Trip To Singapore : ” Go to Singapore Zoo”

Kayaknya pernah nulis tentang “Jangan Takut untuk Bermimpi” dalam beberapa posting saya. Hmm..ingat juga sebuah komentar dari bunda dita yang rumahnya disini,  pada postingan saya tersebut “jangan takut bermimpi,karena mimpi itu gratis. Tapi mimpi hanya sekedar mimpi kalau kita hanya “tidur”, mimpi akan menjadi nyata kalau kita action”. Hmmm bener banget…sebagai manusia kalo kita punya secara sadar atau tidak sadar segala sesuatunya kadang kita arahkan untuk menggapai mimpi kita tersebut.  Waduh kok jadi ngomongin soal mimpi yah, soalnya kemarin waktu posting pernah bermimpi “What’s next after Jatim Park II or Batu Secret Zoo?”…saya pernah nulis di postingan yang ini….mungkin next destination adalah “Singapore Zoo” , Dan Alhamdulillah betapa Allah maha mendengar, bersyukur akhirnya saya bisa juga mengajak kinan ke Singapore Zoo.

itinerary hari kedua kami  adalah jalan jalan  ke Singapore Zoo (http://www.zoo.com.sg/index.html)  yang letaknya lumayan jauh dan berada di ujung Singapore yang berdeketan dengan Malaysia.  Kenapa ke Singapore Zoo? Kenapa tidak ke Singapore Science Museum atau ke “Snow City”…lebih kepada kepertimbangan kenyamanan dan usia  kinan. Dari awal memang ayah kinan sudah setting rencana, bahwa harus ada ke Singapore Zoo-nya. Terus pertimbangan kemarin kita udah ke Jatim Park yang ada “Science Galerry”nya itu dan nampaknya tidak cocok dengan usia kinan yang masih 3 tahun, next mungkin kalo udah SD seperti itu bakalan  berguna.

Berangkat dari hotel jam setengah delapan lebih waktu Singapore,setelah melihat dan menimbang antara naik MRT atau BUS  ke Singapore ZOO,  kalo naik BUS menurut Street directory lebih cepat daripada naik MRT, karena kalo naik MRT ada prosesi berjalan yagn jaraknya lumayan jauh. Terimakasih tak terhingga pada streetdirectory ( http://www.streetdirectory.com/) yang mana membuat kami lancar dalam perjalanan menuju Singapore Zoo dengan Bus. Detail banget di streetdirectory itu dijelaskan dari sini naik BUS nomer ini, ada beberapa pemberhentian, lalu ganti lagi BUS nomer sekian, lalu kita bisa tiba didepan Singapore Zoo. Hmm….alhamdulilah tanpa nyasar dan tepat sampai di depan Singapore Zoo kurang lebih setelah memakan waktu 1 jam lebih.

Pemberhentian BUS 48011 OPP Mandai Camp 2

Pemberhentian BUS 48011 OPP Mandai Camp 2 menunggu Bus menuju Singapore Zoo

Karena dihotel tadi kinan hanya sedikit sarapan roti dan minum susu dan tehnya, akhirnya diputuskan berhenti dulu di KFC untuk sarapan sementara  ayah antri tiket masuk ZOO.  Sampai kinan selesai sarapan dengan kentang goreng, roti dan Egg tart-nya baru ayah kinan datang dengan tiket masuk. Karena kita nggak bawa stroller… …Ayah kinan akhirnya memutuskan  menyewa stroller kurang lebih SGD 12 yang disediakan didepan pintu masuk Singapore Zoo yang sebelah dalam. Ada beberapa macam yang disewakan saya memilih stroller yang tampaknya nyaman untuk kinan dan juga harga-nya paling murah…*dasar emak irit hehehe. Kami mengambil tiket yang tidak sepaket dengan beberapa pertunjukkan kalo tidak salah ingat SGD 20 untuk dewasa dan  sedikit lebih murah untuk anak.

