Update diusia 34 – 35 Bulan

Alhamdulilah, bisa bertemu dengan bulan Ramadhan lagi…Terimakasih ya Allah, bagi keluarga kecil kami ini ramadhan keempat sejak kehadiran kinan. Kinan lahir 20 Agustus 2 hari sebelum masuk bulan Ramadhan pada tahun 2009 lalu. Saat ini alhamdulilah usia kinan 35 bulan lebih 2 hari. Kinan puasa atau belajar berpuasa?? Tentu belum ya, kami masih dalam tahap mengenalkan apa itu ibadah puasa, kenapa mama dan ayah nggak makan dan minum? kenapa ayah sholat tarawih ke masjid? kenapa makannya nunggu magrib, kurang lebihnya seperti itu. Lebih mudah juga menjelaskan tentang puasa ini dengan  buku cerita yang kinan miliki yaitu serial Halo Balita, ini resensinya;

serial halo balita aku belajar  Puasa

Aku Belajar Puasa

Tujuan : Melatih dan mempersiapkan anak untuk dapat berpuasa.

Isi :

  • Anak mau belajar puasa
  • Anak senang melakukan puasa
  • Anak memahami arti sederhana dari puasa

Resensi :

Sali sedang berlatih puasa. Ketika sholat dhuhur, Sali tertidur ketika sedang sujud. Lucu sekali melihat gambar Sali yang tertidur sambil sujud yang kemudian karena Mio keheranan lalu menarik-narik Sali. Ketika bangun ternyata sudah masuk Ashar, dan akhirnya Sali bisa puasa penuh.

Ayo monggo bagi yang berminat membeli buku serial balita bisa menghubungi saya, monggo monggo kalo mau tahu informasinya silahkan email atau koment nanti saya kirimkan rinciannya, bisa juga beli dengan nyicil atau arisan lho…Haduh judulnya jadi numpang jualan juga yah….hehehe..

Balik lagi soal kinan,*harusnya ditulis di jurnal kinan yang ada disini yah, tapi ternyata sodara sodara memelihara banyak blog itu nggak gampang, satu aja jarang jarang posting apalagi dua…atau lebih..hiks..salut buat  pak dhe cholik dan kawan kawan lainnya yang bisa punya banyak blog dan beranakpinak dan diupdate dengan posting yang keren keren. Bulan Juni lalu, saat kinan berusia 34 bulan lalu saja saya tidak sempat mendokumentasikan perkembangan kinan karena kerempongan disana sini. Jadi sekalian aja dirapel dengan catatannya untuk yang bulan 35 dibulan July ini. * wah kurang lebih sebulan lagi nieh countdown to 3 years old untuk kinan.

Alhamdulilah kinan sudah semakin besar dan lebih mudah untuk diberi pengertian. Tahun ajaran baru ini kami sepakat memasukkan kinan ke PAUD yang letaknya kurang lebih 2 kilometeran dari rumah, setelah sana sini dengan pertimbangan ini itu kami akhirnya memilih sekolah informal atau PAUD ini dengan berbagai alasan. Insyallah akan disimpan dalam postingan berbeda nanti biar lebih fokus dan kelak jadi pengingat untuk kami tentang sekolah pertama kinan walaupun sifatnya masih informal.

Daya ingat dan perkembangan bahasanya alhamdulilah berkembang, makin ceriwis dan suka bercerita ini itu. Masih sangat suka mainan masak masakan dengan alat alat perdapuran yang pernah saya belikan atau kadang malah suka banget pinjam alat alat dapur mamanya..misal ulekan kayu, yang akhirnya  malah diklaim jadi miliknya. Bisa juga kadang main masak masakan dengan tepung atau kadang mainan cetak cetakan dengan playdoh atau lilin plastisinnya dengan berbagai macam bentuk. Sempat membelikan cetakan lilin/playdoh yang lucu lucu beberapa bulan lalu di edukid batam.

