Review Sekolah Pertama Kinan

* Seharusnya ini sudah diposting kemarin…..biasalah pada akhirnya karena kerempongan disana disini dan berakhir harus pulang jam 6 sore..akhirnya tak sempat posting….*Istirahat sejenak…setelah cenat cenut urusan update meng-update revisi…heueheuheue..Mencoba posting tulisan yang ada di draft dari jaman kapan…heuehueheu, disela sela  cangkul menyangkul…yang rasanya tidak pernah ada habisnya….hilang satu tumbuh seribu…*byuh byuhh…ono ono bae….. lebay..

Ingin mereview sekolah pertama Kinan,sebelum takutnya basi dan lupa..didokumentasikan di blog, buat pengingat…maklum kapasitas otak-nya emak kinan ini mungkin udah Pentium jadul. Asli blog ini jadi pengingat atau mereview beberapa peristiwa, contoh kecil seperti perdebatan antara saya dan ayah kinan, kapan tepatnya kami mengalami kecelakaan motor dengan kinan waktu itu? Ayah kinan ngotot bulan maret, sedangkan saya bilang bukan bulan maret tapi awal july 2011, pembuktiannya?? Ya tinggal lihat di catatan blog ini yang ada disini ..….hueheuehue…bener emak kinan ternyata, tuh kan berguna sebagai pengingat beberapa hal, maklum sifat pelupa ini semakin parah seiring dengan kompleksitas yang terjadi dan daya tampung memori yang ada diotak emak kinan ini….*haduh bahasanya lagi lagi lebay…. Cukup pembukaannya….mari  mendokumentasikan sekolah pertama kinan,..meskipun ini hanya sekolah yang sifatnya non-formal, tapi tetap saja ini sekolah pertama bagi Ghina Artya Kinanthi.

Pencarian sekolah PAUD yang  kira-kira masuk  dalam daftar keinginan emak kinan

*duehhhhhhhh lebay lagi ini  sub-judulnya….soalnya penuh perjuangan juga nyari yang cocok dan sesuai kriteria yang diinginkan..

Terus terang bagi saya yang  sudah pernah 2 tahun berkecimpung didunia pendidikan pre-school  di Tanggerang, dimana saya dulu ikut mengelola, pasti punya gambaran dan standard yang kira kira saya inginkan untuk pendidikan preschool kinan. Dari beberapa pilihan yang ada di Tanjung Uban setelah muter muter dan mencoba melihat fasilitas dan kurikulum dan metode belajarnya…sebenarnya belom ada yang kena dihati. Pernah datang ke PAUD A  *sebut saja seperti itu…eh tempatnya blom cocok dekat jalan pas..gabung sama rumah pribadi.…menurut saya saat saya datang saat itu agak kotor…katanya sekolah alam belajarnya di pondok atau saung atau kata pengelolanya dimana saja bisa gelar tikar dibawah pohon…lalu belajar..dueh…..tapi kok begitu, mana saungnya *masih sambil bertanya dalam hati??…waduh ada saluran air disekililingnya, nggak banyak nyamuk-kah ?? *emak parno…. Terus kalo hujan blom ada kelas yang memadai..* saat ini kayakny udah jadi kelas yanga dibangun dibagian belakang halaman itu, terus belom lagi parno masalah nyamuk, soalnya disini endemi malaria…  terus halamannya terlihat minimnya mainan outdorr !! Bukan mau komplain terus dan nyari yang ada mainan keluaran ELC-nya bukan..   terus  kualitas-nya…??? Waduh tambah panjang aja listnya…ok coret dulu sekolah ini dari daftar.

