Mudik 2011: @ Gembira Loka

Halah makkkkkkk…mudiknya dah lewat lama banget baru posting sekarang…!! biarin ah..namanya juga mendokumentasikan cerita “travelling” kecil kecilan keluarga saya…secara sayang banget kalo tidak didokumentasikan, buat dibaca baca  lagi kelak…*wah sungguh niat mulia banget emak satu ini…:D

Lanjuddddddd mang !! * halah halah…kayak apaan aja, eh btw sampai mana yah ceritanya dipostingan kemarin, hmm kayaknya sampai pada kopdar dengan bunda hilsya, yah…terus mau lanjut ke urusan satwa satwa. Soal bunda hilsya, mbak allisa Aka Mama raja yang ada dirumah ini meminta saya untuk menampilkan photo kopdaran kami..pasti ada kan gitu tanyanya?? iya memang ada…hmm, tapi kayaknya untuk saat ini blom bisa ditampilkan karena blom ijin sama bunda hilsya..:) maaf yah mbak…mungkin lain waktu…

Berlanjut pada perjalanan kami ke Gembira loka, atau kerennya Yogyakarta Zoo, seperti perjalanan kami ke seputaran yogya kota, malioboro dan sekitarnya lagi lagi Uti-nya kinan, Atung dan pak dhe kinan  nggak mau ikutan, gak mau gempor gitu katanya..hehehe..yo wis biarlah itu jadi urusan kami untuk memperlihatkan kinan kepada satwa satwa dengan wujud dan bentuk aslinya bukan lewat televisi atau gambar dibuku buku ceritanya. Selesai nge-drop kami, mereka segera berlalu untuk urusan mereka sendiri, kurang lebih jam 4 sore kami tiba disana dan ternyata loket masuk buka sampai jam 6 sore. Alhamdulilah masih bisa masuk dengan harga tiket yang murah meriah kayaknya 12 ribu atau dibawahnya hmm bener bener lupa. Perjalanan di gembira loka dimulai, saat masuk pintu gerbang, kinan pup jadi mampir dulu untuk urusan toilet. Dan berlanjut sambil menyuap kinan dengan bekal bubur Ayam yang saya beli di Mc. D Malioboro Mall, daripada kinan nggak makan dan munti kalo dipaksa makan nasi kayak sebelumnya, hajar bleh untuk  bubur ini, alhamdulilah tinggal seperempat. Rasanya nggak ada gunanya saya print segepok tempat wisata kuliner di yogya, lho gimana wong bulan puasa kayak gini dan waktu yang sangat sempit..

Berlanjut menuju kearah rumah untuk satwa satwa ditempatkan, pertama masuk kesannya gembira loka ini teduh, tapi sedikit agak kotor, terkesan terbengkalai nampak kumuh dan tidak terawat dengan baik tamannya, disana sini debu dan  juga ada beberapa perbaikan disana sini sedang berlangsung saat itu. Berbekal peta dan penunjuk arah  didalam kebun binatang sampailah kita kedalam, lewat jembatan dan sungai yang mengalir, ada danau buatan yang luas kemudian lengkap dengan rumah perahu besarnya  yang ternyata ditengahnya ada restoran dan ada panggung pertunjukkan yang saat itu digelar “ngabuburit” dengan band lokal yang menghentak..*semoga saja tidak membangunkan para satwa yang sedang tidur hehehe..sepi…jadi kita bisa berjalan jalan santai….

Tujuan pertama adalah binatang yang paling besar kesukaan kinan, gara gara ada lagu ELephant di film barney yang disukainya…Finally, bisa lihat gajah dengan bentuk asli-nya kinan…”Wow besar” katanya…:)  ini dia penampakan gajah yang ada digembira loka *mak mak..foto gajah aja diposting hehehe…kurang kerjaan banget..:D

gajah di gembira loka
Penampakan Gajah di kebun binatang Gembira Loka

Setelah itu baru menuju kearah pertunjukkan satwa, saat itu ada pertunjukkan burung yang masih ada, dari brosur dan MAP yang kita dapat diberitahukan bahwa untuk aksi satwa hanya sampai pukul 4, dan dari tiket yang kita beli itu sebenarnya dapat 1 gratisan tiket untuk naik unta atau  gajah. *asal jangan naik harimau aja ya…nggak bakalan ada yang mau…hehehe..ya yang pasti binatang yang jinak lah mak..! waktu purpose ke ayah kinan maksudnya saya dan kinan mau  naik unta..nggak pake ba bi bu langsung bilang…”nggak usah, bahaya!” haduh yo wis lah..nurut sama Ayahnya…

