Es Kelapa Muda & Puding Pisang

Alhamdulilah  sudah Ramadhan hari ke?? * sik ngitung sik yo…check lirik kalender..hari ke 13 /12 versi pemerintah…Duehhhhhhhh …sirah kembali cenat cenut abis diaudit….ini baru pre-audit belom yang sebenarnya..network audit..belom tahun depan katanya FAA audit..tahu ah gelap jalani aja semaksimal mungkin…yang paling deket aja dulu siap siap menyambut presiden direktur Aerospace dimana emak kinan nyangkul yang katanya bakalan datang senin depan…*lap keringet..hiks..…jadi langsung melek padahal sebelumnya tadi lemes dah mikir  hari ini kok terasa lama banget …heueheuehue…ayo semangka..semangat kakak..

Pingin posting sesuatu, *bener kata bunda dita, ngeblog itu “Candu”, selalu ada aja yang ingin ditulis….ide nulis bisa datang kapan aja…dan bisa jadi obat untuk jiwa raga..*halah yang ini lebay..:)

Dapat notifikasi dari email update posting terbaru bunda lily yang ada dirumah ini, tentang Macam macam Minuman untuk berbuka puasa, bisa dilihat disini. Hmmm jadi ingat menu minuman untuk berbuka puasa  dirumah kami. Maaf sodara sodara yah..tahan jangan sampai “ngiler” lihat gambar dipostingan ini yah…magrib masih lama..bukan bermaksud menggoda semoga jadi inspirasi  dan ide pingin minuman apa  untuk berbuka puasa hari ini hehehe…:)

Yang diusahakan untuk ada dirumah emak kinan yah standard aja biasanya kurma dan buah..entah itu hanya sekadar pisang misalnya,  terus minuman untuk buka puasa bisa es buah atau sop buah,  takjil atau jajanan jarang sekali beli, biasanya ya bikin sendiri aja yang simpel simple kalo pas libur misal pisang goreng tepung, agar-agar atau pudding dan itu tergantung ketersediaan bahan dirumah. Tidak dipaksakan…biasa aja…*jangan sampai ramadhan malah jadi ajang menumpuk makanan jadi ya kayak biasanya aja. Ramadhan kali ini special karena ada bapak emak kinan atau Atungnya Kinan disini. Alhamdulilah bisa berpuasa bareng bapak dan ibu disini. Atungnya kinan diabetes jadi untuk bagian minum minuman biasanya kita kasih gula yang  dari  “Tropicana”    tapi kadang atungnya suka protes mau yang sama seperti kita minum..yang biasa ..katanya nggak ngefek kok nggak pa pa..tapi tetap saja khawatir melanda…*sedih kalo melihat atungnya kinan yang dulu gagah, jumawa,ganteng…sekarang kurus dengan badannya yang tinggi 180 jadi kesannya tambah kurus…semoga bapak sehat sehat selalu…we love u atung..:) kinan seneng banget…alhamdulilah..

Ini salah satu yang terabadikan menu es buah  dan juga  es kelapa muda ala emak kinan. Biasanya sih kita beli kelapa utuh minta di buka dan diserut sekalian ditaruh diplastik sampai rumah kita tinggal masukan mangkok tambah es batu, sirup kelapa  M*rj*n, diaduk..yummy dehhhhhhh…*awas jangan ngiler..waktu berbuka kurang satu jam lebih…

es kelapa mudaes buah atau sop buah

puding pisang

Puding pisang

Terinspirasi dari kapan hari baca postingan mama raja disini,soal puding mangga yang dibuatnya kapan hari akhirnya saya membuat juga puding tapi puding pisang..hehehe adanya stock waktu itu pisang jadi itulah yang terbuat…heuehueheu…enak lho..*kata emak kinan..hehehe seger.. Resep dan cara bikinnya puding pisang yah standard seperti  pudding biasanya….waduh..apa yah..agar agar biasa pake brand apa yah…yang ada gambarnya burung walet itu, terus gula, susu kental manis putih, dan  air secukupnya dan pisang tentunya.  Caranya..pisang diiris iris sesuai selera..kalo mau berasa pisang banget boleh sebagian kecil di blender dimasukkan kedalam adonan air dan agar agar yang dimasak sampai mendidik campurkan susu kental manis  diaduk hingga mendidih..sebagian pisang ditaruh dicetakan dipotong sesuai selera…nah agar agar yang mendidih tadi masukkan deh ke cetakan…simple kan??!!…*resep bikin puding sederhana dan sedikit asal dari emak kinan hehehe…nggak pake takar takaran soalnya insting aja…alhamdulilah jadi dan yummy…kinan alhamdulilah suka, pas bagian pisangnya malah nggak mau..dia udah melewati episode suka dengan sangat pisang dan sekarang menjadi suka biasa saja..heueheuehue…

