Bersahabat dengan “One Stop Parenting Information” Ayahbunda

lomba menulis ayah bunda

Mempunyai balita yang cerdas dan sehat adalah dambaan setiap orangtua. Tidak terkecuali saya dan suami  yang  menginginkan putri kami Ghina Artya Kinanthi yang berusia 3 tahun lebih 2 bulan tumbuh sehat dan cerdas. Untuk mewujudkan hal tersebut kami telah memulainya pada saat kinan masih  berada dalam kandungan.  Kehamilan pertama dimana saya buta sama sekali pengetahuan tentang seluk beluk “pregnancy” dan juga berada jauh di tanah rantau di daerah kepulauan membuat saya dan ayah kinan harus pandai memanfaatkan media informasi yang ada.  Salah satunya  dengan memanfaatkan media internet untuk mendapatkan informasi yang kami inginkan mengenai kehamilan. Saat masa mengandung kinan kurang lebih tahun 2009 itulah saya mulai berkenalan dengan Ayahbunda majalah maupun website Ayahbunda yang bisa diakses secara online. Banyak artikel dan tips menarik dari Ayahbunda yang bisa saya praktikan selama masa kehamilan.  Mulai  dari informasi perkembangan janin dari bulan ke bulan, tips mengatasi “morning sickness”, asupan gizi  untuk ibu hamil dan janinnya,  sampai dengan artikel mengenai cara  menstimulus otak janin didalam kandungan.

Kesiapan mental untuk menjadi orangtua sangat diperlukan, jangan sampai saya dan suami tidak mengerti mengenai dunia parenting yang akan segera kami lewati setelah kelahiran putri kami. Saya tidak ingin terlewat informasi-informasi penting mengenai tumbuh kembang balita. Mulai dari ASI, MPASI, asupan gizi untuk ibu menyusui, asupan gizi untuk balita berdasarkan usia, mainan untuk menstimulus perkembangan otak bayi atau balita, sampai pernak pernik tumbuh kembang balita banyak saya dapatkan dari Ayahbunda. Sampai sekarang berbagai artikel itu masih tersimpan rapi dalam email dan juga folder di komputer saya, dan ketika ada kawan yang membutuhkan saya tinggal share atau membagikan informasi ini kadang lewat email ataupun memberikan softcopy lewat flash disk atau CD agar mereka juga update tentang seluk beluk parenting dan berbagai artikel menarik seputar perkembangan  atau tumbuh kembang balita.

Kalau dihitung-hitung sudah hampir  empat tahunan saya kenal dengan Ayahbunda. Wah padahal Ayahbunda tahun ini sudah berulang tahun yang ke 35. Maklum dulu sebelum berkeluarga mana pernah istilahnya melirik majalah yang bersegmen parenting atau keluarga seperti ini. Setelah menikah  kemudian mengandung, lalu melahirkan dan kemudian mengasuh anak  informasi-informasi seputar dunia parenting seperti Majalah Ayahbunda inilah yang jadi prioritas yang harus dibeli dan dibaca.

Tidak terasa sejak kinan masih berada dalam kandungan dan sampai sekarang usianya 3 tahun lebih 2 bulan Ayahbunda selalu jadi andalan untuk tempat mencari informasi penting berkenaan dengan perkembangan kinan. Dari ringkasan selama kurang lebih 4 tahun bersahabat dengan Ayahbunda saya ingin mencoba mengelompokkan hasil pencarian artikel atau informasi yang berhasil saya dapatkan dan simpan menjadi  3 Kategori masa atau tahap dimana saya mengasuh dan mendampingi kinan yaitu; Masa kehamilan, masa Menyusui  dan MPASI, serta Masa Tumbuh Kembang.

