Kinan 27 Bulan @20-Nopember-2011

Haduh telat lagi, posting harusnya pas ulang bulan kinan tanggal 20 Nopember kemarin, tidak pa pa dari pada tidak mendokumentasikan tentang kinan sama sekali…:) dalam blog ini. Ini postingan harusnya semalam di publish tapi akhirnya ngendon juga di draft…

kinan dan mobil mobilan

kinan dan mobil mobilan

Alhamdullilah, Kemarin 20 Nopember 2011 kinan genap 27 bulan.Ucap syukur yang tak terhingga kepada Allah Swt, kinan dari hari kehari perkembangan dan pertumbuhannya semakin baik dan alhamduillah sehat walaupun Berat Badan-nya susah naiknya…dan segitu gitu itu aja makannya….Tumben bisa nulis dan posting dirumah, sambil nonton bola Indonesia lawan malaysia sama si Ayah…hmmm..sport jantung ngelihatnya meskipun akhirnya harus kalah yang penting sportif  inilah permainan ada kalah ada menang perjuangan mereka pantas mendapatkan “appresiasi”. Tetap semangat untuk TimNas, Bangga dengan perjuanganmu.

Kinan hari ini nggak bobo siang kata Uti-nya, main melulu maunya jadi saat saya pulang, langsung minta nenen, berdoa, minta dibacain cerita lalu tertidur jam tujuh kurang.Mumpung  kinan bobo sore jadi ingin mendokumentasikan tentang kinan yang terjadi akhir akhir ini di blog buat kenang kenangan masa kecilnya, biarpun emaknya gak rajin nulis perkembangannya dari bulan kebulan atau saat ulang bulan, tapi setidaknya setiap postingan bisa mewakili di rapel ceritanya hehehe…Baiklah dimulai aja cerita soal kinannya

Toilet Training alias TT

Hmm….”momok” buat saya rasanya maju mundur terus dan takut takut, Alhamdulilah kemajuan yang berarti, setelah pulang dari mudik kemarin kinan untuk Pup-nya sudah mau puf di WC dan sejak bulan Oktober awal, sampai sekarang untuk Pupnya sudah mau bilang dan nggak pernah kecolongan lagi, alhamdulilah.Sedangkan untuk Pipis-nya, siang hari sudah tidak pake diapers lagi, ada beberapa kali kecolongan dengan telat bilang, tapi sudah kemajuan banget, hari sabtu full dikamar mandi untuk Pup dan pipisnya sedangkan hari minggu kecolongan saat sore setelah bangun tidur lupa mengingatkan akhirnya  pipis dilantai. Hari ini dapat laporan dari Utinya masih pipis dilantai satu kali, Ayo semangat nduk tinggal pipisnya aja, saat bepergian kemarin, ikut mama kepasar, jalan jalan siang hari sudah tidak dipakaikan diapers, dan alhamdulilah kooperatif banget sebelum berangkat atau sesudah pulang mau pipis dikamar mandi. Untuk malam hari menjelang tidur saya ajak kinan ke kamar mandi untuk pipis, lalu menjelang tidur dipakaikan diapers, ada 2 hari saya coba tidak pake diapers dan alhamdulilah tidak ngompol, bahkan ketika dipakaikan diapers-pun masih bersih tidak ada pipis malam harinya.Untuk membangunkannya saat tidur malam dan diajak kekamar mandi, saya nggak tega…*haduh bilang aja emaknya yang nggak bisa bangun alias tidurnya terlalu pulas..hehehe

Soal TT ini dulu ada yang bilang sama saya ” Hah, hampir dua tahun masih pake pampers?? Anakku dari 8 bulan udah nggak pake pampers” hmmmmmmmmmm…. aku cuman tersenyum, kenapa sebelum 2 tahun lalu saat siang kinan masih pake pampers, jawabnya adalah saya kasihan sama Utinya yang kerepotan saat saya tinggal kerja, jadi kami putuskan masih pake diapers, sampai saatnya kinan bisa diajak komunikasi untuk masalah TT ini, alhamdulilah sekarang dah lumayan berjalan programnya.Catatan : Masing masing anak berbeda dan unik, jadi jangan jadikan anak sebagai senjata untuk berkompetisi, masing masing orangtua pasti punya cara dan “style” yang berbeda dalam “parenting”…jadi hargailah pendapat dan perbedaan…jangan “Judge” orangtua lain dengan pikiran pikiran yang antar kepala mungkin berbeda pertimbangannya..semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak anaknya sesuai kemampuannya masing masing. * quote emak kinan semoga terbaca oleh seseorang  dan semoga tidak bermain dengan alam pikirnya yang kadang salah tafsir…

