Lebah Penghasil sesuatu yang Menakjubkan “Propolis”

Hari ini Selasa, posting dipagi hari, huhuyyyyyyyyy…sudah selasa lagi setelah seminggu lebih nggak produktif nulis apa saja..begitu “rempong” ?? atau begitu males??? halah nggak terasa, kok hari berganti cepat sekali yah tahu tahu dah tangal 9 Januari 2012. Pingin posting sesuatu, tapi gak ada ide, mau ikutan give away atau kontes?? Waduh maaf “prei” alias libur  dulu give away atau kontes-nya lagi “M” males maksudnya selain memang blom ada waktu, eh tapi kemarin ada notifikasi comment dari jeng Soesan mengadakan give away dirumahnya bersama trio kecebong, wah semoga bisa ikutan tapi kok syaratnya berat gitu..*jadi pesimis….heuhueheu…

Mau mengadakan give away?? Ini yang masih blom terlaksana, dan masih ada di draf, *maafken kawans….lalu sekarang posting apaaan??Dari pada  nulis tentang carut marut dunia elit politik di Ibukota negara kita disono, yang tiap hari nongol diberita dan bikin darah tinggi…mending kita adem ayem nulis sesuatu yang bikin bahagia…*Halah gimana nggak emosi dan darting….Indonesia oh Indonesia…ada apa gerangan denganmu..mosok om Gayus yang jelas jelas Trilyunan kasusnya  cuman diancam 8 tahun penjara, terus yang sandal jepit di PALU, masih dibawah 17 tahun, diancam dengan hukuman  5 tahun penjara…dimana hati nurani???Dimana keadilan??? Ya Allah…kayaknya emang gampang kalo mau naik-in tensi darahnya ala  emak kinan, tanpa sate kambing tiap hari ..cukup dengan nonton berita berita di TV tentang elit politik, korupsi dan sepak terjangnya…bisa naikkin tensi * kesimpulan emak emak labil…dan galau…:D

Lalu mak, mau posting apaan ini??!!! Ubek ubek di laci “draf” nemu tulisan tentang “lebah dan propolis” yang belom sempat tayang alias publish, hehehe * emak kinan ki bener bener terobsesi  untuk jadi penulis …tapi kok nulisnya cuman di blog hehehehe….soale di blog enak nulisnya, asal nulis..nggak perlu harus 5 W + 1 H,*nggak perlu pake tata bahasa yang gimana gimana gitu..sak senenge..sak karepe maunya kita mau  nulis apa, gimana, idenya apa, pake bahasa apa dan gimana..sing penting sopan dan tidak mengganggu dan merugikan orang lain..….tertuang semua dalam tulisan di blog..

Balik lagi sesuai dengan judul “Lebah dan propolis”, asli sebenarnya dari sejak lama saya mengagumi sekaligus takut sama yang namanya  binatang lebah,  Takut karena apa?? Mengagumi karena apa??. Ya yang pasti takut disengat ..jangan sampai disengat lebah, ngeri  ada kawan yang sampai pingsan, ada yang kesakitan, ada yang bengkak, benjol, Naudzubillah jangan ya allah, tapi  ayah kinan pernah disengat pas dijalan..rasanya katanya “Masyallah” sakitnya..cenat  cenut nggak karu karuan…tapi nggak begitu parah, cuman diolesi sama minyak tawon dan minum antipiretik, serta nahan sakit untuk beberapa jam, *nahan sakitnya itu yang susah..tapi nggak usah sampai jejeritan yah😀, alhamdulilah selesai sudah penderitaannya ayah kinan di sengat lebah. Dan untungnya hanya diujung jari tangan, aksinya menepis berakhir dengan sengatan ditangan, hmm nggak membayangkan dengan kawan yang disengat di wajah dan sampai pingsan.

Dan saat dirumah aku ceritakan sama kinan bahwa ayahnya pernah disengat lebah, dia begitu “exciting” bahkan sampai sekarangpun masih ingat suka cerita tentang ayahnya yang disengat lebah. *Alhamdulilah kemampuan  bahasa atau lingusitik kinan dan daya ingatnya  semakin kuat dan berkembang, dan semoga terus berkembang dan semakin bagus  Ya allah.. doa Mama dan Ayah selalu nduk.

Dan mengagumi lebah karena apa??, Masyallah banget, mengagumi karena begitu hebatnya hewan ini dengan bekerjasama bersama kelompoknya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat buat umat manusia. Bahkan karena special-nya hewan ini juga dicantumkan  didalam Al Qur’an kareem, sebagai salah satu surat didalamnya ” AN NAHL”.

