February Genap 3,5 Tahun (42 Bulan)

Ghina Artya Kinanthi Tiga Setengah Tahun

Ghina Artya Kinanthi Tiga Setengah Tahun

Halah udah maret…malah judulnya february…Tulisan ini sudah dari lama sebelum 20 February, ngendon di draft.  Break time 12.00 PM *ini tulisan tadi siang dikantor dan nggak jadi update. Waktunya istirohat,hari ini pulang Nyangkul jam 7 malam sampai rumah, beres2, nemani kinan ikutan bareng2 makan lagi sup dan juga batagor yang sukses dihabiskan, alhamdulilah…bersih2 rumah, mandi, sholat, kinan gosok gigi ganti piyama, dapat laporan nggak tidur siang, jadi pasti cepat tidurnya Alhamdulilah sekarang sudah tertidur dari jam 8 tadi. Ganti emaknya gentayangan di dunia maya…maklum sudah seminggu ini tidak bisa menyentuh blog…haduh sudah jum’at lagi..dan nggak sempat bikin tulisan nuansa jum’at…….Ya Allah Ya Rabb…kok nggak entek entek kerjaanku ditempat cangkulan…..hiks mana belom ini..itu…tau tau udah mau audit FAA lagi awal maret alias hari senin nanti yang mana adalah artinya hiks minggu depan……hanya Pada-MU aku curhat Ya Allah….semoga dilancarkan dan dimudahkan segalanya *amien… kesel awak dan pening kepala butuh panadol butuh liburan rekkkkkkkk….*liburan meneh dipikir emak satu ini..eling eling…sadar sadar dan insyaf!!!!

Wis ahhh..tombo “sutresno berado.”..Saatnya mem-balance-kan pikiran..dengan posting dan mendokumentasikan soal kinan.Mau posting tentang  Ulbulkinan yang telat banget…karena dengan melihat photo dan video kinan jadi obat stress kerjaan…Happy Ulbul nduk cah ayu kinan…semoga sehat selalu, semoga tambah pinter, semakin aktif  dan ceria…semakin kaya dengan pemahaman dan pengetahuan visualmu, semakin terbentuk karakter dan kepribadian yang semoga insyallah  baik dan shaliha. Doa Ayah dan mama selalu untuk mu nduk, semoga jadi anak  yang menyejukkan hati Ayah dan Mama.

Tepatnya 20 February 2013 kinan genap 3 tahun  6 bulan  atau 42 bulan. Nggak terasa anak mama udah tumbuh semakin besar dan dua hari yang lalu tepat tiga setengah tahun umurmu. Hmm rasanya mama baru kemarin, menggendong dan menimang nimang dirimu nduk, mengganti popokmu,menyuapimu, mengajarimu berjalan, berbicara.. Waktu cepatnya berjalan…..Alhamdullilah, terimakasih ya Allah…dengan adanya dirimu nduk cah ayu…mama dan ayah belajar banyak…belajar jadi orangtua yang baik…belajar banyak hal dari dirimu…

Rasanya lama sekali nggak update ulbul kinan dan juga perkembangannya…sejak yang terakhir bulan desember kemarin disini.   Haduh maafin mama nduk nggak bisa menyempatkan setiap bulan untuk bisa mencatat banyak perkembanganmu secara detail. Tapi setidaknya  setiap detik yang kita lewatkan bersama selalu terekam dalam hati ayah dan mama. Begitu berkesan dan penuh makna. Celotehanmu yang selalu membuat mama dan ayah kangen. Kepolosan dan keluguanmu yang menggemaskan…selalu membuat mama dan ayah selalu ingin memberikanmu banyak pengertian dan pemahaman tentang sesuatu…alhamdulilah…

Bulan November 2012, masih ingat mama dengan perkembanganmu setelah pulang dari mudik ke jawa kemarin. Kinan bisa melafalkan huruf “R” dengan mendekati sempurna bukan lagi “L” atau cedal seperti biasanya. Masyallah alhamdulilah..