Terus Ngemeng ngemeng soal  air kelapa baik yang muda maupun yang setengah tua maupun yang sudah tua *walah lengkap sekali mak nulisnya hehehe.. ternyata berkhasiat dan banyak manfaatnya..pantesan uti dan atungnya kinan berkali kali mendengungkan sering sering minum air kelapa biar ini itu..kirain kan mitos dan nggak jelas gitu efek manfaatnya ternyata dari email yang diforward ayah kinan kapan hari  begitu banyak manfaat…

Eh iya semalam atungnya kinan juga wonder, nanyain setengah becanda ngomentari iklan di TV yang minuman kalo tak salah yah “Hydr*” yang katanya mengganti ion tubuh dibuat dari air kelapa murni, sama kandungannya dengan kurma..atungnya kinan nyletuk “Bener nggak tuh air kelapa murni dibikinnya?? Jangan jangan sintesis?? Lho emang pabriknya mau kelapa seberapa banyak untuk bikin minuman berjuta juta kotak seperti itu?? Terus kelapa-nya isinya dibikin apa??hehehee…ada ada aja pertanyaan atung kinan..aku jawab sekenanya aja… dan akhirnya bilang..enggak tahu…aslinya jadi penasaran juga…hehehe..*mak mak..jangan jadi postingan khusus untuk investigasi ini yah…hehehe kurang kerjaaan banget…:D

Ok ini di attach-kan..halah bahasanya..dilampirkan manfaat air kelapa dan buah kelapa dari informasi  hasil forward-an ayah kinan…ijin share yah

7 Alasan Kenapa Kita Perlu Minum Air Kelapa

Sejak lama, kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang kaya manfaat. Nyaris tak ada bagian dari tanaman kelapa yang tidak bermanfaat bagi kehidupan.

Namun tak jarang pula orang yang tidak paham memanfaatkan setiap bagian dari kelapa. Air kelapa misalnya, justru hanya menjadi limbah karena bingung memanfaatkanya. Padahal air kelapa justru sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Nah.. agar air kelapa tak terbuang percuma, Anda perlu tahu apa saja khasiat dan kegunaannya. Inilah tujuh alasan kenapa Anda perlu minum air kelapa :

1. Air kelapa ternyata lebih bernutrisi ketimbang susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.
2. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.

3. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.
4. Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.
5. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.
6. Jika Anda masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengonsumsi air kelapa.
7. Air kelapa yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium . Potassium dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung..

finally, bel berdentang…dah di usir neh…5.05 time to go home..

Selamat menantikan waktu berbuka puasa kawans..

Happy fasting, Happy Wednesday…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

30 Responses to Es Kelapa Muda & Puding Pisang

  1. niqué says:

    wah, jadi langkah yang saya ambil udah bener dong. mewajibkan meminum air kelapa muda setiap berbuka. harus original, tak ada tambahan gula atau es. biar manfaatnya maksimal. hehehe itu pudingnya maulah mbak klo dikirimin😀

  2. mama hilsya says:

    nanti mau aku pajang kelapa dari sini yg terkenal itu aaah, hahahah….
    *lupa ga difoto*
    lumayan murah sih, sekitar 3000-4500an
    trus mereka cuma minum airnya doang
    sementara aku dengan niat membara ngeruk2in dagingnya sampe ludes🙂

  3. Vera says:

    Waduuhhh segernya itu sop buah ama pudding. Kreatif bgt bikin pudding pisang

  4. Applausr says:

    wah ternyata air kelapa itu berguna sekali ya….. memang pohon kelapa itu semuanya berguna…. hebat sekali nih buahnya…. fotonya ga tahan … bikin ngiler… hehehhe

  5. kiky says:

    aduh lagi2 baca posting makanan
    trus bacanya pas siang2.
    piye iki bun….😀

  6. Orin says:

    Wah…puding pisangnya menggoda Mam😀

  7. Elsa : Tau gak Mbak… aku berasa aneh gitu, waktu temanku cerita. Dia kan berobat ke pengobatan alternatif, karena 4 tahun menikah belom juga hamil. nah sama tabib nya itu disuruh minum es degan alias es kelapa muda setiap hari agar cepet hamil. aku pikir, apa hubungannya air kelapa dan kelapa muda dengan cepat hamil ya?
    ternyata kasiat air kelapa banyak banget…. ya intinya baik untuk kesehatan. Jadi mungkin si tabib ingin temanku tuh sehat dulu kali yaa… biar bisa hamil. hehehehe

    Dija : Dija suka es degan….

