Mudik 2012: Pantai Karanggongso – Trenggalek

Mau melanjutkan posting tentang kegiatan mudik kita ke Tulungagung Oktober kemarin. Mumpung masih semangat untuk mendokumentasikan kegiatan kami di tanah kelahiran, walaupun ceritanya sudah basi. Hari pertama hanya silaturahmi ketempat Uyut di Karangrejo kemudian ke Tulungagung kota. Hasrat hati pingin ngajak kinan main main ke GajahMada Playground, tapi ternyata tidak begitu bagus lagi disana, mainan banyak tidak terawat, rusak  dan berdebu setelah membayar Rp. 15.000 rupiah tapi hanya beberapa menit saja disana akhirnya kami sepakat  segera balik pulang ke tempat Yang Ti.  Untuk ketemuan sama mbak dila dan mas naufal yang rencananya mau main kerumah Yang Ti. Betapa senangnya duo krucil itu ketemu setelah setahun lebih  tidak bersua…ini dia aksi duo krucil mbak dila dan kinan ketika bertemu

Mereka cepat akrab lagi dan main ini itu…Ngobrol punya ngobrol akhirnya kami besuk diajak Pak dhe Eko, Kakaknya ayah kinan untuk jalan jalan ke Pantai Karanggongso atau Pasir putih yang tidak jauh dari Pantai Prigi  yang terletak di Kab. Trenggalek. Jam delapan pagi kita bakalan dijemput untuk jalan jalan esok harinya.

Berangkat dari rumah Yang Ti didaerah Kec. Gondang, Tulungagung menuju kearah Pantai didaerah trenggalek jam delapan lebih sedikit. Perjalanan memakan waktu kurang lebih satu setengah jam, dengan asumsi pak dhe eko nyetirnya santai nggak ngebut, maklum jalannya berkelok kelok khas pegunungan. Kinan awalnya mengeluh pusing, karena asli jalannya  yang berkelok kelok dan menanjak, akhirnya tertidur juga dipangkuan saya selama perjalanan, begitu juga mbak dila dan mas naufal di bangku belakang juga tertidur. Saya yang berkali kali kesanapun juga didera “mabuk” perjalanan sebenarnya……heuehueheue gengsi aja mau ngomong  hehehe

Trenggalek Map-peta Kab. trenggalek a

( Sumber Peta Trenggalek dari sini)

Ini bukan kali pertama saya ke pantai ini. Sudah beberapa kali sejak kecil pantai ini jadi alternatif wisata. Dulu pernah sama bapak kesini, terus sama teman-teman SMP pas reunian gitu, terus pernah  sama keluarga besar pak poh saya, terus pernah sama kawan sepeda motor-an kesini saya masih ingat saat itu saya yang mbonceng di depan *wak preman juga jaman dulu..hueheueheu. Terus terakhir kali kayaknya dengan ayah kinan beberapa hari setelah pernikahan dulu.Coba kapan kapan dicari lagi filenya di Lapie..untuk di compare…*walah niat banget..hehehe. Penampakan Pantai Karanggongso Trenggalek dari Mbah Google

Pantai Karanggongso Trenggalek from Google

Masih tetap sama kondisi pantainya….yang membedakan hanya banyak fasilitas dibangun. Di Pantai karanggonso ini banyak dibangun ruko atau kedai kedai yang berjajar didepan parkir mobil, menyediakan kamar mandi untuk mandi dan ganti baju, kedai/warung menjajakan makanan khas, yaitu ikan laut  bakar dan juga kelapa muda, terus menjual baju dan berbagai souvenir khas tempat wisata, ada mushola, menyewakan ban untuk berenang, menyewakan tikar dan lain sebagainya khas wisata pantai  yang semakin banyak dan bervariasi. Saat hari minggu tanggal  28 Oktober 2012 kami kesana, sungguh ramai sekali cari parkir aja harus muter muter. Ongkos parkir sudah termasuk dengan retribusi masuk kawasan untuk 4 dewasa dan 4 anak total Rp. 26.000. Suasana pantainya hari minggu kemarin bener benar ramai, ada yang  bikin acara “barbeque” bakar bakar..ada yang sekedar duduk-duduk, main air dan pasir..khas hari libur di tempat wisata pokoknya. Sebenarnya lurus dari pantai ini ada pantai yang disebut “pasir putih” lebih cenderung sepi tapi tidak banyak fasilitasnya…tapi kemarin kita pilih yang di pantai Karanggongso-nya.  Ada yang menyewakan perahu…naik perahu muter muter sikitar pantai situ Rp.10.000 walah pikir saya..udah sering naik  speedboat dan kapal roro..enggak ah…hehehehe..