1. Masa Kehamilan

Pada masa kehamilan kinan anak pertama saya, saat itu saya sedang sibuk dengan perkerjaan dan tempat kerja baru. Apalagi tinggal didaerah kepulauan. Beruntung ada jaringan internet sehingga mencari informasi tentang seluk beluk kehamilan bisa didapatkan terutama lewat Ayahbunda. Tip dan Triknya untuk menyiasati “morning sickness” begitu berguna sehingga saya bisa beraktifitas dan bekerja saat itu. Sebagai contohnya seperti artikel yang berjudul; Ibu Hamil Didera Mual dan Muntah. Juga berbagai artikelnya yang berisi seperti makanan dan asupan gizi untuk ibu hamil, perkembangan janin, persiapan persalinan, dan begitu banyak artikel lainnya yang sungguh berguna.

2. Masa Menyusui dan MPASI (Makanan Penunjang ASI)

Tidak terhitung juga artikel tentang ASI, menyusui dan seluk beluknya saya dapatkan dari artikel Ayahbunda. Sharing tentang Asi perah bagi ibu bekerja juga pernah saya dapatkan disini. Seluk beluk tentang bayi baru lahir dan perawatannya, termasuk jenis tangisan bayi  yang merupakan cara bayi  berkomunikasi dengan orang orang disekitarnya. Ada juga contoh kasus betapa bermanfaatnya artikel Ayahbunda bagi saya dan suami yang baru dikaruniai Kinan. Pertanyaan kita saat itu terpecahkan dengan jawaban dari artikel  yang di posting Ayahbunda. Ayah kinan berusaha mencari jawaban saat khawatir dan takut kenapa  kaki kinan yang saat itu berusia sekitar 2 bulanan sering terasa dingin secara tiba-tiba. Kemudian Ayah kinan mengirimkan email ke saya berupa artikel dengan judul “Tangan dan Kaki Bayi Dingin” bersumber dari Ayahbunda.

artikel tentang kaki dingin pada bayi baru lahir dari ayahbunda

Artikel dari Ayahbunda tentang kaki dingin pada bayi baru lahir, membuat kami bisa tersenyum lega. (Tersimpan di email tanggal Wed 11/11/2009; 12.12 PM). – Link asli Ayahbunda disini

Kemudian menginjak pada usia 6 bulan dimana kinan mulai MPASI, saya banyak mendapatkan ilmu dari Ayahbunda. Tak terhitung banyaknya resep untuk balita mulai dari usia 6 bulan saya copy dan simpan untuk dipraktekkan dirumah agar kinan terpenuhi asupan gizi-nya. Salah satu contoh yang tersimpan di folder saya seperti dibawah ini;

 artikel Ayahbunda pola makan bayi usia 9-12 bulan

Artikel dari portal Ayahbunda tentang pola makan bayi usia 9-12 bulan yang tersimpan rapi dalam folder. (Link asli dari Ayahbunda di sini)

3. Masa Tumbuh Kembang

Berusaha melengkapi informasi-informasi yang saya dapat tentang tumbuh kembang balita dengan memadukannya dengan informasi yang saya dapat dari Ayahbunda baik dari Majalah maupun dari  situs Ayahbunda online.  Seperti misalnya tentang vaksinasi wajib dan tidak wajib, kemudian tentang perkembangan balita berdasarkan usianya dan juga bagaimana menstimulus perkembangan kecerdasan balita. Kalau ingin dirinci satu persatu mungkin akan menjadi posting yang sangat panjang karena yang pasti banyak sekali informasi penting dan berguna yang saya dapatkan dari Ayahbunda untuk bekal mendampingi dan mengasuh kinan dimasa tumbung kembangnya. Saya sebagai orangtuanya tidak ingin menyia-nyiakan masa “Golden Age”nya kinan dengan berusaha memberikan lingkungan yang nyaman untuk tumbuh kembangnya, memberikan stimulus atau rangsangan untuk kecerdasan otaknya dan juga tidak kalah pentingnya adalah memberikan asupan gizi yang dibutuhkan. Karena menurut sebuah artikel  yang pernah saya baca setidaknya ada 3 hal  yang mempengaruhi  Perkembangan Kecerdasan yaitu;  Genetik, Lingkungan dan Gizi.  Dan betapa beruntungnya saya semua informasi  tentang hal itu ada dalam “One Stop Parenting Information” Ayahbunda.