Boleh dibilang untuk Pup-nya alhamdulilah sudah lulus, selalu bilang dan minta dikamar mandi, sama seperti kebanyakan ibu yang lainnya, saya suka kasih reward sticker yang ditempel dikamar mandi saat kinan selesai Pup atau pipis dikamar mandi.PR tinggal soal pipis yang suka kelepasan….hari ini kata Utinya sekali pipis dilantai, semoga cepat lulus untuk urusan buang air kecilnya. Semangat dan sabar, memang tidak bisa dalam waktu satu atau dua hari, biarkan berproses, walaupun kadang emaknya ini nggak sabaran banget, maaf yah nduk..

Komunikasi dua arah

Alhamdulillah untuk urusan komunikasi dan perbendarahaan kata kinan semakin hari dah semakin lancar dan semakin mencengangkan….sekarang kalo ada telp  minta telpnya dan bicara sama saya ” Mama, Kerja yah?? nanti adek dibawain hadiah yah” sejuk rasanya tiap kali mendengarnya ditelp saat ditempat kerja.Beberapa hari yang lalu saat saya telp, rupanya kinan lagi asyik main menggambar sama Utinya, lalu saya dengar dia tanya ” siapa yang telp, uti?” Utinya menjawab “Mama”lalu tiba tiba dia minta sama Utinya untuk menggambar “Mama”. ” Uti dek ghina mau gambar mama” …deg…Ya allah, sedih saya mendengarnya, kangen pingin ada disampingnya saat itu, nggak sengaja langsung brebek mili..alias nangis…* emak cengeng..

Saat saya iseng memplesetkan namanya pada suatu percakapan misalnya saya panggil, “putri cantik..mana putri cantik”…kinan selalu menjawab, “Bukan mama, nama adek, Ghina Artya kinanthi” walah walah..nggak mau banget diplesetkan namanya…begitu juga dengan nama orang orang didekatnya sudah hapal banget dan nggak mau diplesetkan.

Suatu hari ada tetangga yang main kerumah dengan anaknya yang baru satu tahun tiga bulanan gitu, dek tata nama panggilannya.Kalo dulu kinan murah hati banget dengan membolehkan semua mainannya untuk kawan kawannya sejak usia 2 tahun jadi lebih pelit dan protektif sama mainannya, dia selalu bilang nggak boleh untuk semua mainan yang akan dipinjam oleh kawan yang main kerumah, sudah dikasih tahupun masih kekeh, “Jangan, itu punya dek nana” sambil dipegangnya erat erat. Lalu si adek tata ini rupanya mengambil sapu untuk dimainkan, saat itu ada kasur yang diduduki kinan, adek tata membawa sapu keatas kasur kemudian dengan lantang kinan berteriak ” Jangan,sapu nggak boleh ditaluh diatas kasul, nanti kotol lho” walah walah walah nduk nduk…hehehe kaget yang ndengernya..jadi galak sekarang, begitu juga saat diajak mainan kawan kawannya ada saja alasannya untuk nggak mau,dari luar pagar kawan kawannya berteriak mengajaknya bermain ” dek ghina..ayo main, gak mau yah?? kenapa malu yah??” apa jawab kinan ” Enggak malu,enggak mau main, mau dilumah aja nonton CD”  atau seperti ini misal saat diajak main kerumah kawannya sama Uti-nya, “dek ayuk main kerumahnya kak Syifa”, kinan akan menjawab “Enggak mau adek dilumah aja!” atau kalo tidak dia akan meneruskan dengan kata kata “Uti, dilumah kak syifa nggak ada CD balney-nya”gitu jawabnya….byuhhhhhhhhhhhh nduk ..ini yang mama dan ayah takutkan..takutnya kurang sosialisasi makanya setiap pagi dan sore sekarang dijadwal untuk jalan jalan di sekitar rumah sosialisasi sama kawan kawannya…sedikit”worried” alias khawatir soal ini dan ingin mengajaknya sosialisasi lewat menyekolahkannya..tapi masih pro dan kontro, tapi sudah lumayan ada kemajuan sekarang tidak seperti beberapa bulan  kemarin.