Alhamdulilah diusianya saat ini kinan tidak terlalu banyak tantrum seperti bulan bulan kemarin, hanya sekarang lebih ekspresif kalo ngambek, biasanya kalo marah dia akan bilang ” Adek marah sekali” ini mungkin niru emaknya kalo suka bilang “mama marah kalo gini gini” maksudnya biar lebih komunikatif dan kinan mengerti eh malah sekarang kata kata itu ditirukan. Kalo marah atau ngambek langsung lari ke kamar terus tutup pintunya, untungnya tidak ada kunci yang digantung untuk kinan bisa bermain dengan kunci saat ngambek, takutnya nanti malah terkunci  dan susah membukanya. Atau kadang akan tidur dikasur sambil menutupi diri dengan bed cover sambil bilang “adek marah”. hehehe…tapi kalo ditanya sesuatu tetap  mejawab walaupun judulnya sambil marah, jadi cepet bisa dialihkan marahnya kalo ketemu percakapan dengan topik yang membuatnya senang.

Suka menanyakan bahasa inggrisnya kalo dia belum mengerti atau begitu pula sebaliknya saat ada bahasa inggris yang dia pingin mengerti artinya misalnya kapan hari kata utinya tiba tiba bertanya ” Mbah Uti, Enjoy itu apa altinya”, dampak dari nonton film kartun di disney junior yang kadang beberapa film kartun menggunakan bahasa inggris. Gemar sekali bilang “What are you doing?” dengan bahasa cedalnya ke saya, ayahnya atau utinya…*hehehe kayak ngerti aja apa artinya itu nduk nduk.. atau kadang menyanyikan soundtrack film kartun didisney junior yang berbahasa inggris dengan lafalnya yang sebisanya yang menurut saya yo kok ya pas gitu  nada dan lafal bahasa inggrisnya yang lumayan nggak medok kayak saya..*ayo nduk, jangan nurun mama bahasa ingrisnya yah…. hehehe…

Sudah mulai suka bermain dengan kawan kawannya, pastinya tetap dirumah, jadi kawan kawannya yang datang kerumah. Kalo keluar rumah atau main kerumah kawan atau sekedar dijalan depan rumah dengan kawan kawannya masih kurang begitu suka. Yo wislah setidaknya terbukti bahwa kinan mampu juga bersosialisasi dengan kawan kawannya dengan baik. Malah bagus kalo nggak suka “nonggo” atau langganan bermain kerumah tetangga…:)

karpet evamat

Bermain dengan kak anggie dan kak ayu membuat kotak dari evamat

Makin gemar bermain karpet evamat, yang pingin dibentuk rumah rumahan atau bentuk yang lainnya. Tapi sayang puzzle evamatnya nggak mau dipasang lengkap, jadi kesannya jadi bolong bolong. Hampir setiap pagi pas emaknya lagi masak, untuk mengalihkan perhatian supaya boleh mamanya masak, biasanya ayahnya mengajak bermain membuat rumah rumahan dari karpet puzzle evamat ini.

evamatevamat puzzleSuka main gunting mengunting,  mewarnai, main sepeda dan juga main mobil mobilan. Suatu saat, saat mengajarinya tentang mewarnai ini saya dan utinya suka bilang jangan keluar dari garis yah mewarnainya, tiba tiba suatu saat dia nyletuk saat bermain mewarnai sama utinya ” Mbah uti, kalo mewarnai itu nggak boleh keluar dari garis lho mbah” hehehe malah pura pura mengajari mbah utinya sekarang🙂 ini dia penampakan kinan saat mewarnai, mewarnai sambil main sepedapun oke jadinya hehehe..

bermain sepeda dan mewarnaiGunting menggunting, “Mama mana gunting adek” sejak lama saya belikan gunting secure di toko buku Gramedia tapi sebelumnya belum begitu bisa dan sempurna  dan belum begitu kuat tangan mungilnya dalam menggerakan jari tangannya untuk menggunting baru beberapa bulan ini lebih bagus dan bisa menggunting. Kinan ngerti banget tidak pernah meminta gunting tajam yang dipake mama atau Utinya, katanya nanti kalo udah gede adek boleh pake itu..syukurlah mengerti tapi tetap hati hati juga dalam menyimpan dan meletakkan gunting yang tajam untuk orang dewasa ini, namanya juga anak anak takut tiba tiba rasa ingin tahunya mendorongnya untuk tiba tiba menggunakannya.

