Tentang Kurma dan Beragam Manfaatnya

Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.

(sumber gambar  Ayat al Qur’an QS; Ar Rahman Ayat 68, dari sini)

Alhamdulilah  sudah Jum’at kedua di bulan ramadhan ini….nggak terasa besok udah weekend lagi….weekend dibulan puasa mau ngapain mak???  * ini adalah tulisan di draft weekend kemarin dan nggak selesai selesai karena kerempongan disana sini gak terasa malah besuk udah jumat lagi…heuhueheue…rasanya waktu cepat sekali..apa karena bulan puasa ini yah..??? rasanya belom maksimal ibadah yang dilaksanakan ..eee udah berada di minggu ketiga  bulan ramadhan…Ya akhirnya  weekend minggu kemarin dirumah sahaja,   hari sabtu kemarin ada acara buka puasa bersama MT dan karyawan ditempat kerja emak kinan…alhamdulilah lancar walaupun sempat hujan deras, senangnya ikut berkontribusi untuk membuat takjilnya, home made buatan emak kinan. Sempat bingung mau bikin apa pas  ditanya untuk kontribusinya di buka puasa kali ini, akhirnya terbuatlah Resoles dan bolu pisang ala emak kinan.

Hari jumat pulang kerja setelah magrib baru siap siap mau belanja keperluan untuk bikin resoles dan bolu pisang, dapat kabar mbak dwi yang dulu ikut bersama kita  sakit, dan harus dijemput dari dorm, kecapekan karena terforsir kerja dan juga ikut aktif remas di masjid kawasan industri dimana kami bekerja. Maag akut…lemes sampai nggak bisa lagi masuk makanan, sakit banget katanya, dibawa ke klinik disarankan dirawat karena takut dehidrasi, baru hari minggunya dirawat. Terlepas dari takdir yang telah ditentukan oleh Allah SWT, tentang kesehatan atas tubuh kita, pada bulan puasa ramadhan seperti saat ini memang kita harus menjaga asupan gizi dan juga makanan yang kita makan. Supaya tubuh kita tetap sehat dan bisa beraktifitas seperti biasa dan juga beribadah dengan maksimal. Contohnya saya sendiri ini, kalo misalnya makannya banyak gorengan dan  juga bersantan atau berlemak saat puasa gini, bisa dipastikan akan gampang terkena radang, tapi alhamdulilah setiap sahur saya biasakan minum madu dengan air hangat plus propolis. Alhamdulilah…..alhamdulilah puasa kali ini tidak terlalu banyak keluhan…semoga lancar dan sehat terus  Ya Allah. Betapa memang nikmat sehat itu mahal dan tiada terkira nikmatnya.

Lalu mau posting apaan yak…..???!!! jangan jangan emak kinan mau me-review sesuatu lagi alamat bakalan panjang nieh..hehehe sesuai dengan judul pingin mereview tentang Kurma atau Bahasa ingrisnya “Date” soalnya  mumpung lagi bulan ramadhan. Inilah buah yang dimakan rasullulah SAW untuk membatalkan puasa. Jadi pingin tahu secara detail tentang buah ini, rasanya tidak ada salahnya kalo saya mereviewnya di blog. Sekali lagi alih alih untuk dokumentasi …dan supaya hasil browsingan nggak menguap begitu sahaja..:)

Dulu sebelum melihat habitatnya langsung di middle east buah kurma ini, saya sempat termakan omongan orang orang bahwa manisnya buah kurma ini nggak asli tapi di kasih madu atau gula, benarkah demikian?? Rasanya  hal ini wajar jadi pertanyaan, lho wong kawan saya di tempat kerja aja baru baru ini bertanya, ” Lho bukannya kurma yang kamu berikan itu ada madunya??” …madu???!! walah itu asli…kurma yang matang memang seperti itu tekstur dan rasanya.  Kecuali emang kurma itu emang dikemas dan dipress dengan ingredient lain misal madu atau gula seperti yang pernah saya beli dari middle east dulu…