ayahbunda online

Menu menu dalam “One stop Parenting Information” Ayahbunda

Mencoba menerapkan dan mengaplikasikan informasi yang saya dapat dari Ayahbunda tentang banyak  hal untuk anak saya kinan. Seperti misalnya bagaimana sesibuk apapun saya bekerja saya tetap harus memanfaatkan waktu untuk mengajak bermain. Seperti artikel yang saya baca dengan judul “Sesibuk Apapun,Ajaklah Anak Bermain!”. Sungguh ini pencerahan bagi saya untuk lebih bisa memaksimalkan waktu bermain bersama kinan sebagai sesuatu yang berkualitas dan jadi sarana juga untuk menstimulus kecerdasannya.  Ayahbunda juga memberikan informasi bahwa  cara yang paling baik  untuk  menstimulus otak anak adalah dengan bermain, seperti yang tertulis dalam artikelnya yang berjudul “Main Olah Otak Cerdaskan Anak”.

“Bermain tidak hanya melatih perkembangan fisik, tetapi juga otak/intelektual. Stimulasi otak yang terjadi saat anak bermain akan mengembangkan aspek-aspek kognitif seperti kemampuan memecahkan masalah anak, kemampuan bahasa, asah logika, serta konsep-konsep dasar lainnya yang juga diajari di sekolah. Tidak hanya itu, permainan yang dilakukan bersama keluarga dapat meningkatkan kepercayaan dan ikatan di antara anak dan orangtua.” pendapat Ibu Lely Tobing, pakar PAUD dan praktisi Brain Gym. (sumber artikel Ayahbunda – link click disini)

kinan bermain balok

Mencoba menerapkan informasi dari Ayahbunda, mengajak kinan bermain balok, membuat menara lalu kinan berimajinasi seperti kue ulangtahun yang bisa dipotong.

Lagi lagi saya harus berterimakasih kepada Ayahbunda. Karena dengan banyak artikelnya saya jadi “melek” pola pengasuhan anak yang baik, mengajak bermain yang bermanfaat. Istilahnya bermain tidak asal bermain melainkan bermain tapi ternyata mempunyai manfaat besar untuk menstimulasi perkembangan otak anak. Sampai kepada artikel bagaimana memilih mainan yang baik dan apa saja kegiatan atau permainan yang bisa menstimulus otak. Seperti artikel yang berjudul “Kembangkan Memori, Fokus dan Logika”. Apalagi yang saya lihat saat ini kenyataannya kinan masih susah untuk fokus pada kegiataan yang sedang diikutinya disekolah PAUD atau sekolah informalnya. Artikel ini sangat membantu saya untuk menyiapkan kinan untuk lebih konsentrasi dan siap kesekolah formal tepat pada usianya nanti.

bermain puzzle

Kinan sedang asik bermain Puzzle dan mainan bongkar pasang

Ibu Lely Tobing pun sependapat. Menurutnya, bermain bersama, terlebih lagi pada masa Golden Period (usia balita) pertumbuhan sel saraf otak anak sedang berkembang sangat pesat.  Salah satu area perkembangan anak yang mendapat manfaat dari permainan berkualitas adalah kemampuan di area kognisi atau intelektualnya. “Karena itu, permainan yang mengasah memori, logika dan rentang waktu atensi (fokus) akan membantu kemampuan anak di jenjang pendidikannya nanti,” papar ibu Lely.(sumber Ayahbunda – link disini)

What’s a perfect information? Pokoknya Ayahbunda keren dan lengkap. Belum lagi Bonus Buncil-nya dan beragam aktifitas yang ada di menu Tools yang berguna sekali. Lihatlah betapa kinan menyukai aktifitas yang saya printkan untuknya dari Ayahbunda.

