Antara Pesawat Sukhoi Superjet 100 & Brownies Kukus Ubi

Berharap bisa everyday one posting di blog..*rajin sekali emak yang satu ini yah……*asli kadang dengan menulis apa saja jadi obat tersendiri buat saya ….., pingin lah kayak kawan kawan blogger yang lainnya yang rajin posting paling tidak satu  postingan tiap hari nya, jadi nggak “angot angotan” postingnya… walah bahasa planet mana lagi yang dipake mama kinan ini..hehehe

Mau posting apa lagi yah???!!! mau posting tentang pesawat sukhoi buatan rusia yang hilang kemarin sore di seputar daerah Bogor???!! dan jadi perbincangan hangat antara saya dan ayah kinan tadi malam sampai jam setengah dua belasan??!!! * karena tentunya menarik bagi kami yang emang kerjanya di pabrik  manufacturing  avionic  alias memproduksi peralatan pesawat terbang yang mungkin salah satu product dari pabrik dimana kita bekerja ini  ada di install  didalam pesawat yang naas kemarin. Kalo ada yang warna oranye dan sedang dicari untuk investigasi lebih lanjut itu pasti product putra bangsa dari sini, walaupun label Made-In-nya pasti  dari negerinya pak dhe Obama. Eh tapi kalo ngebahas itu berat berat… kayaknya..enggak ah…enggak…saya mau yang santai santai kayak pantai biar pikirannya refreshing…baca dan denger ini itu secara technical dan dokumen2 tentang pabrik dari pagi hari ini…sudah sutrisno bo’..*baca stress yah..hehehe mbak vera pinjam istilah sutresno mu  ya  ….

Turut berduka cita atas musibah jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di daerah Gunung Salak, Bogor, semoga TIM SAR dimudahkan dalam evakuasi dan semoga ada penumpang yang bisa diselamatkan, turut merasakan sedih saat baca update di portal berita hari ini.  Semoga keluarga penumpang yang menjadi korban musibah ini tabah dan kuat dengan takdir Tuhan ini.

Besuk besuk aja kalo mau posting tentang ini….kalo ada waktu dan sempat…. Lalu posting apa…posting resep uji coba kue brownies di dapur emak kinan aja ahhhhhhhhhhh….*huahauahua….emak kinan masak????!!! emang bisa..apalagi bikin brownies??? Perbakingan gitu huahuahua….emang bisa????!!! jawabnya Mencoba kawans…jadi untuk “new bie”  saya rasa hasilnya lumayan lah….*hehehe menghibur diri sendiri…

Demi memenuhi hasrat *halah bahasanya..demi memenuhi keinginan untuk bisa bikin cemilan untuk kinan yang tampaknya mulai suka ngemil ngemil apa aja….mulai dari tiwul, getuk, wajik  dan lain lain kue  khas nusantara…*waduh ndeso banget yah makanannya kinan..hehehe…Kinan dari mulai Mpasi dah saya kenalkan dengan ubi ungu atau ubi kuning yang dikukus..makanan ndeso biarin nggak papa yah,…..sing penting gizi-nya seperti yang pernah saya tulis disini, *tentang nilai atau kandungan gizi untuk ubi ….. akhirnya memaksa saya harus belajar banyak untuk membuat cemilan..* catet kalo lagi rajin aja yah….kalo lagi nggak rajin yah beli aja yang dah jadi..*huh emak nggak konsisten yah…alias labil..ya gitulah sesempatnya….

kinan makan tiwul

Akhirnya ketemu Tiwul juga, dapat dari pasar baru Tanjung Uban, kinan juga mau makan tiwul🙂

Akhirnya pada suatu malam ketika terdengar wangsit *halah bilang aja bahannya udah lengkap bo’ hehehe…bahwa saya harus membuat dan mencoba resep dari umi-nya mas habib, gimana caranya membuat brownies kukus ubi manis yang telah dia share via mail kapan hari, dengan mengucap Bismillah  akhirnya terjadilah pembuatan kue didapur emak kinan…kok boleh emak kinan masak memasak malam hari sama kinan???, kalo kinan gak tidur siang jadi tidurnya pasti cepat setelah sholat magrib selesai prosesi ini itu jam setengah delapan biasanya dia akan minta bobo.