Cuaca sudah sedikit mendung mendung gitu saat kita mulai masuk Zoo, tapi alhamdulilah masih bisa bekelliling kebun binatang dengan nyaman, adem, mendung tapi belom hujan. Kinan tampak Exiting banget malah kebanyakan nggak mau di stroller…lari sana lari sini….yang ada malah kita ribet sama strollernya atau jadi tempat naruh tas  hehehe…

Masuk ke dalam Zoo, mulai terasa suasana seperti di hutan alam bebas ada monyet yang bergelantungan bebas..burung nuri yang dijadikan ajang untuk berfoto kemudian semakin kedalam melewati  jembatan kayu yang kita lewati tepat dibawahnya ada binatang buaya.

Crocodile in Singapore Zoo

Crocodile in Singapore Zoo

Animal in the water at singapore Zoo

Some animal at Singapore Zoo

Konsep yang diusung “Singapore Zoo” ini tampak mirip dengan Taman Safari Cisarua Bogor, tapi menurut saya jauh lebih luas Taman safari Bogor.  Tapi ada beberapa view dan sudut yang lebih mantep dari Taman safari Bogor, seperti tempat atraksi gajah yang luas dan banyak pondok pondok untuk kita menyaksikannya, kemudian tempat atraksi binatang yang juga luas dengan desain tempat yang menarik, ada juga Tream boat yang keren..dan masih banyak lagi lainnya.

Menjelajah satu persatu tinggal satwa disitu, kinan tampak senang dan bertanya-tanya…”itu apa?” “Makanannya apa??”, “Mana Singa? Mana  Harimau? , “Aduh mana sih?”..bener bener nggak sabaran….sambil tentunya emak dan anak yang melanjutkan naris-narsisan…dan bikin ayah kinan “geleng-geleng” kepala ….*hehehe namanya juga lagi liburan ..jadi boleh dong ayah kita narsis..heuehueheu..

 at singapore zoo

Lanjutan Narsis Akut emak dan anak at singapore Zoo

singapore zoo

Kinan yang saat ini selalu bergaya ala “cherrybelle” saat di photo..duh…serasa ABG aja anak mama ini sekarang…byuh byuh..

Mendung yang menggantung akhirnya berubah juga menjadi hujan lebat saat tepat kita berada di arena pertunjukkan gajah. Awalnya niat hati mau melanjutkan perjalanan ketempat satwa yang lain dan tidak ingin melihat pertunjukan gajah asia. Tapi karena sudah mulai gerimis akhirnya kita melipir ke pondok tempat menonton pertunjukkan yang masih kosong. Kinan awalnya juga merengek mau terus nggak mau berhenti untuk duduk tapi setelah di sogok dengan ice cream Walls yang dijual diujung deket pondok  dimana kita duduk akhirnya mau anteng. Hujan lebat banget sampai terpercik ke arah kita,untung bawa payung. Lebih parah lagi ada announcement bahwa pertunjukkan gajah jam itu ditiadakan karena hujan yang sangat lebat. Tapi karena masih banyak orang yang duduk duduk di pondok  tempat menonton  pertunjukkan gajah, entah mengapa akhirnya mereka membawa 2 gajah itu untuk berada di tempat pertunjukkan. Paling tidak akhirnya rasa kekecewaan penonton yang sudah terlanjur siap terobati, walaupun tidak ada atraksi dengan pawang-nya seperti biasanya.

Tempat pertunjukan Gajah Asia di Singapore Zoo

Tempat pertunjukan Gajah Asia di Singapore Zoo

Elephant of Asia in Singapore Zoo

Elephant of Asia in Singapore Zoo

Elephant of Asia in Singapore Zoo

Elephant of Asia in Singapore Zoo

kinan dan mama in elephant show

kinan dan mama sedang menyaksikan “elephant show” di Singapore Zoo

Kuranglebih jam satu jam hujan mulai sedikit mereda, satu persatu penonton yang tadi memadati pondok telah banyak yang pergi. Kami masih disitu sampai akhirnya kinan menghabiskan semua kentang goreng  keju yang terbeli di KFC tadi. Selesai dari tempat pertunjukkan gajah, kita segera melanjutkan perjalanan, kali ini kearah pertunjukkan yang lain yang sudah siap  dan mulai ramai saat itu. Saat itu Orang utan sedang melakukan aksi dengan meluncur dari tali panjang. Ramai tepung tangan penonton saat  MC yang memandu pertunjukkan itu memperkenalkannya.