Sudah bisa kita ajak komunikasi dua arah, menjawab semua pertanyaan dengan baik dan juga mengungkapkan keinginannya, bercerita dan berkhayal atau berimajinasi.Sekarang lagi Hobby bertelepon ria sama Atungnya dijawa, selalu saat Atungnya telp diminta dari tangan Uti-nya didengarkan dan terlibat percakapan, seperti 2 hari yang lalu, saat dikasih tahu sama Atungnya kalo Atungnya sakit, tiba tiba kinan mengucapkan kalimat ajaibnya “Kalo sakit minum obat ya, bial sembuh, telus nggak sakit lagi” wakkkkkkkkkkkkkk langsung terbelalak mendengarnya..tidak ada yang ngajarin..hehehe nduk nduk…alhamdulilah daya nalar dan pengetahuan serta perbendaharaan kata semakin bertambah dan berkembang. Daya ingatnya juga alhamdulilah..inilah makanya masa masa “golden age” ini diberikan stimulus yang maksimal karena “brain development” nya sungguh luar biasa…kinan masih ingat peristiwa peristiwa lama dengan detailnya yang kadang yang tua-pun sudah lupa…soal ini itu..soal tangannya yang kejepit pagar sama ayahnya dulu saat kecil, soal aktifitasnya yang lalu lalu, soal jatim park,soal gembira loka..hmm…masih banyak hal hal lucu lucu lainnya yang diucapkannya dan sering membuat kita tertawa….tapi sayang terlewat dan terlupa, harusnya rajin didokumentasikan  buat kenang kenangan..

Makin Hobby minta dibacakan buku sebelum tidur.

Saat menjelang tidur saat sudah mengambil posisi tidur,dan setelah berdoa selalu saja minta dibacakan buku,”Bacain” haduh kalo udah kayak gini saya atau ayah kinan suka saling tuding, “Ayah aja” lalu ayahnya akan bilang “Mama Aja ya”…haduh..terkadang memang saya atau ayahnya sudah capek dan ngantuk, belum lagi kalo minta diulang “Lagi” katanya dan satu buku kecil cerita itu harus habis dan tamat lho..heueheuheue….haduh, pernah suatu ketika saat ayahnya membacakan buku sambil ngantuk yang ada bukunya terjatuh kena wajah kinan * karena posisi membacanya sambil tiduran.., untung bukunya tipis, coba kalo bukunya tebal seperti buku “Al Qur’an Pertamaku itu” kebayang pasti sakit, itu aja karena kinan dah ngantuk juga jadi kaget dan nangis…hehehe…ini dia tingkah polah kinan saat pura pura membaca …gayanya dan nadanya bercerita kayak orang dewasa..Kalimat andalannya ” Suatu hari..” atau …begini begitu..terus..ehehehe…lucu mendengarnya bercerita sendiri ….:)

kinan dan buku cerita

kinan dan buku cerita

Masih Nenen dan Minum susu dari Dot

Dilema, saya pingin menyapih dengan pengertian..tapi setiap kali diberi pengertian pertama kayaknya mau, tapi setelah itu balik lagi, sering kali di coba untuk bobo tanpa nenen, biasanya diajak cerita atau dinina bobokkan sambil di tepuk tepuk, yang ada “glibuk sana glibuk sini”…nggak bobo bobo dan kalo sudah “desperate” kinan akan berucap dengan wajah melas ” Ma boleh nenen??” gimana coba nggak kasihan, ya udah, apalagi ayahnya tidak mendukung upaya “weaning” ini …malah bilang biarin ajalah sesukanya, sampai dia nggak mau sendiri, waduhhhhhhhhhh gimana ini sudah dua tahun. Tapi aslinya bukan hanya kinan yang belum siap sayapun juga masih belum siap saya masih ingin selalu dekat dengan kinan dengan prosesi ini…entahlah suka sedih kalo membayangkan harus menyapihnya, pernah pingin mencoba pakai ini itu seperti saran para mommies yang lainnya, tapi asli masih nggak tega..berarti ini faktor dari emaknya yang blom sanggup untuk menyapih juga dominan bukan hanya anaknya saja..mohon sarannya buat para bunda yang sukses “weaning with love”.

