Malaysia in May With Firefly

Hmmm…tak terasa sudah masuk bulan May aja…dan sudah tanggal 8 May 2013.  Semakin kesini kok malah semakin nggak sempat blogging hiks…. Yah dinikmati…dijalani..sesempatnya aja blogging, posting dan BW-nya jadi banyak ketinggalan cerita kawan kawan blogger yang dulu sering saya kunjungi..maafkan yah kawans…kangen membaca sharing sharing cerita mereka. Buehhhhhh..jangankan  untuk BW…banyak cerita yang ingin didokumentasikan di blog masih sepotong sepotong ngendon di draft…walah rajin sekali emak kinan. Nanti dulu lanjutan Clean up cerita yang ada di Draft. Mau mendokumentasikan tentang perjalanan kami sekeluarga weekend kemarin.

Sesuai dengan judulnya Alhamdulillah kemarin tanggal 3 May sampai dengan tanggal 5 May 2013 berkesempatan jalan jalan ke negeri Jiran Malaysia.  Finally bisa lihat secara langsung “Twin Tower” alias menara kembar Petronas yang tersohor itu….*dasar ndeso yah emak kinan..hehehe whatever lah emang itu kenyataannya “ndeso” hehehe..…yang penting judulnya  pingin melihat secara langsung kayak mana betuknya….gimana kotanya….dll. Rencana  ke Kuala Lumpur, Malaysia ini sebenarnya  sedikit diluar rencana karena insiden pengiriman “Halo Balita” pesanan Mrs. Nurul dari Malaysia yang ternyata dari Indonesia ke kuala lumpur ongkos kirimnya “Masyallah” per kilonya lebih dari 100 ribu mahal banget kalo ditotal hampir 2 juta-an. Sedangkan saya sudah kadung berkomitmen dengan pembeli dari Malaysia dan udah kalkulasi hitungan ongkos kirim kira kira Paket Halo balita ini. Dan ternyata walah  ongkos kirimnya dari Indonesia ke Malaysia ini bisa digunakan untuk beli tiket pesawat Pulang pergi Batam ke Kuala Lumpur dengan maskapai penerbangan Firefly. *Jadi ingat kata-kata jeng Cathy kawan kantor kemarin…”Untung jeng insiden ongkirnya hanya ke Malaysia masih deket dan bisa dijangkau, Lho kalau pembelinya dari Perancis??” hehehhee….yang ada dikeplak ayah kinan….begitu jawabku…wkwkwkwkwk

Setelah berdiskusi dengan Ayah kinan yang panjang akhirnya diputuskan ke KL dengan budget seadanya…, saat check websitenya “Firefly” ternyata masih ada promo  dapat tiket harga “0”untuk tanggal 3 May 2013 dan bayar tax saja  Bertiga total untuk berangkatnya kurang lebih Rp. 600 ribu sedangkan dari Kuala Lumpur  ke Batam kurang lebih per orang RM 29  total untuk tiket PP bertiga tidak sampai  Rp 2 juta.  Setelah proses booking tiket selesai baru ayah kinan bilang sama saya, “Ma, tahu nggak pesawat Firefly yang ke Subang- Kuala Lumpur itu seperti apa?” Polos saya bilang “Enggak” dalam bayangan saya sama kayak pesawat yang lainnya yang besar tipenya …lalu Ayah kinan bilang yang kecil itu lho seperti yang kita lihat saat di Hang Nadim waktu itu yang pake Baling baling, jenis kayak Cessna, ATP turboprop gitu” ….Mak dekkkkkkkkk……..hmmm berpikir…*aslinya emak kinan dulu paling takut naik pesawat….lalu saya jawab..”Bismillah Ayah” …pasti mereka juga punya “Safety Standard”. Gayanya aja saya sok ngomong seperti itu yah..aslinya padahal langsung saat itu juga searching tetang pesawat “Firefly” dan googling tentang “Pengalaman naik pesawat Firefly dari Batam ke Subang Kuala Lumpur” …alhamdulilah dari semua yang saya baca testimoni  semua pengalamannya  menyenangkan terbang dengan “Firefly” , informasi lainnya tentang maskapai penerbangan Firefly  dari sini.