singapore zoo

Salah satu sudut lain  di  singapore zoo

Tidak sampai selesai kita segera melanjutkan kearah sisi lain Singapore Zoo yang belom kami jelajahi. Ada Singa, jerapah, zebra, badak, primata dan monyet, serta beberapa hewan lain. Sebelumnya kami juga menyempatkan diri dengan naik kereta safari  yang tersedia didalam area kebun binatang. Karena tiket kami bukan tiket terusan, jadi untuk naik kereta safari ini kami harus membayar SGD 5 untuk dewasa dan SGD 3 untuk anak-anak.

naik kereta api

Dengan hawa sejuk dan basah bekas hujan kami berputar putar dengan kereta dan meneruskan perjalanan melihat binatang yang lainnya, seperti dibawah ini;

Lion, Giraffe, Zebra, and Tiger at Singapore Zoo

Lion, Giraffe, Zebra, and  White Tiger at Singapore Zoo

Badak (Rhinocheros), Orang utan, Rusa, dan Jerapah di Singapore Zoo

Badak (Rhinocheros), Orang utan,  Jerapah , Rusa di Singapore Zoo

Suasana dengan hawa sejuk dan cenderung dingin tapi tidak menyurutkan banyak pengunjung untuk berjalan jalan mengelilingi kebun binatang.  Emak kinan masih melanjutkan “narsis”  jeprat jepret sana sini…:)

kinan & ayah at Singapore Zoo

kinan & ayah at Singapore Zoo

singapore zoo

kinan & mama at singapore zoo

kinan & mama at singapore zoo

kinan at singapore zoo

Akhirnya sekitar jam 2 an kami memutuskan untuk menyudahi perjalaan kami di Singapore Zoo  kali ini. Hujan deras kembali turun saat kami menunggu bus di halte pemberhentian bus depan Singapore Zoo. Kami berniat untuk melanjutkan perjalanan dengan MRT menuju kearah Vivo city, yah kami ingin meneruskan perjalanan ke Sentosa Island hari ini. Sebenarnya sangsi juga dengan kondisi cuaca yang mendung dan hujan seperti ini, tapi mau gimana lagi berharap semoga cuaca menjadi terang saat kami tiba disana.  Sampai di stasiun MRT Ang Mo Kio hujan sudah reda. Berhenti sebentar untuk membelikan kinan nasi lemak “Ananas”. Awalnya berniat menyuapi kinan di stasiun MRT, ternyata oh ternyata dilarang makan distasiun MRT dan juga didalam MRT jadinya hanya dapat sedikit suapan, tapi lumayan daripada nggak ke isi sama sekali. Didalam MRT ayah kinan menunjukkan tanda peringatan yang terpasang diatas tempat duduk saya. ” Ma kalo dirimu nekat menyuapi kinan di MRT tuh lihat dendanya SGD 500, hehehe lebih mahal dari harga nasi lemaknya yang hanya SGD 5 ” . Walah….pikirnya macam kayak kereta di Indonesia aja..bisa sambil jajan dan makan makan….” manisan manisan…roti roti…kacang kacang..” hehehe…

Setelah perjalanan kurang lebih satu jam dengan MRT, dan sempat 2 kali turun untuk interconect akhirnya kami tiba di Habour front MRT. Bersiap meneruskan petualangan kami ke Sentosa Island.

Hmm kayaknya sudah panjang banget nieh postingannya. Jadi bersambung aja yah tulisannya tentang “Sentosa Island”-nya..

Happy Sunday…*akhirnya posting juga dihari minggu, ujan deras mengguyur Bintan dari hari jumat malam sampai dengan hari  Minggu, jadi nggak bisa kemana mana. Menghabiskan weekend dengan main puzzle,membuat kue bolu labu kuning dengan kinan, serta  menemani kinan menonton TV  film kartun kesukaannya.