Bermula dari pertanyaan Uti-nya kinan tentang propolis, yang aku berikan untuk kinan setiap hari. Lalu googling tentang Propolis dan lebah sebagai penghasil madu dan propolisnya ini, subhanallah. Lalu Sejak kapan mengenal propolis??sebenarnya kenal pertama kali soal propolis secara langsung sejak lama, sejak awal menikah dengan ayah kinan, kemudian kakak ipar *ibunya mas naufal dan mbak dilla yang mengenalkannya. Ceritanya mas naufal ini kena amandel dan divonis harus operasi, sering sakit dan kambuh kala capek atau lagi banyak kegiatan disekolahnya, dengan rajin memberikan  propolis dan madu, alhamdulillah kata  ibunya, mas naufal jarang kambuh dan lebih kuat daya tahan tubuhnya. Kemudian berlanjut pas pulang mudik Oktober tahun lalu ke Jawa membawa dua botol propolis untuk dicoba dan diberikan sama kinan. Dan setelah rajin memberikannya satu tetes tiap hari, alhamdulilah ada sedikit efeknya buat kinan, nafsu makannya jadi lumayan bertambah serta daya tahan tubuhnya alhamdulillah meningkat. Menurut pengamatan selama bulan oktober sampai dengan desember alhamdullilah cuman beberapa hari badannya sempat panas,karena tumbuh gigi dan terlihat kayak mau flu dan pilek, alhamdulilah cuman 2 atau 3 hari sembuh dengan hanya diberikan sunmol dan propolis. Alhamdulilah tidak pernah Batuk, atau flu atau pilek ditengah cuaca yang tidak menentu ini, karena kita juga “Sorting” tidak semua jajanan yang aneh aneh boleh dikonsumsinya..kita mau main safe-nya aja dengan preventif seperti itu.

Pernah juga membaca testimoni eh maksudnya tulisan dari bundanya kak vania, Aka mbak Lyliana Thia yang ada di blog ini tentang manfaat propolis yang juga rajin dikonsumsi untuk kak vania, cerita tentang testimoni propolisnya bisa dibaca disini.

Asli bukan bermaksud jualan, saya bukan agen salah satu produsen propolis, tapi lebih kepada ingin mendokumentasikan ini di blog, karena rasanya sayang dari hasil googling saya untuk Uti-nya kinan  tentang propolis ini menguap begitu saja, jadi alih alih untuk pengingat akhirnya tertuang juga didalam blog tercinta ini. *halah halah lebay lagi…:D

Dari sekian banyak hasil googling tentang propolis itu saya begitu tertarik dengan cerita dari blognya Harun Yahya tentang Lebah dan Propolis. Tulisan yang dibuat memang untuk anak anak, begitu sederhana tulisannya dan dibuat dengan alur cerita yang menarik,  alhasil  cerita itu bisa saya bacakan untuk kinan tentang lebah dan apa yanga dihasilkannya serta manfaatnya. Cerita Tentang Lebah dan Propolis dan manfaatnya tulisan Harun Yahya, bisa dilihat disiniLEBAH MADU, PEMBUAT SARANG YANG SEMPURNA“.

Harun yahya picture story about Bee

Harun Yahya's story about Bee

Setelah membaca cerita dari link Harun Yahya itu jadi mengerti betapa Masyaallah lebah dalam membangun sarangnya, menjaga kebersihannya, mengambil sari bunga, memproduksi madu, menghasilkan yang namanya propolis yang ternyata seperti anti bakteri yang begitu menakjubkan, jadi ingat dulu pernah baca sebuah artikel “Healing by prophet Muhammad SAW” dan betapa Madu ini menjadi salah satu obat yang dijadikan Rasullah untuk penyembuhan penyakit dan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Qs. An Nahl (16) 68-69  from Harun Yahya's Story about Bee

Qs. An Nahl (16) 68-69 from Harun Yahya's Story about Bee

Summary tentang Manfaat Propolis dari sumber  internet;

Propolis ternyata memiliki catatan sendiri dalam hal mempengaruhi system kekebalan tubuh. Bahkan sering disebut sebagai penicillin Rusia, produk perlebahan yang satu ini memiliki kemampuan antibiotik alami yang kuat. Selain juga antiseptik, anti jamur, anti bakteri dan anti mikroba. Belum ada obat yang dapat melawan virus, tetapi propolis memiliki kemampuan antiviral.