Ini dia bahan bahan yang diperlukan dari hasil searchingan uminya mas  habib, *kata beliaunya sih  dicomot dari tabloid  Koki……yuk mari kita intip copasan dari email yang dikirim waktu lalu;

Brownies Kukus Ubi Manis Ungu (resep aseli)
Tabloid Koki

Bahan:

Di kocok sampai kembang

Telur ayam 4 butir
Gula Pasir 300 gr –> dirkurangi jadi sekitar 200 gram sama emak kinan karena kata umi habib, kemanisan dengan resep asli ini

SP 1/2 sdt (ngak pake)–> emak kinan pake
Vanili bubuk 1/4 sdt (ngak pake)

Di cairkan
Margarin 225 gr —> pake blue band
Cokelat masak putih 100 gr
Telo/ Ubi ungu 250 gr, kukus, haluskan

 Di ayak;

Tepung terigu protein sedang 250 gr–> Pake merk segitiga dari bogasari
Susu bubuk 1 sdm
Baking powder 1 sdt

Kenari/almond 50 gr, iris tipis  –> emak kinan nggak  pake nggak ada stock
Pewarna makanan ungu secukupnya  –> emak kinan nggak  pake

Cara membuat:
1. Campur terigu, BP dan susu bubuk. Ayak diatas kom adonan, tambahkan ubi manis/telo ungu kukus. Sisihkan.
2. Campur cokelat masak putih dan margarin, tim hingga leleh, aduk rata. Angkat dan sisihkan.
3. Campur telur, gula, SP dan vanili. Kocok dengan mikser hingga mengembang.
4. Tuang campuran margarin, aduk dengan sendok kayu hingga rata, tambahkan pewarna ungu sesuai selera
5. Tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
6. Tuang adonan dalam loyang kotak 18x18x5cm bersemir margarin dan dialas kertas roti. Taburi atasnya dengan kenari/almond.
7. Panaskan panci pengukus, kukus hingga matang. Angkat dan keluarkan dari cetakan.
8. Potong sesuai selera. Sajikan.

Dan taraaaaaaaaaaaaaaaaaa…This is it …hasil dari emak kinan..lihat penampakannya yah…Akhirnya walhasil penampakannya seperti ini…dan alhamdulilah kinan suka..walaupun porsi besar yang menghabiskan tetap aja emak bapaknya ..hehehe, dibawa ke kantor untuk dilaporkan ke umi habib….evidence lah …hehehe

brownies kukus ubi manis 1

Penampakan brownies kukus ubi manis ala emak kinan

brownies kukus ubi manis

Awalnya sempat deseperado saat nungguin adonan yang sedang di kukus..sampai berkali kali dandangnya di kasih air lagi biar gak kering karena yang bagian tengah kok nggak mateng mateng….sutresno berat takut nggak jadi…yang pinggir dah ok jadi, dan aku potong dikit untuk di incip dan uji cobakan..ke ayah kinan..*soalnya ayah kinan dah pesimis dan memandang sebelah mata..emang yakin jadi katanya…jangan dikasihkan anaknya dulu…tambahnya……hua huahua..jadi malah semakin tertantang kan…menghina neh…istrinya yang sholeha ini gini gini juga bisa masak..nggak segitunya kali…sudah sering juga sukses bikin bolu pisang….eh setelah kejadian bikin brownies kukus ini, hari minggu kemarin praktek ganti pake pisang…browniesnya..eh gagallllllll..jadinya bukan brownies tapi dodol pisang..heueheuehue…..tapi enak juga sih benernya..buktinya habis…..hehehe padahal minta cepet2 dihabiskan biar nggak sutresno berado melihat  evidence kegagalan  bikin brownies pisang….heueheueheue

Jadi bagaimana?? Lagi lagi judul postingan dan isi postingan  sedikit aneh dan nggak nyambung yah hehehe…dari sukhoi kok terus resep brownies ujung ujungnya…..harusnya judulnya hanya seperti ini sahaja Resep Brownies Kukus Ubi Ungu Manis ala Mama Kinan….*hua hua hua…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Antara Pesawat Sukhoi Superjet 100 & Brownies Kukus Ubi

  1. dey says:

    resepnya boleh juga tuh dicoba .. atau mama Kinan mau kirim kue yang udah jadinya ?😀

  2. Vera says:

    Mauuuuuuu kuenyaaah

  3. alamendah says:

    Baca tentang sukhoinya bikin miris tapi baca tentang browniesnya bikin ngiler…

  4. ndutyke says:

    Ntr kalo otang-ku sudah ketemu ya. Akan aku coba. ….

