Mudik 2011: Bintan – Batam – Jakarta – Yogyakarta

Mau lanjut mendokumentasikan cerita mudik 2011 keluarga kami, Peringatan, bagi yang tidak suka membaca postingan panjang saya maaf yah, karena media blog ini salah satu cara saya mendokumentasikan cerita keluarga kami untuk suatu saat bisa dibaca lagi.. jadi mohon maaf kalo ceritanya terlalu detail sampai ke printilan kecil kecil hehehe…ada saja kendala pas mau nulis, jadilah lemot kayak jalannya siput buat nulis. Slowly,  halah keburu lupa nanti…dicicil dikit dikit nulisnya kayak kredit aja yah…:).  Flashback lagi pas tanggal 24 Agustus 2011 dimulainya perjalanan mudik kami dari Pulau Bintan ke Pulau Jawa.  Akhirnya kami  berangkat mudiknya mengambil tiket penerbangan yang estafet dengan pertimbangan ingin mampir ke Yogya, kalo alasan penghematan kayaknya salah alamat, ternyata justru ini malah jadi langkah pembengakan dana buat mudik kali ini..jadi dua kali lipat dari dana yang dianggarkan..hehehe nggak pa pa yang penting fun dan tercapai keinginan saya untuk ke yogya bersama keluarga hehehe.  Pulangnya baru kita ambil tiket penerbangan langsung Surabaya – Batam.

Packing mendadak malam hari sebelum keberangkatan dengan barang bawaan yang segambreng, satu koper besar “Delsey” kami isi  untuk keperluan kami bertiga selama disana. Sisanya 3 travel bag, satu untuk mainan kinan dan baju ganti serta berisi barang barang kesukaan kinan, Satu travel bag untuk makanan dan minuman serta makanan untuk bekal kinan selama perjalanan  dengan segala kotak kotak Tupperware yang diperlukan, satu travel bag lagi berisi oleh oleh. Uti juga bawa satu travel bag kecil, jadi  terlihat semakin banyak aja travel bagnya belum lagi ada sodara “mbak dwi” yang ikut bersama kami  untuk mudik ke pulau jawa, tetapi dengan pesawat yang berbeda dengan satu koper besar pula.  Perjalanan panjang dimulai, dari rumah sudah sedikit kesiangan karena awalnya Ayah kinan bilang santai santai aja penerbangannya jam 2,  saya bilang berangkat agak pagian aja biar tenang, tapi ayah bilang pertimbangan tahun lalu kinan rewel karena kepagian dan terlalu lama menunggu dibandara. Akhirnya Bintan- Batam dengan menunggu speed boat yang jam setengah dua belas agak was was juga, untung cepat berangkat. Di speed boat ini kinan mulai rewel, entah kenapa sejak peristiwa kecelakaan dan saya bawa ke awalbross dengan naik speed boat kinan tampang tak tenang kalo naik speed boat, rewel…..mungkin ngebaca juga kali hati emaknya yang takut naik speedboat.