Ada PAUD dan Taman kanak kanak B, nah ini berbasis agama, ada ruang kelas memadai tapi pas coba survey kesitu pas istirahat…mak ada banyak yang jualan didepannya…terus banyak banget muridnya, paud sama TK yang kayaknya Gede gede gitu nyampur lagi mainan…rame banget kayaknya…..kapasitas mainan diluar dengan jumlah murid kayaknya kurang memadai juga..terus kelasnya juga masih kurang begitu sreg …ok…skip…coba cari lainnya lagi..Ada lagi TK C…nggak Ada PAUD punya instansi BUMN  dan berada di kompleks BUMN itu,…lumayan bagus…sarana bermain juga banyak…kelas memadai..tapi sayang nggak ada PAUDnya..hanya usia TK kecil dan TK Besar..dan konon katanya ini yang paling elit di Tanjung uban…ok skip dulu yang ini….PAUD PAUD yang lain letaknya lebih jauh lagi terpencil deket tempat kerja saya..yo jelas skip ..kita cari yang deket tempat tinggal aja, Ayah kinan bilang dan mengingatkan kepada saya jangan terlalu idealis dan mengharap banyak dari pencarian sekolah untuk kinan ini, dan jangan dibandingkan dengan di Jakarta atau Tangerang dimana saya dulu pernah mengajar…jelas akan sangat jauh berbeda. Hmm saya tahu dan saya sadar…yo wis menurunkan kriteria…dengar dari kawan Finance, yang menyekolahkan anaknya di Sebuah PAUD berbasis agama juga tapi bundanya sabar sabar katanya…Moy..putrinya yang 4 tahun disekolahkan disitu, akhirnya pingin survey kesitu..eh setiap kesitu sabtu pagi sekolah itu libur..yo wis…Ayah kinan yang awalnya malah saat melihat tempatnya agak sangsi dan bilang kok halamannya luas belakangnya kebun kebun gitu..apa nggak banyak nyamuk??? Waduh, malah ayahnya kinan sekarang yang ganti parno.

Karena tak ada waktu untuk trial akhirnya langsung saja, pas hari pertama masuk Tanggal 16 July 2012, saya  cuti untuk trial dan  sekaligus melihat keadaan disekolah itu, kalo memang kurang lebihnya saya cocok sekalian saya daftarkan kinan. Hari pertama masuk  saya anter sama Mbah Uti-nya karena bakalan Mbah Utinya nanti yang nganterin dan menungguin di sekolah setiap hari-nya.  Bertemu dengan kepala sekolahnya bunda yanti yang ternyata orang yogya, ramah dan menceritakan tentang visi misi PAUD ini, kegiatan, kurikulum dan  metode pengajarannya. Hmm…..saya terus terang tidak  terlalu berharap banyak dari kegiatan kinan ke sekolah PAUDnya ini, tidak ada target apa apa, saya ingin lebih menitikberatkan kinan dapat bersosialisasi  dengan lingkungan, dengan kawan kawan, dan juga bunda-bundanya di sekolah, sedikit mandiri dan lebih berani. Karena selama ini kinan jarang mau diajak bersosialisasi dan bermain dengan kawan kawannya di kompleks, kecuali kawannya yang main kerumah kami.

Mengenai hasil belajar atau yang lain lain sisi akademis tidak menjadi target utama kita.  Lebih kepada mengasah motorik kasar dan halusnya yang sudah kami ajarkan dirumah, dan untuk di pertajam lagi di sekolah PAUDnya ini.  Dan tentunya tidak ada paksaan, kalo memang kinan sedang malas atau tidak ingin bersekolah kami tidak akan memaksa, mengingat saya membayangkan akan berat tentunya senin sampai jumat dari jam 8.00 AM sampai 10.15 AM. *ditempat saya ngajar dulu Playgroup dengan usia seperti kinan seperti itu seminggu hanya 3 kali masuk.  Dan kalo pada awal awalnya masih blom mandiri dan masih minta ditemani, saya juga tidak memaksakan, biarkan…tidak ambil pusing dengan penilaian kemandiriannya yang tentu-nya nanti kurang….jadi sekali lagi saya juga tegaskan ke Mbah Utinya yang menjaga, nggak papa ditungguin dulu, daripada dia trauma sekolah nanti..intinya kita buat sekolah pertama dan non formalnya ini FUN…menyenangkan baginya….tidak ada paksaan dan tidak membuatnya takut, entah itu guru-nya atau kawan kawan dan lingkungannya..…ada apa apa, saya juga minta Mbah Uti-nya untuk cepat feedback ke-saya secepatnya biar saya bisa menanyakan atau memberitahukan kepada bunda atau gurunya disekolah.

Hari pertama sekolah kinan, waktu itu…kinan begitu antusias…awalnya mau diajak baris…tapi setelah melihat saya keluar dari kantor kepala sekolah langsung gelendot dan nggak mau baris…hmmm nggak papa….dari pengalaman saya ngajar dulu…progress seperti ini pun sudah bagus..saya nggak mau bandingkan dengan anak anak yang memang sudah mandiri dan lebih berani daripada kinan, karena memang  tentunya anak anak itu unik  dan berbeda satu sama lain. Masih inget juga dulu dengan murid murid saya yang harus ditungguin mama atau bundanya didalam kelas saat playgroup. At least sudah mau berbaur, mau melakukan aktifitas sesuai instruksi bundanya….walaupun kadang memang masih perlu motivasi dalam melakukan aktifitasnya.

