Tentang Masak Memasak dan Bukber

Ya Allah, kok sudah deket dengan lebaran…..ya allah, Ramadhan tinggal tersisa hitungan hari…sedih rasanya belom maksimal beribadah di bulan Ramadhan ini, banyak target ibadah yang terlewat, tapi semoga  bisa dilanjutkan setelah ramadhan…Ya allah mohon ampun banyak hal yang rasanya, masih jalan ditempat…tidak ada peningkatan dari tahun lalu ibadahnya…Semoga  hitungan hari yang tersisa dari Bulan Ramadhan tahun ini semoga bisa dijalankan dengan khusyu dan ikhlas.

Yakin mak bisa konsen ibadah atau bermaksud itikaf kayak jaman masih single dulu??? Heueheuheu… Nggak mikirin perkue-kuean dan rencana masak memasak dihari  lebaran?? Heueheehue…Yah tahun ini berbeda dengan tahun lalu, kita nggak mudik pas lebaran dengan berbagai pertimbangan dan berbagai alasan semoga insyallah bulan bulan kedepan bisa mudik ke kampong halaman. Gigit jari melihat cerita kawan kawan yang bersiap untuk mudik dan juga bahkan sudah mudik saat ini. Semoga lancar untuk kawan kawan yang berencana mudik, selamat sampai ditujuan dan berkumpul dengan keluarga.

google doodle "julia child"

google doodle “julia child”

Apalagi lihat google doodle thema hari ini…masak memasak seperti yang terlihat pada gambar diatas…yaitu  emak “Julia child” yang kata mbah google tadi adalah seorang  pembawa acara masak memasak di TV US yang terkenal,  terutama hidangan hidangan perancis. Wah pasti berpengaruh dan famous nieh emak didunia masak memasak US, sampai sampai hari ulang tahunnya yang  jatuh hari  ini  15 Agustus google khusus mendesain “google doodle”-nya dengan emak  “Julia Child”. Asli jadi ingat mimpi saya semalam….mimpi tentang membuat kue nastar…Ya allah mak..yang lain berlomba lomba pingin  dapat malam seribu bulan atau malam “Lailatul Qodr” emak kinan malah mimpi masak memasak..heuehehue..soalnya berencana membuat kue lebaran homemade…kalo 2 tahun lalu pas lebaran disini kuenya kita beli semua, tahun ini pingin nuansa berbeda..home made….heuehehue….bisakah??  Ayahnya kinan  sudah pesimis dan memberikan solusi udah beli aja..beres nggak repot mana sempat juga…belum capeknya..Hedeh harus pantang menyerah…!!! Tapi lihat situasi dan kondisi kalo tidak memungkinkan ya udah…terima beres aja..beli jadi..

Lebaran kali ini special karena senin tanggal 20 Agustus, kinan ulang tahun….kami tidak merayakannya secara special, sebenarnya kita ingin mengajaknya berlibur, tapi entahlah kapan bisa terealisasi, karena yang pasti ayahnya kinan sedang repot dikerjaan, dan tidak ingin mengambil cuti untuk bulan agustus ini. Biar awet juga untuk cuti  kami, karena ada rencana untuk mudik ke hometown beberapa bulan kedepan. Dijalani aja…yang penting kita bisa kumpul bersama keluarga dihari lebaran ini, walaupun hanya bapak dan ibu saya yang bersama kami disini. Tentunya tidak akan semenyenangkan kalo kita berkumpul dengan keluarga besar kita di hometown.

Balik lagi soal masak memasak…jadi ceritanya mau bikin kue apa aja..udah berlembar lembar resep disearching kemarin, tinggal eksekusi aja kayaknya….mau masak dan bikin kue  apa yah??? !!!!…Tergantung mood-nya aja lah..menjelang  berakhirnya bulan ramadhan ini yang ada godaan puasa makin banyak aja….yang lemes lah..males kerja lah…*padahal sedang lucu-lucunya ditempat kerja…*pinjam kata  dan istilah bundit kalo lagi repot repotnya…dengan istilah lagi lucu lucunya…heueheuheue…

Bulan Agustus  ini juga banyak kabar kawan dekat yang resign  dari tempat dimana emak kinan nyangkul, yang pasti untuk sesuatu yang lebih baik, targetnya kawan kawan  yang lulus dari sini kalo nggak keAvionic/ Aerospace lagi yak ke O&G,…seperti juga yang terjadi dengan kawan dekat yang satu satu menuju last day-nya disini…hiks sedih..jadi banyak acara bukber yang merangkap dengan acara Farewell party-nya kawan kawan …hiks tambah sedih aja…Indahnya kebersamaan saat buka puasa bareng …dan juga  untuk Indahnya kebersamaan ditempat Cangkulan…Good luck kawans…semoga sukses ditempat yang baru..:)

