Mudik 2011:Tentang Kinan & Cerita tentang Alun Alun Kota Tulungagung

Wah emak kinan lagi “maruk” posting….baru kemarin posting lanjutan mudik 2011-nya *cerita basi banget…hari ini posting lagi…soalnya mumpung masih anget nieh kejadiannya tadi malam. Btw kejadian apa yah?? Kok bela belain posting?? Ada cerita horror malam jum’at kah?? Oh No tentu tidak..lagi lagi pasti tak jauh dari cerita kinan…la iyes lah….mak mak!!…secara bener kata mbak ita yang koment  diblog kemarin…lho sah sah aja wong blog pribadi je..:)

Alhamdulilah kinan 20 September kemarin  dah genap 2 tahun, 1 bulan ( 25 bulan 3 hari kalo dihitung sampai hari ini). Apa kabar perkembangan kinan?? Alhamdulilah semakin lancar bicaranya, dah pinter menyusun kalimat sederhana, menirukan dengan tepat, menjawab dengan tepat pertanyaan, berlogika sederhana, semakin lucu dengan celotehan celotehan spontan yang membuat kami tertawa ngakak…:)

 Contoh kecilnya :

Saat mudik ke Jawa kemarin, kita biasanya tidurnya diselang seling antara di rumah Atung (tempatku) dan rumah Yang Ti & Kung Ri ( tempat Ayahnya) *bersyukur dapat pasangan yang satu hometown mudiknya irit😀 , tapi berhubung pada suatu malam begitu ramai dirumah Yang Ti dan Kung Ri-nya kinan, selesai resepsi pernikahan Om fatrin, karena takut  nanti rewel berat dan terulang kejadian nangis kejer seperti pagi hari nya, akhirnya diputuskan sehabis resepsi kita ikutan Atung dan UTi yang juga datang diresepsi hari itu untuk nginep ditempat Atung sedangkan ayahnya yang ingin bantu bantu dirumah Yang Ti aku minta untuk nginep disana saja daripada nanti malam malam capek nyusul kita yang jaraknya sekitar 15 km. Sesampai dirumah setelah bersih bersih dan ganti baju ternyata kinan gak mau tidur malah main main sama atungnya, jejingkrakan dikasur dan ketawa ketawa sama Atung, lagi asik asiknya kita ketawa ketawa tiba tiba saja kinan nyeletuk “ Mana, Pak Anang Sudiono, mana mana dia”  hehehe spontan ketawa lah kita semua…Anang Sudiono= Nama lengkap Ayah kinan. Kinan alhamdulilah memang dari beberapa bulan yang lalu dah hapal saat ditanya nama Ayah dan Mama, Uti-nya, Atungnya, Yang Ti nya, Kung Ri dan lain lain..saat lebaran kemarin kesana kemari saat ditanya orang orang alhamdulilah dah mau menjawab dengan baik walaupun kadang malu malu gitu.

Suatu Malam  ketika kita sedang bercanda bertiga, kinan mendekati ayahnya yang sedang duduk, terus sambil menunjuk kearah wajah ayahnya tiba-tiba kinan menyeletuk “ Ayah lihat ini kok ada kabel kabelnya di sini”  *sambil tangannya menunjukk kearah urat urat atau otot yang tampak menonjol diwajah Ayahnya. Hehehe rupa-nya bentuk otot-otot yang kelihatan seperti kabel itulah yang dibilangnya kabel. Hehehe..nduk nduk..

 Nah ini dia kejadian tadi malam, kinan anaknya kelihatan sensitive, *anak anak cewek wajar mungkin seperti itu, kalo mendengar cerita sedih dia akan ikutan sedih dan bahkan matanya berkaca-kaca, dia paling nggak mau mendengarkan cerita atau melihat cerita sedih, pasti ikutan sedih. Nah ceritanya beberapa hari yang lalu ayahnya memperlihatkan semua photo – photo kita pas mudik ke Jawa kemarin di laptop, dan ada satu photo kinan yang pas di alun alun kota tulungagung kelihatan sedih gitu, nah sama ayahnya ditanya kenapa dek kok sedih gitu photonya?. Nah semalam karena lampu mati, dan demi menambah cahaya selain dari lilin, saya  inisiatif buka laptop maklum lampu emergency yang ada dirumah kami yang  ada berapa biji itu semuanya rusak dan belum sempat beli. Akhirnya kinan terceletuk minta diperlihatkan photo yang sedih itu, masih ingat aja anak ini.. kejadian kejadian lama. Terus pas memperlihatkan photo itu  iseng saya sambil nyanyi lagu anak anak jaman dulu asli lupa lupa ingat lagunya dan siapa penyanyinya  yang syairnya kurang lebih seperti ini “ Oh, aku sedih, sedih sekali, Mama pergi, Papa pergi, Nah itu dia bla bla bla dst* saya tambahin syairnya dengan karangan saya Nah itu dia *Nah itu dia Mama sudah datang bawa mainan dan berjalan-jalan* …kinan senang dan minta dinyanyikan lagi “Lagi ma” gitu katanya…

Akhirnya sampai lampu nyala dan kita pindah kekamar untuk tidur, minta dinyanyikan lagu itu…baru saja saya nyanyi  sampai pada syair “Oh, aku sedih, Mama pergi…” apa yang terjadi, kinan tiba tiba misek misek *bahasa Indonesia nya apa yah mbah google…nangis terisak isak sedih banget, sesungukan bener bener kayak orang sedih banget gitu.. dan lama sekali bisa didiamkan…sayalah akhirnya yang kena marah Ayahnya..haduh….maaf maaf nduk..mama nggak mau nyanyi itu lagi….