Rusa
Rusa

 Setelah itu mengitari kandang demi kandang satwa sambil bercerita sama kinan yang tampak menikmati sekali perjalanan melihat satwanya kali ini. Mengajak anak jalan jalan untuk memperkaya pengalaman visual dan pengetahuannya tentang banyak hal memang kadang harus dipertimbangkan dengan usianya. Pas kinan dah 2 tahun gini, alhamdulilah dah lancar berbicaranya dan bisa diajak komunikasi 2 arah yang sederhana, rasanya bermanfaat  banget travelling  seperti ini, nggak sia sia gitu capek capek dan gempor ngiterin Gembira loka, yang ada adalah semua-nya untuk kinan.

Gembira at Gembira Loka

Gembira at Gembira Loka

kinan di mobil

Setelah capek muter muter Gembira Loka, kinan dibeliin topi pink sama Uti-nya Rp.10000

Hingga waktu menjelang maghrib akhirnya kami segera keluar dari area kebun binatang gembira loka, sebenarnya juga di tempat panggung aksi itu disediakan buka puasa gratis, tapi mengingat Uti, Atung dan pak dhe nya kinan dah nunggu diluar ya udah segera cabut, menuju kota karena saya masih penasaran dengan batik sarimbit untuk kami berdua, akhirnya berhenti diderah toko batik dekat RS PKU Muhamadiyah Yogyakarta. Parkir didepan angkringan, Teh diangkringan tersebut  jadi menu buka puasa, selesai beli beli urusan batik, segera meluncur ke daerah Pathuk untuk membeli oleh oleh saat itu kita nggak bawa Villa kek dari Batam nggak sempat jadi alternatif oleh olehnya ya dari Yogya, ke arah outlet Bakpia pathuk 75 yang direkomendasikan jaman dahulu oleh seorang teman sahabat yang special dimasa lalu, kalo mantan bos saya di Jakarta malah pesannya Bakpia Pathuk Bu SRI, entah kenapa…jadi pilihannya selalu didua tempat itu….yang 25 atau 35 atau nomer nomer lainnya..asli nggak ngerti bedanya..bagi saya semuanya enak..ya gitu itu rasanya kayak bakpia pathuk…*hehehe lha wong semua enak bagi saya…dasar emak pemakan segala. beli kurang lebih 10 kardus dengan rasa original dan keju, sayang saat itu yang kumbu kacang hijau/hitam habis, jadi nggak terbeli pesanan Atungnya kinan.  Biasanya dulu kalo dari Bantul ditambah geplak oleh olehnya atau Yangko..tapi karena peminatnya sedikit yah nggak jadi beli.

Selesai urusan oleh oleh, kita bingung mau cari menu buka puasa. Mau bakmi yogya dimana…?? atau makan apa?? yo wis akhirnya diputuskan aja ke Mas kribo yang ada di dekat tembok benteng, jalan menuju arah bantul, saya lupa nama jalannya, dengan harapan masih sama seperti sekitar 4 atau 5 tahun yang lalu yang ramai dengan segala jenis bakso dan juga  makanan seafood, chinese food,harapannya ternyata salah. Dah berubah banget gak kayak dulu dengan berbagai menu makanan, yang ada hanya bakso dan soto daging. Dan karena soto dagingnya habis, akhirnya semua pesan bakso saja..

