33 Bulan

Alhamdullilah Ghina Artya Kinanthi, hari ini usianya,  2 tahun 9 bulan  10 hari  ( 33 bulan 10 hari ) wah nggak terasa tiga bulan lagi sudah menuju ke angka 3 tahun usianya. Nggak ada ucapan ulbul yah nak, soale telat postingnya, gak pas nulisnya, *emaknya rempong surempong… harusnya kan 20 May…yang penting doa mama selalu untukmu, semoga sehat selalu, tumbuh cerdas dan ceria, aktif dan berkembang motorik kasar dan halusnya sesuai usia-nya…*doa Ayah dan mama selalu untukmu.

Makin kesini kinan semakin banyak bertanya, dan menuntut penjelasan, dan mengejar, kenapa, kenapa … seterusnya.. Misal, pas emaknya sakit kemarin, dikasih tahu untuk main sama ayahnya aja ;

Me: “ Adek main sama ayah aja ya?”

Kinan: “kenapa kok main sama ayah?”

Me: “Mama lagi sakit”

Kinan: “Kenapa kok sakit”

Me: “Pinggangnya sakit”

Kinan: “Kenapa kok pinggangnya sakit”….

heueheuheueheu..seperti itulah kira kira gambaran pertanyaannya yang beruntun dan mengulang dari penjelasan kita untuk hal hal lainnya………..sabar sabar…semakin bertanya harusnya semakin kita kembangkan dan bagus berarti daya nalarnya dan rasa ingin tahunya besar dan berkembang …*tapi jujur kacang ijo kadang emaknya ini nggak sabaran…heueheuheue….

Pertanyaan pertanyaan kritis kinan yang  kadang males susah dijawab sama emaknya…*bagian menjawab ayah aja yang jelasin…emaknya males  susah mencari jawaban yang tepat dan  berteori yang bener daripada dijawab sotoy  dan nempel meleket di ingatannya kan bisa berabe…mending lempar sama ayahnya aja yang lebih sabar dalam penjelasan..:) horeeeeeeeee….

 Ini dia list beberapa pertanyaan yang sempat terekam, dalam ingatan saya dari kinan;

 “Mama,kenapa kok matahali tenggelam?”

“Kenapa kok malam?”

“Adek nggak mau malam!” , walah nduk..nduk ono ono bae..

duh ini yang susah ngejelasinnya…huahua.., karena mungkin bayangannya malam itu identik dengan sesuatu yang dipaksakan setiap harinya oleh emaknya… gosok gigi, kekamar mandi untuk pipis, biar tengah malam nggak meraung raung minta pipis dengan kondisi ngantuk dan marah, terus  ganti baju tidur terus ketempat tidur..mungkin itu yang tidak disukainya…maunya mainan terus…kalo diturutin bisa sampai jam 11 an mungkin..jadi disiplin dari dini soalnya kita juga harus bangun pagi, nggak boleh lewat dari jam 10.30! Kalo terpaksa, matikan semua lampu dan televisi biar mau ke kamar.

Suatu hari nggak mau diajak pulang saat jalan jalan puter puter tanjung uban tercintah.., maunya jalan jalan terus, nggak mau pulang, akhirnya sedikit dipaksa pulang, sampai ditengah jalan tiba tiba nyeletuk “Adek mau kue”..walah jam setengah sepuluhan gitu mana ada toko kue diuban ini, untung ada pisang keju yang masih buka, kita belikan, dan apa katanya ditengah jalan…”Adek mau pulang telus tidul”…wak melongo kita dibuatnya…lho terus kuenya..katanya tadi janji mau dimakan, enggak adik mau cuci tangan, ganti baju telus tidul, besuk aja kalo udah ada matahali kuenya  dimakan” wakkkkkkkkkkkkk….*sabar sabar sabar….paringono sabar…begini ini kali yah kalo lagi usia usia menuju tiga tahun…..

Pertanyaan kalo cuaca mendung

“Mama mendung, mau hujan tuh!”…

*walah nduk belom tentu juga lho ada lagu yang judulnya “Mendung tak Berarti hujan”..huahuahau…*emaknya labil nggak jelas jawabannya…

“Kenapa kok ada petil (maksudnya petir)?”…waduh…langsung panggil “Ayahhhhhhhhh…..kenapa yah kok ada petir??”…emaknya santai dulu biar ayahnya yang jelasin hehehe….orang tek fis kebangetan kalo nggak bisa jelasin logika ada petir….*walah ada hubungannya nggak seh???huauahuahau…

Lalu tiba tiba suatu hari dihari minggu, tiba tiba aja tuh anak nyletuk saat main main didepan tivi,dengan bertanya seperti ini;

“Mama sudah pernah menikah??” wakkkkkkkkkkkkkkk Ayahhhhh….coba jelasin yah…!!!

