Book Review: The Toyota Way

Prolog : Wah pak dhe bikin kontes lagi, asyik, mau ikutan ahh!!…Lama nggak ngontes, kangen juga nulis buat kontes. Tapi  kontes kali ini   sungguh amat susah diikuti, secara harus mereview sebuah buku. Alamak bingung juga mau review buku yang mana, dari beberapa buku yang dikirim pak dhe untuk saya dah banyak peserta yang mereview-nya, masak yo saya mau review buku yang dikirim pak dhe yang tentang Menu masakan itu…hehehe yang ada nanti bumbu bumbu masakan yang tertulis..waduh enggak banget kayaknya😀, terus ada juga buku  yang dapat dari bunda Hilsya dan bunda dita,  yang semuanya tentang parenting topik yang ini dah banyak yang pake untuk review bukunya, terus kalo mau review novel, walah dah lama sekali sejak tetralogi laskar pelangi itu aku tamatkan nggak pernah lagi baca novel, nggak sempat,  dan lagi sudah banyak pula yang me-review novel. Hiks…Lalu mau review buku apa?? Waduh padahal untuk sebuah kontes pastinya diperlukan sebuah buku yang menarik,berbobot dan bermutu serta  lain daripada yang lain tentunya.  Tapi buku apa…?? Ah aku kan baru saja membuka-buka lagi buku milik Ayah kinan “Toyota Way”, kenapa tidak buku itu?? Aih jadul banget tuh buku cetak tahun 2006, meskipun itu buku lama setidaknya masih bagus di ”share” isinya dan siapa tahu berguna bagi yang membutuhkan. Kenapa buku itu?? Alasannya karena saya orang “Pabrikan” eh mbok ya jangan bilang gitu tho mak mak kesannya gimana gitu, bilang aja saya kerja di “manufacturing”   gitu. Masak kerja di Manufacturing tapi nggak ngerti seluk beluk proses dan system yang ada didalamnya jadinya nggak lucu, jadi itulah yang mendorong saya membaca buku ini kemarin. Alangkah indahnya kalo mengetahui seluk beluk  tentang “Manufacturing” secara detail dari  buku “Toyota Way” yang memberikan banyak gambaran tentang sebuah  sistem atau manajemen yang dijalankan disebuah industri. Ayo mari mari kita mulai review bukunya, cukup sekian prolognya yang kepanjangan ngalor ngidulnya  yah🙂.

–0000O0000–

 Book Review:

The Toyota Way

  • Judul Buku          :  The Toyota Way  – 14 Prinsip Manajemen dari Perusahaan Manufaktur Terhebat di Dunia.
  • Penulis                 :  Jeffrey K Liker
  • Technical Consultant dan Editor ahli :  Dr. Sony Irawan (PQM Consultant)
  • Alih Bahasa         : Gina Gania, S.T., MBA & Bob Sabran S.T., M.M
  • Editor                    :  Wisnu Chandra Kristiaji S.E & Yati Sumiharti S.E
  • Penerbit              : ERLANGGA
  • Tahun                   : 2006

Ketika membaca judulnya yang sudah “eye catching”  dan terkesan familiar  ditelinga kita “ The Toyota Way” pasti pikiran kita langsung mengarah pada sebuah perusahaan mobil terbesar di Jepang yaitu “TOYOTA”. Siapa sih yang nggak kenal sama brand mobil “Toyota” dengan segala bentuk dan jenis mobil yang diproduksinya. Rasanya seantero jagad raya ini dari yang punya  mobil maupun nggak punya  pasti mengenalnya.Yah benar buku ini menceritakan tentang bagaimana sistem pengaturan atau manajemen dari perusahaan Toyota ini  berjalan.