Kinan sempat saya ajak ikut  buka puasa bersama kawan kawan MT.An Nahl dan anak yatim,  ditempat emak kinan nyangkul,  kalo buka puasa bareng bareng ibu ibu PKK atau undangan ayah kinan yang lainnya…dengan sangat terpaksa kami tidak mengajaknya…saat kami pulang agak telat, kinan akan menyambut kami dengan banyak ceritanya. Ingat cerita Utinya saat kami pulang telat karena harus bukber bareng kawan untuk farewell party-nya. Kata Atungnya kinan, tiba tiba kinan nyeletuk saat melihat hari sudah mulai gelap “ lho kok sudah gelap mau malam”..lalu tiba tiba sambil kayak mau nangis berkata “ Aku, Sayang Mama”…duh mak nyesssss…mak jleb…saya mendengar cerita atungnya…mungkin dalam pikirannya kok mama pulangnya malam..hiks..terharu saya mendengarnya…setiap hari saat pulang kerja, selalu ada prosesi memeluknya dengan erat, begitu juga kinan dengan saya…hiks jadi pingin cepat pulang…..kangen..!!!

kinan in bukber 2012

Courtessy:photo dari kamera Om Arnaz papanya adek Keiko..

Seperti cerita saya disini, tentang takjil yang saya buat  untuk acara berbuka bersama, saya membuat Resoles  yang isinya ayam, kentang dan wortel Yang gampang aja yang emak  kinan bisa,

resolesWaktu ditanya untuk kesediaannya ikut berkontribusi dalam bukber kapan hari sempat bingung mau dibikinan apa?? Ayah kinan bilang dibeliin aja lah ma, biar nggak usah repot, tapi saya kekeh bikin sendiri aja. Walaupun jam terbang saya masak memasak blom begitu bagus, tapi setidaknya saya ingin kali ini  saya ingin menyumbangkan sesuatu dari tangan sendiri, akhirnya wayangan  alias melekan malam sabtu itu, membuat kulit resoles kurang lebih 100 pcs, kemudian terbayang, Ya allah bagaimana capeknya yang jualan itu yah…menyiapkan ini itu…mana kompor gas tempatnya tinggi, jadi harus berdiri bo’….sampai sahur akhirnya kelar. Kok bisa bikin resoles emak kinan?? Ilmu dari emak midah assistant ART mantan bos di jakarta dulu yang pinter bikin kue kue dan masak memasak, suka melihat kalo lagi membuatnya.  Resepnya?? sedikit mencoba coba dan ditambah googling sana sini…

Resep Resoles ala Emak kinan

Kulit Resoles

Bahan-bahan;

  1. Tepung Terigu protein sedang (emak kinan pake yang merk Seg*t*g* B*r*)
  2. Tepung ubi (tapioka) untuk campuran sedikit aja
  3. Susu UHT putih (Plain) dua kotak yang isi 225 ml (atau bisa jadi nggak pake susu terserah tergantung selera)
  4. Garam secukupnya
  5. 2 butir telur (untuk 1 kg tepung terigu)
  6. Air secukupnya.
  7. Tepung panir/ Tepung roti
  8. Putih telur

Cara membuat kulit resoles:

Masukkan susu kedalam baskom atau wadah, bersama air secukupnya, masukkan tepung  terigu  dan tepung ubi/tapioka sedikit demi sedikit, beri sedikit garam, sambil diaduk perlahan lahan, jangan langsung semua tepungnya dicampur, takutnya nanti jadi  printil printil *haduh bahasanya..maksudnya tidak tercampur dengan rata. Kocok lepas telur, lalu campurkan kedalam adonan, aduk aduk  jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer cairannya untuk mendapatkan hasil kulit resoles yang ok. Kemudian ambil sendok sayur yang sedang untuk mengambil adonan dan di letakan di dalam  teflon yang telah dipanaskan dan dioleskan sedikit  mentega/blue band.  Setelah di letakkan kedalam teflon jangan tunggu lama langsung ratakan dengan memutar mutarnya supaya rata dan adonan menjadi seperti telor dadar atau bulat.

begitulah cerita pembuatan kulit resoles…ala emak kinan..lalu isinya??

Bahan untuk Isi resoles;

  1. Ayam
  2. Kentang => dikupas dan dipotong kecil kecil dadu
  3. Wortel => dikupas dan dipotong kecil kecil dadu
  4. daun bawang => di rajang halus
  5. Bumbu  halus : Bawang putih, bawang merah, garam, merica, sedikit gula (untuk bumbu ini bisa ditambakan sesuai selera begitu juga ukurannya secukupnya..soalnya emak kinan juga hanya mengira ngira sahaja).
  6. Minyak goreng

Cara Membuat isi Resoles:

Masak ayam kedalam air mendidih sampai empuk dan ambil kaldunya, kemudiah tiriskan, cincang daging ayam menjadi potongan kecil kecil. Panaskan bumbu yang  sudah dihaluskan dengan sedikit minyak sayur atau mentega/blueband, kemudian masukkan wortel, kentang dan daun bawang tambahkan air kaldu ayam yang sudah kita buat tadi, aduk aduk rata, masukkan daging ayam yang sudah di cincang. Aduk aduk hingga rata, sampai wortel dan kentang menjadi empuk dan menyatu dengan ayam. Kemudian angkat dan dinginkan.
Ambil kulit resoles dan gulung dengan isi, kemudian poles dengan puas kue pada biar lengket bagian luar kulit resoles yang telah digulung, kemudian gulung kedalam tepung panir sampai rata. Goreng kedalam minyak panas dengan api sedang *supaya nggak gosong..