Sayang hari pertama masuk sekolah itu karena saya sudah sibuk dengan kinan, tidak terlalu banyak photo bisa saya ambil lewat camdig, hanya  sedikit dan itupun lewat kamera HP yang belom sempat tertransfer ke computer. Jadi photonya tidak terlalu banyak. Hari kedua saya cuti setengah hari lagi, dan masih juga ditunggui, hari ketiga ganti ayahnya yang nganter, ayahnya cuti setengah hari. Hari kamis tanggal 19 July 2012 sudah mulai libur panjang selama 1 bulan karena bulan puasa, dan masuk kembali tanggal 27 Agustus 2012. Saat libur itu dibagikan beberapa buku untuk aktifitas dirumah, dan juga beberapa artikel yang dibuat Bunda yanti tentang “Multiple Intelegensia” dan juga disertakan juga jadwal aktivitas atau kegiatan  selama tahun ajaran 2012 s/d 2013. Garis besarnya, hampir sama dengan aktifitas ditempat saya mengajar yang lalu.

Mengenai Uang masuk atau uang pangkal dan SPP, di PAUD ini standard dengan PAUD yang ada didaerah Tanjung Uban, alhamdulilah masih masuk dalam jangkuan kami.  Jangan dibandingkan dengan uang masuk/uang pangkal dengan TK/PG yang ada didaerah Jabodetabek  yah yang sekali masuk bisa untuk dipake beli Ipad..…hehehehe, begitu juga dengan fasilitasnya. Uang SPPnya seperempatnya dari jumlah uang SPP ditempat saya mengajar dulu.  Terus setiap hari dapat makan dan snack yang ini  seratus ribu perbulan, alhamdulilah dari laporan utinya menu-nya makanan sehat, kinan jadi suka makan sayur. Yang semula dirumah nggak mau bayem atau sayur atau ayam disekolah entah kenapa mau dan habis. Hmm mungkin karena motivasi dan makan bareng bareng kawan kawannya. Sampai saat ini  baru dapat 1 buah seragam olahraga..jadi seragam yang lainnya saya belom tahu, dari uang pangkalnya yang murah saya tidak yakin dapat banyak seragam atau tas dan perlengkapan lainnya  seperti crayon misalnya, No big deal….dan tidak masalah bagi saya hal  seperti itu. Ingat uang pangkal ditempat saya ngajar dulu kalo tak salah sudah masuk ke angka 3 jeti. dengan 4 seragam 1 tas sekolah, perlengkapan tulis menulis dan crayon, gunting, LKS dan semua aktifitas.

Hmmm…apa yang terjadi dengan kinan dengan seragam baru pertama-nya??? Akankah dia senang dan antusias atau gembira??? Walah…ternyata tidak sodara sodara…saya jadi ingat kisah murid murid saya dulu ada juga yang tidak mau pake seragam sekolah…dan saya ingat juga dengan bunda vania, blogger yang ada disini rumahnya, kak vania kalo sekolah saat itu juga masih belom mau pake seragam. Entahlah…apakah ada pengaruhnya  bagi kinan, karena kinan sehari hari tidak pernah melihat ayah atau mamanya pake seragam kerja…ditempat kerja kami memang bebas rapi…standard perusahaan US yang memang style-nya seperti itu. Kata ayah kinan malah katanya kalo di  US sono..atau kalo ada Bule engineer visitor ditempat kita pernah ada yang cuman pake  celana jeans se lutut, tentunya bukan pas acara atau visit resmi lho….apakah karena melihat kita setiap hari yang memang tidak pernah memakai seragam ini mempengaruhi sikap kinan pas mau dipake-in seragam??  Entahlah, Ini adalah photo kinan saat hari jumat tanggal 31 agustus 2012, memakai seragam dengan setengah hati, apalagi jilbabnya, awalnya sangat tidak mau memakai…dengan berbagai alasan,..akhirnya dengan rayuan saya mau juga memakai seragam  ini, tapi sampai sekolah kata uti-nya mogok, nggak mau ikutan senam nempel terus sama UTi-nya dan minta ganti dan dicopot seragamnya. Hari jumat kemarin lebih parah lagi, ngamuk nggak mau pake seragam sama sekali udah dipakai dengan rayuan saya,tapi akhirnya harus dicopot semua karena ngamuk berat, dan marah…kinan bilang “Adek nggak suka pake seragam, nggak nyaman, nggak enak” Walah nduk nduk….yo wis lah…kesekolah dengan tidak memakai seragam.