bermain gunting secure dan perkakas

Bermain gunting secure dan perkakas

Selain itu kinan juga suka banget main kasir kasiran, pura puranya selalu dengan laptop mainannya didepan meja sambil mengambil barang lalu mengetikkan sesuatu dilaptopnya. Kemarin pas ke matahari batam sempat ngecheck harga mainan kasir kasiran 200 ribu rupiah, tunggu dulu yah nduk, nanti dulu…jadi ingat dengan pasar gembrong dijakarta timur, tempat kulakan atau grosiran mainan lucu lucu,dulu saat ngajar pernah ada mainan kasir kasiran yang dibeli lebih murah di pasar gembrong, harganya pastinya jauh dari dimatahari hehehe. Kinan juga senang ikut berbelanja diwarung deket rumah, waktu diajak belanja kewarung tetangga melihat kalkulator yang dipake ibu penjual kinan suka nyletuk, mama nanti belikan adek kayak gitu yah dirumah punya mama udah rusak. hehehe ono ono bae…iya  insyallah nanti dibelikan “kalkulator cabe”  yang besar itu yah nduk..hehehe

main kasir kasiran dengan laptop kecilnya

Suka minta dibelikan majalah bobo, tidak setiap hari kamis atau langganan sih, ya seingatnya kinan aja maunya, atau semaunya emaknya kalo kadang ada bonus dan banyak hadiahnya aja, hehee lumayan dulu pernah dapat CD games bobo yang ternyata didalamnya lumayan untuk kinan main game ada game kartu yang disukainya dan sudah lumayan sudah bisa mainnya dan sudah semakin mahir menggunakan mouse. Saya lebih banyak membelikan yang bobo junior yang untuk toddler banyak aktifitasnya, tapi sedikit cerita pendeknya.  Seperti ini aktifitas yang kami buat dari majalah bobo junior, membuat topi musik..kinan suka sekali kami membuat topi lucu ini.

aktifitas dari bobo junior "topi musik"

Bermain game Bobo dan  bermain warna dengan krayon

Bermain game Bobo dan bermain warna dengan krayon

Kapan hari saat berbelanja di carrefour untuk mengambil hadiah voucher menang kuis dari bunda carrefour sempat membelikan buku aktifitas yang murah banget hasil obral kerjasama carrefour dan gramedia, menyenangkan bisa membuatkan buku pop up bersama dengan kinan. Kinan seneng banget dengan aktifitas ini, ikutan gunting menggunting walaupun akhirnya suka bilang “adek nggak bisa gunting, mama aja”

 buku pop up   cerita rabbitSoal Tayangan kartun di TV, sudah lumayan mending dari review yang dibaca baca dan dari komentar kawan kawan dari tulisan yang pernah saya buat disini, rasanya kinan masih dalam batas kewajaran soal menonton televisi ini. Masih banyak aktifitas yang lain dia lakukan..main masak masakan,mainan boneka, sepeda dan lain sebagainya…tapi dengan kondisi TV disney junior masih menyala, at least nggak hanya duduk depan TV, kinan beraktifitas dengan tv menyala, kalo dimatikan suka tidak boleh, jadi menunggu mood atau diajak mengobrol untuk mematikannya. Tapi untungnya channel disney junior ini masih aman dan penggunaan bahasanya yang disulih kedalam bahasa indonesia lumayan sangat santun. Malah saya lihat masih lebih baik dari  sulih bahasa yang digunakan dari kartun seperti “sponge bob”  dan lain sebaginya di channel lain. Setelah Jake and the Neverland Pirates, sekarang sudah mulai bosen dan beralih ke kartun cerita dokter cilik untuk mainan “Doc McStuffins”….suka menyanyikan liriknya dan begitu menyukai tokoh Doc ini, sampai pura pura main dokter dokteran dengan alat dokter dokteran mainannya🙂.

doc mcstuffins

Kartun favoritnya saat ini, karena banyak juga lagu nya di tiap episode

CD barney masih minta diputerin walaupun nggak mania, sempat terkalahkan sama cerita kancil, kita sempat membelikannya 2 CD lagi saat  digramedia bulan lalu, lumayan juga nilai nilai budi pekertinya, walaupun kadang kadang ada penggunaan bahasanya yang sedikit agak kasar misal pemakaian kata kata “bodoh” dan beberapa lainnya…pas nonton kita kasih pengertian…berpose dengan kaos dan boneka barney sambil nonton CD dipagi hari bangun tidur.