Alhamdulilah lancar 30 menitan dah sampai ke Pelabuhan pungur Batam. Disinilah musibah  travel bag  kami terbawa penumpang lain. Karena kalo naik speedboat ini, kita tidak boleh membawa barang barang ketempat duduk semua tas diletak dibagian depan speed boat, baru setelah kita turun awak speedboat melemparkan barang barang bawaan dari atas speed  ketempat kami turun, karena saat itu banyak juga yang membawa barang barang, maklum mungkin pada mau mudik, saat kami pikir tas kami dah lengkap dan siap melanjutkan perjalanan dengan taxi kamipun segera meninggalkan dermaga penurunan penumpang. Saat itu kami dah berusaha menghitung lagi, Uti kinan bilang kayaknya kurang satu tas kinan yang merah, pas Uti bilang gitu saya langsung lihat dan menunjuk itu ada tas kinan warna merah, dan nggak aware travel bag yang satunya lagi yang ternyata warna hitam yang tertinggal dan terbawa penumpang lain. Sesampainya dibandara langsung check in, saat check in inilah baru sadar tentang travel bag yang akan dibawa ke kabin, lho mana dia??? Astagfirulah..ketinggalan entah kebawa penumpang lainnya entah dispeedboat kita tidak tahu pasti saat itu…karena jarak antara bandara dan pelabuhan pungur ini jauh nggak mungkin kami balik hanya demi travel bag itu karena pesawat kami jam 2. Akhirnya pasrah..lemes ya sudahlah mungkin memang bukan rejeki, lalu berusaha mengingat ingat apa saja didalam tas itu.  Baju ganti  kinan ada 3 pasang kurang lebih, semua disposable diapers,selimut kinan (kesayangan kinan dari jaman bayi),segepok CD/DVD kesukaan kinan dalam sebuah cd/dvd box gambar kartun Disney kuning, boneka barney, boneka bantal elephant, boneka kelinci dan boneka bealer kesukaan kinan, perlengkapan mandi kinan dan punya ayah-mama,serta pernik pernik lainnya yang saya lupa apa saja yang saya masukkan. Hmm..bukan nilai isinya yang bikin saya lemes  tapi tentang kenangannya..halah mesti lebay…dan harus ada drama-nya..hiks… …kalo ada orang berbaik hati didalam tas tersebut ada alamat dan nama saya insyallah balik kalo memang rejeki… ah,,sudahlah..ikhlas semoga berguna bagi yang membawanya

Kinan sempat menanyakan dalam perjalanannya tentang boneka boneka dan cd/dvd kesayangannya, tapi kita alihakan perhatian dan bilang nanti yah.. makanya  kami   ingin mengganti mainannya ini nanti pas turun yogya.  Alhamdulilah tepat waktu dengan pesawat Citilink Batam-Jakarta. Sampai dijakarta kurang lebih  jam setengah empat kami segera mengambil bagasi untuk kemudian check in kearah terminal  keberangakatan Batavia, sempat ketemuan dengan kawan Ayah kinan yang sekarang bekerja di Jakarta, di Aerospace juga, Hm…sudah makmur rupanya abang satu ini. Dah kepala divisi  disebuah perusahaan aerospace punya US juga  dan mainnya bukan rupiah lagi tapi dollar..hehehe…* kalo bang Zul baca ini..just kidding yah bang..hehehe…masih ingat  rupanya bang zul dengan penampakan emak kinan jaman dulu  waktu  saya dan ayah kinan masih pacaran…dan kaget langsung nyeletuk…”gemuk yah sekarang”….please deh…..hehehe…dulu ketemunya pertama kali waktu dikenalin ayah kinan masih jaman gadis..masih langsing…kinyis kinyis..hahaha…maklum bo’ sekarang dah ada kinan dah turun mesin hehehe….*hayoooooooo semangat lagi mak nurunin BB…..Tak lupa kinan kebagian angpoa dua lembar uang kertas merah yang gambar presiden pertama RI, thanks bang zul…haduh bang zul kok repot repot sih…jadi malu neh emaknya..nggak kasih oleh oleh malah dapat angpoa…:), tak doakan selalu sukses bang….nanti kalo kejakarta angpoa nya buat kinan lagi yah…halah….halah……….HUshhhhhhhhhh dasar emak emak  marukkkkkkkkkkkkkkkkk…:D

