Mudik 2012: Jatim Park Satu (Taman Jawa Timur Satu)

Melanjutkan cerita mudik 2012 kami yang sudah lama terjadi, tapi sayang kalo tidak didokumentasikan. Minggu pertama  dirumah Yang Ti dan Kung Ri, Om-nya kinan atau adiknya ayah kinan yaitu Om-Fatrin atau lengkapnya Fajar Tri Nugroho pingin mentraktir kita dan mengajak  Jalan jalan ke Malang lebih tepatnya ke Jawa Timur Park I. Om fatrin alhamdulilah tahun ini dapat mutasi ke dari KPP Banda Aceh terus ke daerah sendiri di KPP Tulungagung, betapa bersyukurknya alhamdulilah akhirnya om fatrin bisa deket sama Yang Ti dan Kung ri, at least ada salah satu dari anak Yang Ti dan Kung ri yang tinggal dekat  orangtua.  Pak Dhe Pur meskipun rumah-nya di Perumahan Citra Damai hanya berjarak 5 KM-an dari rumah Yang Ti dan Kung ri tapi pak dhe pur *kakak ayah kinan kerjanya diarea  Situbondo dan Surabaya dan hanya setiap sabtu dan minggu bisa pulang kerumah.

Sebagai bahan pertimbangan karena kami tahun lalu sudah pernah ke Jawa Timur Park II atau Batu Secret Zoo, jadi memang alternatifnya jadi Ke Jatim Park I. Awalnya saya dan ayah kinan berencana ke Taman Safari Prigen aja, tapi karena pertimbangan jauh dan lebih kepada mas naufal dan mbak dila pingin main main ke Jatim Park I akhirnya kita ok ok saja..alias ngikut saja…:). Dalam hati sebenernya pertimbangan kalo untuk usia kinan  yang masih 3 Tahun, saya yakin pasti belom banyak mainan yang bisa dimainkan disana dan akan lebih masuk dan pas untuk kinan ke Taman Safari Prigen,  tapi berhubung gratis dan kita ditraktir yo pasti nurut sama yang nraktir ya hehehee…pada akhirnya setelah sampai disana ternyata cukup menyenangkan juga. Yang traktir kita, Om fatrin dan tante merry malah nggak bisa ikutan ke Malang karena tante merry dilanda “morning Sicness” yang berat karena alhamduillah baru ketahuan hamil muda.

Berangkat dari rumah jam setengah enam pagi, di Tulungagung jam setengah enam pagi udah terang banget, berbeda dengan di Bintan jam segitu mah masih gelap dan belom habis waktu subuh, Yang Ti, Kung ri beserta keluarga pak dhe Eko dan kami bertiga siap berangkat. Kemarin sore-nya om fatrin sudah membelanjakan untuk anak anak dan kita banyak cemilan dan minuman dari Indomart, wah om fatrin memang om yang pengertian, selama di Tulungagung kinan sering dibelikan kue kue  tart kecil princess kesukaannya atau yang isinya raisin/kismis  dari Holand Bakery . Perjalanan santai  lewat Kediri –Pare kearah Malang. Hmm…saya sudah lama tidak lewat jalan ini , senangnya.. serasa nostalgia….sepanjang jalan yang berkelok kelok sejuk…apalagi pas nyampai daerah Ngantang wah…terlihat ada air terjun dan kebun-kebun sayuran yang menghijau, belom lagi pohon durian dan penjual durian di kanan kiri jalannnnnnnnnnnnnn…duh jadi mupeng…..tapi masih pagi juga belom juga sarapan. Dan seperti biasanya  kinan mengeluh pusing kalo jalanan berkelok kelok, ya udah dibiarkan tidur aja. Walah nduk kok kayak emaknya aja sih..katro naik mobil suka kliyengan kalo jalannya berkelok kelok..

