Bulan Haji dan Manasik Haji

Alhamdulilah bisa ngeblog lagi, setelah berapa lama dari posting terakhir, kayaknya tanggal 25 an October saat ngontes untuk ayahbunda disini. Banyak hal sebenernya pingin di dokumentasikan diblog ini, tapi berhubung keterbatasan waktu dan juga lebih mementingkan “Quality Time” dengan kinan dan keluarga akhirnya ngalah, nanti nanti dulu update blognya.  Iya, alhamdulillah bisa menginjakkan kaki di tanah kelahiran dan  kampung halaman lagi di Tulungagung tercinta, sudah satu minggu lebih berada dikampung halaman berkumpul dengan keluarga besar. Ada beberapa keperluan yang mengharuskan kami untuk pulang mudik, selain tentunya kangen dengan keluarga besar. Betapa senangnya kinan bertemu dengan Yang Ti dan Kung Ri di Tulungagung, sudah tidak pake acara malu malu lagi dan tidak rewel dirumah Yang Ti dan Kung Ri seperti mudik mudik sebelumnya. Alhamdulillah, kinan semakin tumbuh besar dan lebih mengerti banyak hal…jadi terharu. Apalagi ada fasilita “Wifi” yang dipasang sama Om fatrin dirumah…walah tambah betah aja..tiap hari minta edu game online yang saya pilihkan untuknya atau tayangan Tutitu dan lagu lagu anak anak di you tube. *soal main edu game dan youtube  di internet ini dah dikasih janji, nanti kalo di Bintan udah nggak boleh lagi lho yah, soalnya internetnya nggak kayak di sini, *kalo pake paketan internet yang biasa kita beli untuk internet di Bintan bisa bangkrut entar emak bapaknya ……heuheueheue.. kelihatannya sih mengerti…dan bilang “Iya” tapi nggak tahu nanti aktualnya semoga tidak  jadi “candu”.  Insyallah kinan bisa diberi pengertian…disinipun juga tidak melulu online intenet tapi kita manfaatkan untuk jalan jalan semaksial mungkin, mumpung cuti 2 minggu.

Kembali kepada judul…walah biasa nieh emak kinan kalo dah nulis preambule nya “ngalor ngidul”…Jadi ingat blom mendokumentasikan kegiatan manasik haji-nya kinan kapan hari,Sabtu 20 Oktober 2012. Ingat gara garanya dirumah kampung halaman banyak sekali jalan ditutup sana sini karena ada hajatan…byuh..bulan Dzulkijah atau bulan haji emang banyak yang melaksanakan pernikahan atau hajatan. Numpang juga ucapan bagi jamaah haji Indonsia yang baru pulang dari Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji, semoga ibadah hajinya sempurna, diterima oleh Allah SWT dan semoga menjadi haji yang mabrur…*amien

Kegiatan manasik haji ini adalah kegiatan yang dilaksanakan gabungan antara TK dan PAUD wilayah Bintan Utara kayaknya, banyak banget yang ikut soalnya.Ini adalah aktifitas diluar sekolah pertama yang diikuti kinan. Kebetulan juga baru kali ini saya tahu dan ikut namanya Manasik haji. Dulu jaman ngajar, karena TK-nya lebih ke basis nasional  jadi kegiatan manasik haji seperti ini tidak pernah jadi agenda. Jadi apa sih sebenarnya kegiatan manasik haji ini? Menurut kamus online disini, Manasik haji adalah kegiatanperagaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dng rukun-rukunnya (biasanya menggunakan Kakbah tiruan dsb). Semua prosesi atau tata cara naik haji diajarkan disini…misalnya bermalam di mina, kemudian di padang arafah, terus ke muzdalifah, lempar jumroh,terus thowaf, sai, tahalul atau cukur rambut dan potong hewan qurban. Semua dikenalkan, dengan doa doa sederhana untuk anak anak TK dan PAUD yang dipandu bu guru.

Sempat bingung juga dresscode baju putih putih dan kerudung putih. Kinan mana mau pake lengan panjang dan kerudung??? bingung dan waktu yang mepet seadanya aja stock baju dirumah, jilbab putih, baju atasan putih ada, terus tinggal celana  putih, akhirnya utinya yang bikinkan celana putihnya sendiri dijahit tangan. Hore…uti bisa bikin celana kinan dengan jahit tangan….maaf yah Uti merepotkan lagi…awalnya mau dibelikan aja jadi..hunting diTanjung uban gamis atau celana putih dan atasannya yang putih putih beserta jilbabnya sekalian nggak ada stock yang ukuran kecil…walah mana dah mepet akhirnya seadanya aja.