Akio-Toyoda and Jeffry K. Liker

Akio-Toyoda and Jeffry K. Liker

Buku ini ditulis oleh seorang  Proffesor dibidang Teknik Industri  dan Operasi dari Universitas Michigan, yaitu Jeffrey K Liker Ph.D.  Untuk bisa menuliskan sebuah buku “The Toyota Way” yang mengungkapkan 14 prinsip-prinsip mendasar dibalik sistem “produksi Lean” dari perusahaan terkenal ini Jeffrey harus melakukan riset dan  mempelajari tentang manajemen  Toyota selama 20 tahun. Tidak heran mengapa isi didalam buku ini begitu lengkap dan  detail mengulas tentang Prinsip Manajemen dari perusahaan  Manufaktur mobil terhebat di dunia yaitu Toyota.

Dalam buku “ The Toyota Way” ini   penulis  memberikan gambaran tentang 14 Prinsip Manajemen dari Perusahaan Manufaktur Toyota yang ada diseluruh dunia dan menjadi dasar filosofis dalam sistem mereka bekerja sehingga sejak tahun 1980 an Toyota mendapatkan pengakuan atas kualitas kendaraan-kendaraan mereka dan secara konsisten memperoleh peringkat yang lebih tinggi dari para produsen mobil lain  di dalam survei kepuasan pemilik kendaraan.

Berikut ini adalah  ringkasan tentang  14 Prinsip Manajemen Toyota ;

  • Prinsip 1: Dasarkan keputusan manajemen anda pada filosofi jangka panjang, bahkan bila harus mengorbankan tujuan keuangan jangka pendek
  • Prinsip 2: Buat alur proses yang kontinyu untuk mengangkat permasalahan ke permukaan.
  • Prinsip 3: Gunakan sistem “tarik” (pull) untuk menghindari produksi yang berlebihan.
  • Prinsip 4: Ratakan beban kerja (heijunka). (Bekerjalah seperti kura-kura, bukan seperti kelinci).
  • Prinsip 5: Bangun budaya agar berhenti untuk memperbaiki masalah, sehingga kualitas yang tepat diperoleh sejak pertama kali.
  • Prinsip 6: Tugas dan proses yang terstandar merupakan dasar untuk perbaikan secara terus-menerus dan pemberdayaan karyawan.
  • Prinsip 7: Gunakan pengendalian visual agar tidak ada masalah yang tersembunyi.
  • Prinsip 8: Gunakan hanya teknologi yang dapat dipercaya dan benar-benar teruji untuk melayani orang-orang dan proses.
  • Prinsip 9: Kembangkan pemimpin yang benar-benar memahami pekerjaannya, menjiwai filosofinya, dan mengajarkannya kepada orang lain.
  • Prinsip 10: Kembangkan orang-orang dan tim yang luar biasa, yang bersedia mengikuti filosofi perusahaan Anda.
  • Prinsip 11: Hormati jaringan mitra dan pemasok dengan cara terus menantang mereka dan membantu mereka memperbaiki diri.
  • Prinsip 12: Pergi dan melihat sendiri untuk dapat benar-benar memahami situasi (genchi genbutsu).
  • Prinsip 13: Ambil keputusan secara perlahan-lahan dengan konsensus, seksama dalam mempertimbangkan semua pilihan; mengimplementasikan keputusan dengan cepat (nemawashi).
  • Prinsip 14: Menjadi organisasi pembelajar melalui refleksi yang terus-menerus (hansei) dan perbaikan yang berkesinambungan (kaizen).

Dari ringkasan 14 prinsip  Manajemen yang dipakai oleh Toyota tersebut diulas secara gamblang dan jelas  dan disertai dengan visualisasi diagram, schema, flow chart dan juga tabel tabel yang diperlukan untuk memperjelas proses yang terjadi dalam sebuah manajemen industry Toyota.  Hal inilah yang  mempermudah kita  sebagai pembaca untuk  mengerti arah dan alur dari  buku ini.  Dari ke 14 Prinsip Dasar Manajemen Toyota tersebut Jeffrey membaginya kedalam 4 katagori yang semuanya diawali dengan huruf “P” – Philosophy, Process, People/Patners, dan Problem Solving.