Karena ada cerita Sali yang belajar berpuasa di buku Halo Balita, dan sering kita bacakan suatu hari tiba tiba aja kinan bertanya kepada ayahnya; “Ayah, Puasa itu apa sih?”…terus ditambahin lagi setelah dapat penjelasan dari ayahnya “Adek mau Puasa”….huaaaaaaaaaaa….syukur nanyanya sama ayahnya..*emaknya kipas kipas dulu ah…ngaso ngaso….hehehhe

Simak percakapan kinan sama Atungnya lewat telp:

 Ceritanya kinan lagi  telp atungnya, terus cerita soal buku cerita “jerapahnya”,

 Atung : bertanya, “Nduk, kalo jerapah makanannya apa?? Apa makan nasi ya??”

 Itulah  pertanyaan atungnya, kemudian  apa jawaban kinan

Kinan:  “ bukan mbah atung, jerapah itu makanannya lumput, kan dia helbivola”….*herbivora maksudnya….huahuahua…

Ngakaklah utinya yang mendengarkan,dan memberikan laporan sore harinya kepada saya…hmm rupanya saat dibacakan buku sebelum tidur itu masuk juga kedalam pikirannya. Saya berpikirnya awalnya masak sih nieh anak ngeh dibacain buku saat malam yang sifatnya berat berat gitu..misalnya tentang jerapah yang hervibora, singa yang karnivora…, udah ngantuk ngantuk gitu…dan nyandu banget gitu…lagi dan lagi…sampai ayahnya atau saya kadang nyerah…kadang 4 buku Halo balita nambah lagi dengan buku cerita lainnya…*subhanallah….nggak mau berhenti sementara yang tua ini dah ngantuk berat minta dibacakan terus kalo dah kayak gini biasanya kita keluar jurus, makanya adek belajar baca yah biar bisa baca buku cerita sendiri, apa jawabannya? “Enggak mau, adek mau dibacain mama sama ayah aja! ” Gubrakkkkkkkkkkkk…..

Hikmah yang saya ambil, ternyata bener banget kata para ahli dalam artikel artikelnya itu..bacakanlah buku untuk calon baby atau pada baby yang masih kecil sekalipun, karena dia mendengarkan dan merespon.., dengan rajin membacakan buku untuk anak anak kita jadi jendela ilmu pengetahuan dan mengasah rasa keingin tahuannya, untuk mengembangkan pikiran dan bertanya, ini dan itu..*waduh ini emang bahasa-nya ng-iklan banget…asli!!! boleh baca juga postingan saya tentang aktifitas kinan dengan buku ini disini.

kinan-dan-buku-halo-balita1

kinan dan buku halo balita

Sekalian promosi makanya, bagi yang berminat membeli buku buku berkualitas  produk Unggulan Mizan Dian Semesta seperti misalnya  Halo Balita, Ensiklopedia Bocah Muslim, Nabiku Idolaku..dan masih banyak yang lainnya bisa menghubungi saya, bisa dengan sistem mencicil atau bisa juga arisan lho..Investasi ilmu yang tak ternilai untuk putra putri tercinta…mengingat harganya yang mungkin terlihat besar per paket kerena tidak dijual satuan…makanya dijembatani bisa dengan mencicil dan juga dengan sistem arisan…*tapi saya rasa cucok dan pas lah dengan harganya, …karena kualitasnya oke, lengkap dan bermanfaat…..wah emak kinan promosi dan jualan neh..hehehe iya nyambi nyangkul jualan buku sekarang…🙂 Ayo ayo mari mari pesan……dipilih dipilih…

Dapat hadiah  Pas Ulbul

Tanggal 19 May 2012, sepulang dari jalan jalan pagi bersama kinan,terus sarapan setelah itu kita menuju pantai, nagih terus kinan..ya udah berenang renang…pas banget lagi pasang lautnya cantik…,

kinan at beach on 19 May 2012

Kinan bermain di pantai Pulau Putus @ 19 May 2012

Pulangnya  dari pantai ada kiriman dari kawan blogger, mbak Vera di Bekasi.

gift from malaysia send by mama azka

Hadiah goodie bag dari mamanya kak allisha dan kak Azka

”Indahnya blogging” punya banyak kawan dan jalinan silahturahim, alhamdulilah dapat kiriman paket Goodie bag dari mbak vera, mama-nya kak Azka dan kak Allisha yang ada dirumah ini. Alhamdulillah, Jazakillah mbak vera, selamat ulang tahun untuk mbak vera, dan kak allisha semoga sehat selalu, panjang umur, murah rejeki, dikabulkan semua doa dan keinginan, serta bahagia bersama keluarga tercinta..:) Semoga allah senantiasa memberikan limpahan rahmat dan kasih sayangnya  serta membalas kebaikan mbak vera.