Seragam olahraga pertama kinan

Kinan dan seragam olahraga pertama-nya. Dengan susah payah akhirnya 3 minggu yang lalu mau memakai pakaian olahraga ini, terus minggu kemarin nggak mau sama sekali ngamuk, dan hari ini jumat 14 sept 2012 mau memakai seragam dengan iming iming dan janji janji nanti sore pulang sekolah mama bawain hadiah, tetap tidak mau memakai jilbabnya…dan itupun kata utinya disekolah minta ganti baju-nya..hehueheuehue..

Tanggal 27 Agustus 2012, kinan mulai masuk sekolah lagi setelah 1 bulan libur.  Uti dan Atungnya yang mengantar dan menunggui, beberapa hari sempat ditunggui didalam kelas,beberapa hari ini kata mbah uti-nya mau ditinggal sendiri di kelas, dengan catatan, pulangnya minta diajak naik odong odong…weleh..ya sutra lah ..nggak masalah nanti dia juga bosen sendiri, begitu biasanya  kinan.

Nah yang paling update kemarin adalah permintaan kinan soal makanan yang  dilihatnya dimakan sama teman temannya. Kebetulan memang saya tidak membiasakan kinan untuk jajan sembarangan, karena biasanya saya sudah  membelikannya makanan atau cemilan dirumah. Untuk menghindari makan makanan yang chiki2an atau coklat2an atau minum2an yang berwarna warni yang marak dan digemari anak anak itu saya jarang mengajaknya ke warung, kalopun ke swalayan atau toko dan mengajak kinan belanja biasanya kita arahkan kearah jajanan yang sesuai dengan yang kita inginkan, susu, biscuit, malkist, creckers dan beberapa makanan yang menurut saya masih accept sesuai criteria saya. Kinan suka melihat kawan kawannya  minum2an yang berwarna warni saya bilang adek itu takutnya bikin batuk, kalo adek mau mama bikinkan sendiri yah dari syrup. Atau kadang dialihkan dengan makanan lain yang saya buatkan atau tersedia dirumah. Dan alhamdulilah berhasil.

Nah kemarin dari ngobrol sama kepala sekolahnya di PAUD ini saya dengan cerita nggak membolehkan membawa makanan ringan atau snack dari rumah,biar kawan lainnya nggak pingin. Memang sih yang saya lihat ini hanya bersifat verbal, kalo di tempat saya ngajar dulu itu termasuk dalam tata tertib terlulis jadi memang harus dipatuhi, kalo misalnya ada anak yang bawa chiki2an misalnya  kita nggak boleh keluarkan dari tas dan kita ingatkan ke mamanya atau mbaknya yang nganter/jemput untuk besuk nggak boleh bawa seperti itu kecuali susu. Nah  kejadiannya dari 2 hari yang lalu kinan lihat kawannya makan nyam-nyam yang ada coklat coklatnya itu, saya mungkin strength ke kinan soal jajanan ini, tapi ini demi kebaikan soalnya kalo sudah batuk atau pilek kita juga kan yang repot. Saya pernah menuliskan tentang batuk alergi kinan, batuk pada malam hari saat mau tidur atau tengah malam, lalu bangun tidur saja, dokter dewi metta bilang suspectnya alergi makanya kita coba kemarin memilah milah, apakah karena coklat *saat itu lagi seneng minta kit kat yang ball itu…, apa karena debu atau alergi dingin atau AC..dan kayaknya yang paling mendekati adalah karena coklat, karena sejak kita nggak pernah lagi ngasih coklat apapun itu biarpun mahal atau branded hehhee..lebay penggambarannya, alhamdulilah batuknya sembuh….karena kalo dingin atau debu dari dulu juga nggak pernah batuk seperti itu walaupun AC diset dingin setiap harinya.