Pohon kurma kecil bentuknya seperti pohon palem, dan kalo besar hampir mirip pohon kelapa. Kayaknya karena berasal dari rumpun dan jenis yang sama sehingga penampakannya hampir mirip. Sedangkan ketika berbunga, bunganya hampir mirip dengan bunga pohon kelapa …terus kemudian menjadi buah kecil yang juga mirip dengan buah kecil kelapa atau kalo bahasa jawa disebut “BLULUK”, nah bedanya kalo bluluk ini akhirnya membesar menjadi sebesar buah kelapa itu, tapi kalo buah kurma dia kurang lebih besarnya seperti buah kecil kelapa atau “bluluk” itu saja. Eh tapi tergantung jenisnya juga, bisa jadi seperti biji kelapa sawit ada juga yang agak lebih besar, soalnya jenisnya kurma ini kan macam macam, saya pernah baca ada banyak jenis  pohon kurma ini…Kok emak kinan tahu dengan detail tentang pohon kurma ini??, Ya soalnya saya pernah tinggal 2 tahun kurang lebih di middle east jadi bisa melihat langsung pohon kurma dan juga ketika pohon itu berbuah. Kurang lebih seperti ini dibawah ini penampakan pohon kurma yang sempat terabadikan lewat kamera hp ditempat tinggal Dr. Asma di middle east.pohon kurma

Pohon kurma yang memiliki nama  latin Phoenix dactylifera ini menurut yang saya baca berasal dari daerah seputar teluk persia, ada juga yang menyebutkan berasa dari seputar tepi sungai nil dan effart, tidak diketahui dengan pasti karena tanaman ini telah dibudidayakan sejak ribuan tahun yang lalu.

Dulu saya mengira bahwa tumbuhan atau pohon kurma ini tidak bisa tumbuh di wilayah atau negara lain selain di daerah afrika dan jazirah arab, tapi ternyata dugaan saya salah. Saya masih ingat pernah punya pohon kurma dihalaman belakang rumah keluarga di Tulungagung. Waktu kuliah dulu setiap bulan puasa atau mau lebaran untuk oleh oleh mudik ke Tulungagung biasanya saya membeli kurma di Hero supermarket yang ada di Tunjungan Plaza 1 *soalnya dulu jaman kuliah saya sempat sambil kerja, jadi bisa beliin oleh oleh untu keluarga walaupun seiprit…hasil keringat sendiri. Nah setelah makan kurma ini bijinya bisanya dibuang dihalaman belakang yang saat itu struktur tanahnya memang sedikit berpasir, saya masih inget jenis kurma yang saya beli itu kecil kecil mungil manis gitu, tertulis di gerai hero namanya kurma curah tunisia. Entah berapa lama kemudian dibelakang rumah itu tumbuh semacam tanaman palem, kata ibu saya itu pohon kurma, saya hampir tidak percaya, dan saya sempat tanyakan dan searching gambar pohon kurma dan ternyata benar itu adalah pohon kurma. Namun sayang saat saya tinggal ke negeri seberang, sama kakak saya yang saat itu bersih bersih pohon itu ditebang, padahal maksud ibu saya pinginnya dipindah aja..hmm sayang sekali yah..*saya termasuk pecinta tanaman soalnya biarpun nggak rajin menanam atau merawatnya dirumah.

Dari informasi yang pernah saya dengar tentang pohon kurma yang bisa tumbuh di Indonesia ini, memang benar kurma bisa tumbuh di Indonesia, akan tetapi tidak bisa berbuah. Benarkah demikian?? Ternyata dari hasil gooling  tentang kurma ini emak kinan menemukan fakta bahwa Tahun 2011 ada pohon kurma yang tumbuh disebuah pesantren di Surabaya akhirnya berbuah. Artikel beritanya bisa dibaca disini.

Soal pohonnya udah, lalu ganti ke buahnya. Siapa hayo yang belum pernah merasakan buah kurma ini? Buahnya memang manis rasanya. Kalo yang masih muda atau belom mateng, masih mengkel gitu rasanya agak asem asem sepet, tapi ada juga jenis kurma yang masih muda atau mengkelnya manis banget rasanya, saya masih ingat soalnya bentuknya agak besar dan keungu unguan gitu jenisnya waktu masih muda. Tapi lupa nama jenisnya…waktu itu…*dah lama soalnya memorinya dah berkurang. Dan ternyata benar banget, banyak sekali jenis kurma ini, seperti yang dijelaskan wikipedia disini, bisa di check detail tentang kurma dan juga jenis jenisnya.