Serba Malaysia yang kinan dapat, alhamdulilah…terimakasih banyak mbak vera, oleh olehnya dulu dari mbak vera, dan insyaallah semoga kelak kita bisa jalan jalan kesana bersama keluarga, melihat langsung pabrik coklat berrylnya…terus ke menara petronas-nya…*amien insyallah oneday….Karena tertidur dalam perjalanan pulang dari pantai, akhirnya paket itu baru dibuka setelah kinan bangun tidur.

kinan dan goodie bag

kinan dan goodie bag

in action dengan hadiahIni dia penampakan kinan dengan goodie bag dari kak allisha…begaya pingin gantungan kunci dari malaysinya jadi anting, “Mama adek pinging anting kayak gini”  sambil nunjukin anting yang kecil katanya lagi “ Anting adik yang ini udah kecil, sempit”…walah walah….ono ono bae….ketawalah Uti-nya dan saya…

in action sama anting gantungan kunci

Kinan in action sama anting dari gantungan kunci

Overall, alhamdulilah perkembangan kinan di usianya yang ke 33 bulan ini menggembirakan, sebenarnya ada juga yang menurut saya perlu evaluasi dan direview..sering “tantrum” juga…dan juga kekhawatiran kita  soal sosialisasi nya…dan juga hobbynya nonton kartun …disney junior  addict banget…mungkin lain kali akan direview di postingan berikutnya.

Bertambahnya Usiamu nduk , semoga semakin membuat mama dan ayah  semakin banyak belajar tentang parenting,  dan juga belajar tentang kehidupan dari hal hal kecil yang kita lakukan, belajar tentang kesabaran, dan lain lain, yang pastinya pada intinya adalah belajar jadi orangtua yang baik dan semakin lebih baik lagi, menjalankan Amanah dari Allah Swt untuk menjaga, merawat dan mengasuh dirimu menjadi  anak yang insyallah Shaliha *amien ya robalalamin…

Note untuk anakku kinan: *maafkan mama yah nduk, mama sering nggak sabar….sering ada drama saat melihatmu “Tantrum”…semoga kedepannya mama lebih sabar dan sabar lagi…..i love you,  I love you nduk…!

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

32 Responses to 33 Bulan

  1. rina says:

    buku halo balitanya samaan tu sama Kanaya, bikin cerdas anak2 deh pokoke…. *iklan terselubung hehehe

  2. Halo Kinan! Selamat ulang bulan ke 33 yaaa….bentar lagi genap 3 tahun nih.

    Kinan tambah pinterrrr…makin kritis ya mam, dan memang anak makin kritis makin bikin kita harus banyak belajar dan belajar..

    Moga makin gede, tantrumnya makin berkurang ya mam🙂

  3. alamendah says:

    Dede Kinan makin cantik dan makin pintar saja. Ayah Bundanya musti siap-siap dan banyak belajar untuk meladeni segala rasa ingin tahunya, ki…

  4. ainuq says:

    Mba kinan….met ulbul yaaa….alhamdulillah, membaca ceritaya Mba Kinan makin pinter banget ya….semoga makin cerdas,amiiiinnn.

    Aduh Mba,iya ya, pertanyaan Kinan sungguh sulit untuk dijawab dengan bahasa yang mudah dia fahami. Apalagi soal menikah itu,hehehe…. Hebatudah tau herbivora,dari baca buku atau nonton Mba….

  5. wah anaknya lucu dan pintar nih.. susah susah banget pertanyaannya, saya bisa kesulitan tuh menjawab pertanyaan seperti itu… hahahaha…

  6. naniknara says:

    Kinan… antingnya gede amat, nggak berat tuh?

  7. ichaawe says:

    makin manis euy dedek Kinan. Btw..aku dah denger lama itu tentang kerennya buku hallo balita. Itu ada yang edisi bahasa Inggris ga ya mbak? Pengen beliin buat Nadine

    • ada mbak yang edisi basa inggrisnya…satu buku judulnya Halo Kids..satu buku besar gitu..itu dulu bonusnya waktu beli buku Halo balita yang bahasa indonesia,coba nanti saya tanyakan soal Halo kid ini satu buku besar itu apa bisa dijual satuan..atau memang ada yang edisi bahasa inggris…
      nanti saya email sekalian photonya..*haduh serasa jualan banget yah saya ini..hehehe…

  8. Zipora Maria says:

    Halo mbak Kinan, happy birthday ya
    Terharu deh melihat perkembangan Kinan *sambil ngebayangin gedenya Amanda*
    Semoga tambah pinter, sehat selalu dan senantiasa menjadi kesukaan di tengah keluarga. Amin

  9. Vera says:

    Subhanalloh…kinan, ceriwis dan makin pinteeerrr, kritis di usianya yg blom 3 taun, amazing….met ulbul ya sayang, moga sehat terus dan jd anak sholeha. Aamiin.