Firefly yang beroperasi sejak tahun 2012 lalu, terbang 4 kali dalam seminggu dari Batam dengan tujuan Bandara Subang – Kuala Lumpur, begitu juga sebaliknya.  Seperti yang tertera di Websitenya yang disini. Menggunakan pesawat model ATR 72, yang  adalah pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop yang dibangun perusahaan pesawat PerancisItalia ATR. Pesawat ini memiliki kapasitas hingga 78 penumpang dalam konfigurasi kelas tunggal dan dioperasikan oleh dua kru penerbang. (sumber  dari sini)

Inilah kurang lebih penampakan pesawat firefly  Batam – Subang (Kuala Lumpur) minggu lalu.

Armada Firefly (Sumber Wikipedia)

Armada Firefly (Sumber Wikipedia)

Tanggal 3 May dari Batam, sebenarnya penerbangan kami adalah jam 10.55 tapi karena cuaca hujan akhirnya  delay 1 jam dari jadwal dan menunggu kedatangan pesawat dari Subang- Malaysia. Hmm……berdoa terus semoga cuaca membaik dan hujan reda. Akhirnya  setelah menunggu satu jam pesawatnya datang dan kita langsung  dibawa dengan shuttle bus kearah pesawat karena masih hujan. Wah kalo nggak hujan udah jalan aja  tuh dari ruang tunggu menuju ke tempat pesawat. Itulah hikmahnya …:). Dari kapasistas 72 penumpang tidak semua terisi tapi lumayan penuh mungkin hanya tersisa 5 sampai 10 tempat duduk.

Sampai di Hang Hadim Airport

Sampai di Hang Hadim Airport

Kinan menanti di  depan Imigrasi Keberangkatan International bandara Hang Nadim Batam

Kinan menanti di depan Imigrasi Keberangkatan International bandara Hang Nadim Batam

Hujan at bandara Hang Nadim Batam

Hujan at bandara Hang Nadim Batam

Kinan di ruang tunggu keberangkatan, dengan polah tingkahnya

Kinan di ruang tunggu keberangkatan, dengan polah tingkahnya

polah tingkah kinan menunggu dibandara

Prosesi take off lancar alhamdulilah, tapi emang berbeda dengan pesawat besar seperti Airbus (dulu dipakai maskapai Batavia) atau Boeing 737 seperti yang biasa Garuda atau Lion Air pake dengan kapasitas penumpang yang banyak. Goncangan tidak terlalu terasa.  Kalo jenis ATR ini sedikit kena awan aja “grenjel-grenjel”  sama pergerakanya misalnya berbelok, atau turun itu kerasa banget….halah bahasanya…istilahnya  apa yah intinya  kerasa gitu pokoknya, ya namanya pesawat kecil pasti sedikit banyak berbeda dengan yang berbodi dan berkapasitas besar.Dan sukses membuat kinan mengeluh pusing…akhirnya saya pangku dan tertidur sampai tiba di bandara Subang yang kurang lebih ditempuh dalam waktu 1 jam 20 menit.

Didalam pesawat Firefly

Didalam pesawat Firefly

Narsis dulu sambil nunggu ayah ambil bagasi

Narsis dulu sambil nunggu ayah ambil bagasi

Alhamdulilah finally sampai juga di bandara Subang Kuala Lumpur.  Sungguh pengalaman pertama naik pesawat jenis kecil seperti  ini. Lalu ingatan melayang ke Bu Christine mantan Bos,  yang sekarang sukses  berkarier di perusahaan penerbangan di Pangandaran, punya bu Susi….walah itu pesawatnya jenis Cessna kecil gitu, kalo naik  pasti lebih lagi sensasi  deg-deg-annya….coba kapan kapan tanya ke bu Christine….