Turut berduka dengan keberadaan Ibukota Jakarta yang dilanda banjir dan dalam keadaan Darurat dan siaga banjir. Semoga para korban sabar dan tabah dengan ujian ini, semoga selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga banjir cepat berlalu dan aktifitas  bisa menjadi normal kembali.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, QUIS and Contest. Bookmark the permalink.

18 Responses to Trip To Singapore : ” Go to Singapore Zoo”

  1. Lidya says:

    apakabar bun? maaf baru bisa bw nih. Kinan senang sekali nih habis jalan2 ya

  2. mama hilsya says:

    akhirnyaaa… posting juga..
    samaan, hahaha… toss!
    padahal ceritanya bersambung, tapi rasanya males buat nulis..

    btw, aku kok masih grogi ya jalan ke Sing.. ga tau kenapa..
    ga pede jalan ke sana.. padahal waktu dulu juga tetep nyampe-nyampe juga..
    ga punya duit kali ye? hihihihi

    • ini setengah terpaksa mbak bingung mau kemana..ke bandung atau jakarta pasti jatuhnya lebih mahal…akhirnya yo wis bismilah nyebrang aja…paket hemat kok mbak …jadi nggak ada belanja belanja…mehong semua disana…nggak tergiur branded..*aslinya emang nggak ada duit heheehhe..jalan2 aja…

  3. BunDit says:

    Waaa…serunyaa yang liburan ke Singapura… Kinan kelihatan happy banget. Wow..saya baru lihat “penampakan” mama Kinan dari dekat di postingan ini hehehe.

  4. Orin says:

    Aih..pasti Kinan seneng bgt di Zoo liat hewan macem2 ya mba, jadi kepengen. Kompak nih, Kinan en mamanya nge-pink banget😉

  5. applausr says:

    Tuh zoonya singapore cuma menang bersih doang khan.. hahaha… masa punya kita ga bisa lebih bersih sih ya.. sedih..

  6. Baru kali ini liat penampakan mama dan papa Kinan secara lebih jelas, hehehe….

    Aih, tiap liat kebun binatang selalu ngiri deh, soalnya Raja sampe detik ini masih belum pernah juga ke kebun binatang, kecuali waktu yang di Lahat kemaren yang mana isinya cuma ayam dan kambing, hehe…

  7. bunda kanaya says:

    anak-anak pastinya seneng banget diajak ke bon bin….. udah lama ga kesini kangen sama Kinan euy….

  8. Evi says:

    kinan ikutan narsis seperti mama ya? Singapore man made, indonesia God made…tapi dalam hal prasarana dan pelayanan wisata mereka lbh unggunl ya Mbak. Lihat deh kebunbinatang aja segitu resiknya….

  9. Adini says:

    mb..komen ku kok ngak ada ya, padahal aku di bawah bunda lidya waktu komen lho

  10. Pingback: Antara MRT dan Kereta Api “Rapi Dhoho” | My new world

  11. Elsa says:

    lihat foto foto ini …hiks mengenaskan banget ya Mbak
    kenapa Indonesia gak bisa bikin yang seperti itu. kebun binatang yang bersih dan nyaman bagi pengunjung maupun satwanya.

    lha kebun binatang di surabaya itu lho… masyaAllooohhhh…. duh gusti nyuwun ngapuro deh pokoknya. masa konflik internal pengurusnya berdampak pada tidak terurusnya satwa???? sampe jerapahnya mati???? sampe komodonya ilang???? sampe satwanya kurus kurus penyakitan dan kurang gizi…. ya alloooohhh….. aku geregetan gitu…

    btw, bisa membayangkan kakak kinan seneng banget bisa jalan jalan ke kebun binatang yang super bagus gitu yaaa

  12. Pingback: Nuansa Libur Akhir Tahun – Happy New Year 2014 | My new world

  13. Meisya says:

    Itu bayar nya 1x aja yaa bisa liat semua binatang yaa mama nya kinan?

    • iya bun itu bayar tiket sekali saja bisa menikmati aneka satwa kecuali untuk pertunjukan khusus misal ada panda waktu itu bisa bayar sendiri atau diawal beli ticketnya nya include pertunjukan itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s