at soekarno hatta airport

kinan @ soekarno hatta airport waiting for the hokben😀

Di Bintan maupun Batam nggak ada Hokben…emaknya kinan kangen banget sama jepang fast food ini, eh termasuk junk food juga kah ini???hehehe gak tahu yang penting hajar blehhh.., kangennya kayak ngidam jadi  kayaknya ayah kinan nggak enak hati kalo nggak membelikan tapi harus keterminal internasional, akhirnya bang Zul lagi lagi berbaik hati mengantarkan ayah kinan dengan mobilnya. Bekal buat buka puasa beli 6 paket hokben special, 4 buat kami dan 2 untuk teman seperjalanan kami yang juga bekerja ditempat yang sama. Keluarga kakak shalsa  lewat ayah-nya kak salsa inilah kita beli tiket berangkatnya dan jadi teman seperjalanan kami. Batavia  Jakarta-Yogya harusnya berangkat jam 6, ternyata delay…lagi lagi…. merasakan delay dengan maskapai ini…tahun lalu dari batam delay 4 jam. Semoga tidak terlalu lama delaynya..ternyata sampai jam 8 baru berangkat..kasihan Atung dan pak dhe yang dah nunggu di yogya. Hikmahnya kita bisa tenang buka puasa  diruang tunggu keberangkatan. Kinan juga tampak menikmati sekali Hokben yang dibelikan ayahnya. Udangnya habis 2 ditambah dengan beberapa suapan nasi. Alhamdulilah. Terjadi insiden bocor pampers, kerena semua diposable diapers hilang bersama travel bag itu jadi tidak ada persediaan untuk ganti, akhirnya karena delay pesawat kita bisa jalan jalan keluar dari ruang tunggu keberangkatan. Alhamdulilah bisa beliin kinan legging untuk ganti dan juga disposable diapers.

Enjoy the delicious shrimp

Enjoy the delicious shrimp

Benernya kami agak worried dengan kesehatan kinan mudik kali ini, kayaknya mau tumbuh gigi, dua hari sebelumnya Puf nya sering dan agak lembek, beberapa hari yang lalu sempat anget. Tapi alhamdulilah hari itu nggak puf dijalan, tapi puf di pesawat menuju yogya.  Walah nduk…mau puf aja kok dipesawat, ngabisin stock tissue ditoliet pesawat hehehe, tissue basah dan persediaan tissue kering kami hilang juga bersama tas itu. Alhamdulilah menginjakkan kaki di bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta…rame banget kayak pasar.. hmm..karena mudik mungkin, kinan juga sempat rewel dan bilang…”Mama mau pulang ke Bintan” halahhhhhhhhhhh…. …dah ditunggu Atung, alhamdulilah ketemu bapak dan mas yang dah lama saya kengeni…menuju guest house yang sudah saya booking didekat bandara.  Syukurlah guesthousenya bersih,  saya pesan family room dengan AC dan 3 tempat tidur ukurang king size, jadi bisa buat rame rame. Setelah capek bermain kurang lebih jam sebelas akhirnya kinan bisa tertidur dengan nyenyak. Sementara Atung dan pak dhe nya kinan meluncur ke Bantul untuk bertemu kawan kawan lama dan menjelang sahur baru, bapak baru kembali. Kami sahur rame rame dengan makanan yang disediakan dari hotel  sambil bercengkerama sampai pagi. Menikmati udara pagi di balkon guest house dekat kamar kami, sampai akhirnya kinan bangun kurang lebih jam tujuh pagi. Nyenyak tidur karena kecapekan kayaknya.

Yogya in the Morning ~ PLaying  with Atung

Yogya in the Morning ~ PLaying with Atung~ Masih malu malu sama Atung, setelah sekian lama hanya dengar suaranya