Sepanjang jalan ngantang kearah Batu Malang

Sepanjang jalan ngantang kearah Batu Malang

Kinan on the way to jatim park I, Batu Malang

Kinan on the way to jatim park I, Batu Malang

 Setengah Sembilan sampai didaerah Waduk Selorejo NGantang- Malang…saatnya sarapan pagi…Untung Pak yatno yang nyopirin kita udah apal banget daerah sini jadi diarahkan ke tempat makan khas Waduk selorejo-Ngantang ikan Wader goreng…dan lalapan…asli lupa nama Rumah makannya, kayaknya tak jauh dari Indomaret dan juga Pom Bensin..ada warung berderet lesehan  gitu terus background pemandangannya sisi lain dari Waduk Selorejo, kami emang tidak turun langsung kearah Waduk Selorejonya karena waktu yang terbatas.

Pemandangan sisi lain waduk Selorejo Ngantang - Malang

Pemandangan sisi lain waduk Selorejo Ngantang – Malang

Pemandangan dibelakang rumah makan selorejo

Pemandangan dibelakang rumah makan selorejo

Duo krucil mbak dilla dan kinan bangun tidur langsung sarapan

Duo krucil mbak dilla dan kinan bangun tidur langsung sarapan

Kinan lagi makan wader goreng

Kinan lagi makan wader goreng

Hmm sambel dari lalapannya kayaknya sambel terasi mentahan gitu..yummy banget tapi tidak terlalu pedas…wader goreng sama udang gorengnya hmm mak nyussssssssssss..apa sih yang nggak enak dari setiap makanan yang dimakan emak kinan..pokoknya hanya ada 2 kalimat dalam kamus perkulineran emak kinan…enak dan enak bangeeeeeeetttttttttt…duh mak dasar pemakan segalanya…..:D. Dan selalu saja gagal mengabadikan dan mendokumentasikan makanan  yang tersaji karena selalu saja  ingin segera “menyerbu” makanan itu..…heueheuheu….

Wader goreng khas selorejo...tapi sayang banyak yang "baby wader" alias kecil kecil...hehehe

Wader goreng khas selorejo…tapi sayang banyak yang “baby wader” alias kecil kecil…hehehe

Setelah prosesi sarapan dengan lalapan sambel dan wader goreng selesai segera melanjutkan perjalanan.  Dari berbagai makanan yang kita pesan  untuk kurang lebih 10 orang itu  kalo tidak salah ingat total semua yang tertera di bon sekitar Rp. 130. ribu perak…*masyallah…subhanallah…no comment soal harga ini soalnya sering kali terjebak membandingkannya dengan di Bintan dan Batam heuehueheue.

Jam setengah sebelasan kurang kami baru sampai di Jatim Park I. Langsung masuk kearah loket untuk membeli tiket, kalo tidak salah tiket masuknya kurang lebih enam puluh ribu rupiah asli lupa, inilah yah kalo ditraktir jadi berapa berapanya nggak tahu hehehe, tapi informasi lengkap bisa di check di officialwebnya yang ada disini

Jawa Timur Park  1

Jatim Park I

Sebenarnya tidak terlalu penasaran dengan Jatim Park I ini, karena sudah sering mendengar cerita tentang keberadaan Jatim Park I dan seisinya ini. Yang pasti seperti Dufan atau Dunia Fantasi yang ada di Ancol kurang lebihnya, kemudian juga ada sisi “science” atau Galeri  Ilmu pengetahuan seperti yang ada di Taman Pintar Yogyakarta, serta Galeri yang menampilkan  daerah daerah yang ada di Indonesia, dan terutama kebudayaan dan adat istiadat serta suku bangsa yang ada di Jawa Timur.

Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park 1

Konsep dari Jawa Timur park lebih jelasnya bisa dilihat di official web-nya yang ada disini (http://jawatimurpark1.com/).

