Arti Sebuah Nama

Break time…..

Benernya pingin posting lanjutan cerita mudik kemarin tentang pergi ke Malang, ke Jatim Park I dan juga kinan jalan jalan naik kereta api…tapi blom sempat edit photonya jadinya tertunda terus walah keburu 2013 dan basi..

Mau posting singkat ….soal nama, asli akhir akhir ini semakin aneh aneh saja orang orang memanggil namaku ..duh kadang pingin ketawa, kadang sedikit mangkel, kemudian tersadar, memaklumi namanya juga nggak tahu jadi manggilnya suka suka dan kadang ikutan yang sebelumnya.

Suka duka punya nama yang pendek, adalah suka susah kalo berurusan dengan yang berbau bau internasional ingat soal pengurusan paspor pertama saya dulu ….. Maklum, Nama panjang saya cukup pendek *waduh iki piye bahasanya…cukup “Sugiharti” thok….suka bingung kalo harus dan wajib mencantumkan Middle name dan juga last name…heueheuehue..

Jadi ingat dulu jaman SD pernah protes sama bapak, kok ngasih namanya pendek mau dong ditambahi  apa gitu..misalnya “Endang” atau “Sri” atau “Michele” *walah yang terakhir ini kayaknya ngarang aja…mau ke bule bulean dikit terus dikasih tahu, Orangtua kasih nama itu ada makna dan maksudnya, kata bapak lagi bapak kasih nama “Sugiharti” itu adalah nama Jawa yang artinya Sugih = Kaya, Arti = Makna jadi diharapan orangtua dengan nama itu supaya saya jadi orang yang bisa memberi makna atau berarti bagi orang lain. Duh….begitu yah….sejak dari itu nggak pernah protes lagi, bersyukur dan menerima nama itu dengan senang hati.

Yang jadi masalah adalah nama panggilan yang sering berubah ubah. Kalo di keluarga saya bapak dan ibu biasa memanggil dengan nama “atik”,berasal dari   kata “arti” . Nah kalo ketemu orang baru nieh yang suka susah ngasih tahu, panggilnya suka suka dari SMA sudah menikmati  jadi bahan bulan bulan-an soal panggilan ini, Ada yang panggil “SUgih” ada yang panggil “SU”  *haduhhhhhhhhhh….kok SU sih….heuehueheu….ada yang paggil “Sugi” ada yang panggil “Harti” ada ada pula yang panggil “Atiek” atau arti…walah apalah arti sebuah panggilan saya terima dengan lapang dada…

Nah lho kok disini ditempat kerja di Bintan ini terulang lagi, hehehehe…jadi pingin ketawa miris kalo mendengar panggilan kawan kawan “expat” atau saat membaca email dari mereka, ” Hi SU”….” Hi Sugi”….”Hi Harti”…”Hi arti” waduh bener bener nggak standard…huheueheu.. ada kejadian saat engineer indo disini send email dengan menyapa ” Hi mbak Arti..” saat email ini di reply sama “Buyer” dari Penang yang ada malah dia ikut ikutan panggil aku mbak..duhhhhhhhh…emang orang malaysia ngerti gitu arti kata “Mbak” heueheueheu….”Hi mbak arti.”…du du du du du…..ngekek mbacanya…arti nama

Sebenarnya apalah arti sebuah nama…ya sudah saya memaklumi apapun itu panggilannya…lho gimana lagi emang namanya itu..hehehe dan bersyukur alhamdulilah dengan nama itu, yang penting bukun julukan yang tidak sepatutnya.

Jadi ingat pesan rasulullah, tentang panggilan yang baik;

Tidak Memanggil dengan Julukan yang Dibenci
Allah Subhanahu wa Ta’ala (SWT) telah berfirman, yang maknanya,”…Dan janganlah kalian panggil-memanggil dengan gelar-gelar buruk.” (Al Hujurat [49]: 11).
Imam An-Nawawi menyebutkan bahwa para ulama telah sepakat bahwa dilarang memberi julukan buruk kepada pihak lain. Julukan “si buta”, “si pincang” atau julukan lainnya yang tidak disukai, tidak boleh disematkan kapada pihak lain. (sumber dari sini)

Hmm akhirnya  bisa pulang agak soreannnnnnnnnnnnn…horee…

Have a nice weekend  kawans…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Arti Sebuah Nama

  1. Lidya says:

    hihihi kalau dipanggil HI SUgi, jadi kaya nama laki-laki ya bun. oh ya naa adik perempuan saya juga pendek loh, aneh ya padahal kan dia anak kedua

  2. Ahmad Alkadri says:

    Benar sekali, kalau memanggil sesama harus dengan panggilan yang baik. (/nasihat untuk diri sendiri yang sering juga mempelesetkan nama orang)

    • hehehe…kebiasaan yah kadang kita suka manggil kawan dekat atau bahkan orang deket kita dengan panggilan sayang sih maksudnya tapi kadang nggak bagus juga..misalnya “ndut”…si endut…atau si cungkring..waduh…ayo ayo kita bersama memperbaiki kebiasan itu.

  3. Hihihi..aku hampir juga mo nulis soal namaku, karena dulu aku gak suka dengan nama Allisa. Terdengarnya aneh. Pengennya namanya yang kayak Indah, Mawar, Melati, gitu-gitu…soalnya dulu waktu TK sampe SD, gurunya kalo pas kenalan suka ngomong gini…. yang mana yang namanya Indah? Wah…orangnya indah seindah namanya… nah, giliran manggil nama Allisa, gurunya bingung mo ngomong apa, secara dulu itu nama Allisa termasuk yang jarang banget dipake😀

    Sekarang sih udah bersyukur dengan namaku, karena ternyata gak pasaran itu mengasyikkan😀

    • Hehehehe..iyo semakin besar semakin kita bersyukur yo jeng..ternyata orangtua kita kasih nama itu ada maknanya..kata bapakku sih namaku juga nggak pasaran..eh giliran aku coba searching banyak juga ternyata nama itu..hehehe at least masih bersyukur probabilitynya masih jarang lah…nggak pasaran pasaran banget..*walah malah mbahas itu hehehe..intinya apapun itu ada do’a yang diselipkan orangtua kita untuk kita..ayo jeng posting pingi tahu arti nama dirimu…:)

  4. Kl sy namanya kan Myra Anastasia, tp di rumah sm temen2 masa kecil di panggilnya Chi. Ada sih crtnya kenapa di panggil Chi. Tp lama2 bosen juga nyeritainnya akhirnya kl kenalan sm org baru sy pake nama Myra ajah..😀

  5. Anggie says:

    Hhihi.. Kan udah ditambahin namanya ma buyer.. jadi agak panjang kan Mba’ Arti ;p

  6. Orin says:

    Temenku yg namanya sama aku panggil ‘Sugi’ Mam hehehe.
    Tapi kalo expat emang suka aneh2 ya…nyebut namaku jg pasti salah mulu😀

  7. BunDit says:

    Nama yang diberikan ortu pasti sebuah doa untuk anaknya, walaupun saya pun agak bingung dengan arti nama saya hehehe😀

  8. naniknara says:

    Arti sebuah nama??
    Namanya kan sudah ada “Arti” nya, jadi ga perlu ditanyakan lagi hehehehe

  9. mama hilsya says:

    saya malah suka ngaku jadi si cantik clara, hahaha…
    btw, udh bebas nih mam..

  10. Elsa says:

    kalo umrah atau naik haji, pastinya nanti namanya jadi panjang kok.
    kan ditambahin nama Bapaknya… Sugiharti binti bla bla bla gitu…
    hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s