Minum dari dot juga masih, UHT juga iya, dari dot sehari bisa 4 atau lima kali, kalo malam diminimalisir, diberinya kalo dah ngamuk berat baru dibikinkan. Resolusi 2 tahun tanpa dot gagal total, ayahnya nggak setuju mengingat minum susunya susah, makannya juga sedikit, BBnya kurang jadinya  ayah kinan nggak setuju buat menghentikan dot, hmmm ya allah semoga ada jalan untuk ini.Kemarin saat ke dokter Lukman diAwal bross seusia kinan itu harusnya susunya 1 liter, benarkah?? saya sempat googling untuk kebutuhan susu anak se usia kinan kayaknya nggak sebegitu banyaknya, dari summary bunda dita, dari web parenting.. justru terlalu banyak susu mengganggu penyerapan zat besi, jadi saya kira kinan dengan konsumsi susu 5-6×120 ml, plus UHT 120 ml (satu atau dua kotak)plus nenen sebelum tidur, kurang tahu yang ini berapa banyaknya, untuk kebutuhan susunya masih normal dan sudah cukupkah?? atau masih kurang?? apakah harus satu liter benar?? heueheuehue gelap!!!! Mohon pencerahanya ya untuk para mommies…

Alhamdulilah rutin gosok gigi pagi dan sore atau malam hari, gosok sendiri atau digosokin mama biar bersih.  Bulan kemarin sempat panas dan flu 2 harian, ternyata ada tumbuh gigi taring kiri atas. Logikanya mungkin gini, tumbuh gigi nggak enak makan, asupan makanan dan gizi jadinya berkurang jadi daya tahan tubuh akhirnya lemah, terus terserang flu, sedikit demam alhamdulilah cuma sampai 38.2 derajat. Tanggal 20 Oktober anget dan sempat muntah,alhamdulilah dengan home treatment cuman dua hari aja, dengan diberi hanya propolis dan madu. Kemudian saat sudah 38 derajat keatas baru diberikan Sunm*l sekali sesuai dosis untuk kinan. Alhamdulilah sembuh. Kemudian seminggu berikutnya begitu lagi, hari jumat anget lagi, hari sabtu kita ada rencana belanja bulanan ke Batam, waktu itu saya dan ayahnya sepakat kita aja yang berangkat kinan dirumah, dan sudah kita kasih tahu, entah merasa mungkin dia kepikiran atau gimana, kok tiba tiba jumatnya anget, jadi kita sepakat membawanya ke Awal bross untuk check, saat berangkat dan sampai di Awalbross Batam, sudah turun panasnya dan nggak panas panas lagi…walah nduk nduk…bilang aja mau ikut ke Batam tho nduk, jangan pake anget hehehehe…mungkin kinan juga perlu refreshing melihat keramaian…senang bisa mengajaknya berjalan jalan.

Lagi gemar gemarnya “bobo Junior” buku yang beliin mama “Halo balita” masih di Jawa,Atung belum kesini jadi masih tersimpan dijawa, jadinya untuk buku buku masih mengandalkan beli eceran di Gramedia, atau toko buku Kharisma di Batam. Kalo yang di Sini setiap minggu suka dibeliin “Bobo Junior” atau “BOBO”kinan menikmati banget dengan 2 bacaan ini malah suka nagih minta dibelikan. Kalo Bobo junior sebenernya bagus dan sedikit  cocok dan mendekati untuk kinan dan usianya saat ini, walupun belum maksimal juga, namanya juga mengenalkan jadi banyak hal aktifitas belajar yang masih blom bisa dijalankan dari majalah itu …tapi sayang ceritanya hanya satu atau dua gitu. Kalo di Bobo lebih banyak dan variatif, kinan suka dibacakan cerita cerita dari Bobo.Dia akan hapal menyebutkan Bobo, Doni, coreng, upik, emak,bapak, paman gembul..paman kikuk, nirmala, Oki…bona…halah halah apal banget pokoknya sekali dibacakan dia akan menyimak dan lalu hapal menyebutkannya…:)