Jadi ingat resoles bikinan emak kinan nggak rata model nggulungnya..hehe, alhamdulilah ada bala bantuan istri IT ditempat emak kinan nyangkul pas main, jadilah ikut bantu bantu…alhamdulilah selesai juga kurang lebih 100 pcs resoles plus 2 loyang bolu pisang ala emak kinan….capek tapi menyenangkan. Kebayang dan juga salut buat para emak yang menerima pesanan atau emang berprofesi  membuka usaha membuat kue beginian..masyaallah….saya aja capeknya kayaknya baru dua hari ilangnya.

Mak..kok jadi posting soal resep resoles yah..heuehueheu….nulisnya sambil nunggu-in panggilan  pulang dari ayah kinan..heueheuheue lagi lagi telat…dan telat….sabar sabar…sekalian ngabuburit ….

5.29 PM Happy Wednesday kawans..ayo share yang sudah pada bikin kue lebaran..atau malah terima jadi dengan memesan dan membelinya..????!!!!.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Tentang Masak Memasak dan Bukber

  1. monda says:

    contek ya resep risolesnya…., anak2 doyan

  2. sweetyvinz says:

    selamat ulang tahun buat Kinan ya bunda’y Kinan😀

  3. Applausr says:

    sedih ya kalau kangen sama anak hihihihi…. apalagi harus pulang malam… resep risolesnya bookmark ya…

  4. Zipora Maria says:

    udah deket lebaran ya mbak, sama seperti saya nih…begitu punya anak, semua-semua pengennya homemade, kepikiran sama ultah pertamanya Manda pengen kerjain semuanya sendiri, walah apa gak kelinyengan neh…bookmark dulu ah resep risolnya. Makasih mbak

  5. Lidya says:

    kalau pakaiprotein tinggi tepung terigunya bedanya apa bun?

    • haduh ini dia mbak hehee pertanyaan cerdas dan juga sulit untuk dijawab ok aku coba jawab sebisanya yah…CMIIW ya….saya nggak ngerti benar. karena itu juga hasil contekan mbah google kemarin..bentar cari contekan lagi reasonnya..kenapa dia yang protein rendah.atau middle untuk resoles..kata cik gu saya didunia perbakingan disini..Uminya habib, Tepung terigu ini ada 3 macam..protein tinggi, protein sedang dan protein rendah..berdasarkan kandungan glutennya..protein tinggi seperti cakra kandungan glutennya tinggi dia bagus untuk bikin roti (misal kayak holand bakery itu) terus mie, pasta..hasilnya bagus dan kenyal…kalo protein sedang untuk makanan makanan kudapan seperti misalnya resoles ini nah ini dia merknya kalo tak salah segitiga biru..ini yang sedang..oh iya saya pake yang ini berarti yang protein sedang… ..glutennya kandungannya sedang..yang protein rendah ..seperti kalo tak salah merknya dulu product bogasari adakah merk Semar?? atau kunci biru..heueheu lupa lupa ingat…dulu padahal pernah survey pemasaran untuk bogasari waktu kuliah dan sempat diundan ke kantor bogasari di surabaya..heueheuheu…

  6. naniknara says:

    saya beli aja, pesen ke temen kantor. sekalian berbagi rejeki🙂
    ribet klo bikin sendiri, apalagi babang dan dd suka aja ngikut klo saya di dapur, pengen ikut pegang2 bahan masakan. Bisa-bisa adonan kue malah buat mainan

  7. Ealah…pas aku lagi ngetik di sini, masuk komentar dari mu ke tempatku jeng…hihihi…kok kita sehati sih lagi saling mengunjungi😀

    Ok sip, dicatat resepnya, thanks ya jeng😀

    Walo sekarang belom mudik, tapi semoga pas saat mudik nanti semangatnya gak kalah dengan semangat saat suasana lebaran gini ya jeng… Salam buat Kinan, di fotonya dia cantik dan manis banget tuh…

  8. hilsya says:

    aih, maksudnya apaa nih majang-majang makanan? hihi
    tidak bisaaaa……
    daku merasa sangat terpuruk karena cuma berhasil masak sayur bening doang😦

  9. BunDit says:

    Mama Kinan ini emang super duper rajin bikin cemilan ya. resep risol nya saya catet ahh hehehe

    • hehehe rajinnya karena kepaksa bun..hehehe ngirit..asli disini tuh makanan nggak begitu kayak dijawa bun..enak terus banyak macam..maklum di kepulauan kadang bosen itu itu malah rasanya kadang enak bikin sendiri..udah gitu mihil disini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s