4P-ToyotaWay

4P-ToyotaWay - Sumber gambar : Internet

Dari buku “The Toyota Way” ini kita dapat mengambil pelajaran yang berharga tentang bagaimana Toyota menciptakan linkungan yang ideal  untuk menerapkan tekhik  dan perangkat “Lean” dengan:

  • Menumbuhkan atmosfer peningkatan dan pembelajaran berkelanjutan
  • Memuaskan pelanggan (dan sekaligus menghilangkan pemborosan)
  • Menomorsatukan kualitas sejak  awal
  • Mendidik pemimpin  dari dalam  dan bukan merekrutnya dari luar
  • Mengajar semua karyawan untuk menjadi pemecah masalah
  • Tumbuh bersama dengan pemasok dan mitra demi keuntungan bersama.

The Toyota Way, menjelaskan pendekatan Toyota yang unik ke dalam manajemen “Lean” atau ramping dengan ke 14 prinsip yang menjiwai budaya kualitas dan obsesi terhadap efisiensi dari Toyota. Kita akan mendapatkan wawasan berharga yang dapat diterapkan ke dalam organisasi mana pun dan ke dalam proses bisnis apa pun, dalam bidang jasa maupun manufaktur. Melalui ilmu didalam buku ini kita  akan menemukan bagaimana kombinasi yang tepat dari filosofi jangka panjang, proses, orang-orang, dan pemecahan masalah dapat mentransformasikan organisasi menjadi perusahaan  atau  organisasi yang “Lean” dan selalu belajar.

Buku ini berguna  dan bisa dijadikan referensi bagi siapapun yang berkecimpung didalam dunia industri “manufacturing” dari level pimpinan maupun karyawan biasa, begitu juga berguna bagi  mahasiswa yang sedang mengambil jurusan tehnik Industri atau manajemen industri, selain itu juga berguna untuk para usahawan atau calon “entrepreneur” yang ingin membuka usaha atau mengembangkan bisnisnya.  Mungkin  ada yang bertanya kalau untuk orang yang berprofesi lain, misalnya dokter, dokter gigi, pedagang,tenaga pengajar,atau ibu rumah tangga sekalipun yang tentunya haus akan ilmu, Apakah buku ini bermanfaat? Jawaban saya tentu saja bermanfaat. Hakikat sebuah buku adalah sumber ilmu, makanya buku inipun tentu akan berguna bagi siapa saja yang membacanya dan bisa mengambil hikmah dan intisari yang ada didalamnya.

Misalnya untuk Ibu rumah tangga  bisa mengambil  ilmu dari buku ini untuk mendidik dan mengatur atau me-“manage”  dalam kehidupan rumah tangga. Bagaiman menerapkan prinsip prinsip tentang kedisiplinan sejak dini kepada putra putrinya, bagaimana menyelesaikan masalah yang ada  dalam rumah tangga dengan mencari akar permasalahan kemudian mendiskusikan serta mencari solusinya biar tidak terulang lagi. Itu adalah contoh kecil dari hikmah  atau manfaat yang bisa diambil dari buku “Toyota Way” ini.  Mungkin kelihatannya akan terasa berat dan teoritis,tapi saya yakin pada kenyataannya kita telah menjalankannya sehari hari. Karena pada hakikatnya sebuah keluarga bisa kita ibaratkan sebuah industri manufacturing yang didalamnya tentunya ada sistem menajemennya, entah itu manajemen waktu, manajemen keuangan, manajemen konflik dan lain sebagainya.

Buku ini begitu lengkapnya mengulas  dari berbagai sisi dari sistem manajemen Toyota. Karena kalo kita berbicara tentang Toyota tidak bisa dilepaskan dengan nilai nilai dan keinginan dari keluarga Toyoda, yang merupakan  inovator, pragmatis dan idealis, mereka belajar sambil mengerjakan dan selalu percaya pada misinya untuk menyumbangkan sesuatu bagi masyarakat. Mereka tidak kenal lelah dalam mencapai tujuan mereka. Dan yang terpenting adalah mereka memimpin dengan memberi contoh. Rasanya tidak berlebihan menurut saya bila buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca semua kalangan tidak hanya kalangan yang berkecimpung di dunia industri yang memang bergelut dengan sistem menajemen “Lean” akan tetapi lebih dari itu banyak sisi menarik yang bisa kita ambil untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari kita atau dalam organisasi yang kita ikuti.

