ucapkan untuk boneka bonekanya.  Atau kadang pegang HP sambil pura pura telp dan berbicara dengan gaya seperti kita yang dewasa saat menelepon, dengan gaya duduknya sambil pegang hp dan membolak balik buku sambil bercerita, sambil bilang…”Ooo, begitu” …Hehehe lucu sekali. Suatu malam 2 minggu yang lalu saat dikamar sedang bermain, kemudian ayahnya telp Om-nya yang di Aceh, nanyain kabar dan sebagainya. Kemudian kinan tiba tiba nyeletuk “ Om Fatlin mau menikah” dengan bahasa anak anak yang fasih sekali dia ucapkan. Tertawalah saya dan Ayahnya, walah rupanya masih ingat dan terekam dengan baik dimemorinya tentang cerita kita kalo om-nya mau menikah. Padahal soal menikah ini tidak kita ingatkan sama sekali saat itu.

Suka bermain peran, lagi nyuapin bonekanya..ngajak boneka kelincinya jalan jalan🙂

Bertanya yang nggak berhenti-henti, ini apa, itu apa, buat apa, kenapa..diulang ulang terus…seperti kemarin ada tetangga main kerumah bawa anaknya, kinan tunjukin semua gambar poster dan buah buahannya sambil tanya, “tante ini apa?” udah dijawab ganti tunjukin gambar yang lain sambil tanya “kalo ini apa, ini apa..”begitu terus..sampai aku nggak enak hati dan aku bilang ke kinan..”dek, tanyanya sama mama aja ya” Tapi tetap nggak mau haduh…. Kayak ngetes gitu tanyanya…menirukan gaya mama atau ayahnya kalo lagi nanyain dia tentang gambar gambar gitu. Kinan sudah hapal dengan suara suara binatang, nama anggota tubuh, Hapal nama Ayah dan mamanya, terus UTi, Atung, Yang Ti , Yang kun, Budhe, pak dhe…….berhitung dari angka 1 sampai sepuluh dengan bahasa Indonesia dan bahasa inggris. ABC atau alphabet sudah sedikit hapal dengan nyanyian kalo secara visualnya selalu melengos kalo diajari dengan serius..ya sudahlah nduk main main aja dulu…bulan kemarin dah dibeliin CD tentang Alphabet juga nggak tertarik maksud ayahnya supaya lebih tertarik Karena dari pengamatan dia cepet sekali belajar dari CD makanya dibeliin yang Baby Einstein yang alphabet..dan apa yang terjadi sodara sodara…tidak tertarik sama sekali lebih tertarik dengan CD dora, barney, teletubies, dan lagu lagu…..Soal nyanyi lagu anak anak..wah tak tahu lagi mana mana yang dah dihapal..…asal dikasih music instrument lagu atau clue lagu langsung meneruskannya…Lagi cinta dan suka banget sama barney…” I love u You Love me..we’re Happy Family …etc”  malah sudah suka memplesetkan lagu…Kapan hari sama ayahnya diajarin nyanyi lagu Desaku …”Desaku yang kucinta…” apa yang dilakukannya dengan lagu itu…kinan mengubahnya menjadi lagu “ Kancilku yang kucinta…”  Hedeh nduk….nanti yang menciptkan lagunya marah berat…syairnya diganti hehehe…Begitu cintanya sama kancil sampai dia buka dvd room laptop mamanya dan dikasih susu UHT “Katanya mau kasih mimi susu kancilnya,biar kancilnya cenang”…seperti yang tertulis dalam cerita disini.

Teething record. Pertumbuhan gigi. Seperti yang pernah saya tulis disini, kinan untuk pertumbuhan giginya tergolong sedikit telat dibandingkan dengan anak anak lain yang mungkin usia 4 bulan tau 6 bulan dah mulai tumbuh gigi. Baru pada usia 11 bulan pada bulan july 2010 tumbuh gigi yang pertama. Baru kemudian menyusul gigi –gigi selanjutnya.  Sampai sekarangpun masih blom lengkap semua giginya. Bisa terlihat dari teething record dibawah ini.  Sempat worried juga, lumayan tenang setelah mendapat penjelasan dari DSA-nya kapan hari, begitu juga dari hasil browsing di internet. Thanks mbah google for your information. PR-nya sekarang, susah sekali diajak untuk gosok gigi..harus dirayu rayu dulu untuk acara gosok giginya…itupun sebentar sekali berhasil menyikat giginya..Hmmm sharingnya dong kawan kawan ..

teething record of Ghina Artya Kinanthi

 Yang seharusnya untuk  teething milestones :

Teeth chart

 Cinta sekali sama Pantai, tiap libur selalu ngajak main ke pantai, “Main pacil dan ael” katanya… secara memang tinggal didaerah pantai dan untuk refreshing kita selalu mengajaknya kesitu.  Anak Ayah banget..dikit dikit tanya “Ayah, mana?”  “Ayah kok udah ganti baju”, “Ayah mau kemana”, waktu ayahnya keluar kamar pasti dia tanya “ Ayah ambil Apa”…”Ayah kenapa?? Cakit?”. Kalo Ayahnya baru pulang kerja,langsung dipegang tangannya dan digelandang untuk diajak bermain bersamanya, “Ayah, Ayo main”..Hmm…anak ayah banget pokoknya..sampai sampai mamanya nggak boleh deket deket sama Ayahnya…hiks..dia akan bilang “Gak boleh” sambil berada ditengah tengah kami, hehehe.. kalo Ayahnya atau mamanya dah deket deket….

