Kepiting dan Kepiting

Hari  ini senin 26 Nopember December 2011,  Ada apa??? mau posting apa mak?? Report cuaca:  Bintan masih dalam cuaca yang tidak menentu, Angin kencang, ombak tinggi, dan hujan yang bisa datang kapan saja dengan frekuensi kelebatan yang berbeda beda, kadang gerimis dikit, kadang hujan petir, kadang hujan lebat dan angin tanpa petir. Hmm telah  semingguan ini Bintan diguyur hujan kapan saja datangnya.  Alhamdullilah, disyukuri kita harus tetap berucap alhamdulilah bersyukur dengan segala  nikmat Allah, entah itu hujan, panas kering, semoga menjadikan kita tetap menjadi manusia yang selalu bersyukur dan tidak banyak mengeluh karenanya.

Rencana mau ngajak kinan jalan jalan ke Batam sekalian belanja bulanan yang tidak tersedia di Tanjung Uban, *halah halah bilang aja emaknya yang kangen pingin keMall wkwkwkwkw…hush…enggak juga…!!!. Akhirnya  demi alasan “safety” di tunda dulu sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan..halah bahasanya.., karena dengan kondisi cuaca yang tidak menentu dan terutama gelombang dan angin yang kencang, membuat saya berpikir ulang tidak baik tidak usah memaksakan diri, nggak papa kinan nggak nyemil Yummy Yougurt  atau Diamond yougurt, untung masih ada stock keju diamondnya di kulkas, *keju diamond tidak terlalu asin dan direferensikan emak emak di milist karena tidak terlalu asin, jangan lebay dan terlalu lah mak dengan keterbatasan ini..disyukuri dan dinikmati…Alhamdullilah…. Mungkin nanti kalo cuaca sudah lumayan bersahabat kita bisa meneruskan rencana untuk ke Batam.

Jadi weekend kemarin  Sabtu dan Minggu full menemani kinan dirumah dengan segala aktifitasnya, mulai dari nonton Baby TV, Disney Junior dengan Timmy time-nya, Dibo dan bunny (dinosaurus dan kelinci) atau me- reply berulang ulang CD kancil-nya yang baru dibelikan Ayahnya di toko CD kaki lima depan swalayan “Prima Indah Tanjung Uban” ternyata ada yang edisi cerita serial kancil disini dengan harga yang sama seperti di gramedia Rp. 15 ribu, syukurlah jadi weekend kemarin nggak Bete dengan cuaca yang amat sangat tidak bersahabat. *sampai apal dialog percakapan di dalam CD itu..halah halah seandainya bisa bilang pasti CD kancil itu akan berteriak…” Dek nana, tolong CD kancilnya istirahat dulu dong, kancilnya atau kelincinya capek tuh lari lari terus dari tadi” hehhhe…..demi kinan..it’s ok, emak bapaknya jadi pecinta cerita kancil… *Tumpukan CD barney-nya istirahat dulu yahhhhhhhhhh hehhehehhe..*kinan kinan… I love u nduk, setiap waktu dan selalu…

Sudah minggu terakhir di penghujung tahun, Hmmmmmm….banyak tulisan tulisan nggak jelas masih nangkring  di draf…alangkah malangnya..betapa mengenaskan…nggak niat banget ngeblog emak satu ini, makanya pinginnya disela sela “Mencangkul dan cangkulan” yang nggak pernah habis habis…sebisa mungkin pingin mempublish satu persatu tulisan di draf..*alangkah indah dan mulia niat sucimu mak..halah halah..atau jangan jangan nanti ada yang koment gini..halah halah busy busy nyatanya masih sempat update blog juga..hehehe….sak senengmu, sak karepmu…terserah mau ngomong apa nggak dilarang ini negara dan bangsa demokrasi..halah opo meneh iki...