macam dan jenis kurma

Macam dan jenis kurma sumber photo dari sini

Lalu bagaimana dengan kandungan gizi dari buah kurma ini? Lalu apa manfaat buah kurma ini jika kita mengkonsumsinya? Rasanya memang tidak afdol kalo tidak  menuliskannya sekalian disini hasil googling-an saya tentang kurma ini.

kandungan gizi kurma

Sumber dari sini

kandungan gizi kurma

sumber dari sini

Wah, ternyata banyak juga yah kandungan gizi yang terkandung dalam buah kurma, subhanallah. Berdasarkan sumber mbah google   akhirnya  bisa tahu apa saja kurang lebihnya manfaat buah kurma ini untuk tubuh kita, seperti artikel yang tertera dari majalah kesehatan online, dari sini berikut ini kurang lebihnya manfaat dan khasiat buah kurma untuk tubuh kita;

  1. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  5. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang. (Sumber dari sini)

Wah dan masih banyak segudang lagi informasi yang lainnya tentang manfaat dan khasiat buah kurma ini yang dapat kita googling lewat internet. Silahkan saja masukkan keyword tentang ini pasti banyak informasi bermanfaat  tentang khasiat dan kandungan gizi kurma ini. Misalnya ada yang bilang bisa untuk memperlancar dan memperbanyak ASI dengan sari kurma, terus ada yang bilang kalo makan buah kurma jenis apa gitu sebelum lahiran bisa mengurangi rasa sakit saat mau melahirkan dan juga masih banyak yang lainnya informasi informasi tentang buah kurma dan manfaatnya ini, diantaranya bisa dibaca juga disini.

Mengingat kandungan glukosa atau kula dari buah ini yang tinggi , bolehkan dikonsumsi oleh penderita diabetes? Seperti misalnya bapak saya, karena terus terang bapak saya selalu mencari kurma ini untuk buka puasa, saya selalu mewanti wanti agar tidak berlebih. Cukup satu atau dua saja jangan banyak banyak. Begitupula dari artikel yang saya baca alangkah bijaknya untuk penderita diabetes berkonsultasi dulu dengan dokter untuk tentang boleh tidaknya mengkonsumsi buah kurma yang memang manis ini dan seberapa banyak takarannya atau berapa gram-nya.

Saya jadi ingat ketika berkunjung ke kota Madinah, di pasar oleh oleh yang terletak tidak jauh dari Masjid Nabawi banyak dijual beraneka ragam jenis kurma, yang di pasar oleh oleh itu tertulis harganya disitu, kayaknya yang disitu kita harus pandai pandai menawar dan membandingkan harganya. Kalo berkunjung ke “Farm” nya yang di madinah seperti yang  pernah saya lihat di tayangan televisi itu saya belom pernah. Saat mengunjungi Kota Madinah  hanya berkunjung ke Jabal Rahmah dan juga masjid Quba, dan juga Masjid Nabawi tentunya. Semoga oneday bisa sama keluarga kesana…..*amien

Begitu juga kalo di kota Makkah yang saya lihat banyak juga penjual kurma dipasar atau toko toko oleh oleh sekitar Masjidil Haram. Saya masih ingat juga didepan masjidil haram ada bangunan hotel dan Mall yang didalamnya ada sebuah toko khusus kurma atau “Dates” yang berplang “Kingdom Dates”  bisa check websitnya disini, “Kingdom Dates” menjual beraneka ragam jenis kurma yang telah dimodifikasi dengan berbagai macam isi, seperti misalnya coklat, almond, dan lain sebagainya.  Jadi inget kemana brosur brosur yang saya ambil dari toko kurma itu yah, hehehe dulu tiap kali kesitu ngambil kurma dan segala macam pengetahuan tentang kurma dan jenisnya….mungkin tersimpan di rumah hometown..entar kalo mudik di check barang barang jadul itu…:)

Dari kurma ini ternyata juga bisa dibikin berbagai macam makanan lho,Jadi pingin nyoba  bikin bolu kurma ayo mari mari kita searching resep bolu kurma.