Nah kinan dari selasa dan rabu kemarin merengek terus minta nyam nyam, sampai dia bilang ke bundanya, “bunda, adek mau beli nyam nyam” terus bundanya bilang disini nggak ada, terus dia Tanya ke teman yang makan itu, “Kakak kalo beli nyam nyam dimana?” begitu laporan utinya kemarin… kemarin dibeliin sama mbah utinya pulang sekolah karena merengek minta diajak ke prima indah tempat kita biasa belanja, setelah naik odong odong minta nyam nyam, kinan ambil sendiri dua, satu yang stick ada vanilla creamnya, terus satu lagi yang kecil kecil ada coklatnya itu, untungnya yang coklat ini tumpah jadi nggak kemakan sama sekali..yang ada roti sticknya dan cream vanilla sempat dimakan…cream vanilla-nya waktu saya  lihat sore saat saya pulang kerja hanya sedikit dimakan..rotinya aja yang dimakan..yo wis syukurlah. Masalahnya tadi pagi seperti itu merengek rengek lagi…duhhhhhhhhhhh….bikin saya kena marah ayahnya lagi, karena saya tadi pagi bangun tidur sudah mewanti wanti “nanti adek nggak boleh jajan nyam nyam lagi yah, kalo naik  odong odong saja boleh” hmm dia tampak kecewa…dan jadi bad mood gitu pagi ini, biasa si ayah jadinya negor saya lagi..ini itu jangan dibilang  ke anaknya jangan ini, jangan itu…pelan aja!….waduh  aku bilangnya juga pelan je ayah….!

 Terus dapat laporan dari Utinya kemarin, kalo disuruh gurunya maju untuk nyanyi masih suka nggak mau. Entah malu atau entah kenapa, pas ditanya sama mbah utinya kenapa adek kalo disekolah nggak mau nyanyi kalo disuruh bunda, seperti kalo dirumah nyanyi kenceng-kenceng?”Apa coba jawabnya kinan??? “Mbah uti, kalo nyanyi itu dirumah aja, biar nggak kedengaran sama yang lainnya” walah walah..ada aja alasannya…yo wis lah….*lagi lagi jadi membandingkan dengan jaman saya jadi pengajar dulu….waduh benernya nggak boleh yah mbandingin, untuk bisa kena dan deket anak anak dulu segala jurus rayuan dilakukan, dan kayaknya dulu  paling jago mengambil hati anak, dari yang awalnya nggak mau nyanyi sampai mau maju kedepan nyanyi….itu dulu yah..karena tuntutan tugas dan tanggung jawab, tapi sekarang…waduh… banyak nggak sabarnya kayaknya….!!!

Kemarin kata utinya kinan juga  udah mau berani dan mau bertanya atau meminta sesuatu kepada bundanya, waktu minta tambah telor saat makan. Kinan bilang ” Bunda, adek mau telul puyuh lagi?” duehhh ndukkkkkk..dirumah dimasakin telor puyuh tak pernah mau disekolah malah sampai minta tambah…..piye tho… Udah mau ditinggal juga saat dikelas, tapi pas makan dia akan nyari utinya sambil bilang ” Mbah uti sini, adek waktunya makan, adek nggak bisa makan soalnya panas”. walah….walah….yo wislah, kinan sudah mau sekolah saja saya  sudah sangat amat  bersyukur ….soal  kemandirian dan juga hasil belajar tidak ada target…

Yang pasti, banyak hal lebih baik  terjadi setelah kinan sekolah. Pagi hari cepat mandi pagi, terus sarapan tepat jam 7 pagi, pokoknya harus sarapan sebelum kesekolah. Alhamdulilah… dirumahpun kalo malam hari atau lepas magrib senang dengan aktifitas aktifitas yang telah saya buatkan untuk kinan belajar..*istilah saya bermain main ….emaknya ini punya kerja tambahan sekarang bikinkan woorksheet untuk kinan belajar angka, alphabet atau mengasah kemampuan motorik halus dan kasarnya…misalnya mewarnai, belajar membuat garis,menggunting, atau  matching object atau mencocokkan object…dari sekian banyak worksheet yang saya buatkan untuk kinan yang selalu suka dan dikerjakan sendiri tanpa bantuan adalah matching game…hehehe soalnya tinggal mencari yang sama dan memasangkannya dengan garis lurus…kalo angka masih sederhana  menghitungnya kalo lebih dari 5 gambarnya pasti bilang..”Mama aja yang ngitung yah, banyak adek capek” walah…ya udah..angot angotan dan bosenan soalnya kinan dalam belajar ….Ya sudahlah sebisanya..fun dan tidak ada paksaan, seperti pesan ayahnya..kayaknya ayahnya yang lebih telaten dan sabar sesi sesi mengajarkan sesuatu seperti ini sama kinan.

kinan  bermain dengan worksheet

Paling seneng dengan worksheet “mathching picture” walah nggak usah pake instruksi dah di coret coret sendiri dan bener/tepat.