Kemudian hari kehari masyallah banyak perkembangan yang engkau tunjukkan kepada mama dan ayah. Mulai dari bisa ngaji Iqro jilid 1 *saat ini alhamdulilah udah mau selesai jilid satu..Ayo dek samangat yah ngajinya…!!!..Menurut mama masyallah banget pencapaian ini..palagi ditambah hapal doa doa sebelum makan, sesudah makan, sebelum tidur, sebelum belajar,doa untuk orangtua, serta yang paling penting sudah hapal al fatihah. Awalnya..kinan selalu menolak setiap kali mama ajari …selalu menolak dan marah….dan begitu surprise ternyata kinan walaupun kelihatannya tidak memperhatikan ternyata bisa…terimakasih untuk sekolah dan bunda kinan yang telaten mengajari. *walaupun kalo ditanya di sekolah sama bunda atau gurunya kinan kok sudah pinter ngaji iqro-nya siapa yang ngajari..dengan cepat kinan menjawab “Mama yang ngajarin”…lalu mama terlongo….mendapat feedback ini…perasaan kalo diajari nggak mau ngelihat ke buku iqro…kok??? …hmm rupanya CD Diva belajar mengaji dan huruf hijaiyah itu turut membantu kelancaran dirimu menghapal huruf hijaiyah. Alhamdulilah…Video kinan belajar iqro…

Soal Alfabet dan membaca??? Alhamdulilah juga banyak perkembangan yang significant. Yang pasti mama udah nggak mau memaksakan  sama sekali..*takut sama ayah yang suka melotot ke mama kalo lagi minta kinan fokus untuk belajar membaca atau alfabet..hehehe…maksudnya “jangan memaksa” biarkan semaunya anaknya…..dan ternyata oh ternyata kesadaran otonom lebih cepat membuatmu mengerti, dan dengan bercanda dan permainan lebih membuat kinan cepat mengerti dan mau belajar sendiri…:) Alhamdulilah…

Soal kemampuan berhitung dan angka?? Alhamdulilah juga perkembangannya…..lebih dari angka dua puluh…dan sudah sedikit mengerti konsep penjumlahan..lagi lagi tidak dengan paksaan tapi sambil bermain main….

Hobby kinan beberapa bulan kebelakang, atau flashback sebelum ulbulnya kemarin?? Mencoba mereview hobby kinan dari setelah kita mudik 2012 bulan oktober akhir sampai november 2012 kemarin. Hmm ….ini dia diantaranya;

Mulai Kenal dengan “Noah Band”.

Gegara pulang kampung kemarin, lagi iseng jalan jalan ke Time Zone di Tulungagung, selalu saja yang diputer lagunya  “Noah” bolak balik sampai akhirnya saya nggak sadar suka nyanyi itu akhirnya kinan tanya “mama itu lagu apa?”  Lagu “Noah” lagunya gimana…terus cari di You tube ada terus mintanya itu terus saat itu…walah walah..sekarang alhamdulilah udah mereda….tapi yang pasti udah kenal dengan nama band ini dan juga penampakannya kalo di TV ada gitu langsung aja nyletuk. “Itu Noah!”

Mulai suka dengan Cherrybelle

Gegara kemarin pas ke Jatim Park 1 Malang, mbak dilla sepupu kinan mengenalkan dengan lagu “Beautiful”nya Cherrybelle dari Handphonenya. Terus deh…keterusan minta di cariin lagunya di youtube..terus minta itu terus lagu yang diputer, dan juga ngikutin gaya gayanya…hedeh….jadi kayak ABG aja anaknya emak ini.  Saat di photo atau apa gayanya jadi deh “ala cherrybelle”. Dan gegara chibi ini membuat kinan semakin suka pake baju cewek..mintanya pake baju yang model cewek gitulah…dia menyebutnya “baju putri”..atau memakai rok….jadi celana pendek ,daster pendek dan juga legging minggir dulu yah..apalagi sama baju gaun dari bahan kaos yang ada gambar putrinya serta ada roknya itu yang sempat jadi favorit…istilahnya cuci kering pakai…hedeh…namanya punya anak cewek tuh kayak gini yah ternyata kalo  “girly”….