Kinan beraktifitas  mengenal bentuk geometri dan warna dari buncil Ayahbunda

Kinan beraktifitas mengenal bentuk geometri dan warna dari Buncil Ayahbunda

Tugas kami sebagai orangtua adalah menjaga amanah yang telah diberikan Tuhan kepada kami, membimbing dan mengasuh  kinan agar tumbuh menjadi anak yang cerdas dan mandiri hingga kelak tumbuh dewasa. Memberikan hak-hak dasarnya sebagai anak yang berhak atas kasih sayang dan pemenuhan segala kebutuhannya. Kami berusaha memberikan yang terbaik semaksimal dan semampu yang kami bisa. Sebagai orangtua berusaha untuk tidak egois dan memaksakan kehendak. Apapun nanti kecerdasan dan kelebihan kemampuan yang kinan miliki itu adalah unik. Karena  anak anak itu unik dengan berbagai macam kecerdasannya seperti yang Ayahbunda share dalam tulisannya “Kecerdasan Majemuk (MULTIPLEIntelligences) dan Howard Gardner”. Kami ingin kelak ketika dewasa kinan bisa menjadi  anak yang mempunyai budi pekerti yang baik, mandiri, mampu menghadapi dan memecahkan segala permasalahan kehidupan yang kelak dihadapinya.

Sungguh indah bisa bersahabat denganmu Ayahbunda. Kamu  adalah sahabat yang setia dan lengkap untuk para pasangan muda atau orangtua  yang ingin selalu update tentang seluk beluk kehamilan,  dunia parenting dan segala pernak perniknya . Tidak salah bila saya dan suami memberikan julukan “One Stop Parenting Information” untuk portal dan majalah Ayahbunda. Semoga kelak saya dan keluarga bisa diberikan kesempatan untuk bisa hadir dalam event yang sering diadakan Ayahbunda.

Selamat ulangtahun AyahbundaTidak lupa saya, suami dan putri kami Ghina Artya Kinanthi mengucapkan “Dirgahayu Ayahbunda” Selamat ulangtahun yang ke 35 semoga semakin Jaya dan terus berkarya memberikan informasi berguna bagi para pembaca setia-mu. Terimakasih atas banyak informasi yang telah dibagi untuk keluarga kami. Terimakasih yang paling spesial dari saya telah menjadi sahabat dalam perjalanan menjadi Ibu, mulai dari mengandung kinan, melahirkan serta mengasuh dan membimbingnya dari bayi hingga usianya kini  dan yang pasti kedepannya. Dari Ayahbunda saya yang tadinya buta banyak hal mengenai dunia pengasuhan anak atau “parenting” akhirnya jadi tahu banyak hal yang berguna. Betapa beruntungnya saya bisa membaca artikel bermanfaat di www.ayahbunda.co.id.

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog Ayahbunda dengan tema “Aku dan Ayahbunda”.

Lomba blog Ayahbunda

——————————————————————————————————-

Sumber dan link tulisan:

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Bersahabat dengan “One Stop Parenting Information” Ayahbunda

  1. mama hilsya says:

    asli yang lagi semangat ngontes.. salut banyak jempol buat emak kinan
    bagi2 ya.. *belum apa-apa udh dipalak duluan*

    • hehehee….walah mbak iseng aja..asli sekarang suka susah tidur mbak…dirumah jadi dilampiaskan online kalo mbaca buku waduh..mata ini yang gak tahan..
      *udah diprotes ayah kinan..tidurnya jangan malam malam..takut pagi nggak masak buat anaknya hehehehe..apalagi kinan dah sekolah…dapat hadiah alhamdulilah..nggak dapat hadiah kebangetan ehhhh enggak ding…nggak masalah..namanya juga ngontes..hehehe…:)