Beberapa link dari google yang sempat emak kinan pake worksheet -nya untuk usia pre-school / Kindergarten..*aslinya buanyak banget kalo kita mau googling;

http://www.tlsbooks.com/preschoolthinkingskills.htm

http://www.nationalkindergartenreadiness.com/2011/01/preschool-numbers-matching-worksheet/

http://www.allkidsnetwork.com/worksheets/

http://www.nationalkindergartenreadiness.com/2011/06/auditory-learning-with-two-part-instructions-worksheet/

http://www.earlychildhoodworksheets.com/

http://homeschoolingk.blogspot.com/2007_10_01_archive.html

http://www.makinglearningfun.com/themepages/mrswishywordfamilyworksheets.htm

Finally…kurang lebih itulah gambaran yang terekam tentang sekolah pertama kinan. Semoga semangat terus yah nak Sekolahnya…semakin mandiri dan semakin pintar, dimudahkan sama Allah SWT dalam menyerap ilmu yang diberikan oleh bunda-bunda-mu disekolah..sama ayah dan mama serta seluruh keluarga dirumah ….lewat apapun itu medianya semoga  bisa membentuk karakter dan kepribadian yang baik pada dirimu nduk, kinanku.

doa sebelum belajar

Doa sebelum belajar sumber dari sini

Menuntut ilmu adalah sebuah perjalanan ibadah, dan menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita orangtua ini untuk memberikan kemudahan anak anak kita dalam menuntut ilmu salah satunya melalui jalur sekolah ini. Semoga Ayah dan mama bisa mengumpulkan bekal materi yang cukup untuk dirimu mentuntut ilmu yah nduk, karena ilmu adalah harta yang tak ternilai, jadi ingat dengan kata kata Atung kinan sama emak kinan dulu asli kenyataan yang terjadi…”Bapak nggak punya banyak warisan atau  materi yang berlimpah yang bisa diberikan, bapak hanya bisa menyekolahkanmu dan memberikan bekal untukmu dengan  bekal ilmu”….hmm ……terimakasih bapak…terharu..jadi pingin nangis….masih saja terngiang do’a yang diajarkan bapak saat mau ujian mulai dari SD dulu penggalan ayat yang terdapat dalam Surat At Thaha ayat  25 – 28, bahkan saya tuliskan dihalaman pertama persembahan skrispsi jaman kuliah saat itu.

Sumber gambar click disini

Betapa juga dalam agama islam mengajarkan kita untuk menuntut ilmu. Mungkin juga kawans pernah dengar sabda Nabi Muhammad SAW ” Tuntutlah ilmu walau sampai kenegeri China”….atau banyak ayat ayat dalam Al Qur’an yang intinya mengisyaratkan kita untuk belajar dan menuntut ilmu.

“My Lord ! Increase me in knowledge.” (Surah Ta-Ha 20:114)

(Ya Tuhanku, Tambahkan ilmu/pengetahuan kepadaku)

Masyallah….tulisannya udah sepanjang apa ini…dari kapan draftnya…ditambah tambahi terus kalo lagi break nyangkul….dan hari ini disela sela in rush & hetic ..hueuheueheu..segebok gebok…..finally…semoga jadi pengingat untuk kami sekeluarga tentang sekolah kinan pertama ini…dan juga urusan menuntut ilmu ini..

Happy Thursday kawans..

Telah berganti hari…jadi Happy Friday kawans…

*what..besuk udah jum’at weekend lagi……alhamdulilah……

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Review Sekolah Pertama Kinan

  1. Mungkin karena Kinan gak terbiasa pake baju yang lengan panjang dan celana panjang gitu kali’ ya jeng, jadinya nolak pake seragam. Tapi semoga seiring waktu, Kinan akan terbiasa yaaahhh🙂

    Ikut seneng, mam, baca kemajuan2 Kinan di sekolahnya. Setiap anak memang beda-beda yah, proses dan pendekatan yang musti kita lakukan juga beda2. Semoga kita bisa selalu jadi orang tua yang bisa mendidik anak sesuai dengan kepribadian anak kita ya jeng…