Paginya setelah mandi dan berberes, untuk sekalian check out kita segera meninggalkan hotel menuju yogya kota. Benernya saya pingin extend satu hari lagi menginap tapi Atungnya kinan nggak setuju, Pagi sampai malam nggak pa pa jalan jalan sampai puas di yogya, baru malam harinya melanjutkan perjalanan darat kearah Tulungagung lewat  jalur selatan seperti yang biasa kami lakukan dulu. Lewat jalanan daerah  Solo – Perbukitan Wonogiri – Ponorogo – Trenggalek- Tulungagung, ya sudah akhirnya saya setuju dengan usul Atungnya kinan. Agenda saya hari itu benernya  banyak dan rasanya bakalan capek kalo satu hari dikelarin apalagi ada kinan…Hmm..bismilah, Pertama menuju daerah shopping toko buku dibelakan benteng vrandenberg, parkir disitu pak dhe dan atung menunggu disitu mereka dah bosen kalo disuruh ikutan jalan jalan sama kami secara 15 tahun lebih tinggal di yogya..:), silahkan mau ngapain aja gitu katanya…akhirnya kami putuskan ke Taman Pintar, tapi sampai outdoor nya saja, benernya pingin bawa kinan masuk tapi karena saya juga pingin jalan jalan dimalioboro dan belanja akhirnya skip untuk masuk ke Taman Pintar yang Indoor…*kapan kapan aja yah nduk kita ke taman pintar kalo ada rejeki..:)..kan pingin juga kayak di postingan mudikanya keluarga bunda dita tahun lalu, kayaknya dalamnya Taman pintar bagus dan banyak sisi edukatifnya..

@ Taman Pintar Yogya

@ Taman Pintar Yogya

Dari Taman pintar kita jalan menuju kearah malioboro…biasa naluri emak emak  hasrat banget pingin belanja batik yang murmer….kalapppppppppp…. hehehe untung ada ibu yang ngingetin, cari sarapan buat kinan walaupun  dimobil dah sempat makan sedikit roti, tapi ayah kinan tetap worried, dipaksa makan karena Ayahnya dah mendelik kearahku, dikira lupa sama anaknya…hmm…akhirnya sempat terjadi insiden kinan “munti” karena dipaksa makan soto daging….akhirnya harus ganti baju…karena nggak mungkin balik ke mobil ambi baju dipakain aja baju batik baru beli yang murmer tadi…*bener benar emak nggak memikirkan hygine..:) kalap melihat segala sesuatu yang murah meriah pas masuk ke “Mirota Batik” dan toko batik lainnya…sempat naik andong bersama kinan puter puter Rp. 50.000 setelah itu langsung masuk  ke Malioboro Mall, kinan sama ayahnya ditinggal di tempat mainan ..”FUN WORLD”..biar mandi bola sepuasnya…sementara emaknya lanjuttttttttt belanja…maklum dah 2 bulan nggak ketemu Mall …

Sempat ter-capture saat dijalan sebuah nasi bungkus besar didepan monumen 11 Maret, dipojok benteng Vrandenberg…kayaknya pernah baca disuatu portal berita tentang apa makna dari nasi bungkus besar ini,..*mungkin postingan lain kali bisa jadi topik tentang ini…

nasi bungkus di depan monumen serangan umum 11 maret yogya

nasi bungkus besar di depan monumen 11 maret yogya

Saat itu sempat di telp Atungnya ngingetin jam, dan katanya mau ngelihatin gajah ke kinan…alias mau ke gembira loka jam berapa??…jadi akhirnya acara shoppingnnya cepet cepet…terbeli beberapa baju dan boneka serta mainan untuk kinan..murah meriah….jauh dengan harga di Batam-Bintan…lagi lagi gelap mata…:)

naik andong  and Mandi Bola di Fun Word ~ Malioboro Mall

naik andong, sayang nggak mau turun dari gendongan mama, kayaknya kinan masih takut🙂 & Mandi Bola di Fun Word ~ Malioboro Mall

Sempat minta pak dhe nya kinan yang nyetir untuk balik  kearah bandara, saya pingin banget ketemu sama Bunda Hilsya yang dah ngirimin kinan buku cerita tentang “Ali dan MIO”….finally kopdar juga dengan si empunya blog ini…..thanks hadiahnya buat kinan, maaf nggak bisa lama ngobrolnya..hope one day we can meet again…:), maaf nggak bisa nunggu lama, sampai kak syafiq dan kak hilwa mendarat di yogya.Lalu kami segera melanjutkan perjalanan ke Yogya Zoo alias Kebun Binatang Gembira Loka…..Hah, jauh jauh dari Bintan mau kegembira loka??? hehehe nggak pa pa yang penting memenuhi keinginan kinan untuk melihat Gajah. “Elephant” seperti yang biasa didengungkannya.