Makanya hari ini mau publish satu draft tentang Kepiting dan sop Kepiting….posting resep neh mak??!! Kurang lebih…soalnya bener bener terinpirasi dan ngakak abis setelah hari ini saat break sempat mampir ke blognya mbak erry alias Bibi Titi dan Teliti alias mama-nya Kakak Kayla dan Fathir dari Bandung…:) ngakak abis membaca postingannya yang ini. Betapa saya juga pada awalnya sebagai seorang istri dan seorang ibu rumah tangga, tidak tahu menahu tentang ritual masak memasak…tapi masih nggak banget banget  nggak mudengnya sih saya masih suka masak memasak jaman muda dulu..maksudnya saat ngirit uang jatah makan di kos…masak mie goreng..mie rebus..hehehe melas tenan jaman itu..tapi membahagiakan🙂 ..sing penting rambut nggak keriting dan IPK juga nggak keriting🙂

Betapa sebenernya mamasak itu adalah hal yang bisa kita pelajari…katanya sih ala bisa karena biasa ..*tapi kok pada kenyataannya awalnya terasa berat dan memberatkan hehehe..mau masak apa yah hari ini, gimana caranya..walah walah tapi asli dengan kecanggihan teknologi saat ini  memasak menjadi lebih mudah,kenapa?? Lho iyo asli, misal kayak saya yang nggak pernah sama sekali masak kepiting  tapi pingin bikin sop kepiting buat kinan, akhirnya tinggal lari depan laptop, konek kedunia maya, tanya mbah googling “Resep sop Kepiting” muncul hasil yang menakjubkan..nggak perlu ke toko buku buat beli resep akhirnya bisa juga menyajikan sop kepiting untuk kinan. Hmmm…tidak terkatakan betapa kecanggihan teknologi membantu sekali emak emak labil bin galau plus katro seperti saya… dan akhirnya inilah penampakan hasil sop kepiting untuk kinan beberapa minggu lalu. Alhamdulilah rasa tidak mengecewakan *menurut saya dan ayah kinan lumayan enak dan nggak amis  untuk chef pemula seperti saya *gubrakkkkkk chef curecef kali…:D…..kinan bahkan suka sekali, sampai minggu berikutnya saya masak lagi sop kepiting ini..hemmm…kinan kinan awalnya aja lihat kepitingnya takut, takut dicapit katanya..pas makannya syukur alhamdulilah lagi dan lagi..:D

 kepiting hidup

Ini penampakan kepiting segar dan masih hidup dari Pasar Baru *lebay mak pake diphoto segala

Ini dia resep Sop kepiting ala Emak kinan yang dari modifikasi dari hasil searching di internet dengan melihat ketersediaan bumbu dan sayur mayor yang ada dikulkas.

 Bahan bahan :

  1. 4 ekor kepiting segar ukuran kecil

(dibersihkan dengan sikap, dicuci bersih dengan air mengalir, hati hati capit, minta ditali aja sama penjualnya biar pas ngebersihin nggak takut dicapit, sakit bo’)

Setelah dibersihkan disiram pakai air mendidih, setelah mati dibersihkan lagi dicuci bersih dikasih perasan air jeruk nipis, untuk mengurangi amisnya). Kemudian  belah jadi dua kepitingnya, rendam dalam irisan jeruk nipis, sedangkan untuk bagian bagian kakinya dibersihkan, diambil bagian dagingnya dengan menggunakan tang, *tapi karena emak kinan nggak punya tang khusus untuk ngambil daging kepiting, akhirnya nggak kurang akal digunakan  ulekan, di keprek pake ulekan terus diambil dagingnya  campurkan dengan rendaman air jeruk nipis kurang lebih selama 30 menitan. Kemudian dicuci bersih siap dimasak.

  1. Sayuran untuk Isi Sop

Jagung muda, wortel,  * diresep yang saya baca harusnya dengan asparagus..sayang nggak ada stock dan disini susah carinya kalo tak ke Batam, skip untuk asparagus ini diganti buncis, daun sop (seledri),  dan daun bawang.