  2. Lidya says:

    lama-lama juga terbiasa ya memakai seragamnya. semoga Kinan makin semangat sekolahnya ya

  3. ndutyke says:

    Seru jg ya….
    Dr yg ga doyan sayur, skrg jd doyan.
    Bener katamu mbak, mgkn krn termotivasi saat melihat teman2nya makan sayur.
    Termasuk jadi pengen makan nyamnyam jg, hehehe.
    Udah nak, buat tanteu tyka aja ya nyamnyam nya😛

    *doyan*

  4. cumakatakata says:

    semangat kinaaaaaaaaaaaaaaaaaann…..

    coba dekat dah saya cubit pipinya kinan #uppst

  5. IbuDini says:

    Ibu kalau nyayi di rumah aja biar yang lain ngak denger hehehhe, kinan paling bisa. Trus kalau gitu ngak bisa mangung dong kinan.

    Wahhh kinan udah sekolah ya, nanti kalau kita jumpa lagi adek kinan nyanyi ya..sama kakak dini aja yang lain ngak usah hehehhe.

    Kalau Dini beda mb, dia paling suka pakai seragam..justru dia malah yang ingetin kita besok pakai baju apa dan apa. sampai masuk SD pun masih sama.

    Kapan kita Kopdar lagi ya mb, Mb Dewi pengen jumpa sama Mb tuch.

  6. vera says:

    waaahhh senengnya kinan udah sekolah ya. Makannya bareng temen jd semanget dan lahap ya. Di sekolah alisha juga gak dibolehin bawa makanan dr rumah, jd wajib ikut catering di sekolah, mgkn biar si anak klo makanannya sama ama temennya dan makannya barengan, jd mau makan ya.

    Kinan, ntar lama-lama juga mau pake seragam panjang ya, kayak azka dulu, gak terbiasa pake lengan panjang eeh masuk PG ama TK seragam anak cowo jg lengan panjang tp lama2 dia mau pake krn liat temen2nya pake.

    moga seneng dg sekolahnya, makin pintar dan sehat selalu ya.

  7. endah says:

    mama kinan, ternyata kaka kinan sudah besar ya. Wah mama nya hebat banget ni ngereview sekolahan. Ternyata pernah berkecimpung di dunia preschooler ya mam. Makasih ya mama link worksheet nya.. Nanti aku ikutan download juga. Ayo kaka kinan yang semangat ya sekolahnya,😀 * Oiya kemarin ayah alfatih juga baru dinas ke Batam, jadi inget kinan itu deket kah sama tempat tinggal kinan di BIntan?

    • saya tinggal di Bintan mbak endah, masih nyeberang lagi dari batam, pulau sebelahnya…dari batam (pelabuhan speed/roro dipungur) naik speedboat 30 menit kalo naik ferry/roro dari batam ke bintan masih 1 jam lagi. wah kalo sama mbak indah bisa mampir tuh main ke tempat saya di bintan🙂

  8. riliarully says:

    hehehe..KInan sama kaya Kaira dl mam susah kl disuruh pake seragam jadi pakai bajunya milih sendiri tp tetep dibawain ke sekolah krn biasanya kl liat temennya pake jd pengen pake juga😀
    Bersyukur ya Kinan ada Eyang Utinya yg bisa nememin🙂
    Selamat ya Kinan di sekolah barunya..smoga selalu semangat belajar n tetep fun🙂

  9. mama hilsya says:

    doa-doanya sama lho sama doa budhe eh tante…*teteup*
    cuma kalo tante nambah doa khusus .. supaya Ajarn2nya kasihan melihat murid yg satu ini, hehe..

    Eh, de.. sekarang juga tante pake seragam .. harus pake rok..
    ga kebayang kan kalo sekolah di sini, dari TK sampe kuliah pake seragam putih biru/item lho!

  10. Baby Dija says:

    Elsa says: Haduuuh aku gak pernah menyangka sebelumnya, masalah sekolah aja bisa jadi bahan buat pusing kepala ya Mbak. aku mengalaminya sekarang. Kepingin banget masukin Dija ke paud, kan sudah boleh tuh… Dija sudah 2,5 tahun. kemaren survey gitu… dan hasilnya makin mumet jaya!!!!
    hehehehhehee

    Dija says: aku pingin sekolah juga kayak kakak kinaaaaan….

  11. Pingback: Review Daily Task Vs Review School Uniform | My new world

Leave a Reply