Penampakan kinan di acara “Manasik Haji” 20 Oktober 2012

manasik haji 2012manasik haji

manasik haji manasik haji

Apakah kinan menikmati acara ini?  Pada awalnya ya kinan antusias sekali bangun tidur, nggak rewel langsung mau mandi dan pakai baju yang sudah disiapkan, dan bilang “Ma ayo cepet kita belangkat naik haji”…waduh bukan naik haji nduk tapi manasik haji begitu saya jelaskan. Sampai ditempat acara jam 8 pagi sudah ramai gaduh…dan sedikit panas…akhirnya membuat kinan tidak terlalu menikmati,..apalagi yang yang harus  menjauh dan membiarkannya bergabung dengan kawan kawannya  membuat kinan jadi tidak konsentrasi..sibuk celingak celinguk sana sini…yo gitulah anak anak..kayaknya kinan emang belom menikmati dan mengerti acara ini..untuk apa..maknanya apa….namanya juga masih 3 tahun, yo wis nggak berharap banyak sing penting dia mau berbaur dan mengikuti aktifitas bersama gurunya. Hmm sebenarnya ada sedikit insiden yang saya lihat dan membuat saya sedikit kecewa sebagai orangtua murid Hmm biarlah itu tersimpan dalam memory saya saja..tidak enak di share………jadi ingat dengan saya waktu ngajar dengan team yang saya pimpin dulu..”No special treatment” semua sama…mereka murid kita semua berhak kita perlakukan sama itu tugas dan tanggung jawab guru..bukan berarti yang ortunya sering memberikan ini itu kita berlakukan anaknya lebih daripada yang lain…hmmmm dan dengan anak anak tidak ada istilah kekerasan atau pemaksaan…!!! begitu saya dulu….makanya kaget banget….astagfirullah..hmm jadi ingat cerita bunda nai *colek mbak maya..harusnya mungkin saya harus sering kesekolah dan tanya ke bunda bundanya kali yah. Ini jadi pelajaran buat saya..anaknya si kinan sih waktu itu emang nangis karena merasa nggak nyaman dan nyari saya….tapi setelah itu baik baik saja….seninnya dan berikutnya kesekolah seperti biasa…tapi emaknya ini jadi punya catetan khusus. Asli bukan bermaksud apa apa sih…hanya jadi bahan perenungan dan jadi evaluasi buat saya….karena menjadi pengajar anak anak kecil seusia kinan seperti itu dalam suasana  yang in rush  dan juga hetic, gaduh memang tidak mudah dan saya memaklumi dan menyadari…No body perfect….Guru juga manusia…saya juga pernah jadi guru buat playgroup dulu…:)  semoga tidak terjadi lagi kemudian hari….saya juga cerita ke Utinya yang memang sering menunggu disekolah..dan Utinya sependapat dengan saya…..dan  sering cerita  keadaan disekolah. Overall semoga jadi pembelajaran buat saya pribadi dan tidak mengurangi keceriaan kinan dan betapa senangnya sekolah.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Bulan Haji dan Manasik Haji

  1. Lidya says:

    sekarang belajar manasik nanti bisa pergi haji betulan ya kinan

  2. cuti 2 minggu … asyiknya … kapan yak bisa cuti 2 minggu… ngiriiiiii….

  3. applausr says:

    kegiatan yang bagus buat anak seusianya.. walaupun mungkin kinan belum mengerti pasti dia belajar… betul guru juga manusia… sebagus apapun itu, pasti ada salahnya.. kita sebagai orang tua yang harus lebih mengerti ya…🙂 seperti yang dicontohkan ibu..

  4. DjangKies says:

    Seperti dalam 10 tahun terakhir, manasik haji dilakukan mulai dari anak TK sampai SMA. CUman kalo untuk anak TK, sebaiknya nggak dilakukan di tempat terbuka seperti stadion dan nggak perlu terlalu lama, kasihan kan terlalu panas dan kecapekan. Namun mudah-mudahan acara seperti ini memberikan bekas yang sangat bermakna hingga kelak hatinya menjadi selalu terpanggil untuk pergi ke tanah suci.
    Salam silaturahim dari Srengat

  5. kl TKnya anak2 sy dulu walopun sklh islam mereka gak pernah mau ikutan kegiatan manasik haji yg gabungan sm byk sklh mbak.. Pertimbangannya, suasananya pasti terlalu gaduh utk anak2.. Jd anak2 malah akan rewel & gak menikmati..

    Akhirnya sklh bikin kegiatan manasik haji sendiri yg lokasinya gak jauh dr sklh.. Jd yg ikut ya cuma murid2 1 sekolah aja yg jumlahnya gak terlalu byk.. Kl Nai ikutan, tp Keke gak. Males katanya waktu itu.. Ya udah, sy gak akan maksa.. Hehee..

    Untung Kinan tetep ceria ya.. Tp kl sp udah bikin makin gak enak mungkin sebaiknya di obrolin sm pihak sklh mbak🙂

  6. Lyliana Thia says:

    iyaa mak… banyak pendapat pro konra mengenai manasik haji TK ya mbak…
    TK Vania nggak ada manasik haji nih mbak… vania belum pernah… padahal pengen juga sih liat vania manasik haji.. hehehe

  7. moga cepet naik haji nya “amin”. kita emang haru belajar nasik haji, dan mudah2 allah merestui kita buat bergi untuk naik haji.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s