CD yang disukainya sekarangpun juga bervariasi, nggak hanya melulu barney seperti bulan lalu, sekarang juga sering minta diputarin CD Thomas, CD teletubies, CD dora explorer, sesukannya aja..dulu kira kira satu tahun setengah sampai usia dua tahunan suka sekali dengan chaiya chaiya pak norman kamaru itu…hehehe ada 2 CD dan hapal sekali lagunya..apalagi yang “Indonesia Jaya” itu..hapal syair dan lagunya…walah nduk nduk…

Selalu tertarik dengan hal hal baru dan aktifitas baru, bermain game di Alpahbet di komputer,minta searching gambar gambar kesukaannya…dan selalu minta lagi dan lagi..halah susah distop kadang sampai akhirnya kinannya marah…Saat ditanya bahasa inggrisnya beberapa nama binatang..alhamdulillah sudah lumayan  yang dihapal..tidak dipaksa santai santai aja sambil bercerita atau main tebak tebakan…”Monyet bahasa inggrisnya apa dek? Kinan akan menjawab”Monkey”  “kelinci rabbit, gajah elephant *ini yang paling dihapalnya karena ada di CD barney yang paling disukainya, dan beberapa lainnya. Alphabet dan number belum begitu antusias, sambil lalu aja dan kadang banyak nggak maunya kalo kita fokuskan..yo biarlah…santai santai saja..bermain sambil belajar….:)

Kinan bermain peran

Kinan bermain peran

Suka dengan kucing

Ini mungkin lumrah semua anak suka dengan kucing..begitu pula kinan, tapi aslinya emaknya ini tidak begitu suka kucing jadinya kinan selalu curi curi untuk bisa bermain dengan kucing yang suka main kerumah, kalo dibilangin “adek,kucingnya itu nyakar lho nanti sakit, atau jangan dek jorok tuh kucingnya, debunya juga kemana mana” dia kayaknya nurut tapi giliran nggak nampak yang dewasa dia pasti asik ngasih makan kucingnya sama roti atau makanan apa yang dia punya…kalo pintu ditutup, pasti dilempar lewat jendela hehehe ada ada aja…:)

kinan dan kucing

kinan dan kucing

Yang susah adalah soal “Makan” tapi sejak saya coba rutin kasih satu tetes “propolis” untuk menjaga daya tahan tubuh, dampak lainnya makannya juga jadi lahap, alhamdulilah sedikit ada peningkatan soal makan ini, yang penting terisi dan terpenuhi vitamin dan 4 sehat lima sempurna untuk asupan gizi-nya. Soal makan ini berbagai upaya dan cara telah dilakukan, reward sampai yang agak ekstreem dengan kata kata “kalo nggak mau makan mama mau berangkat kerja aja”..lalu dia akan dengan lantang teriak “Laparrrrrrrrrrr”…akhirnya mau disuap lagi…sebenernya tidak bagus dengan ancaman seperti itu…walah tapi demi menghadapi anak yang susah makan seperti kinan “semua teori yang baik baik tentang parenting” walahhhhh kabur semua..yang ada yang penting kinan mau makan, apapun caranya…habis akal soalnya…:( sudah untung untung nggak jadi stress dan darting…bener benar dibuat bingung soal ini…

Wakkkkkkkkk…12.16 AM,waduh gasywat bisa kesiangan bangun buat masak besok pagi neh…harus segera di akhiri dulu “menulis indahnya tentang Kinan”…lega rasanya bisa mendokumentasikan beberapa hal tentang kinan akhir akhir ini ditempat cangkulan rasanya sudah tidak bisa diganggu lagi,hiks… semoga bisa disambung lain waktu..* update..nggak terlalu kesiangan bangunnya soalnya dah dibangunin kinan..”Ma bangung ma…” walah dah jalan jalan kemana mana malah anaknya jam 5 lebih..mungkin karena tidur dari jam tujuh kurang.