Wahhhhh…sudah sepanjang inikah tulisanku…hmm..nggak terasa jadi panjang..…ya sudah urusan ke Gembira loka dengan satwa satwa.. disambung aja di next posting yah..daripada yang  mbaca enek dan merasakan mual, letih ,lesu…hmm…see u in next posting kawans..

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Jalan-Jalan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Mudik 2011: Bintan – Batam – Jakarta – Yogyakarta

  1. rina says:

    emang paling seru klo cerita tentang sebuah perjalanan mba… apalagi bawa anak, jadi makin seru … hehehe…

  2. Lidya says:

    tadi baca dari hp tapi males ngetik komen🙂 skr balik lagi bun.
    memang pernah kecelakaan ya bun?pantes agak trauma.
    review taman pintarnya bun,kemarin waktu habis lebaran mau kesana ada kopdar sama temen-temen mak rempong tapi aku gak jadi

  3. Gak apa panjang, mbak, saya betah kok baca semua dari awal sampe habis.

    Ceritanya seru,dan kesan ‘buru-buru’ di perjalanannya kerasa banget, hehehe, so little time so much to do banget ya jeng😀

    Sempat ketemuan sama mbak Hilsya to??? Huwaaa…asiknyaaa…hehehe… Ada fotonya gak? Tampilih dong, hehehe…

  4. hilsya says:

    Halaaah mam.. udah karatan aku nungguin anak-anak pada delay.. ada kali 3 jam.. mana ga bisa icip-icip kuliner lagi..
    kapan2 aku mau ke bintan *semangat*

  5. bundamahes says:

    Hmmmm… lumayan panjang juga ya perjalannnya!😀
    alhamdulillah yah.. sesuatu banget!

    bagaimanapun susahnya, mudik tetaplah asyik!😉

  6. Inda Rozalia says:

    Semoga tasnya kinan ketemu, kl pun engga, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ dapat gantinya nanti..

    Baru liat aku ♏Ϧά̲̣̥, nasi bungkus segede itu..

  7. Dhenok says:

    Jogjaaaaaaaaaaaaaa!!
    Kapan lagi saya bisa kesana?? ni mama bikin kangen aja. Terakhir saya ke Jogja 3 tahun lalu, tapi karena kesibukan dan lain hal sampe sekarang belum bisa kesana lagi. kapan2 kita ke Jogja bareng ma.. #ngayal😀

  8. susisetya says:

    ceritanya emang panjang mbak tapi seru, saya sendiri belum pernah ngalamin mudik yang sampai perjalanan panjang gitu, kayaknya rame….

  9. endah says:

    udah lama ga silaturahim, kaka kinan sudah besar euy..
    Mohon maaf lahir bathin ya ma, turut prihatin atas hilangnya travel bag milik mama, mudah mudahan diganti dengan yang lebih banyak dan lebih baik..kinan, salam dar dede alfatih yach:)

  10. Dear.

    puanjang sekalee yach….. bai de waei…… seru sekali ceritanya ampe ada dokumentasi nasi bungkus raksasa…. emang itu apa isinya yach….. senang dan capek pasti yach… kalo mudik…… jadi ngiri gak bisa mudik……… salam dari susan…..

    regards,
    … Ayah Zahia …

  11. riliarully says:

    perjalanan panjang jg ya..tp asik kok seru..
    btw tasnya beneran ilang ya mam..berarti rejekinya mau dilipat-lipatkan tuh.aminnn…hehehe..
    Wah jogja..kota yg ngangeni ya..tp aku juga belum pernah ke Taman Pintar..pengen banget..
    trus nasi bungkusnya mantep bgt..bisa buat makan sekampung hahaha..