berphoto dengan kaos barney

Masih cinta Barney juga diusianya yang mau ke 3 tahun ini🙂

Perkembangan lainnya tentang berhitung dan alphabet, sudah sangat lumayan daripada bulan bulan lalu, berhitung sampai 1-10 sudah hapal, sedangkan angka 11 sampai ke 20, sudah mulai sedikit hapal, setelah limabelas suka lupa dan ketukar …ABC secara visual sudah mulai hapal dan mulai mau belajar menulis A, I,U, E, O. Saya terus terang dapat teguran dari ayah kinan soal ini, karena saking semangatnya saya ingin mengajarkan kinan alphabet ini karena mungkin kelihatannya anaknya ogah ogahan dan saya sedikit banyak tetap mengarahkannya kesana, ” Ma, jangan terlalu fokus, biarkan dia bermain dan berkembang soal alphabet ini tanpa paksaan”. ayah kinan sampai sempat memforward saya artikel menarik tentang “Multiple Intelligences” atau “Kecerdasan Majemuk” yang bisa dibaca di link ini, ya saya sudah tahu itu dari dulu, karena saya banyak buku soal itu…gimana enggak wong saya dulu juga mantan pengajar, hiks..maafin mama yah nduk,akhirnya…slow aja….ngikutin anaknya…kalo mau yo ayo, kinan ini mood moodan banget…dan cepat bosan, sekarang kalo lagi mau ya ayo, kalo enggak yo nggak usah diteruskan..misal mainan gunting guntingan, dan menempelkan huruf seperti ini…atau menempelkan huruf huruf alphabet bermagnet di pintu kulkas, dan hasilnya alhamdulilah sedikit demi sedikit mulai hapal…memang segala sesuatunya berproses…kinan yang saya kira nggak tertarik dengan alpabet ternyata sebenernya dia menyimak, tapi kalo sedikit dipaksa dia bakalan nggak  mau melakukannya…:) bagian ini kayaknya nurun dari emaknya, wong aku dulu SD kelas satu saja dikte  dan membaca aja belom bisa…jujur banyak mainnya jaman kecil saya dulu, baru kelas tiga SD mulai berprestasi..*jiah walaupun hanya tingkat kampung dan kecamatan…bagi saya sudah sangat membanggakan🙂

Perkembangan fisik kinan kalo berat masih dikisaran 13 kg an…susah naiknya, tingginya 92 cm beberapa minggu lalu saat mengukur. Makannya masih susah susah gampang..ya gitulah…beberapa hari lalu suka sekali cemilan biskuit Malkist roma atau crackers keju di celup ke teh…dapat ide dari melihat kartun di Baby TV, katanya kayak di baby tv makan biskuit pake teh..weleh weleh…terus suka keju sekali..nggak kayak emak dan ayahnya yang nggak begitu doyan, yang chedar itu kadang nggak sabaran nggak mau diparut dimakan aja langsung seperti ini, heueheuehue

balita suka keju

Kadang saya kok merasa kinan lebih cenderung lebih dikecerdasan bahasanya daripada kecerdasan logika matematika, kayak emaknya …daripada kayak ayahnya…tapi nggak tahu juga yah….saya hanya berupaya menggali dan menstimulus semaksimal mungkin yang kami mampu, sesuai kemampuan kami dengan banyak keterbatasan di pulau kecil ini. Apapun itu, ayah dan mama selalu menyayangi kinan dengan sepenuh hati.

Wah nulisnya sambil nunggu sahur sampai abis sholat subuh, terus pulang belanja dari pasar, bersih bersih, mandiin dan nyuapin kinan sarapan *maklum kinan gak puasa, lalu lanjut nemanin kinan nonton kartun dan main, sambil ketik ketik, aslinya nguantuk banget tapi nggak boleh tidur sama kinan…jadi yo wis nerusin edit photo dan nulis nulis update kinan ini,kalo dibaca sama bunda hilsya pasti akan berkomentar *emak kinan tergolong dalam golongan emak emak sejati…hehehe.. jiah benarkah…:)….iya neh biar tetap semangat dibulan puasa, ibadah jalan…mendokumentasikan tulisan  update kinan di blog tetap jalan…*maklum emaknya pelupa kalo nggak ditulis atau didokumentasikan seperti ini.