Bergaya ala cherrybelle

Bergaya ala cherrybelle

Mulai suka dengan pernak pernik yang berbau "princess"

Mulai suka dengan pernak pernik yang berbau “princess”

Suka dengan “Coboy Junior”

Selesai dengan cherrybelle nambah lagi dengan Coboy Junior…hedeh…apal banget…apalagi sempat dibelikan CD campur campur abang abang kaki lima kumpulan performance nya Coboy Junior..jadilah..tiap hari sempat Coboy Junior mania….katanya paling suka sama IQbal…halah kalo yang ini gegara emaknya kayaknya yang ngasih tahu…cute sih …Halah mak eling eling…wis tuwo. Ada kejadian lucu saking mungkin kepikiran dan lagi suka sukanya sama Coboy junior ini kinan sampai pernah 2 kali melindur lagu-nya Coboy junior ” Kamu kamu terhebat” gitu dia nyanyi dalam di tidurnya alia melindur. Satu lagi..”Kau bidadari turun dari surga di hadapanku” heehehe..saya yang saat itu belom tidur tertawa sama ayahnya melihat kinan ngelindur  lagu “coboy junior” ini.

Suka Main Puzzle

Sempat maniak dan suka banget main Puzzle mulai yang, gambar huruf hijaiyah, gambar putri, hello kitty, disney club mickey dkk, dari yang 24 keping sampai yang akhirnya lebih banyak lagi 94 keping, *khusus untuk yang 94 keping dan lebih ini pastinya dibantu emaknya atau ayahnya masangnya biar cepat, karena kinan termasuk anak yang tidak sabaran. Tapi kita pura puranya biasanya bantu, padahal juga kita arahkan akhirnya dia yang menyelesaikan..malah yang ada kita nggak ngerti pola dari gambar-nya akhirnya malah kita yang banyak tanya dan dia yang memasangkan..hehehe..akal akalan emaknya aja supaya akhirnya kinan yang menyelesaikan. Sempat pagi siang malam sore maunya main puzzle mulu…kalo yang 24 keping dan dia dah apal polanya kurang dari 10 menit biasanya dia dah kelar.

Aktifitas bermain puzzle

Aktifitas bermain puzzle

Suka menyanyi 

Hedeh ini mah hampir tiap hari konser konseran..halah bahasanya..sekarang malah hobbynya nambah lagi dari menyanyi ini syairnya suka diganti ganti sesuka sukanya dia aja asal pas..hehehe kalo dengar suka ketawa sendiri soalnya

Suka Menyanyi

Suka Menyanyi

Bermain pianika dengan asal pencel aja...kadang emaknya yang bermain kinan yang nyanyi...

Bermain pianika

Suka sama buku dan bercerita dengan buku ala kinan. Mulai suka Menulis Alpahbet, Angka dan sudah bisa menulis namanya sendiri. Suka dan semakin baik dalam  aktifitas mewarnai .

Kinan bermain dengan angka

Kinan bermain dengan angka

Sejak mulai bisa menulis namanya sendiri, hampir semua barang jadi korban ditulisi namanya termasuk salah satu boneka dibawah ini. Hmm salah emaknya juga kasih spidol board marker untuk menggambar dan menulis sejatinya di papan tulis tapi namanya anak anak, terlupa sedikit aja itu spidol udah nyasar kemana mana coretannya. ke baju , celana…boneka..:) yah sabar…demi kreatifitas anak..semoga aja bisa dihapus..kalopun nggak bisa yah tidak apa apa..:)

boneka diberi nama

Boneka diberi nama “Ghina” tulisan tangan kinan sendiri dengan boardmarker

menggambar

Alhamdulillah bisa menulis namanya sendiri...mak nyess....I love u nduk

Alhamdulillah bisa menulis namanya sendiri…mak nyess….I love u nduk

Masih suka dengan aktifitas bercerita dan dengan buku buku aktifitasnya. Kalo selesai Magrib atau at least sudah selesai acara tv favoritnya “Jake and the Neverland Pirates” atau Doc. Mac Stuffin. Kinan langsung kita ajak beraktifitas berkaitan dengan Belajar Iqro atau Belajar Alphabet atau membaca. Alhamduillah banyak kemajuan dalam hal ini…intinya sih tetap suka suka dan dengan kerangka bermain.