  12. Necky says:

    ayo…ditunggu lanjutan ceritanya….hehehe

  13. Lyliana Thia says:

    Waah Mbak ketuker travel bag juga ya… sama spt kasusnya Mama Cal-Vin dong ya…
    Kasian Kinan… Sabar ya Kinan, mudah2an tasnya bisa balik… tapi yg penting memorinya udah ditulis diblog ini sama Mama… ^_^
    requestnya sama spt Mama Cal-Vin juga… mau dong review Taman Pintar nya … bagus ya…
    kapan ya bisa ke Jogja…. hmm…. ^_^

  14. Danu Akbar says:

    wah.. tahun ini gak ada acara mudik2an di keluargaku😦

  15. Nyach says:

    Salam kenal Bun
    Perjalanan yang lama dan jauh
    Bitan sampai Jogja, yang saya tahu/pernah hanya ke Jogja, kapan ya bisa tahu bitan langsung.

  16. BunDit says:

    Maaf mam baru sempat mampir. Pergi jauh kalau ngajak anak emang harus banyak yang dipikirkan ya mam. Duuh gak kebayang tas yang berisi mainan Kinan hilang. Akhirnya ketemu gak mam?. Pesawat delay ada kompensasinya gak mam? Kl gak salah baru dibahas ada kompensasi kl delay lebih dr 3 jam ya? Tp pesawat delay membawa berkah ya mam. Ayo mam ceritanya dilanjut…hehehe saya aja belum sempet namatin cerita mudik ….nyempetin BW dulu..

  17. IbuDini says:

    wahhhh seneng ya mb, aku jadi pengen setelah baca tulisan mu mb…udah kepengen kali keliling jogja
    tak tunggu postingan berikutnya mb…padahal aku gak merasa bosan atau kepanangan lho mb, justru asik…enak aja.
    Kinan pasti senang sekali ya…..

  18. nia/mama ina says:

    Mbak itu yg nasi bungkus raksasa itu beneran apa cuma monumen? hihihi ada2 aja idenya yachhh……

    cerita mudiknya bener2 seru yachhh…..apalagi sempet kopdar-an sm Mbak Hilsya….jd pengen ke Jogja nechh…kapan yach bisa ksana?

  19. ~Amela~ says:

    Kinan lucu bangeeeeet,..
    wah mudiknya bener-bener panjang perjalanannya…
    waktu ke jogja kemaren pingin tuh liat isinya taman pintar,,. tapi malu karena ga ada anak kecil yang dibawa, adek saya lebih milih jalan2 ke prambanan

  20. Mulyani says:

    mudik yang menyenangkan ya mb..hmmm seneng..seneng…
    kapan bisa ke jogja ya,..dini pasti seneng kalau di ajak jalan-jalan apalagi naik pesawat.

  21. Irfan Handi says:

    Salam kenal.

  22. julie says:

    saya selalu salut sama orang yang bisa nulis sampe detaaail banget satu perjalanan hehe
    soalnya saya suka gak sabaran

  23. Mama Kinan.. Huuuuaaaa…. ke jogja juga ya…. tp kynya juga pas tanggal sy mudik ke jawa tengah… kl gak bisa kopdar yak kita…

    Mohon maaf lahir batin buat Mama Kinan sekeluarga…

    Aih…Kinan keren pakai topi nih….

  24. baby DIJA says:

    Kakak Kinan…. kemaren Dija juga naik andong untuk pertama kalinya
    Dija takuuut sama kudanya
    jadi Dija minta gendong terus deh
    hihihihihi

    sama ya?

  25. Pingback: BATAVIA oh BATAVIA Riwayatmu kini… | My new world

  26. Pingback: Kimmy Junior Master Chef Tereliminasi | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s