Artikel ini diikutsertakan pada Book Review Contest di BlogCamp.

History-of-BlogCamp-150x146

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Quis & Contest and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

30 Responses to Book Review: The Toyota Way

  1. LIdya says:

    menyapa mamanya kinan dulu ya,semoga dalam keadaan sehat.maaf bun aku belum baca postingannya mau BW dulu nih🙂 sukses dengan kontesnya ya

    iya mbak, tadi dah main pula ketempat mbak lidya…thanks

  2. Orin says:

    Huwaaa….aku lg ngantri mo pinjem buku ini sm temen nih mam, keren ya bukunya.

    Gudlak ngontesnya, keknya menang deh coz lengkap bgt he he

    Memeriahkan aja mbak..secara asli kalo disuruh mereview jatuhnya malah summary yang saya lakukan hehehe…
    thanks yahh mbak.. Selamat membaca Toyota Way bagus dalemnya..:)

  3. sepertinya buku toyota way , mempunyai prinsip yg bisa diterapkan bagi lingkungan manapun ya Mam,
    gak harus dilingkungan manufacture .

    semoga sukses di kontes book reviewnya Mam
    salam

    thanks bunda, saya pereview amatiran bun..pas baca bukunya kayaknya emang bisa diterapkan nggak hanya organisasi atau perusahan tapi bisa juga untuk rumah tangga🙂

  4. Pakde Cholik says:

    Saya telah membaca dengan cermat artikel sahabat.
    Segera saya catat sebagai peserta kontes.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Jombang

  5. beoding says:

    sepertinya menarik buku boleh pinjem gak ya🙂..kopdartukera buku .

    hehehe boleh sih pinjam, tapi juaheeeeee je…:)

  6. riliarully says:

    wah bangus banget ya prinsip managemen Toyota, pantes usahanya bisa terus maju dan memasyarakat bahkan mendunia..
    kl ga salah aku pernah baca sekilas tentang bagaimana jatuh bangunnya keluarga Toyoda membangun usahanya tapi tetap pantang menyerah melakukan berbaikan dari kesalahan sebelumnya sampai akhirnya bisa diterima banyak orang.
    Setuju banget ini bisa diterapkan dimanapun jeng..pengen belajar juga krn aku paling payah urusan managemen ini hahaha..
    Thanks ya referensi bukunya🙂

  7. @yankmira says:

    gutlak ya Mama Kinan buat kontesnya, aku masih terus menggali rasa PD nih buat ikut2 kontes gitu🙂

  8. Ahmad Alkadri says:

    Ulasan yang lengkap sekali,, spesifik dan mantap. Cuma sedikit saran saja mbak… Paragraf pertama itu dipecah jadi minimal dua paragraf, biar lebih enak membacanya.😀

    Semoga sukses di Book Review ini!:mrgreen:

  9. hilsya says:

    aku ikut nge-like dulu aja… otaknya dah kepenuhan ama angka seharian kemarin..hihihi

  10. ~Amela~ says:

    pernah dapat rekomendasi dari beberapa temen..
    tapi mel suka ngantuk kalau baca buku ginian.. hehe

  11. Weiiittss…mamanya Kinan mantap deh, bacaannya berat! hehehe…. Sama, mam, saya juga udah lamaa banget gak baca novel, sekarang seringnya baca buku2 rohani aja🙂

    sukses buat kontesnya ya mbak😉

  12. waahh sehabis baca nih buku, mungkin kita bisa sesukses TOYOTA yaa mam.. jadi pengen baca, warisin ke dhe aja gih bukunya..😀

  13. IbuDini says:

    Mb….lengkap sudah apa yg mb tuliskan disini, mungkin bisa buat kita yang mau buka usaha di rumah ya mb.
    Baru pertama review udah keren mb…gimana kalau sering2. Saya lagi mencoba mendalami review juga nich mb…mungkin sejak dapat buku2 dari PakDe.
    Dan ada juga usulan dari temen …katanya saya suka bikin sinopsis.
    Tapi masih keteteran Mb….., sepertinya tulisan ini masuk nominasi mb