Pantai Karanggonso dari Kamera digcam emak kinan

Pantai Karanggonso dari Kamera digcam emak kinan

Ternyata pengunjungnya tidak hanya dari seputaran Trenggalek dan Tulungagung aja lho, ternyata dari Kediri,Blitar, Malang dan surabaya. Terbukti dari  beberapa pengunjung yang sempat saya sapa dan bertanya saat sholat dimushola. Wah ramai juga yah kalo liburan kayak gini.

Pantai Karanggongso Trenggalek 1

Seperti biasa kalo kepantai, kinan langsung minta main ke pantai….kali ini emaknya lagi males “nyemplung” dan berbasah basah..biar ayahnya aja yang berbasah basah. Emaknya jadi seksi dokumentasi sambil ngobrol ngobrol sama budhe lilik yang gendong mbak Hazna adeknya mbak dilla yang baru berusia 7 bulan-an.

Bermain Pasir dan air di Pantai Karanggongso

Bermain Pasir dan air di Pantai Karanggongso

Duo krucil kinan dan mbak dila mengumpulkan kerang dan pecahan karang, sementara mas naufal menyewa ban untuk pelampung

Duo krucil kinan dan mbak dila mengumpulkan kerang dan pecahan karang, sementara mas naufal menyewa ban untuk pelampung

Mas naufal berenang dengan ban pelampung

Mas naufal berenang dengan ban pelampung

Setelah puas bermain air, kemudian mandi dan  berganti pakaian, kita putuskan untuk makan siang di salah satu rumah makan yang ada disitu, saya, ayah kinan dan pak dhe eko pesan ikan bakar dan lalapan, yang lainnya pesan bakso, soto dan ayam goreng. Hmmm lagi lagi tidak sempat terdokumentasikan kalo masalah makanan…udah ribet bingung mau makan soalnya hehehe..ikan bakarnya lumayan enak, soalnya dari ikan seger katanya ikan tongkol putih atau mereka sebut ikan Tuna *bener nggak sih ikan itu sama??? ikan tuna=ikan tongkol putih?? sama satu lagi ikan apa yah lupa….jenis ikan yang tidak terlalu mahal kayaknya….sama sambel dan lalapan plus nasi hangat…waduh…nggak noleh noleh deh makannya…:D  dan alhamdulilahnya kinan juga mau ikan bakarnya..malah soto ayam-nya jadinya emaknya juga yang makan…*duh nasib jadi tong sampah….Alah bilang aja doyan mak…:P

Jam 2-an lebih kita siap-siap untuk pulang kerumah, mampir dulu ke pantai Prigi  tapi karena pantai prigi sekarang udah dipager tinggi tinggi dan pake acara harus bayar tiket..ya udah skip aja nggak jadi masuk..soale paling juga kayak gitu gitu…lebih cantikan juga pantai karanggongso…sepanjang perjalanan kinan juga alhamduilah tertidur jadi tidak seberapa rewel kalo lihat jalanan yang berkelok kelok.  Senang rasanya  bisa menghabiskan waktu berjalan jalan dengan keluarga  pak dhe Eko di Pantai Karanggongso, semoga Tahun depan kita bisa jalan jalan lagi bareng bareng kayak kemarin🙂

Kalau disuruh membandingkan keindahan pantai-pantai yang pernah saya kunjungi pasti saya tidak bisa. saya pasti akan bilang semua “Indah”…saya hanya penikmat bukan komentator yang bisa memberikan “perbandingan” akan keindahan pantai yang satu dengan yang lainnya. Gimana beda pantai di Jawa sama Pantai di Bintan?? yang pasti  yang membedakan pantai Jawa adalah deretan pantai Laut selatan yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia sedangkan pantai di Bintan mengarah atau terhubung dengan Laut China Selatan. Pantai di Jawa khas terkenal dengan ombaknya yang besar dan pantainnya yang curam dan terjal, bahkan seringkali banyak bukit disekitarnya yang melingkarinya. Sedangkan pantai di Bintan yang tidak terlalu besar ombaknya, dan datar, kecuali bagian yang terhubung langsung dengan Laut China Selatan yang mempunyai ombak yang lebih besar. Kemudian juga pasir dan karakteristik pantainya yang mungkin juga berbeda. Ah..pokoknya pasti saya bingung kalo disuruh membandingkan..:), Jadi mungkin bagi kawans yang penasaran suatu saat kalo pergi daerah Trenggalek bisa mampir ke deretan pantai ini.