  1. Bumbu Sop yang dihaluskan

Garam, Bawang putih, merica dan gula pasir secukupnya,  bawang goreng, mentega atau olive oil/ minyak zaitun

Cara pembuatan:

Haluskan bumbu sop, kemudian ditumis dengan sedikit mentega atau minyak zaitun, kemudian masukkan kedalam air yang mendidih aduk rata, saat mendidih masukkan kepiting yang sudah dibersihkan dan direndam dengan air jeruk nipis *untuk mengurangi amisnya. Kemudian masukkan sayur mayur yang sudah disiapkan. Jagung yang dah disisir atau di pipil, wortel dan buncis yang telah di potong potong sesuai selera, tambahkan sedikit gula  pasir untuk penyedap rasa, didihkan hingga cukup matang…*pengikut wied harry yang meminimalisir MSG dan menambahkan gula pasir sebagai pengganti MSG…tapi yo jangan terlalu manis, jadinya nanti manisan kepiting😀, sip jadi sop siap disantap..hangat hangat…hmmmmmmmm yummyyyyyyyyy….versinya emak kinan

 penampakan hasil setelah tinggal satu mangkok kecil baru ingat belom di photo..*halah lebay tenan emak kina..soale hidup lebih indah dengan lebay..ekekkeke

Sop kepiting  ala emak kinan

Sop kepiting ala emak kinan

Saat mau menyiram kepiting dengan air panas, asli saya maju mundur, mengucap bismilah berkali kali, merasakan pertentangan batin, hingga akhirnya saya googling tentang halal dan haramnya kepiting ini dalam islam, kemudian tanya ayah kinan, kebetulan ayah kinan pas sempat lihat dulu ada tayangan di Trans TV tentang halal atau haram kepiting bagi umat islam, dan alhamdullilah “halal”…masih blom yakin saya googling lagi dari internet dan tanya tanya kawan kawan..dengan kesimpulan yang sama. Ini link saat yang saya temukan saat saya googling tentang halal atau haram-nya kepiting, bisa di click disini.

 Kandungan Gizi Kepiting

tabel komposisi gizi spesies ikan dan makanan dari laut

Tabel komposisi gizi spesies ikan dan makanan dari laut

Trade mark emak kinan, kalo masak  harus tahu nilai gizinya *dasar emak perhitungan…hehehe…nggak mau rugi   harus tahu yang dimasak bergizi atau enggak…halah halah…

Nggak afdol kalo tak mencantumkan nilai gizi-nya…akhirnya inilah dia kandungan gizi versi googling dari internet tentang “kandungan Gizi dalam Kepiting”

Tabel: Jumlah DHA dan EPA dalam makanan (Dari web yang ini dulu saya pernah searching, tentang kandungan DHA/EPA yang terkandung dari hasil laut, disini sumbernya)

kandungan DHA-EPA hasil laut

Kandungan DHA-EPA hasil laut

Kandungan protein kepiting kurang lebih sekitar 22 gr/100 gr. Kandungan asam aminonya juga lebih lengkap. Asam amino yg jumlahnya paling tinggi tiap 100 gramnya adalah glutamate 3474 mg, aspartat 2464 mg, arginin 1946 mg, lysine 1939 mg dan leusin 1768 mg.

Seperti halnya hewan laut lainnya, daging kepiting juga kaya asam lemak Omega 3 yaitu sebanyak 407 mg /100 gr. Asam lemak Omega 3 berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga mencegah penyakit jantung, berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi sistem syaraf dan kesehatan mata, serta meningkatkan kecerdasan otak bila diberikan sejak dini.

Kepiting juga mengandung vitamin B12 yg tinggi yaitu sekitar 10,4 mcg/100 mg. Kandungan ini sudah mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin B12 sebesar 174%.

DHA dan EPA banyak terdapat dalam ikan dan makanan laut. Anda dapat mencukupi kebutuhan DHA si kecil dengan memperkenalkan berbagai makanan laut dalam piringnya. Tabel 1 akan merangkum jenis makanan yang banyak mengandung DHA dan EPA.

Tapi warning dan hati hati bagi penderita asam urat. Kepiting mengandung basa purin yg dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jadi, pengidap penyakit asam urat lebih baik menghindari dan sangat membatasi konsumsi kepiting. Keasikan menyantap kepiting memang kadang membuat kita lupa diri. Waspada! Kepiting mengandung kolesterol dgn angka cukup tinggi sekitar 76 mg/100gr. Konsumsi kolesterol per hari yg dianjurkan maksimal sekitar 300 mg.  Jadi jangan berlebihan, pastilah segala sesuatu yang berlebihan tidak bagus buat kesehatan.