Ini dia pose kinan Suatu hari di Alun-Alun Tulungagung yang dibilangnya photo dek nana lagi “sedih”

pose sedih

Pose sedih kinan saat bermain di Alun Alun Tulungagung

Pose pose yang tersisa saat itu, kinan sedang bermain main dan memberi makan burung Merpati.

bermain di alun alun tulungagung

Bermain dengan burung dara di Alun Alun Tulungagung

Tentang Alun Alun Tulungagung

Alun-alun Tulungagung dah berubah fungsi sekarang, jaman dulu hanya berupa lapangan tempat upacara dan kegiatan kegiatan tingkat kabupaten digelar.  Seperti fungsi harafiah dari arti alun alun jaman dahulu, dimana disekitarnya terdapat Masjid (tempat ibadah), pendopo kabupaten, dan perkantoran. Namun kini fungsi itu sudah berubah jauh sekali, dah berubah jadi Taman kota, namanya jadi Taman Wicitra Kusuma. Keren ada taman kota di kota kelahiranku. Dari tahun kapan yah??? yang pasti dari saya lulus kuliah kayaknya dah mulai dibangun taman kota ini. Sampai akhirnya penampakannya jadi indah seperti sekarang. Yah mirip mirip Monas lah..tapi kecil alias sempit nggak seluas Monas.  Jauh banget, mungkin hanya se ipritnya Monas. Ada kandang burung burung merpati, Taman bunga, Air mancur dari Tugu yang ada ditengah Taman yang dibawahnya ada kolam ikannya, ada jalanan berbatu batu untuk terapi (terapi refleksi), seperti juga di Monas juga ada, ada tempat Outbond untuk anak anak, dilengkapi dengan toilet, ada Delman-delman yang stand by menunggu untuk mengajak keliling kota. Apalagi yo, yang pasti kayak taman kota taman kota yang lainnya yang banyak tempat untuk duduk duduk para pengunjungnnya. Gitulah kira kira review taman kota atau Alun alun dikota kelahiranku. Coba kalo di Bintan ada seperti ini…*ngarep banget..semoga ada..gosipnya dari yang aku dengar dari pegawai kecamatan ditempatku sekarang bakalan ada sih di Sakerah dibikin taman kota..hmm just wait and see..

Ini dia penampakan alun alun Tulungagung

alun alun Tulungagung

Alun alun Tulungagung ( ngambil dari Mbah Google)

sisi lain alun alun Tulungagung

Sisi lain Alun alun Tulungagung

Walah dah jam lima, time to go home neh…dah waktunya jumpa anak dan melepas kangen, menebus rasa bersalah meninggalkannya 8 jam hari ini.  Have a nice week end kawans semua…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Jalan-Jalan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Mudik 2011:Tentang Kinan & Cerita tentang Alun Alun Kota Tulungagung

  1. Lidya says:

    met weekend juga bun.enak ya mudiknya lebih irit walaupun yg keluar banyak ya bun hehehe

  2. alamendah says:

    Alun-alun Tulungagung masih rindang dan adem banget, ya. Pastinya sangat mengasikkan punya area publik yang adem kek gitu.

  3. Dhenok says:

    mungkin Kinan ingat pas kejadian dia nangis bund, hehe anak kecil itu memang lucu.. salam muach untuk Kinan yaaa..🙂

  4. monda says:

    Kinan nggak suka ya lagunya si Yoan Tanamal itu,
    mungkin lama2 dia bayangin ditinggal pergi nggak diajak mama

  5. Inda Rozalia says:

    Keren ya mba alun-alun tulungagung. Walaupun belum tentu bisa kesana, setidaknya udah ada gambaran tentang alun2 tulungagung nih.. TFS mba..
    Have a nice week end tooo..