Happy Friday…Have nice weekend for everyone…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Mudik 2012: Pantai Karanggongso – Trenggalek

  1. terakhir sy ke pantai itu ke Ancol, udah gak asik sama sekali.. Sy kangen pengen ke pantai kayak yg d foto ini🙂

  2. Mommy Favian says:

    wuenak eeee mudik sampe wiskul…

    berasa hilang semua kerinduan
    jadi pengen pulang lage😦

    • idaman yang tinggal diperantaun mommy favian…ya balek kampung tho?? hehehe..semoga bisa cepat pulkam lagi…
      ini desember nggak mudik jeng?? merayakan natal bersama keluarga…waduh blom sempat jenguk ke Blogmu jeng…lagi bener2 rodi ditempat kerja

  3. Kalau ke Prigi saya pernah, tapi kalau ke Karanggongso saya belum pernah. Wah…, jadi kepengen ke sana, hehe….

    • deket pak sama prigi paling selisih 2 km, prigi belok kiri kan..kalo itu jalannya terus..lewat yang TPI di prigi itu juga bisa ada jalan pintas baru dari situ…semoga kelak bisa singgah lagi kesana..

    • oh ya pak..bukunya udah ditangan saya, dan saya bawa ke Bintan..makasih banget..jadi bekal untuk tambah ilmu agama…
      matur nuwun sanget..sukses dengan buku bukunya nggih pak..dan semoga jadi ladang amal karena berbagi ilmunya lewat buku..:)

  4. Lidya says:

    disini pantai terdekat ancol bun tapi gitu deh warnanya🙂

  5. mama hilsya says:

    di google kok bagus banget gambarnya…
    serasa kayak dimana gitu..

    btw, krucilnya mirip ya..🙂
    aku baru main kesini nih.. abis kelar ujian ke 1…
    mo rapel baca🙂

    • iya mbak di google cantik cantik penampakannya…kamera profesional atau DSLR kayaknya ya…kalo pake digcamp jadulku walah seadanya jadinya…*jadi nyidam DSLR….walah hamil aja enggak nyidam DSLR…mupeng aja kaleeee hehehe

  6. monda says:

    Kinan dan mbaknya kompakan bajunya mirip ya…cantik2 berdua itu ya….
    Kinan suka sekali ya main di pantai…, mungkin karena di Bintan juga udah sering ke pantai ya ..jadinya dia enjoy..
    pantai Karanggongso nya cantik banget mam

  7. Wong Cilik says:

    asyiknya mudik … krucilnya senang ortunya juga senang …😀
    pantainya bagus mbak …

  8. Aku juga baru tau kalo ikan tongkol putih itu sama dengan tuna, jeng… Setau aku tongkol lebih mirip ikan cakalang daripada tuna…

  9. elsayellow says:

    Prigi sekarang jelek ya Mbak… gak kayak jaman aku kecil dulu…
    waktu ke Pantai Sine dulu, malemnya aku cari makan malam ikan bakar di Prigi
    dan kaget dengan perubahannya…..
    banyak cewek cewek sexy gitu deh, jadi gimaaanaaaaa gitu…

  10. D I J A says:

    Kakak Kinan berkali kali ke pantai…
    Dija aja yang belom pernah

  11. Pantainya tenang dan damai, bagus bagi yang suka berenang karena ombaknya hampir tidak ada.

  12. nh18 says:

    Waaaa …
    Adik Hazna sudah diajak perjalanan jauh nih … lintas propinsi … lintas pulau pula …

    saya bisa merasakan kegembiraan Kinan … dengan melihat foto-fotonya.

    Salam saya Mama Kinan

  13. BunDit says:

    Namanya ke pantai pasti seru ya mam. Itu yang ogah naik perahu…bikin ketawa…karena sudah makanan sehari2 di Bintan ya mam😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s