So anda pernah membuat atau makan s0p kepiting??…

hmm akhirnya tayang publish juga tulisan saya tentang kepiting..opo tho kuwi..

Happy Monday kawans

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

35 Responses to Kepiting dan Kepiting

  1. mama hilsya says:

    hwadeuuuh.. kalo cuma kepiting mah yuuk langsung belajar ama chef emak hilsya deh.. dijamiiin ..qiqiqi *belum selesai ketawanya…*

    tapi asli aku paling seneng masak kepiting diapain aja, paling sering sih bumbu mentega soale gampang banget. postingan kepiting kenari-ku entah kemana tuh.. lupa dipoto pulaaa…

  2. Ichaawe says:

    postingannya puanjaaang dari mulai cd pecinta kancil, sampai ketoko buku buat beli resep, ada kepiting, masak kepiting, jadi sop kepiting, sampai kandungan gizi kepiting dan teman2nya. hehehe…lengkaaap. macam toserba. but informatif sekali mbak. thanks yaaah… jadi pengen makan kepiting. disini udah lewat musimnya😦

  3. omietha says:

    hai hai kinan dan mama… Kangen nih … Hihi.. Lama ga ketemu *hihi..ikut2an lebay..wong blm pernah ketemu.. Btw, 26 nov apa desember? Saya blm pernah masak kepiting.. Makan aja kyknya blm deh.. Bingung cara makan dan masaknya.. Itu jdnya itu cangkangnya ikut dimasak gak mbak? Spertinya nikmat deh.. Sama nih..disini jg mlm suka angiinya kenceng

  4. Lidya says:

    aku maunya cicipin masakan mama kinan sajs ah.:)

  5. Asop says:

    Kepiting itu uenak banget!😀

    Tapi mending jangan makan kepiting, makan rajungan aja. Kepiting ‘kan hidup di dua tempat, darat dan air. Kalo rajungan di air terus.🙂

  6. Kami juga seneng sama kepiting, mbak, diapain aja enaklah, cuma kalo aku biasanya udah nyuruh penjualnya untuk dimatikan, soale takut matiin sendiri, hehehe… Tapi karena kadar kolesterolnya cukup tinggi, jadi kami gak begitu sering makan kepiting🙂

  7. Dyah says:

    uu… aku suka banget makan kepiting, Mama Kinan… tapi ga berani klo masak sendiri, takut masih amis😀

    Salam kenal ya Mama Kinan… ^_^

  8. subahanllah…
    membaca dan melihat fotonya, rasanya sudah kemecer….

  9. riliarully says:

    langsung ngiler..aku sukaa banget ama menu2 kepiting..cuma dikukus aja suka apalagi dibumbuin..wuihh..
    Resepnya KOMPLIT nih mak..tp ya itu sama..pas bagian bunuh si kepitingnya itu loh..ga pernah brani..jd ya selalu beli terus hahaha..
    mesti dicoba nih..thanks yooo..

  10. enno-mama fira says:

    Hebaaaatttttt…. mama Kinan berani mengeksekusi kepiting. Aku belum pernah masak kepiting, beli kepiting juga jarang… tapi sepertinya masakan mama Kinan enyaakkk… jadi kepingin euy….

  11. nia/mama ina says:

    aku suka kepiting tp ngga bisa masaknya….pengennya kepiting yg bumbu asem manis itu…ahh jd ngeces baca postingan ini…..trs mengenai rasa gimana mom? pastinya enak yachhh….

  12. Anggie says:

    Suka banget masak n makan kepiting… Tp rada ribet kl masak n makannya yaaa, hehe… Enak tuy di bikin lada hitam…. Hmmm.. Jd pengen bikin dey..