Sebelum tidur memang kita membiasakan aktifitas belajar mengaji iqro atau belajar huruf hijaiyah. Eh tapi kadang kalo lagi kumat narsis emaknya juga narsis photo photo kayak photo dibawah ini…hehehe…

Aktifitas sebelum tidur

Aktifitas sebelum tidur

Narsis sebelum tidur

Narsis sebelum tidur

Hobby photo-photo apa saja pake Hp samsung Camdig emaknya. Beberapa hasil jepretan kinan pake camdig;

Hasil keisengan  Kinan jeprat jepret CAmdig...semua diphoto, termasuk atung, uti, emak dan bapaknya...

Hasil keisengan Kinan jeprat jepret CAmdig…semua diphoto, termasuk atung, uti, emak dan bapaknya…

Sudah tidak terlalu Game mania (alhamdulilah). Tapi masih kartun mania, ini yang kadang  jadi susah dan  sedikit malas masuk sekolah, yang mana alasannya adalah katanya “adek mau nonton TV dirumah” …tapi alhamdulilah dengan pendekatan dan sedikit rayuan akhirnya mau juga kesekolah.

Suka Aktifitas main boneka dan bermain peran, paling suka kalo ditemani main sama Ayah dan Atung.

Soal Makan Alhamdulilah  sudah  variatif jenis makanan yang mau dimakannya.
Apalagi sejak sekolah alhamdulillah banyak kemajuan,jadi mau makan sayur lebih gampang.

Hmmm akhirnya weekend dirumah bisa juga publish tulisan yang dah lama ngendon di draft tentang ulbul kinan….Sehat terus yah nduk…ayah mama sayang selalu…semakin pintar dan ceria.


 

 

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to February Genap 3,5 Tahun (42 Bulan)

  1. ainuq says:

    Selamat Ulang Bulan Kakak Kinan… semoga tambah pinter dan disayang Ayah dan Mama ya.
    Kereeen udah banyak pengetahuannya ya, Mba. Nulisnya udah mahir ya Kinan, salut deh. Daan, suka sama gaya foto-fotonya…girly banget:)
    Salam sayang selalu ya buat Mama dan Kak Kinan….

  2. mama hilsya says:

    aduh..aduh.. apa itu? Noah, Cherrybelle, Coboy Junior?
    ayo Nak.. kita nyanyi bareng, hihihi….
    *tante mulai stres*

  3. Wah.. sudah tambah besar ya Kinan. Selamat ulang setengah tahun ya..Semoga tambah pinter. Udah bisa nyanyi ngikutin cherrybelle rupanya..

  4. naniknara says:

    hehehe biarin aja mbak, gpp juga kenal lagu2 dewasa. paling cuma bertahan 1 atau 2 minggu. Nanti kalau udah bosan juga bakal ditinggalin.

  5. danirachmat says:

    Waaah.. Kinan cantik ya Mba. Selamat UlBul dan semoga sehat selalu.
    Suka bagian kesadaran otonomnya membuat pemahaman yang lebih bagus. Pinter Kinan..🙂

  6. Lidya says:

    kinan udah tau NOAH hehehe kalah deh aku. bun HBnya gak beli yang baru ada epennya hehehe

  7. applausr says:

    sudah makin besar nih ya…. Kinan… kok lagunya Noah sih… cari lagi anak anak dong…

  8. Erit07 says:

    Imuttt banget..

  9. Vera says:

    Wahhh kinan tu Nama aslinya ghina ya? Baru tau.

    Masya Allah pinter banget kinan, mamanya juga telateeennn bgt…..sehat terus ya sayang….Tulisannya rapi Dan bagus

    • Iya nama pajangnya Ghina Artya Kinanthi mbak vera….
      mbah utinya yang telaten mbak..saya mah tinggal tahu -nya aja kadang kadang..lho kok udah bisa…*walah emak piye iki yo mbak…

  10. lieshadie says:

    makin cakeeeeepppp makin pinterrrr…seneng liat videonya…kok haru aku yaaa🙂

  11. BunDit says:

    Kinan makin besar makin manisss. Waaa seneng baca perkembangannya di 3,5 th, makin pinter, bikin mama terharu ya hehehe. Selalu sehat ya Kinan🙂

  12. Pingback: Lomba Menyusun Huruf Hijaiyah (11 Ramadhan 1436) | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s