  2. Istri saya dulunya juga berlangganan majalah ini ketika kehamilan anak-anak dari yang nomer 1 sampai yang nomer 3. Dan sayapun kadang menyerap pengetahuan dari sana. Kan saya juga pecinta anak-anak

    • iya pak…ayah harus tahu juga tuh pak update tentang dunia parenting..infonya bagus bagus disitu pak..dari yang nggak ngerti jadi ngerti nieh saya..maklum baru pengalaman anak pertama…

  3. Sukses ngontesnya ya jeng….🙂

  4. silver price says:

    Kesimpulannya adalah saya bersyukur sekali menemukan website ayahbunda , keren abis deh artikel-artikel plus resep-resepnya dan juga disini sering banget ada lomba ataupun sayembara. Sayang saya belum beruntung menjadi pemenang Termasuk saat saya ikut lomba Kids of the Month dengan tema “Aku dan Bonekaku” sayang Amanda tidak menang hehehe….ikut angket buat dapat stroller Chicco juga tidak menang hehehe….yah semoga kali ini menang ya Selebihnya saya senang bisa menggali banyak-banyak informasi tentang tumbuh kembang anak disini, lengkap banget. Sudah tidak perlu bingung-bingung lagi harus bertanya pada siapa, yang jelas, ayahbunda sudah menjadi pedamping terbaik buat kami untuk menjalankan tugas kami sebagai orangtua.

  5. rina says:

    feeling saya sih menang nih kontesnya…lha kumplit beginih… saluut sama mama Kinan disela kesibukan masih bisa menulis sebagus ini

    • Meramaikan dan berbagi informasi melalui nulis di blog mbak..aslinya sambil belaja soal “parenting” dan juga jadi pengingat juga buat saya…nggak ngarep menang mbak..yang lain banyak yang bagus bagus..:)

  6. dulu waktu hamil anak pertama sy sp langganan, krn blm familiar sm dunia internet😀

  7. Desi says:

    waah..banyak juga yg ikutan kontes ayah bunda..aku mo ikutan udah jiper duluan..liat saingannya mba gini..hihihi

    aku yo nyimak ae..smoga menang ya mba…:))

  8. Lidya says:

    semoga menang ya bun, skr aku gak oernah lagi beli ayah bunda lebihs ering cari online aja😀

    • iya mbak lebih praktis buat yang suka online seperti kita, disela kesibukan..kalo baca majalah kan harus fokus…tapi suka beli juga kalo ada bonus…hehehe tetap nieh judulnya emak suka hadiah dan bonusan ….*impulsive buyer..:)

  9. elsayellow says:

    Mbak…. kapan mampir…
    ditunggu loh…

    • iya insyallah mbak elsa ini masih ditulungagung, hari ini keluarga besar ngajak jalan ke malang, jadi belom tahu kapan rencana ke arah surabayanya…..agak pesimis juga bisa atau enggak ke surabaya….semoga bisa..

  10. BunDit says:

    Wah..hebat nih tulisan mama Kinan, detil dan panjang, isinya ok pula. Semangat ngontes nya sepertinya masih membara. Sukses ya mam, semoga menang🙂

    • Makasih bunda dita…aku terinspirasi dirimu lho bunda awalnya..kalo nulis “lengkip” saking lengkapnya hehehe…terus dulu bundit kan juga suka ngontes…jadi menginspirasi….memanfaatkan waktu sambil belajar dan juga mendokumentasikan dan berbagi informasi..:)

  11. Evi says:

    Kayaknya banyak deh anak-anak Indonesia yg berhutang pada Majalah Ayah Bunda, Mbak. Setidaknya anak saya dan Kinan yah..Sebab saya juga dulu adalah pembaca ayah-bunda

  12. Pingback: Bulan Haji dan Manasik Haji | My new world

Leave a Reply