Jawa Timur Park 1 (JTP)merupakan objek wisata yang memadukan secara serasi antara konsep pendidikan (Education) dan konsep pariwisata (Tourism) dalam satu ruang dan waktu, terletak di jalan Kartika No. 2 Kota Batu serta berada di lereng timur gunung Panderman, dalam area ± 11 hektar dan ketinggian 850m diatas permukaan laut, pengunjung dapat merasakan kesejukan, kenyamanan dan keindahan panorama pegunungan yang menjadi background Jawa Timur park dan kota Batu. Jawa Timur Park 1 dilengkapi pula dengan SCINCE STADIUM (Galeri Belajar) yang mampu menampung 300 siswa,  dan kelengkapan alat peraga ilmu terapan (Indoor & Outdoor) yang diantaranya didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya dan sejumlah Universitas Terkemuka (Negeri maupun Swasta) di Jawa Timur.  dst…….(sumber: dari sini)

Memang cucoknya bagi yang sudah sekolah formal SD seperti mas naufal dan mbak dila bagus untuk mengenalkan konsep konsep “science” atau ilmu pengetahuan. Wah kalo usia kinan yang masih tiga tahun gini penggembira saja, tapi ya sedikit sedikit kita kenalkan juga, walaupun istilahnya masih belom mengerti dan tahunya hanya “visualnya” saja serta jalan jalan dan main mainnya saja.. tidak masalah…saya jadi ingat sebuah pesan yang tertera saat ada pawai becak anak-anak PAUD saat hari ulang tahun kab. Tulungagung beberapa hari sebelumnya ” Ayah dan Ibu, perkayalah pengetahuan -ku” Nah berarti acara jalan jalan seperti ini jadi ajang untuk memperkaya pengetahuan visual  kinan.

Waduh udah ada panggilan pulang neh dari ayah kinan…hari ini sengaja mau bareng aja biarpun agak malam sekalian update2 kerjaan yang segambreng.. dan nggak selesai selesai…dikarenakan ini itu …..heueheuehue…., dari kemarin kemarin kalo nggak bareng Bis, atau nebeng atau bawa motor sendiri….Jadi cerita tentang Jawa Timur Park nya …

To be continue  aja yah……*dibikin bersambung aja daripada lama ngendong di draft..keburu basi…..dan juga lumayan buat ngisi ngisi page….daripada lumutan dan jamuran blognya…

Have  a nice weekend and  Long Holiday ….buat kawan yang mau ngambil cuti natal atau liburan tanggal 24 hari senin nanti…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Mudik 2012: Jatim Park Satu (Taman Jawa Timur Satu)

  1. ainuq says:

    Aduh…jalan2nya seru banget ya Mba…Kinan pasti happy banget. Pemandangan alamnya subhanalloh indahnya ya Mba…
    #kangen deh udah lama ga main kesini…

  2. bunda kanaya says:

    wader goreng sukaa banget… tapi di bekasi atau jakarta belom pernah nemuin. Pemandangannya bagus ya mbak, salah satu yang aku suka dari mudik itu pemandangannya yang bikin betah

  3. kl makan sambil ngeliatin pemandangan yg hijau2 gitu emang nikmat bgt ya🙂

  4. Lidya says:

    walah lama sekali aku gak ke jatim, kakek nenek sudah pindah dari sana jadi gak pernah main kesana lagi

  5. Sari says:

    Wah serunya, jadi kangen pulang ke Surabaya hehe
    Pengen ke Malang…
    Hmmm kayaknya terakhir kali ke Jatim Park saat masih kuliah dan PKL di Batu
    Lalu kami dapat tiket gratis masuk Jatim Park dari pengelolanya hehe😀

  6. naniknara says:

    saya yang deket malah belum pernah masuk jatim park mbak🙂

  7. Anggie says:

    Mauuuuu wadernyaaaaa…… *nunggudikirimmamanyaKinan

  8. mama hilsya says:

    kangen Malang…
    *tapi ceritanya udah diwakilin mama Kinan sih*

    baru sempet BW
    ga tau nih lagi males ngapa-ngapain😦

  9. Elsa says:

    Hehheee…. sempat foto foto view nya selorejo ya Mbak…
    aku sering lewat… gak pernah foto
    hehehee

  10. Vera says:

    Waahhh bikini ngileerr ini cerita mudiknya…seruuu bgt

  11. Pingback: Kangen NGe-blog!!!! | My new world

  12. Pingback: Rekreasi sambil Belajar di Taman Jawa Timur 1 (Jatim Park 1) | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s