    • ndutyke says:

      Eh ngapain pake otang yaaa…. Ini kan brokus😆 yaudah. Bisa pinjem dandang punya orang rumah deh. Smoga pas ukurannya.

      • hehehhehe otangnya ke tlingsut dimana mbak…eh iya ini kan kukus…wah mbak aku malah nggak punya otang, masih pingin beli dan dilema sama oven listrik…..yang murce punya cosmos, ..selama ini kalo baking yang di oven pake teflon serbaguna yang bisa dipake oven….*parah dan kreatif yah.hehehe…..

  5. Diandra says:

    ciiiieeee……
    mama Kinan masak eeeuuuyy….
    aq gak perlu resepnya mom
    kirimin yg udah jadi aja aah….
    hihihi…

    posting tiap hari…?
    weleh…weleh…kalau yg ini aq nyerah ah…

  6. Aiiihh…unyuuuu….hahahaha…coba dikirim ke aku, jeng, pasti langsung habis…hihihi

  7. Desi says:

    waah hasilnya jadi bagus juga, ada tekstur ungu2 dari ubinya itu. Jadi keliatan meriah. Pasti enak nih mom.. hihihi

  8. pepipepo says:

    Mom mau dooooong :9 enak nih jadi laperr hahaha

  9. BunDit says:

    Wah…brownies kukusnya bikin ngiler… heheheh jam 4 sore menjelang pulang emang perut mulai lapar hahahaha

  10. phithria says:

    Horree, browniesnya jadi walau lamaa…. dan enak (kan katanya habis dimakan…)🙂.
    apa kabar mba? lama juga tak saling bersilaturrahmi ya..semoga mba sekeluarga sehat walafiat yaa….🙂

  11. phithria says:

    walah postinganku kok ga muncul ya? udah nulis panjang lho…

  12. vera says:

    Mama Kinan, minta alamatnya ya, kirim ke pus_vera@yahoo.com. tengkyuh

  13. Bunda Samara says:

    met kenal mama Kinan🙂
    sebagai pecinta ungu saya suka banget dg bronkus ubi ungu nya, kalo adi di depan mata pasti udah saya lahap🙂

  14. Lidya says:

    kalau ubinya diganti jenis yang lain bisa bun? OOT saleskit sudah sampai belum bun?

  15. #tadi komen dibawah koq mesti permios dulu ya…apa gara2 ganti nama🙂

    wah tiwul ada juga tho, kemaren gak sempet wiskul dan gak bisa maen ke pasar jadi gak sempet beli tiwul, gesret, grontol, cenil dan sebagainya…cuma puas makan MENDOAN:mrgreen:

  16. naniknara says:

    telo ungu disini banyak, selama ini paling di kukus/rebus aja. kayaknya bisa di coba neh resepnya.

  17. abi_gilang says:

    Pasti judul brownis-nya brownis kukus sukhoi nyungsep:mrgreen:

  18. Zipora Maria says:

    Duh, mbak membuat saya semakin semangat mau belajar masak memasak terlebih buat anak hehehe. Apalagi brownies tuh salah satu makanan kesukaan saya :D… ngiler deh…

  19. tunsa says:

    yeeaayy… aku bisa aku bisa…. makan doang😀

  20. saya mau dibuatin dan dipaket ya🙂
    salam kenal🙂

  21. elsayellow says:

    meskipun makanan ndeso, tapi pasti rasanya uuuenak tenan ya Mbak… hehehehee

  22. ainuq says:

    Mbaaaa….pengen nyoba ah resep browniesnya #ijin nyontek ya, hehehe
    Mba Kinan pasti seneng banget dibikinin cemilan brownies ini sama mama ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s