  6. Lyliana Thia says:

    Alun2 Tulungangung sepertinya lebih adem drpd Monas ya Bun… ^_^ aku blm pernah kesana…

    ohyaa.,.. Kinan baru ulang tahun ya… Happy belated birthday ya,.. semoga tambah pintar dan cantik😀

    Kinan lucu ya.. wajah Ayahnya dibilang ada kabelnya… hahaha…
    sama juga nih dgn Vania.. klo denger kisah sedih jd ikutan sedih juga.. huhuhuuu.. :’)

  7. hilsya says:

    ekspresinya kinan itu lho… nggaya banget🙂

  8. Hihihihi….gayanya Kinan itu lhooo…. etapi, bajunya bagus, mam, modis banget Kinannya, hehehe..

    bersyukur dapat pasangan yang satu hometown mudiknya irit -> ini yang bikin diriku iriiiiii pada dirimu maaaakkkkk, hehehe…bandingkan dengan kami yang mudiknya 1 ke manado, 1nya lagi ke medan. Untuk urusan ngatur jadwal mudik aja musti bener-bener supaya adil untuk masing-masing belah pihak😀

    Kinan lucu yah, celotehannya makin cerdas aja. Good job, Kinan, keep growing yah… God bless u, Kinan🙂

  9. ainuq says:

    Halo Mama dan Mba Kinan yang tambah pinter…hihihihi, itu fotonya Kinan yang lagi ngelamun gaya sedih “dapet” banget deh ekspresinya;) nice sayang… Mama dan ayah pasti tambah gemes sama Kinan ya… Sun sayang buat Mba Kinan dari de Hanuun ya….

  10. Rumah says:

    Selamat Berakhir pekan ..
    Semoga Liburannya Menyenangkan ..

  11. IbuDini says:

    Alun-alun tulung agung hanya bisa kudengar dari cerita suamiku mb…, satu kampung dong mb sama suamiku.
    Enak ya mb….mudik yang irit juga menyenangkan.

  12. Susindra says:

    Nah, ini yang bikin iri, mbak. Aku kalo lebaran mudiknya jauh, 9 jam di bis. Beruntung anak2 suka ria & ga mabuk darat. Jadi mudik tetep nyaman. Yang ga nyaman modal ke sananya. Hehe….

    Kinan belum juga cerita ya sedihnya kenapa? Meski kelihatan sedih, tetap menggemaskan & pengen kucubit, deh. Smoga tambah pinter, ya mbak. Juga tambah cerewet, hihi….
    celetukan anak adalah salah satu obat pengurai ketegangan otot setelah seharian berjibaku dengan pekerjaan

  13. BunDit says:

    Hihihihi lucu banget gayanya Kinan lagi sedih. Seru ya mam kalau anak sudah lancar bicara, NTar menuju 3 tahun makin banyak yang bikin ngakak2 lagi, krn anak2 kita lama2 sok tahu dan, balik ngajarin ortunya. Selalu sehat dan makin pinter ya Kinan sayang. Soal taman kota, semoga nanti di dekat Bintan beneran dibangun ya mam. Masih ada lanjutan cerita mudik kan….ayo segera dipostimng…saya kurang 1 episode lagi heheh😀

  14. enno-mama fira says:

    Hihihihihi.. Kinan pinter… Kebayang deh gayanya waktu nanyain Pak Anang Sudiono.. Pasti nggemesin banget.. cium, sayaannngg…..

  15. Mommy Favian says:

    ich senang bisa BW ria d kantor…

    walo fotonya kecillll
    tapi sudah kuduga
    pasti pada umumnya alun2 punya ciri khas 2 pohon beringin besar
    tapi ternyata itu cuma di jawa
    di luar jawa aq belum nemu termasuk batam….tentunya bintan jg donkkk

  16. Kinan lucu banget tuh yang di alun2,,
    bener2 kaya anak2 remaja yg sudah ngerti ttg kesedihan… hihihih..
    sehat selalu ya Dd Kinan…

    paling seneng kalau jalan2 pagi ke alun2..😀

  17. kinan disuruh mamah berpose ya…ngelamunin apa nduukk…???🙂

  18. wah lucu dan pintar anaknya..
    semoga kedepannya jadi anak yang pintar dan soleha..amin
    asyik nih yang mudik
    saya juga kemarin mudik ke Ambon

    salamkenal!😉

  19. Whuaaaaa…
    pinternya Kinaaaaan…masa ada kabelnya siiiiih…hihihi…
    emang kadang celetukan anak itu suka polos dan lucu banget ya mba…

    Dan memang harus dituliskan di blog mba…
    kalo gak ditulis, 5 tahun lagi kita bakalan udah lupa sama kejadian ini lho…
    salam sayang buat Kinan🙂

  20. Orin says:

    huwaaa…asyik alun2nya buat jalan2 sore Bun..

  21. Elsa says:

    bagus banget bajunya Kinan yang lagi sedih tuh, stylish gitu! hehehhee

    oh ya, alun alunnya mirip taman bunga ya Mbak
    rindang dan warna warni
    kalo alun alun jombang mah…lapangan aja gitu, kosong…rumput doang

  22. mia says:

    mbak..tulung agung kota ato masih dekat sini (kediri) aku sering juga ke tulung agung tapi g pernah mampir alun2 sana,kapan mudik tulung agung lagi mbak..

  23. penghayatan kinan bagus mom, dengan lagu anak mudah tersentuh ya…salam pu mom

  24. Pingback: Goofy Test Ala emak kinan | My new world

  25. Pingback: Punten Pecel Khas Tulungagung | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s