Happy Selasa

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Kinan 27 Bulan @20-Nopember-2011

  1. monda says:

    fotonya Kinan yang bermain peran itu lucu banget, cakep .. seperti model
    kelihatannya udah gede aja…

  2. Orin says:

    He he, kadang masih ada yg begitu ya mba, membanding2kan perkembangan anak, padahal ya ga bisa lah disamain, sepakat bgt mereka unik. Met ulbul untuk Kinan luthuuuu😉

  3. mama hilsya says:

    ibu-ibu kalo cerita ttg anaknya bisa sampai sepanjang ini lho.. hebaaat kan?
    hehe.. masih sibuk jeng?

  4. owwwh, kinan,, smoga makin pinter, sholeha dan sehat selalu…

    Ceritanya ajaiib mam,, bisa panjaaannnggg bangeet… heheh
    indahnya ya mam bisa selalu melihat perkembangan anak.😀

  5. rina says:

    waah Kinan udah gede yaah… tambah cerdas dan solihah ya nak… peluk cium dari dd Kanaya

  6. Susindra says:

    Mbaaaaaakkk……. panjang bener!!! Hehe.. ini sih 3 posting dirapel, deh.
    Soal seseorang yang “mengecam” karena telat copot diapers itu, lebih baik jangan diambil hati, mbak. tiap ibu memang punya cara beda, kok. Apalagi kasian Uti yang mengasuh Kinan selama ditinggal kerja. Tapi memang harusnya dimulai usia 20 bulan dan sedikit demi sedikit – copot diapers, TT, dan soal nenen itu. Beri jeda yang cukup lama agar Kinan mengerti. Jika langsung dihentikan kan kasihan Kinan. Kalo D&B, saya mulai usia 20 bulan dan selalu berhenti usia 24 bulan. Ayoooo….. semangat & terus konsisten, ya…. ga ada kata terlambat. Asal tetap konsisten, Kinan pasti bisa. Iya kan say?

    Semoga Kinan semakin pinter, ya….

  7. Baby Dija says:

    Waaaah…. Kakak Kinan udah lulus toilet training
    Hebat dong

    Dija baru mau mulai Kak

    itu, Dija mau ikutan naik mobilnya dong
    bisa bonceng gak???

    Dija juga suka kucing
    yuk kita kejar kejar kucingnya

  8. Baby Dija says:

    Saluuuuttt buat Kinan dan tentu saja Mama Kinan…
    hehehe aku juga kok maju mundur gini Mbak, mau mulai toilet trainingnya

    Happy Ulbul buat Kinan
    kemajuannya banyak banget, prestasi bagus yaaaa

  9. Elsa says:

    Saluuuuttt buat Kinan dan tentu saja Mama Kinan…
    hehehe aku juga kok maju mundur gini Mbak, mau mulai toilet trainingnya

    Happy Ulbul buat Kinan
    kemajuannya banyak banget, prestasi bagus yaaaa

  10. Mommy Favian says:

    happy ulbul kinan….kapan favian diajak maen ke rumah kinan🙂

    setuju moms, anak jangan dijadikan ajang kompetensi karna tiap anak berbeda dan unik
    tapiiiii kalo pake pampers aq yo teparrrrrrr gak bisa pake anggaran pahe🙂 jadi pakai clodi
    malemnya masih pakai clodi nie…..susah betul ngajak kompromi toilet training

    favian dah berkurang pake dot kecuali lagi terdesak dan mendesak xixixixixixi
    sodorin uht kecil ato di botol strawnya

    Favian kalo lihat kucing malah diusirrr hehehehehe

    hm…..menanti komunikasi 2 arah kayak kinan🙂

  11. ~Amela~ says:

    wah.. kalau anak tetangga, nangis pas lihat kucing. .mungkin trauma kali ya gara2 pernah dicakar. .hahaha

  12. Rika Willy says:

    happy ulbul kakak Kinan. semoga makin pnter ya… salam kenal dari Bev🙂

  13. Wah, selamat ulang bulan, Kinan! Tambah pinter dan cantik nih…keliatan banget cantiknya pas di foto yang bermain peran itu. Keliatan kayak model cilik!