Balik lagi ke Pesawat Firefly ATR72 ini, yang akhirnya sempat jadi topic bahasan saya dan ayah kinan…hmmm maklum bekerja diseputaran “avionic” dan “aerospace” industry…jadi sedikit banyak bikin penasaran. “Ini pesawat jenis kecil turbopop seperti yang dikembangkan Pak habibi di PT. Dirgantara Indonesia yaitu CN235” begitu kata ayah kinan. Lalu lamunan saya mengembara….wah bener berarti seperti yang pernah saya lihat di televisi wawancara pak habibie  Indonesia punya potensi besar sebenarnya untuk bisa mengembangkan Industri pesawat jenis turboprop ini. Namun sayang keputusan pemerintah jaman krisis dulu dengan menuruti semua saran IMF dengan meng-cut  dan menciutkan perkembangan industri dirgantara di Indonesia…Coba lihat sekarang perusahaan penerbangan Brasil “Embraier”   http://www.embraer.com/ masih bisa berdiri dan maju pesat seperti artikel Wikipedia disini. http://en.wikipedia.org/wiki/Embraer. Hmmm saya jadi punya asumsi ini adalah bener ada permainan politik didalamnya…dimana monopoli dan dominasi Negara besar terhadap Negara kecil dan berkembang…… Hmm jadi penasaran pingin baca bukunya Habibie…entar kalo ke Gramedia batam…hunting ah…!!

Hmm….semoga mimpi pak habibi bisa terwujud….mengembangkan kembali industri pesawat terbang di Indonesia. Walah dari Firefly kok malah OOT ke Pak habibi dan industri pesawat terbang sih……

Ok rasanya cukup bahasan soal dan pesawat ATR-nya… alhamdullilah pengalaman saya dan keluarga naik Firefly dari Batam ke Subang  Kuala Lumpur, overall menyenangkan. Walaupun sempat delay waktu berangkatnya namun saat balik ke Indonesianya tepat waktu banget karena cuaca juga cerah saat itu. Pelayanan dari Pramugari ramah dan perhatian…*standard sih….kita diberikan servis satu cup jus buah dan muffin atau kadang.  Setidaknya tidak penasaran lagi rasanya naik pesawat jenis ATR dan bisa berbagi  pengalaman tentang ini.

So  Ke Kuala Lumpur lagi dengan “Firefly”….Siapa Takut!!!”  dikeplak sama ayah kinan…dolannnnnnnnnnnnnnnnn aja maunya…..gimana tho yo yo…dolan atau jalan jalan itu “nyandu” je….eh tapi malah ayah kinan ding yang bilang…”Bangkok will be the next destination for our vacation”……PLak plak..plak..eling mak…eling…..investasi… hehehee…

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Jalan-Jalan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Malaysia in May With Firefly

  1. Lidya says:

    aku seringnya ke Subang jawabarat bun hehehe. asyiknya yang jalan-jalan

  2. mama hilsya says:

    woooo…. ternyata jalan2 toh?
    aku juga sama ama Lidya, taunya lewat subang sebelum cirebon…

    cerita masih lanjut kan?
    btw, pertama tadi heran.. ngapain naik kunang-kunang.. hahahaha…

  3. BunDit says:

    Waaa…yang habis jalan2 ke negeri Jiran hehehe. Jadi ceritanya liburan sambil nganter pesenan buku ya mam… Ditunggu foto2 nya di Malaysia ya… Maaf nih baru sempet mampir, habis selesai posting…ada aja kendala mau BW. Salam yaa buat Kinan, makin besar makin manis dan gilry🙂

  4. ndutyke says:

    Pesawat kecil ya. Lumayan bikin sport jantung dan mendadak lebih banyak wirid’an. Hehe.

  5. D I J A says:

    wuuuaaaah Kakak Kinaaaaaan……
    Dija belom pernah naik pesawat Kak… Dija kepingiiiin….

  6. Pingback: Jalan-Jalan Kuala Lumpur 3 May 2013 | My new world

  7. I’m extremely pleased to uncover this website. I need to to thank you for ones time for this fantastic read!! I definitely savored every part of it and I have you saved to fav to check out new things in your site.

  8. Fani says:

    mba numpang nimbrung nih, klo dari bandaranya ke KL nya naik apa ya? klo bus ada gak sm seperti di KLIA nya? soalnya saya oktober ini mau ke KL tp baru pertama kali naik Firefly🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s