Selamat Hari Buruh Sedunia – HaPPy Labour Day

Melipir bentar ke blog, saat break jam 10 tiba….asli kangen posting!!! *halah bilang aja males kerja mak…horeee…hari ini lumayan sepi email email  kerjaan…kecuali pending pending yang segambreng.. dan update document Procedure  untuk di release hari ini..kenapa sepi kerjaan…US dan Singapore!!  Libur….karena 1 May harinya kita…Hari Buruh…harusnya Indonesia juga bikin peraturan libur yah..emak satu ini maunya libur aja…..huahuahua…    hmmm dari pagi mantengin Televisi isinya siap siap antisipasi keamanan hari buruh dimana mana…walah pemerintah kok takut pada buruh sehhhhhhhh kepriye…insyaallah dan semoga berdemo dan ber “long march” dengan damai…kita buruh  yang baik…demo  secara damai….jadi jangan takut yah bapak bapak polisi..dan bapak bapak pejabat….eh btw buruh juga dipotong pajak penghasilan pph21 lho…bisa jadi gaji-gaji para aparatur Negara/pemerintah, aparat keamanan, dan pejabat di senayan  itu sumber dananya dari pajak yang kita bayar. Walah malah melantur kemana mana…intinya..

Selamat hari buruh buat saya sendiri….dan juga kawan kawan yang merasa dirinya buruh..sebenarnya apa sih arti buruh itu??? jadi penasaran…..mbah google ayo mari mari…kita buka kamusnya..walah google juga mesin pencarinya theme-nya “Labor Day”…..keren..keren..

Google with Labour Day Theme

Google with Labour Day Theme

Selama ini persepi awam saya….mengartikan..selama saya kerja sama orang lain dan dapat upah dari kerjaan saya kepada orang lain ini..inilah yang disebut buruh. Setinggi jabatan atau tittle jabatan..misal manager, superviser, adminstator, staff..walaupun sudah level management…menurut awam pendapat saya masih juga disebut buruh..eh ini pendapat saya lho yah..bukan dari teori….eh tapi secara teoritis arti kata buruh mungkin tidak seperti yang ada dalam pikiran saya. coba kita simak apa kata mbah google dan mbak Wiki…..yuk mari…

Difinisi pertama dari sini

 orang yg bekerja untuk orang lain dng mendapat upah; pekerja: — pelabuhan; — tambang;
harian buruh yg menerima upah berdasarkan hari masuk kerja; — kasar buruh yg menggunakan tenaga fisiknya krn tidak mempunyai keahlian di bidang tertentu; — musiman buruh yg bekerja hanya pd musim-musim tertentu (msl buruh tebang tebu); — pabrik buruh yg bekerja di pabrik; — tambang buruh yg bekerja di pertambangan; — tani buruh yg menerima upah dng bekerja di kebun atau di sawah orang lain; — terampil buruh yg mempunyai keterampilan di bidang tertentu; — terlatih buruh yg sudah dilatih untuk keterampilan tertentu;

mem·bu·ruh v bekerja sbg buruh: siang hari sebagian besar penduduk -, malam hari mereka mengikuti pelajaran agama;
bu·ruh·an n upah bekerja; upah memburuh: berapa -mu sehari?;
per·bu·ruh·an n yg bertalian dng urusan, pekerjaan, dan keadaan kaum buruh: undang-undang –

Visual arti kata buruh, sumber dari sini

Visual arti kata buruh, sumber dari sini

Sedangkan definisi dari mbak wikipedia yang ada disini, definisinya adalah seperti dibawah ini,

Buruh, Pekerja, Tenaga Kerja atau Karyawan pada dasarnya adalah manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa pendapatan baik berupa uang maupun bentuk lainya kepada Pemberi Kerja atau Pengusaha atau majikan.

Pada dasarnya, buruh, Pekerja, Tenaga Kerja maupun karyawan adalah sama. namun dalam kultur Indonesia, “Buruh” berkonotasi sebagai pekerja rendahan, hina, kasaran dan sebagainya. sedangkan pekerja, Tenaga kerja dan Karyawan adalah sebutan untuk buruh yang lebih tinggi, dan diberikan cenderung kepada buruh yang tidak memakai otot tapi otak dalam melakukan kerja. akan tetapi pada intinya sebenarnya keempat kata ini sama mempunyai arti satu yaitu Pekerja. hal ini terutama merujuk pada Undang-undang Ketenagakerjaan, yang berlaku umum untuk seluruh pekerja maupun pengusaha di Indonesia.

Buruh dibagi atas 2 klasifikasi besar:

  • Buruh profesional – biasa disebut buruh kerah putih, menggunakan tenaga otak dalam bekerja
  • Buruh kasar – biasa disebut buruh kerah biru, menggunakan tenaga otot dalam bekerja

 Happy Labour Day for All…selamat hari buruh ….Semoga buruh nasibnya semakin baik dan sejahtera…..semoga walaupun kita buruh kita bekerja dengan halal..bekerja dengan hati nurani…dengan penuh dedikasi dan cinta kasih…diniatkan ibadah..tidak menyikut orang lain, tidak menyakiti orang lain, tidak korupsi…entah itu materi maupun non materi…Karena apapun kerjaan dan titel kita *yang halal lho yah…. di Mata Allah SWT   yang membedakan kita satu dan yang  lainnya adalah “Ketaqwaan” kita…*haduhhhhhhhhhhhhh siaran mama dedeh keluar..nieh emak kinan….*ampun…yo wis  ahh dari pada nanti disorakin karena ujung ujungnya nggak jelas…saya sudahi sampai sekian dulu…mau balek kerja dulu….

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Cerita Mama, Gado-gado and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Selamat Hari Buruh Sedunia – HaPPy Labour Day

  1. hilsya says:

    selamat berjuang ya… hehehe
    *pura-pura lupa akan status buruh diri sendiri*

    semoga segalanya jadi barokah

  2. vera says:

    huaa….dimari maceeettt mak….ada demo buruh

  3. rina says:

    aku dapet emailnya mbak, tahun depan setiap tanggal 1 Mei jadi libur nasional….

  4. wah saya juga kategori buruh, malah nggak dapat libur🙂
    Salam kenal ya…
    di tunggu kunjungan baliknya + komentarnya juga hehehe

  5. Elsa says:

    aduh bodohnya aku, kemaren waktu lihat google itu, aku belom ngerti maksudnya apa. ternyata maksudnya itu hari buruh yaa.. hehehhee

  6. Guy Simpson says:

    Jakarta — Serikat pekerja mendesak pemerintah mengoreksi sistem pengawasan tenaga kerja yang dijalankan selama ini. Desakan ini setelah terkuaknya kasus dugaan praktik perbudakan di Tangerang pekan lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s