  13. mak, dhe udah pernah nyoba makan kepiting, sambal kepiting.. tapi rasa kepiting kok aneh yaa mak.. hahahahaa.. kalo dhe lebih disuruh milih, sepertinya lebih enak sambel teri daripada sambel kepiting.. wakakakaka #ndeso😀

  14. Evi says:

    Waduh bahasan Kepiting dan sop kepitingnya lengkap nian. Mulai dari foto mentah, foto mateng sampai kandungan gizi..Pantasan banyak draft yang nganggur di draft. Dirimu perfeksionis ya Jeng..Tapi suka membaca notes kepiting ini, beda banget dengan capitnya, yang ini rasanya gurih hehehe..

  15. MENONE says:

    haaaaaaaaaaaaaaaaa….. kepitinggggg…. makanan favorite menone tuchhhhh….

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

  16. aya says:

    Gyaaa….ada referensi baru nih dari mama Kinan. Salam kenal ya, bisa jadi bahan contekan klo punya kepiting🙂 sip sip…lagi belajar mask nih mak….Thanks tipsnya ya…

  17. Emang top markotob mama Kinan ini kalo posting. Lengkaap. Aku salut!
    Dulu waktu masih tinggal di Bangka, aku sering makan kepiting, Mbak. Sekarang pas di Jakarta rada jarang. Soale larang tenan. Waktu aku hamil, pernah makan kepiting di bandar Djakarta dan hasilnya Athia gak bisa diem. Katanya gara-gara waktu hamil emaknya makan kepiting. *mitos gak sih ?*

  18. Pingback: Tips Cerdik Menghadapi Sang Kasir | Perjalanan Panjang

  19. dey says:

    saya belum pernah masak kepiting mbak … gak ngerti gimana ngolahnya. Pernah sekali waktu bapaknya Fauzan pulang dari Papua, bawa oleh2 kepiting Papua yang gede2 itu, ujung2nya di kasihin ke kakak, dan saya ikut makan matengnya aja deh .. hehe

  20. Mantab ini, lengkap😉

    Kepiting oh kepiting banyak sekali kandungan gizimu …

  21. Asep says:

    kepitingnya kecil😀

  22. giewahyudi says:

    Saya enggak suka kepiting, tapi sukanya rajungan..🙂

  23. nique says:

    saya ga suka kepiting karena amis
    tp klo ada kepiting yg ga amis mungkin saya mau njajal
    jadi kapan sop kepitingnya dikirim ke mari mba?😀

    *jad inget tumpukan tulisan di draft box hmm enaknya diapain tu yak*

  24. abdullah says:

    emmm yammoiiii enak kayaknya hehe

  25. betul sekali,bisa karena biasa.wahh di kasih resepnya juga nih.makasih ya

  26. Estika Badry says:

    sama, dlu sempat ragu2 jg halal atau enggak, aku blm prnh bikin sop kepiting, tp prnh ditumis pedas aja

  27. sup kepitingnya enak itu…

  28. hafizah says:

    informasinya lengkap bgt bu.boleh baca baca dulu ya bu…

  29. hafizah says:

    saya juga suka makan kepiting tp susah bgt kupasnya. wktu itu liat chef juna kupas kepiting kykny gampang bgt ya…

  30. Suka Timmy Time yaa, aku sukanya Shaun the Sheep.
    Hmm, kalau kepiting, kok aku ga suka ya.
    Angel men makannya @_@

  31. monda says:

    waktu hamil pertama dulu, hampir tiap minggu makan sop kepiting, ada teman yang rumahnya dekat nelayan turun dari laut, jadi lebih murah

  32. Elsa says:

    Kepiting nih…
    makannya susah
    tapi mengasyikkan
    hehehheee

  33. BunDit says:

    Kepiting itu asyik banget makannya….cleguk..kayanya seger nih sop kepitingnya🙂

  34. Hehehe yang paling ilfill dari makan kepiting adalah buka2 cangkangnya. Pengennya mah udah bugil gituh kepitingnya jadi gampang dimakan

    Btw Jeng, Chef Zul paling jago tuh masak kepiting asam manis🙂

  35. Ooooh…
    gitu toh resepnyaaaaaa…
    baiklaaaaaah..ntar bakalan aku kasih liat abah suruh cobain masak…hihihi…

    eh tapi beneran lho…abah lebih pinter masak daripada aku….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s