Melanjutkan perjalanan darat keluar dari yogya lewat Ring road selatan, hari sudah mulai malam. Pak dhe  kinan rupanya mengajak lewat jalanan Solo Baru, nggak seperti biasanya yang lewat jalanan kecil daerah Klaten, bayat dst…alasannya karena jalannya bagus dan mungkin bisa lebih cepet, whatever lah..saya dan kinan dah teler..tidur selama perjalanan. Sampai mereka berhenti beberapa kali untuk istirahat. Sayang sekali perjalanan malam hari jadi tidak bisa menikmati indahnya jalanan naik turun di wonogiri dan bukit yang berkelok kelok didaerah Ponorogo-Trengggalek…saya dulu paling suka ikut bapak berpetualang lewat daerah ini dengan banyak suka dukanya, mulai mogok ditengah hutan, pecah ban dan lain sebagainya. Jadi teringat nostalgia jaman dulu.

Akhirnya sampailah dirumah Yang Ti-nya kinan, Atungnya kinan bilang di drop aja langsung ke tempat Yang Ti-nya biar surprise dan senang, benernya niatan saya dan ayahnya kinan besuk  pagi saja, tapi karena maunya Atungnya kayak gitu ya sudah kita ngikut aja, tapi apa yang terjadi saat sampai rumah Yang Ti-nya..kinan terbangun dari tidur, saat masuk rumah untuk salaman nangis kejerrrr, nggak mau masuk rumah, mau masuk lagi ke mobil…yo wis akhirnya diputuskan untuk ikut Atung dan Mbah Utinya lagi ke rumahku daripada nggak mau diam nangisnya mana tengah malam lagi.

Akhirnya bisa beristirahat dengan nyaman. Alhamdulillah malam pertama kinan lewati dengan tidur nyenyak nggak ada drama lagi.

Waqqqqqqqqqq…dah panjang yah tulisannya…nggak ada intinya?? ngalor ngidul hehehe….hmm itulah diary kami tanggal 25 agustu 2011 pas mudik ke Jawa kemarin. Ceritanya masih panjang kayaknya hehehe, aktivitas dirumah Atung, dirumah Yang Ti, pernikahan om fatrin, jalan jalan ke Malang – Batu -Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo), Water park, hmm…semuanya berkesan..Insyallah disambung di next posting..* hehehe maaf kalo postingnya nggak bermutu..basi banget..mudiknya kapan…tulisannya kapan..hmm..maklum nulisnya disela sela kerjaan…jadi nggak kelar kelar..:(

Bagi yang nggak bosen dengan cerita emaknya kinan..see u in next posting kawans…:)

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Jalan-Jalan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

21 Responses to Mudik 2011: @ Gembira Loka

  1. alamendah says:

    Saya sekalinya ke Gembira Loka sekitar tahun 2005-an. Dan terus terang agak kurang nyaman berada di kebun binatang. Abis melihat mereka dikurung keknya kasihan banget.

  2. Lyliana Thia says:

    Bagus bgt mbak, ini kan utk dokumentasi keluarga..
    Seneng ya Kinan diajak jln2 ke Kebun Binatang..
    Kinan dibeliin batik jg gak Mom..😀
    Batik utk anak2 kan unyu2… ^_^

  3. ita says:

    hahaha,cuek ajah.toh ini blog pribadi kan:D

    btw bener2 mudih banget:D
    menyenangkan.jadi kangen suasana jogja:)

  4. rina says:

    jadi pengen ngajak Kanaya ke bonbin….. anak2 emang paling seneng sama binatang ya

  5. monda says:

    harus gitulah mbak… jalan ke manapun anak harus bisa ikut menikmati ya
    jadilah Kinan udah lihat gajah yang gede banget itu ya…..

  6. bundamahes says:

    12 ribu itu per orang mbak?! kalo iya termasuk maha karena di ragunan 4000/orang…

  7. BunDit says:

    Saya ke Gembiraloka terakhir th 2006, ikut adik sy yg mau ngelihatin binatang buat anaknya. Kalau masa kecil dl sering ke Gembiraloka trus makan disana lesehan, nikmaaat banget. Kalau mau mie jawa, ada yg enak di jl Prawirotaman atau Menukan (jl. parangtritis, deket ring road selatan) namanya mie jawa pak nggeno…manteebs…. Ayo mam critanya dilanjut, saya juga belum tamat nih cerita mudiknya🙂

  8. saya dulu ada acara rombongan orang sekampung plesiran ke Gembira loka, tapi sayangnya saya ga iku, mending tidur di kamar,,, hihih…

    lebaran ga lebaran, yg penting tetep mengabadikan acara jalan2 bareng keluarga ya mam..