Corat coret. Hobby yang tidak bisa dilepaskan dari semua anak kecil kayaknya. Apa aja dah jadi sasaran corat coretnya…:)…sampai sampai pernah juga LCD atau monitor Laptop dicoretin sama pinsil..hiks…untung segera ketahuan UTi-nya. Tembok, lantai, buku-buku, poster, pintu, bed sheet/sprei….semua pernah jadi sasarannya.

Alhamdulilah, masih ASI plus Sufor dan UHT, perkembangan fisik terutama berat badannya alhamdulilah dah naik signifikan. Sudah memenuhi standard dari yang saya searching searching untuk usianya. Dua minggu yang lalu saat ditimbang berada pada kisaran 12 Kg lebih, alhamdulilah Ya Allah, semoga selalu sehat dan bisa bebas dari GTM dan mood untuk makan yang tetap bagus. Sudah mulai pinter milih mana yang disukai dan mana yang tidak soal makanan. Kalo sudah bilang “enggak” mau diapakan aja bakalan nggak mau. Tapi kalo memang bilang mau pasti akan dihabiskannya.

Alhamdulilah, Ya Allah finally sesuai dengan standard...:)

Toilet Training, hmm…masih juga maju mundur…kadang mau bilang dan puf di WC, tapi kadang nggak mau, biarpun dah bilang pipis, tapi tetap nggak mau dibawa ke kamar mandi…sampai dikamar mandi pasti nggak mau pipis…ya sudahlah…sebisanya nduk..yang pasti dah dibilangin kalo pipis nggak boleh dikasur, siang hari karena dia nggak pake diapers, selalu yang saya amati dia akan turun dari kasur dan berlari keluar kamar untuk pipis…walaupun masih sembarangan setidaknya  dah mengerti dikasih tahu kalo dikasur nggak boleh pipis..:). Sebenarnya gelagat kalo dia mau puf kelihatan banget sih, kinan pasti akan mencari tempat yang aman dipojokan atau menyendiri membelakangi yang mengawasinya…dengan gayanya berkonsentrasi terlihat kalo dia lagi mau puf, pas mau dibawa kekamar mandi pasti teriak teriak nggak mau ,” engak –enggak” sambil menepis tangan yang mau memegangnya…pernah suatu kali saya tetap mau menggendongnya untuk dibawa kekamar mandi, lalu apa yang dia katakana” Awas, mama jangan ke cini, nanti ada kecoak lho” hehehe rupanya dengan tipu daya dia berusaha menghalangi saya untuk menggendong dan membawanya kekamar mandi…nduk nduk…jadi akhirnya Ayahnya pasti bilang..”Biarin lah biar diselesaikan…nanti dibawa kekamar mandi malah nggak mau puf” ..halah..jadinya ada pembelanya kinan…..

Happy Ulang Bulan nduk…Mama Love u so much, Doa Ayah dan mama selalu untukmu untuk selalu sehat dan semakin aktif, ceria dan semakin nambah pinternya * Alhamdulilah Ya Allah…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Tepat 22 Bulan hari ini @20 Juni 2011

  1. monda says:

    Selamat ulbul Kinan. Hi..hi,.lucu banget ngomelin bonekanya yg nggak mau makan.

    Thanks bunda…hehehe…iya mbak ikutan mamanya kalo nyerewetin dia kalo lagi nggak mau makan🙂

  2. Mama Cal-Vin says:

    met ulbul ya Kinan. wahbun aku lupa alvin giginya ygpertama belum dicatat😀

    Hayo dicatat mbak segera..hehehe…..aku termasuk yang nggak rapi mbak..bulan aja yang dicatat ..tanggal tumbuhnya nggak tahu pasti soalnya🙂

  3. vittayuni says:

    Selamat 22 bulan Kinan…
    Senangnya kinan punya mama yang teliti dan rajin…
    Salam kenal…

    salam kembali mbak vita, kemarin dah berkunjung dan meninggalkan jejak juga ditempat mbak vita…aku nggak seberapa teliti mbak dibandingkan bunda bunda lain di blog yang rajin banget update perkembangan putra putri mereka…:) aku pingin juga kayakmereka

  4. hilsya says:

    mirip ayahnya ya, mam?

    banget mbak…sangat amat mirip sekali menurutku…:)

  5. Inda Rozalia says:

    happy..happy..happy..
    Sehat terus ya nak..