Hua…masih jam 11.28 AM jam dikomputer…duh enaknya tidur…kan tidur kalo bulan puasa ramadhan kayak gini termasuk ibadah….ayoo nduk tidur nyuk.nggak bakalan mau anaknya masih lari kesana kesini main main…heuehuehue…..

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Update diusia 34 – 35 Bulan

  1. zasseka says:

    wah.. melihat anaknya, seperti nya anak yang kreatif sekali…🙂

  2. Sukaa..liat yang karpet2 evamat itu! Punya Raja di rumah palingan cuma digelar aja, tapi liat ini jadi pengen ikutan juga dibikin rumah2an gitu, hehehe….

    Kinan senyumnya manis sekali dan udah tambah pintar yaaa…. Soal menggunting, Kinan hebat deh, Raja baru2 ini aja tuh semangat mengguntingnya, tapi sekarang memang sudah pake gunting yang untuk orang dewasa, soalnya tangannya udah luwes dan dia juga udah ngerti bahwa menggunakan gunting harus hati-hati. Setiap anak memang punya keterarikan sendiri2 ya jeng, makanya kita harus pintar2 menstimulasi, melihat minat anak, tapi jangan memaksakan..

    Selamat ulang bulan ya Kinan, sehat selalu yaaa🙂

  3. riliarully says:

    KInan lucu ya..ekspresinya aku suka mam🙂
    trus yg pakai rok bunga2 pink itu..girly banget CANTIK🙂
    eh puzzle evamat aku jd pengen beli, mau beli blom jadi2 nih😀
    met ulbul ya Kinan sayang..smoga sellau sehat, tambah pinter, tambah cantik n selalu bikin bangga mama n ayah..amiiin

    • terimakasih mama nya kak nisha dan kak kyara..:)
      salam sayang buat kakak berdua yah..
      aku juga pengin beliin yang alphabet…biar mau belajar alphabet kinannya…hehehe tetep yah judulnya maksa belajar alphabet..:)

  4. BunDit says:

    Kinaaan, happy ulbul ya sayang. Makin pinter nih. Lihat mesin kasir2 an, dari kapan Dita minta belum dibeliin nih hehehe. Selalu sehat ya Kinan🙂

  5. Zipora Maria says:

    Happy ulbul Mbak Kinan, itu dia pake baju merah bunga-bunga keliatan cantik sekali. Sehat selalu ya Mbak Kinan…salam sayang selalu🙂

  6. Elsa : Kinaaan…. aku suka gaun bunga bunganya itu, Kinan lebih cantiiiik deh, so girly, hehehehehe. Selamat Ulang Bulan ya Kinan, makin pinter..makin kreatif main evamats nyaaa
    aku belom pernah ajakin Dija bikin rumah rumahan pake evamats , hehehehe
    kapan kapan dicontek deh idenya

    Dija : Kakak Kinaaan… Dija boleh ikut main gak????

  7. Lidya says:

    guntingnya sama kaya punya pascal tapiwarna biru. dia gak suka bunpakai gunting itu karena kurang tajam katanya🙂

  8. Ely Meyer says:

    fotonya Kinan banyak sekali, cantiiikkkkk🙂 …. kalau aku lihat postingan laporan perkembangan anak begini yg komplit dan dipenuhi foto foto jadi membayangkan nanti kalau Kinan dah besar pasti bangga deh sama mamanya🙂

    jadi inget aku dulu cenderung lebih bagus menguasai bahasa drpd matematika🙂

  9. mama hilsya says:

    whuahahahaaa….
    bener-bener…. beneran emak sejati
    salut banget..

    btw, kapan kirim kolaknya?

    Kinan.. udah tinggi belum? bajunya udah cukup belum?

    • alhamdulilah budhe..bajunya udah pas..jadi tahun ini lebaran emaknya irit..emaknya dapat dari kontes..anaknya dapat dari budhe hilsya…..*nikmatnya ngeblog..
      nangi ku photo mbak kalo dipake sholat ied..:) hehehe…

  10. Pingback: Mahir Alat Musik Klasik Felicia Tandiono Dijuluki Cabe Rawit | ambangbatas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s