Propolis (lem lebah)

Susbtansi yang satu ini bersumber dari getah yang berbau manis yang mengalir dari ranting dan batang pepohonan yang sebenarnya berfungsi sebagai pengusir binatang berbahaya.

Lebah mengumpulkan getah tersebut dengan cara menggigit sepotong ranting atau batang pepohonan tersebut dan mengunyahnya hingga lembut sebelum menaruhnya dalam keranjang serbuk yang ada pada kaki belakangnya.

Ketika lebah kembali ke sarangnya, ia menunggu lebah lainnya yang bertugas mengambil getah tersebut untuk digunakan melapisi sarang. Proses ini bisa memakan waktu berjam-jam.

Propolis memiliki fungsi utama sebagai obat, juga membantu koloni dari bakteri dan infeksi virus. Kenyataanya, sebelum ratu lebah bertelur, sel terlebih dahulu dibersihkan oleh lebah pekerja dan dilapisi dengan propolis, sehingga lingkungan sekitarnya untuk mengerami larva menjadi steril.

Propolis telah diteliti, dan ditemukan mengandung campuran:

  • 50 hingga 55 persen getah dan balsam
  • 30 persen getah lebah
  • 10 hingga 15 persen minyak alamai
  • 5 persen serbuk lebah
  • Bagian yang paling aktif dari getah ialah bioflavonoid, yang memungkinkan untuk mengontrol mikro-organisme serta membantu meningkatkan daya kekebalan tubuh pada manusia.

Cara kerja Bee Propolis berbeda dari produk lain yang dihasilkan lebah. Bee Propolis menunjang sistem kekebalan tubuh dan menghalangi infeksi virus, jamur dan parasit lain ke dalam tubuh. Dengan kata lain, bee propolis bekerja untuk membangun benteng pertahanan alami tubuh.

Keefektifan zat yang berkhasiat luar biasa ini bagi manusia telah terbukti melalui penelitian ilmiah di seluruh dunia. Bee Propolis berasal dari kata bee (lebah), Pro (sebelum), dan Polis (kota). Bee Propolis diartikan ”sebelum masuk sarang lebah”. Lebah menggunakan zat ini untuk melindungi sarangnya dari gangguan luar agar sarang yang berisi koloni larva lebah madu itu terlindung dari bahaya dan senantiasa steril.

Selama berabad-abad, lebah telah menggunakan Bee Propolis. Lebah membawa propolis ini ke dalam sarangnya, menambahkan sekresi mereka pada zat tersebut, serta menyebarkan zat yang telah diolah tersebut ke lekuk-lekuk di dalam sarang agar terlindung dari infeksi kuman dan bakteri.

Para ilmuwan telah mendapati bahwa propolis ini mengemban sifat-sifat antibiotik yang mengagumkan.Karena kemampuannya mematikan kuman, Bee Propolis membantu penyembuhan gangguan kesehatan yang disebabkan:

  • Infeksi mikroorganisme pada sistem pernapasan
  • Radang paru-paru basah
  • Pneumonia
  • Asma
  • Sngina
  • Sinusitis
  • TBC

Bee Propolis juga menunjukkan fungsi yang signifikan dalam menangani penyakit infeksi lainnya.

Kandungan Bee Propolis
Bee Propolis mengandung:

  • Zat besi
  • Vitamin B Kompleks yang aktif secara biologis
  • Pro-vitamin A,
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Asam amino
  • Mineral
  • Bermacam-macam bioflavonoid. Bioflavonoid merupakan senyawa alamiah yang ditemukan pada tumbuhan yang mengalami fotosintesa.

Hmm…ternyata benar benar mendatangkan banyak manfaat Madu dan propolis ini. Adakah kawans juga suka mengkonsumsi madu atau propolis? Mari berbagi pengalaman…..

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Lebah Penghasil sesuatu yang Menakjubkan “Propolis”

  1. Anggie says:

    Athar juga suka madu.. biasanya utk nambahin rasa utk jus -nya…🙂

  2. selamat pagi kinan & mama’nya… :
    semoga selalu sehat..

    seperti biasa, inilah tulisannya mama kinan, panjang, lengkap & komplitt plit plit.. saya suka itu, dan kalau kata iklan, saya akan bilang “like this yooo” hahaha…

    Ya begitulah madu yg dihasilkan lebah,, dari awalnya saja berasal dari sesuatu yang bagus, shingga hasilnya pun tentu akan bagus juga. dan kita pun sebagai manusia, disuruh untuk bisa seperti lebah.
    Lebah tidak akan mengganggu kita selama mereka tidak terganggu oleh kita.

