Makanan Sehat untuk Buah Hati Tercinta

Mempunyai buah hati yang tumbuh dengan sehat dan  cerdas adalah dambaan setiap orangtua. Banyak faktor yang harus kita perhatikan dalam rangka untuk  mempersiapkan buah hati kita menjadi generasi penerus  unggulan yang sehat dan cerdas.  Salah satunya adalah faktor makanan sehat.  Kenapa harus makanan sehat?. Pernah mendengar tentang slogan  “Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa  yang kuat” dari jaman SD kayaknya kita dah sering di dengung dengungkan dengan slogan itu. Nah mari kita berlogika secara sederhana saja . Bagaimana untuk menjadikan tubuh kita tetap sehat agar jiwa kita kuat? Ya, Tubuh butuh asupan makanan sehat dengan gizi yang  seimbang.  Apakah hanya dengan makanan sehat saja kita bisa mencetak generasi penerus yang sehat dan cerdas? Jawabannya seperti yang saya tulis diatas, tidak hanya faktor makanan sehat tapi setidaknya ada banyak faktor penting lainnya  yang harus kita perhatikan dalam rangka mempersiapkan buah hati kita menjadi generasi yang sehat dan cerdas. Menurut Prof. Roostita L. Balia (KKNM UNPAD,30 April 2008)  dari tulisannya yang pernah saya baca setidaknya ada 3 hal  yang mempengaruhi  Perkembangan Kecerdasan yaitu;  Genetik, Lingkungan dan Gizi.

bayi sehat (sumber : internet)

Perlu dicatat dan ditegaskan bahwa makanan sehat tidak  harus dan berarti harganya yang mahal lho.  Kita bisa membuat makanan sehat dari bahan bahan sederhana yang ada disekitar kita  misalnya dari kebun, dari pasar tradisional, dari toko kelontong  atau abang sayur langganan kita.  Tidak harus dari Supermarket, Ranch market, toko sayur organik,  atau tempat belanja lain yang serba modern dan tentunya  harga sudah di tambahkan dengan pajak. Yang penting dari bahan bahan tersebut mengandung nilai gizi yang seimbang untuk makanan sehat yang akan kita buat. Makanan sehat  harus mengandung semua komposisi yang dibutuhkan oleh buah hati kita, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Upayakan makanan buatan sendiri sehingga senantiasa segar tanpa pengawet dan tanpa penambah rasa buatan atau kimiawi.  Pemenuhan nilai gizi yang seimbang mutlak diperlukan dalam makanan sehat buah hati kita. Setidaknya terpenuhi nilai empat sehat lima sempurna  yang terdiri dari makanan pokok,sayuran, lauk pauk, buah dan juga susu.

 

Gizi seimbang – piramida makanan (sumber internet )

Bahan makanan sehat  yang murah seperti  bayam,kacang panjang, kangkung,sawi,daun ubi,wortel, labu , ubi jalar bisa kita temukan dengan mudah dipasaran. Kita sebagai orangtua, terutama kaum ibu, harus peduli dan memerhatikan kebutuhan gizi untuk dirinya, terutama anaknya, dengan mengolah bahan makanan yang tersedia dengan sederhana, tetapi kreatif. Sebagai contoh kita bisa membuatkan makanan sehat untuk buah hati kita dari bahan ubi jalar (sweet potatoes /Ipomoea batatas). Lho kok Ubi jalar, kesannya makanan “ndeso” atau kampung gitu.  Salah besar, ternyata dibalik  penambilan ubi yang begitu sederhana dan mudah dicari dimana mana ternyata mengandung nilai gizi yang tinggi untuk dijadikan makanan sehat.  Nilai kandungan gizi Ubi Jalar per 100 g (3.5 oz),seperti tertera dibawah ini;

 

Kandungan gizi Ubi Jalar (sumber : internet)

Begitu juga  dengan sumber protein tidak harus dengan membeli bahan makanan  sumber protein yang harganya mahal. Jangan sepelekan nilai gizi dari tempe dan tahu yang bisa kita jadikan sebagai  bahan makanan sehat  sumber protein nabati yang cukup bagus. Ataupun  juga kalo ingin mendapatkan variasi dari sumber protein hewani yang murah meriah kita bisa mendapatkannya dari ikan baik ikan air tawar maupun ikan air laut yang banyak kita jumpai di pasar pasar tradisional seperti ikan lele, mujair, wader,sepat dan lain sebagainya.

Tempe (sumber gambar : wikipedia)

Semuanya tentu kita sesuaikan dengan keadaan keungangan keluarga untuk berbelanja bahan makanan sehat. Perlu saya tegaskan sekali lagi bahwa bahan makanan sehat tidak harus yang harganya mahal. Kita bisa menyesuaikan dengan keadaan kantong keluarga kita. Yang penting adalah terpenuhinya nilai-nilai gizi yang seimbang untuk buah hati kita. Jangan sampai buah hati kita kekurangan nutrisi yang berakibat pada lambatnya pertumbuhan fisik dan otak buah hati kita. Anak adalah amanah dari Allah SWT  yang harus kita pelihara dan besarkan dengan penuh tanggung jawab.  Dengan memberikan makanan sehat  untuk mereka berarti kita telah memberikan hak dasar mereka untuk tumbuh dan berkembang serta mewujudkan mimpi mereka menjadi generasi penerus bangsa yang tumbuh sehat jasmani dan rohani.