    • bener mbak elsa mungkin untuk semacam detox kali yah..mengeluarkan racun racun dalam tubuh gitu kali yah…subhanallah banget manfaatnya..thanks mbak elsa tambahan komentnya mungkin bisa jadi bermanfaat untuk banyak orang..:)

  8. Ely Meyer says:

    aku dulu pas di kampungku sana, selalu minta minum air kelapa di tempatnya saat itu juga aps beli kelapa, seger, sering sekali, skrg malah jarang, bisa sih minum air kelapa mini di sini tapi pastinya nggak sebanyak dan seseger di sana

    ternyata banyak sekali manfaatnya ya , beruntungnya yg tinggal di tanah air🙂

    • dijerman susah yah nemu pohon kelapa mbak..kelapa mini??? yang hybrida itu kah mbak?? yang penting mengobati kekangenan minum air kelapa yah mbak..meskipun mini..:)

      • Ely Meyer says:

        nggak ada pohon kelapa di sini, nggak kuat kali ya hidup di negara dingin, kalau kuat pasti dah banyak yg nanam tuh, sering dijual kelapa yg sudah keluar tunasnya, tapi ya utk hiasan rumah saja

        nggak tahu ya, kelapany akecil kalau nggak salah impor dr afrika, itupun jarang sekali ada di toko

  9. naniknara says:

    sama dong, sop buah jadi menu wajib pembuka puasa. Malas bikin kolak, jadi yang praktis-praktis aja🙂

    • tos mbak..males bikin kolak yang sebenarnya jadi yang praktis ya sop buah atau es kelapa muda hehehe…*emak malyesssssss..eh bukan males nggak ada wktu selain juga santen santenan kalo bulan puasa juga nggak bagus kan…*ngeless lagi..hehehe

  10. Anggie says:

    Emang enak kok air kelapa nya… Palagi kl buat buka… deuuuh.. seger beneeer *lapiler

  11. Zipora Maria says:

    Hehe, enaknya itu puding…tapi saya gak seberapa suka pisang….oh ya soal air kelapa ini doyanannya Papanya Manda, hampir tiap sore mampir beli di pinggir2 jalan semarang.

  12. favorit sy itu es kelapa… dan kalo sy lagi gak enak badan biasanya suami bawain sy air kelapa ijo🙂

  13. SanG BaYAnG says:

    weleh weleh.., yang gak enak ada ndak ni mak..:mrgreen:

  14. Lidya says:

    bener2 ngiler nih jadinya mana masih pagi🙂

  15. lieshadie says:

    Kalo maen ke sini, pengetahuanya pasti nambah…🙂

    Jadi ngiler ah sama pudingnya…menggoda imanku🙂

  16. ainuq says:

    Mbaaaa…apa kabar? lama ga silaturahmi kesini:(kangen:)
    Mba Kinan juga apa kabar? Wah, seneng ya tahun ini Ramadhannya rame ada Atung…
    Infonya bermanfaat banget Mba, aku ga ngira ternyata air kelapa banyak khasiatnya ya…

  17. BunDit says:

    Uhuk….buka puasa masih lama, lihat seger2 jagi ngiler hehehe. Kalau buka puasa teh Dela juga bikin minuman dingin gitu, macem2 la kreasinya hehe. Saya sih menikmati saja😀

  18. monda says:

    Baru ini mam lihat puding pisang, unik bangey ya, mama yg kreatif

  19. Aku aja yang gak puasa liat foto2nya ngiler, jeng, hehehe…

    Puding pisaaanngg!! Thanks buat idenya ya jeng, jadi kepikiran juga pengen bikin😀

  20. Desi says:

    waah pas bangett ini bahasannya tentang aer kelapa. Aku juga suka banget mba buka pake aer kelapa murni yg ga pake gula2an. Rasanya segeerr bangeet..😀

  21. IbuDini says:

    mb pudingnya aku ngiler lho..

    Apa kabar mb, moga sehat ya, dan puasanya masih lancar ngak.

  22. Pingback: Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s