    Amien, thanks mbak inda..salam buat kakak farel…:)

  6. Asop says:

    Saya ikut senang….😳
    Moga Kinan bisa tumbuh sehat ya, Mbak…😳

    Amien thanks yah dek..:)

  7. BunDit says:

    Happy Ulbul Kinan, semoga selalu sehat dan makin pinter. Celotehan anak2 mah selalu biking ngakak ya mam🙂

    amien, makasih bunda dita…iya bunda dita..bikin kita ketawa, bener kata bunda..capek kerja ilang kalo dah bercanda sama dia dengar ocehan ocehannya..nggak ingat lagi capek dan lain sebagainya problem kerjaan🙂

  8. riliarully says:

    Lucu banget ya dek Kinan..met Ulbul ya sayang..smoga sehat terus n tetep jd kebanggaan mama n Ayah🙂
    Wah rajin juga nih jeng dokumentasiin perkembangan Kinan..iya anak2 emang cepet bgt tumbuhnya, rasanya sayang banget kl ada yang kelewatan.
    btw manggil ortunya sama nih Mama-Ayah, aku iyo ngono jeng😀 hehehe…

    thanks mbak ..iya panggilnya Mama – Ayah, biarin nggak matching..dimatching matchingin..soalnya Ayahnya nggak mau dipanggil Papa…sedangkan saya kekeh pingin dipanggil Mama,,sejuk aja kedengarannya….kalo bunda…saya masih pecicilan..pencitraannya nggak pas nanti …:)

  9. Kinan cantik..dah tambah gedhe ya..mg sehat selalu… jd anak sholikhah dan baik hati….

    Thanks bunda affan… amien amien…:)

  10. IbuDini says:

    Selamat ulang Tahun Kinan jangan lupa ya kalau dirayakan kakak Dini diundang…insyaallah pasti datang.
    Ya begitulah mb anak2…untuk urusan toilet kita musti sabar banget.

    masih ulang bulan ibu dini…ulangtahunnya baru agustus…nggak tahu mbak nanti agustus gimana..soalnya kalo dari tradisi dan kebiasaan Ayahnya pasti nggak mau…perayaan perayaan kayak gitu..paling tiup lilin aja sama keluarga…itupun nggak wajib ….lihat sikon aja mbak nanti, kalo ada apa apa insyallah pasti diundang mbak..secara deket..:)

  11. Alhamdulillaah, bentar lagi genap 2 taun..
    duh cakeeppnya, ngegemesiiin,,,
    moga tumbuh jadi anak yg sehat & sholeha ya bu,, aamiin

    Amien…alhamdulilah makasih doanya yah bang…:)

  12. Happy UlBul, Kinan…
    Gak terasa ya, Mbak, dua bulan lagi Kinan bakalan dua tahun. Waktu cepat banget ya berlalu…

    iya mbak nggak terasa..perasaan kayak baru kemarin melahirkannya…alhamdulilah dah mau dua tahun aja…yup…besuk juga dah jumat lagi mbak..cepet banget..yang artinya sabtu minggunya libur ….quality time mbak🙂

  13. Halo Kinan, met ulang bulan ke 22 ya, sehat selalu dan tambah pinter ya.

    Usaha Kinan menghalangi mamanya utk membawa paksa Kinan ke toilet patut dihargai, hihi, pinter amat sih nak… Trus yg soal mengganti lirik lagu itu, itu jg lucu banget. Raja jg kadang suka seperti itu, misalnya lirik Thomas he’s my number one diganti jd Finley he’s my number one..hihi..tp hbs itu pasti dikoreksinya sendiri. “eh kok Finley sih?? Halusnya kan Thomas!”😀

    Dek Kinan klo ketemu sama Raja pasti cocok yah, pasti bakal duet medley lagu barney, teletubbies, ABC, and so on..hihi

    hehehe anak anak kecil ada ada aja..dikirain mamanya takut kecoak kali mbak…hehehe…belum lagi dengan jejeritan jejeritan nggak mau itu..waduh..gatot dan mundur lagi neh toilet trainingnya…*pasrah mood on nieh mbak…..hehehe iya mbak..duet nieh lagu barney sama bang raja..tapi satunya di bintan satunya di palembang…:)

  14. advertiyha says:

    hepi Ulbul kak kinan nan cantik..🙂
    maap tante belum baca kisahnya, cuma bisa nyapa dulu deh, dah lama gak maen2 sini nih… moga selalu sehat n tambah pinter ya nak..
    mamakinan pa kabar?? kangen..🙂

    mbak iyhaaaaa..kangen nieh….gimana kabar dedek osar, semoga baik baik yah mbak…sehat selalu mbak iyha dan dedek osar..:) seneng mbak iyha dan back to nge blog…iya mbak iyha nggak pa pa…

  15. honeylizious says:

    senang sekali membaca ini serasa punya anak sendiri…

    seandainya saya menikah beberapa tahun yang lalu mungkin sudah punya anak sebesar ini

    tapi ternyata sampai sekarang belum ketemu jodohnya…

    salam kenal dari Pontianak Bunda

    Salam kenal mbak, Yang sabar yah..:) Rejeki, JOdoh, Maut semua dah diatur sama Tuhan, bersabar dan tetap berdoa…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s