Wahhhh..akhirnya review tentang kurma panjang juga jadinya..semoga bermanfaat.  Kalo ada tambahan dari kawan kawan tentang kurma ini silahkan monggo monggo dikolom komentar biar menambah wawasan dan juga tahu manfaat lain dari buah kurma ini.

Referensi/ sumber:

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Tentang Kurma dan Beragam Manfaatnya

  1. Lidya says:

    masih rempong bun?🙂 kirain ada pembagian buah kurma karena lagi bulan puasa hehehe. mudik kapan ya bun?

  2. Applausr says:

    oh bisa di tanam dengan biji ya… jadi mau coba nih…. ga apa apa kalau ga berbuah juga tapi rasanya seneng aja kalau bisa… mau coba ah….

  3. Orin says:

    Aku kok kurang suka kurma ya Mam, rasanya terlalu manis buatku, pdhl banyak manfaatnya ya😦

  4. rina says:

    sama kek mba orin aku kurang suka kurma, manisnya nyegrak, tapi tauk banget kurma itu khasiatnya luar biasa, kadang kalao malas makan satu2 aku bejek2 pakai air hangat dan disaring trus diminum…. ribet tapi berkurang manisnya.

  5. BunDit says:

    Saya sih bukan penggemar kurma, tapi kalau tenggorokan lagi sedikit gatel ga enak, makan kurma langsung mengurangi gatelnya lho. TFS ya mam🙂

  6. Kurma memang manfaatnya banyak ya jeng…sayang, aku kurang begitu suka sama kurma…

  7. Ely Meyer says:

    sama dengan Orin, kurma terlalu manis untukku😦

  8. sy gak suka kurma, tp anak sy yg besar suka banget.. gak lagi puasa aja suka stok kurma🙂

  9. emang byk bgt ya mba manfaatnya kurma. dulu aku ga begitu suka kurma, krn terlalu manis dan kdg gigi jd ga enak gitu tiap abis makan kurma (halah, bilang aja giginya bolong gitu, jd ngilu tiap abis makan kurma, haha). tp setelah tau kandungannya, dipaksa deh makannya. Cuma aku pernah dengar nih mba, kurma yg dimakan Rasulullah itu beda dg kurma yg kita konsumsi saat ini. bedanya dimana? krn kalo kurma yg dimakan Rasulullah itu ukuran sekepalan tangan per buahnya, jd makan 3 biji aja udh pasti kenyang. sedangkah kurma yg kita konsumsi itu kecil kecil, makan 3 biji mana berasa, hehehe

  10. mama hilsya says:

    emak kinan tercintaaa… ngeliat postingan kayak gini jadi inget tugas..
    bantuin aku bikin paper opo, mam…
    dari kemaren tak bergeming inih.. huwaaaa

  11. mama hilsya says:

    btw, kalo pas yg diajak ke farm-nya di sekitar madinah itu kayaknya bagian dari kerjasama agen tur ama pihak farm yaa… bisa liat dan beli aneka macam kurma berikut olahannya
    tapi seneng sih bisa liat pohon kurma asli…

    masih rempong ga? udah bisa bw.. berarti udh lega..🙂

  12. ohya.. aku lupa jawab pertanyaan emak kinan dipostingan aku sebelumnya, shishil udah 3 thn tanggal 25 april kemarin. skrg udah sekolah di preschool Little 1 Academy di KFC. jd tugas emaknya tuh tiap seminggu 3x anterin plus nungguin dia sekolah, untung aja skrg lg libur, jd bebas tugas deh, hehehe… btw kinan udah sekolah blm nih?

  13. naniknara says:

    suka juga makan kurma, tapi karena terlalu manis, makan dikit aja dah eneg.

  14. Desi says:

    Kalo Radit sekarang rutin minum sariu kurmanya mba..Alhamdulillah semenjak itu, agak jarang batpilnya dan daya tahan tubuhnya udah mulai kuat🙂

  15. uyoyahya says:

    aku kurang suka kurma karena terlalu manis,,,

  16. kips says:

    Dulu, sempat ada pohon kurma disekitar rumah, karena tidak kunjung berbuah dan berlakunya anggapan pohon kurma dapat tumbuh tapi tdk berbuah untuk daerah kita pada waktu itu, akhirnya ditebang jg tuh pohonnya hehe.. Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s