  14. Mau kenalan mb sama aku , hehehheheh……
    lagi belajar mb.

  15. BunDit says:

    Wiiiih mantabs mam, saya belum pernah baca “The Toyota Way” ini, tapi saya baca review nya prinsipnya sama dengan Manufacturing Excellent yang diterapka di perusahaan saya. Bener juga, meski bahasanya manufacturing banget tp konsepnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari2. Sukses kontesnya ya mam🙂

  16. susisetya says:

    sepertinya buku yang komplit yach mbak, bercerita tentang segala hal tentang sebuah perusahaan besar…

  17. ainuq says:

    Hadeuhhh…keren euy Mama Kinan…smoga sukses kontesnya…
    Betul2, setuju deh…pelajaran dari buku ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan rumah tangga kita ya Mba, hayu lah kita belajar jadi manager di rumah kita;)

  18. nanaharmanto says:

    Kunjungan perdana di blog ini nih….
    Smoga menang ya kontesnya… reviewnya mantap betul… perusahaan besar pasti punya pengaruh besar juga ya…

    Saya pernah berkunjung ke sebuah pabrik motor di Jakarta. di sana saya terkagum-kagum dengan mesin-mesin canggih dan operator-operator profesional yang berkerja dengan cekatan dan cermat. Dalam 4 detik, satu motor baru tercipta… wuih…. benar-benar hebat… masih nggak habis pikir saya, gimana ya cara meng-handle ribuan karyawan dan bertanggung jawab atas semua aset mesin produksi berikut pemasarannya? jelas otak saya nggak akan sanggup hehehe…

    Dari review buku ini, ternyata ada langkah-langkah sistematis untuk bisa membangun dan mengembangkan perusahaan sebesar ini.. salut banget!

    Salam hangat,
    nana harmanto

  19. nanaharmanto says:

    Wah, maaf, tadi kelupaan untuk pasang link di sini…

  20. Susindra says:

    Aku pernah baca bukunya waktu main ke rumah teman. Memang bagus, mbak. Sayang ga selesai bacanya. Kami ke sana hanya untuk istirahat dari perjalanan Jepara-Purwokerto waktu itu.

  21. bacaannya orang2 berat nih kayaknya mam… hihihihi
    tapi perlu juga sebagai motivasi untuk bisa sukses dalam segala bidang ya mam

  22. Asop says:

    Hebat. Itu bukunya bukannya tebal ya?😯
    Saya aja mbaca buku “The Apple Way” yang tipis belum ngerti2. Terjemahannya jelek sih, kaku, hanya sekadar diterjemahkan.😦

  23. irfan handi says:

    Hanya ikut mendo’akan agar kontesnya sukses. Amin . . .

  24. rina says:

    subhanallah mam… keren banget reviewnya, kumplit dan terstruktur… saya doain semoga menang

  25. Estika Badry says:

    Mantepphh review bukuny komplit plit, mudah2an menang y mbk

  26. Oh ini kontes toh, semoga menang yah B)

  27. monda says:

    betul juga mam, kita yang nggak kerja di manufaktur toh perlu juga manajemen
    mau ngatur yg bersih2, ngatur temen2 kan harus punya cara juga, nggak asal nyuruh

  28. enno-mama fira says:

    Mantap niey…. wah aku kalo pengen ikutan kontesna gimana yah?? secara buku yang aku suka komik je… hehehehehehe…. sukses yah mama kinan….

  29. Lyliana Thia says:

    Kayaknya suamiku pernah beli juga buku ini nih mbak, tapi aku belum baca..

    klo dipikir2 buat apa aku baca, tapi bener kata mama Kinan, semua buku pasti ada manfaatnya,…
    toyota emang fenomenal, dari cara memanage perusahaannya banyak hal positif yg bisa diambil,,’
    semoga menang ya mbak… ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s