  9. Estika Badry says:

    wah Kinan ke Gembira Loka gak janjian dulu nih sama mbak Anin, Anin yg orang dan tingga di Jogja malah belum pernah tak ajak ke Gembira Loka mam, seringnya dulu liat gajah di Alun-alun kidul, sayangnya sekarang udh g ada, yg satu mati, yg satu dibawa ke Gembira Loka.
    cerita mudiknya seru ya Mam, meski harus ada tragedi kehilangan tas di kapal.
    ditunggu postingan jalan2 ke jatim parknya

  10. Danu Akbar says:

    😦
    Tahun ini gak ada kata mudik di keluargaku😦

  11. Walopun katanya kumuh, agak jorok, tapi anak-anak tetep seneng diajak ke kebon binatang kan,Mbak. Nyehehe…
    Iiih sama banget kayak aku. Aku juga gak bisa bedain bakpia pathuk yang enak nomer berapa. bener kan semua rasanya sama.hahaha

  12. Inda Rozalia says:

    Angkat jempol aku mba.. Sangat detil. Kalo aku bukannya ga mau.. tapi emang ga bs cerita panjang2.. huhuhuhu..

    Kinan senang kan?? jumpa gajah, rusa.. trus.. dibeliin topi cantik lagi..🙂

  13. Lidya says:

    kalau aku belum pernah malah bun🙂
    btw bun buku sudah sampai kah?

  14. Asop says:

    Hiiii nama kebun binatangnya unik, “Gembira Loka”😀

  15. Setiap baca cerita soal kebun binatang, saya selalu sedih. Iyaaaa…karena Raja belom pernah sekalipun jalan ke kebon binatang, hikkksss…biar kata di situ hanya ada gajah, tapi paling gak Raja bisa lihat secara langsung hewan selain guguk, kucing, ikan, burung, dan tikus. Eh tapi sebenarnya di deket rumah kami ada juga tetangga yang di halamannya ada kalkun, kelinci, dan monyet, tapi kan tidak dibuka untuk umum, hehehe…

    Tuuuhh…bener kaaann…fotonya ada kaannn…hehehe

  16. ainuq says:

    Seru ya Kinan bisa jalan-jalan di Zoo, pasti excited banget lihat berbagai macam binatang disana yah…Oya, mudik dan jalan-jalan lebarannya banyak banget, ayo Mama ditulis buat kenang-kenangan….

  17. IbuDini says:

    Aku gak bosen mb…justru aku menunggu karya tulisan mudik mb hehhehe…serasa aku berada di sana juga mb.
    maklumlah mb aku gak pernah kejawa jadi kalau ada orang yang cerita detail tentang satu kota yang mungkin insyaallah bisa aku datangi pasti dengan semangat aku ikutin mb,…biar tau dikit-dikit gitu hehehheh.

    Mb…mudik yang menyenangkan buat kinan ya, kalau saya nanti pengennya kekampung suami dulu ..trus ke solo baru ke Yogja dan surabaya…udah ada agenda yang mungkin muter2 tapi gak tau kapan bisa di laksanakan mb.

    Hmmmm Kinan kekebun binatang pasti seneng ya, bisa lihat gajah sama unta lagi…kakak dini belum pernah kinan.

  18. enno-mama fira says:

    Gembira Loka??? Rasanya terakhir kesana waktu SD deehhh.. hehehehehehehe….

  19. Elsa says:

    kenapa ya Mbak, kebun binatang indonesia kok gak keren…
    apalagi kebun binatang surabaya, wuih, mengenaskan!!!!
    beda banget sama kebun binatang di luar negeri. kalo di indonesia, bikin gak minat gitu…
    kalo di luar negeri kan ditangani secara lebih serius dan menarik…

    seandainya sajaaaaa…… kebun binatang indonesia bisa jadi lebih keren yaaaaaa
    pasti anak anak lebih suka, pengunjung lebih banyak. satwanya juga mungkin lebih gembira

  20. baby DIJA says:

    Mama Kinaaaan…
    Kakak Kinaaaaaaan….

    topinya kakak Kinan bagus deh
    🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s