    Mama kinan, makasi banyak ya novelnya, suka banged🙂

  10. Madjongke says:

    Hehehe, Cantik ya. Kalau nanti dah gede pasti lebihcantik lagi.

  11. ndutyke says:

    qiqiqi, lucu ya tingkah polahnya anak-anak.
    tp yg ‘herbivora’ tuh epic banget dah! anak SD aja blom tentu tau herbivora, karnivora, omnivora tuh apaan😀

    pemakan segala tuh apaan sih? omnivora ya? ya soalnya aku ini pemakan segala. sayur, daging, nasi, bandwith, pulsa, dsb dll dst😀

    • Walah mbak paling kinan juga karena apalan aja ngertinya, jerapah itu herbivora karena makan rumput, daun dan buah aja..hehehe kalo ditanya macem macam juga nggak bakalan ngerti..hehehe…biasa lah masih apalan berdasarkanapa yang dikasih tahu itu yang nempel..hehehe…saya juga termasuk pemakan segala neh…hehehe tos dulu

  12. Ely Meyer says:

    bentar lagi mau ultah ke 3 ya

    pinjam donk anting anting😛

  13. nh18 says:

    Semoga Kinan sehat-sehat selalu …
    Dari pertanyaan-pertanyaan yang kinan ajukan … saya pribadi melihat Kinan anak yang cerdas …

    Dan saya setuju sekali bahwa minat membaca dan cinta buku ,.. harus kita tanamkan sejak awal …

    Salam saya Mama Kinan

  14. mama hilsya says:

    wah.. udah tambah gede ya Kinan.. jadi makin lucu lihat polahnya..
    nanti ketemu Budhe eh..ups Tante lagi lho yaaa….

    • iya budhe..eh tante ding..nanti pingin ketemu ama kak hilwa dan mas syafiq..pingin banget….rencananya semoga tahun ini, eh budenya eh tante ding..malah sedang disono….semoga insyallah kelak ketemu lagi …

  15. Lidya says:

    Mama kinan apa kabar? maaf ya baru bisa berkunjung lagi. Kinan udah besar ya, kapan mau main ke bekasi?🙂

  16. BunDit says:

    Happy Ulbul Kinan. Wah makin pinter dan makin kritis nih. Semoga selalu sehat dan makin membanggakan mama dan ayh ya.🙂

  17. enno-mama fira says:

    Wah, tambah pinter aja ya Kinan… udah ngerti “helbivola” segala…. heheheheheheheh …..
    Selamat ulang bulan Kinan, tambah cerdas n tetep cantik yaaaaa

  18. Orin says:

    Iiih…lucu bgt pose Kinan di pantai, cantiiiiiikkkk *pgn njiwel2* hihihihihi

  19. Diandra says:

    Kinaaaaan….
    selamat ulang bulan yaaa….
    *walaupun telat abis*

    hihihi….Kinan lagi seneng bikin speechles mama yaa….?

  20. riliarully says:

    Met ulbul kinan sayang..
    Btw aku bingung ..rambut Kinan sbnrnya panjang apa pendek ya? hehe
    Mam coba beki buku ttg peristiwa alam..anak2 bs lbh ngerti knp ada siang malam,petir hujan dll..bhs yg sederhana untuk anak2 plus gambar2 pasti kinan suka

  21. Yunda Hamasah says:

    Anak perempuan banget ya, pengen antingan segede gantungan kunci, ada2 aja ya Kinan🙂

    Tantrum pada anak seusia Kinan masih dalam batas kewajaran, semoga kedepan bisa dimanagement dengan bantuan Mama dan Ayah yang penuh cinta …

  22. maaamm, apa kabar?? semoga selalu sehat yaahh bersma keluarga tercinta.
    lama tak menyapa, hiks..hiks..

    pokoknya yg penting adek Kinan sehat selalu lah..
    segitu dulu aja deh mam…😀

  23. wah makin lucu aja,,,gemesssss,,ya mbak…

  24. lucunya pas pake anting2…. semoga selalu diberikan kesehatan buat kinan…dan menjadi anak yg berbakti pada orang tuanya kelak kemudian.

  25. Pingback: Jalan-Jalan Kuala Lumpur 3 May 2013 | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s