    Btw, ngomongin soal diaper, aku juga dulu pernah tuh ada yang ngomongin kok Raja masih pake diaper padahal waktu itu usianya udah lewat setahun, sempet ngerasa tersinggung sih apalagi dari kata2 orang itu seolah2 pengen bilang, “mamanya malas banget sih!” hahahaha… Eh gak taunya setelah beberapa bulan lewat trus Raja udah 100% lulus TT, PRT ku ketemu sama tu ibu di warung, dianya lagi beli diaper buat anaknya! Lho??? Hahahahaha…

    Memang ya, anak tuh beda2, gak usah dikompetisiin karena masing2 pasti punya keunikan😉

    Sekali lagi met ulang bulan ya Kinan, sehat selalu dan senantiasa diberkati Tuhan yaa🙂

  14. gaphe says:

    ngerasain susahnya potty training alias toilet trainning. emang beda beda antara anak satu dan lainnya, tapi yang jelas anak kan nggak bisa sendiri kalo nggak dibantuin ortunya…
    semangaat!!

  15. Lidya says:

    thank’s emailnya ya bun maaf belum direply baru baca di hp, niatnya mau aku reply di lapi tapi lupa belum beli pulsa inet😀
    Kinan semoga sukses TTnya ya

  16. vera says:

    waahhh kinan makin pinter aja, mamanya juga rajin nulisin perkembangan tiap detilnya, ya. moga sehat terus dan makin pinter

  17. irmarahadian says:

    jangan terlalu dipaksakan mama…
    yg penting, klo pas maem dia mau, klo pas bobo dia jg mau….
    dan jgn lupa kasih vitamin aja mam….
    cun cayang buat kinan y…:)

  18. dmilano says:

    Saleum,
    berkunjung sambil menyimak ceritanya mama kinan,🙂
    semoga kinan gak rewel lagi kalo makan ya…

    saleum dmilano

  19. berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..:)

  20. BunDit says:

    Happy Ulbul Kinan, maaf telat. Semoga selalu sehat. Selalu seneng baca perkembangan anak hehehe. Kalau Dita suka kucing tapi malu2 mau…suka manggil2, pas dideketin beneran ngabur hahaha

  21. mama hilsya says:

    kali ini selamat ulang tahun buat emak kinan…
    tercapailah segala keinginannya..
    semoga selalu sehat dan senantiasa diberi umur yang barokah…

  22. wah…. hebat Kinan, hobinya minta dibacakan buku sebelum tidur…
    semoga Kinan menjadi putri yang cerdas dan shalihah…

  23. Irfan Handi says:

    Kaka Kinan dapat salam dari adik Arvin.

  24. riliarully says:

    selalu iri sama emak2 yhg bisa update ulbul anak2nya…hiks..pengen juga..😦
    met ulbul ya Kinan sayang..wah udah bisa pup d WC ya..selamat2..
    kl pipis, kl boleh usul mungkin dibikin lebih sering kita orang dewasa yg ngajak dia pipis ke kamar mandi mam mungkin dengan lebih sering ngajak akhirnya ngga sempet pipis di lantai dan lama2 selalu bilang sendiri deh..tau kan kadang2 anak2 lupa kl dia kebelet😀
    Kl soal dot aku dan orang di rumah smp skr jg lg bujukin Aira biar beralih ke gelas..nyapih emang kdg berat ya ..
    semoga sehat terus ya Kinan, tambah pinter n sll buat smua bangga..*pelukcium dari kami*

  25. Kinan makin cantik deh. Jadi penasaran gimana yah jeng kalo Kinan ketemu sama Zahia?? Bakal sibuk maen ato ngerumpi kaya emaknya??🙂

    Waaahhh gw mah pemalesan jarang buangeth update tiap ulbul. Dikau rajin yah Jeng *hihihi wong gw mah posting sebulan sekali ajah dah syukur*

    Yo weiss, tak lanjut dulu baca2 yang laen yaaaa🙂

  26. motik says:

    met ulbul kinan… makin pinter ya nak…
    sip TT nya udah lulus nih. Kucing kayak punya magnet ya mam, soalnya hampir semua anak doyan sama si pus ini. Bahkan kenzie yang masih bayi aja kalo di liatin kucing di depan rumah sampe ketawa2 hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s