==================================================

Artikel ini diikut sertakan dalam kontes menulis “ADUK” yang ada dirumah pak dhe cholik dengan key word ” makanan sehat”

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, QUIS and Contest and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Makanan Sehat untuk Buah Hati Tercinta

  1. IbuDini says:

    Mb sepertinya aku yang pertama nich…
    bener mb, makanan sehat tidak perlu mahal dan mahal cukup dengan pintar kita memilih dari toko mana saya yang penting ada gizi, bersih dan tentunya bisa sehat utk keluarga kita.

    Hmmm semangka salah satu buah kesukaan anakku mb

  2. Pakde Cholik says:

    Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

  3. nia/mama ina says:

    wahh ganti template yach mom…sampai bingung…kirain nyasar hehehhe…..

    yup kita harus memberikan makanan sehat utk anak2 kita spy mrk tumbuh menjadi anak yg cerdas……

  4. terroRIEZ says:

    Untuk Buah hati harus pilih yang terbaik

    Salam Kompak

  5. riliarully says:

    betul betul betul….sehat tidak harus mahal dan alhamdulillah harga sayuran dan ikan di pasar tradisional tergolong masih murah. Dengan uang 20ribu aku bisa siapkan sayur, lauk dan buah untuk 1 keluarga, hehehe..
    btw lihat tempe langsung kebayang mendoan anget2..1 lonjor tempe Rp 3500 bisa untuk 20 iris mendoan..puasss deh

  6. setuju sekali, makanan sehat tidaklah harus yg mahal,,,
    sungguh senang sekali jika kita punya lahan di sekitar rumah husus untuk menanam sayur2an..
    lumayankan bisa belajar berkebun.. heheh

    salam saya bu dari orang Sirampog, Brebes,,,,
    jadi sekarang ga boleh bingung lagi dengan nama Sirampog.. heheh

  7. monda says:

    Semoga sukses di ADUK mbak, artikelnya berisi banget.

  8. Lyliana Thia says:

    Salam kenal Mama Kinan ^_^
    Makasih ya udah berkunjung ke tempatku…
    Wah, aku jg ijin yah kupasang di blogroll ku…
    Semoga qta bisa menjalin silaturahmi yah Mbak…
    Saya setuju banget deh… bahwa cara hidup sehat harus dibiasakan dari usia dini…
    Memang nggak mudah ya… tapi harus diusahakan…
    semoga sukses di acaranya Pakde yah Mom..🙂

  9. Asop says:

    Gizi anak bagus, masa depan anak terjamin (insya Allah)!:mrgreen:

  10. lidya says:

    untuk buah hati selalu diberikan yang ternaik ya bun

  11. Nggaik harus mhala memang bunda makanan sehat, tempe & tahu justru sangat patut untuk di konsumsi, semoga sukses bunda di Aduknya pakde

  12. Untuk anak pokoknya yang terbaik ya mbak…tapi kadang orang tua suka lupa, anak2 diharuskan makan makanan yang sehat, eh, orang tuanya sendiri suka bablas:mrgreen:

    bener mom allisa, untuk anak yang terbaik semampu yang bisa kita berikan…harusnya orangtua juga begitu yah mbak…hehehe..jangan yang junkfood…kasih contoh yang baik untuk anak🙂

  13. Susindra says:

    All the best buat anak, deh. Buat ayah ibunya cukup makanan seadanya asal sehat dan cukup gizi. meski the best tak harus mahal, ya. Itu sih sebisanya kita orang tua untuk menyiapkan makanan sehat bergizi bagi anak.

  14. Mama Kinan, soal pertanyaannya tentang luka di kepala saya, dulu memang dijahit, tapi sekarang bekasnya udah gak keliatan tuh…gak ada bagian yang pitak juga soalnya, jadi susah nyari bekasnya. So, tenang aja juga buat Kinan yaaahhh….🙂

  15. merliza says:

    great review..🙂
    sukses buat kontes nya ya🙂

  16. hilsya says:

    whuaa.. kereen… kapan bikinnya nih?
    *bingung deh.. kok aku selalu ga sempat & ga punya ide kalo ada kuisnya pakdhe :)*

  17. Baju says:

    wah keren, nice artikel..

  18. BunDit says:

    Wow…ulasannya lengkip (saking lengkapnya) hehehe. Semoga menang di kontes ADUK ya mam🙂

  19. Pingback: Makanan Sehat dan Buku Sehat |BlogCamppost

  20. bahaandes says:

    selamat ya…. dah menang galam perebutan tali kasih nya PakDe…

    thanks..ayo semangat lagi …hidup ngontes..:)

  21. Pingback: Hasil dari “ngontes” di “ADUK” Pak dhe Cholik | My new world

  22. yo ayo smangat…maju terus pantang mundur..alo mundur nabrak orang…ups..diblakang ada orang jongkok..

    ayo ayo..semangat !!🙂

  23. Pingback: Antara Pesawat Sukhoi Superjet 100 & Brownies Kukus Ubi | My new world

  24. ainuq says:

    owh…ternyata ubi jalar sangat bermanfaat ya mba….

  25. Pingback: HaPPy Unniversary 4th Blogcamp, We Love You | My new world

  26. sangat bermanfaat infonya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s