    Kalau masalah mengkonsumsi, saya termasuk orang yang jarang mengkonsumsi madu, apalagi propolis mam..😀

  3. nique says:

    saya suka madu, 2 sendok setiap pagi dan 2 sendok menjelang tidur, kecuali lupa😀
    propolis sudah baca kehebatannya, tapi belum tau niy … minat sih, tapi … mikir juga sama harganya hehehe … saya beli madu super yg dari cibubur itu mba, ktnya udah paling bagus.
    harganya juga manteb😀 75rb/btl … tp harga propolis lebh manteb lagi. ada yg mo ngirimin testernya ga ya hahaha j/k

  4. rina says:

    kenal propolis udah lama juga dan memang khasiatnya luar biasa ya….. yuuuk di order… lhaaaaa malah numpang jualan..hehehe.. maapkeun… mama kinan semoga sehat selalu yaa.. salam sayang buat kk kinan dr dd kanaya

  5. honeylizious says:

    saya suka madu, tiap hari minum aer putih pake madu :))

  6. Dee Ayu says:

    Terima kasih mama Kinan.. nice info.. nanti klo pulang aku mau cari propolis ah..

  7. rumahniefha says:

    baru ajah mau posting tentang madu, Bun🙂

  8. mama hilsya says:

    aku juga minum propolis, mam.. meski rasanya pahit gimanaa gitu.. tapi telen aja

  9. Di rumah kami, propolis selalu ada lho, jeng, soalnya suami minum ini sehari 3 x 5 tetes, puji Tuhan usaha minum propolis ini diberkati, sakit fistula ani-nya semakin membaik🙂

    • o iya, karena seringnya beli propolis ini, aku jadi agennya lho jeng, bukan buat jualan sih tapi supaya bisa beli dengan harga yang lebih murah, hehehe… sejauh ini, konsumen kami ya cuma kami sendiri aja…hihihi

    • irawan gatot says:

      mba saya juga penderita fistula ani sudah tiga bulan’belum operasi’rasanya sangat menderita,terutama setiap habis bab rasa sakit dan bengkak,saat ini sedang coba propolis produk melilia dgn cara di colok kdlm dubur tiga kali sehari rasanya agak mending.tolong bagi rekan yg punya pengalaman mengobati fistula ani dg propolis hingga sembuh mohon kiranya bisa berbagi pengalaman kepada saya.saya sangat membutuhkan advis dan bantuannya.

  10. Ely Meyer says:

    wow … uraiannya komplit, baru tahu aku begitu banyak manfaaat madu , trims ya
    aku suka ngasih minuman wedang jahe yg dicampur dengan madu buat suamiku terutama kalau dia lagi nggak enak badan , atau lagi flu, mama mertuaku suka sarapan dengan roti yg diolesi madu, suka sekali🙂

  11. ainuq says:

    Kami mengkonsumsi madu, Mama Kinan….

    Soal propolis aku baru baca info komplitnya disini (thanks to you) sebelumnya cuma cerita dari orang aja….

  12. hajarabis says:

    i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa…

  13. the-netwerk says:

    nice🙂
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  14. madu memang menyehatkan, langsung diminum OK, dicampur minuman lain juga OK, dioleskan ke roti enak…

  15. Lyliana Thia says:

    Iya alhamdulillah ya mbak, anak jd jarang sakit… subhanallah khasiat dari apa yg ada di lebah ini.. begitu besar manfaatnya sampe ada suratnya di Al-Qur’an..

    semoga keluarga sehat selalu ya mbak..

    ohya, biasa beli propolis dimana mbak? aku msh cari2 yg jual propolis dgn harga yg lebih bersahabat.. hehehe… kabar2i ya mbak

  16. Artikel yang sangat bermanfaat
    kami sekeluarga telah merasakan manfaat propolis
    terimakasih

  17. riliarully says:

    yup. aku jg selalu sedia propolis n madu di rumah. karena kami selalu konsumsi.
    kl anak2 panas, kerasa bgt tuh kasi aja propolis alhamdulilah panasnya turun dan buat alergi kulit anak2ku jg aku pake propolis🙂 hehehe..bukan promosi loh ya (skalian promosi jg gpp deh maklum jualan jg hahaha..)

  18. i like this post very much…🙂

  19. Pingback: Manfaat dan Khasiat Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s