Mama Nanti Jelek Sendiri Lho

Membuka Handphone pagi ini, mendapati ada WA dari Mbak Elsa Yellow Life-nya  Princess dija, mengabarkan kalo ditempat bunda vania sedang mengadakan give away menyambut Milad putrinya kak vania yang ke-5. Terimakasih yah  mbak elsa dikasih kabar dan juga dikasih linknya langsung.…tahu aja mbak elsa ini kalo emak kinan kangen ngontes…*halah bilang aja insting banci kuis yang sedang mencoba peruntungannya…..hehehe soalnya doyan banget emak kinan ikutan kuis….:)

Membaca syarat dan temanya kayaknya gampang gampang susah “menuliskan cerita tentang celoteh lucu anak-anak atau tingkah polah lucu”. Secara saya ada kinan yang sehari hari sering bikin kita tertawa “ngekek-ngekek” melihat polah tingkahnya yang polos. Istilahnya kepolosan anak anak itulah yang justru membuat disitulah letak lucu dan alami. Tidak dibuat buat, bener bener jadi obat kegalaun dan rasa capek yang mendera.

Saya termasuk jarang menuliskan dan merekam moment kelucuan kinan, makanya dalam rangka ngontes dan sekaligus niat mulia saya ingin mendokumentasikan kelucuan kinan diusianya yang kemarin tanggal 20 May, tepat berulang bulan yang ke 45 bulan.  Dengan segala keterbatasan berusaha mengingat celoteh dan kelucuan kinan selama ini yang saya jadikan rangkuman dalam beberapa sub judul seperti dibawah ini.

 Perut Gendut

 Kinan : “Mama kenapa perut Mama gendut? Ada Adeknya yah?”

 Gubrakkkkkkkkkkkkkkk……*serasa disambar petir disiang bolong lebay banget emak kinan hehehehe… mendengar pertanyaan polos kinan pada saya beberapa waktu lalu saat kami bersantai bersama. Hmmm aduh nduk, gimana yah mama menjelaskannya kalo perut mama ini gendut gara-gara tidak balik “body” setelah  kemarin ada kinan diperut. Eh malah menyalahkan nggak balik body selepas lahiran nggak mungking dong saya sebagai emak yang baik hati, rajin dan tidak sombong mau menjelaskan itu  ke kinan yang masih kecil begitu. Yang ada adalah akhirnya saya membuka aib dengan memberinya penjelasan bahwa memang mama  senang dan doyan makan, apa aja hayuk terus nggak jaga badan, nggak rajin olahraga jadi  perutnya gendut. Jadi bukan karena gendut mau ada adeknya yah…hueheuheueheu….ayo ayo serius mau ikutan Fitness mak!  *haduh jadi buka kartu  dan aib emak kinan perutnya gendut, hmm tidak malu memang itu adalah kenyataanya.

 Pipis

Beberapa hari yang lalu cuaca di Bintan seharian mendung lalu turun hujan deras. Seharian itu kata Uti, kinan sudah lebih dari 5 kali kinan bolak balik minta kekamar mandi untuk pipis. Lalu utinya tanya ke kinan.

 Mbah Uti : “Adek hari ini kok banyak pipis,kenapa perutnya sakit yah?”

Kinan : “Enggak mbah uti, Manusia itu harus pipis lho mbah uti…!”

 Hehehe….”Skak Match” deh mbah utinya…:)

Jelek

Kebiasaan saya setiap hari menanyakan tentang kegiatan disekolah kinan hari itu, memancingnya untuk bercerita banyak tentang kegiatannya disekolah. Selain untuk membangun kedekatan hubungan antara saya dan kinan sejak dini, saya maksudkan juga untuk melatih kinan untuk berbicara dan bercerita dengan saya apapun itu. Agar kelak bisa menjadi teman curhat yang bisa membuatnya  nyaman dan mau bercerita secara jujur dan apa adanya. Saya sebisa mungkin menjadi pendengar yang baik dan berusaha netral sehingga saya juga bisa belajar menjadi  ibu yang bisa bijaksana dalam menyikapi suatu permasalahan terutama permasalahan anak dalam lingkungan pergaulannya. Saya ingin kinan mandiri dan kelak bisa menyelesaikan masalahnya tanpa banyak bergantung dengan orang tua atau orang orang dekat yang menyayanginya.

 Suatu hari kinan cerita tentang kawannya sebut saya namanya “Jihan”.  Jihan ini dikenal sebagai anak perempuan yang badannya bongsor, terus banyak berteman dengan kawan laki-laki gitu jadi sifatnya jadi tomboy dan suka main berkelahi-berkelahian.  Sedangkan kinan disekolah terkenal pendiam, suka susah, dan butuh waktu lama untuk klik dengan temannya. Suatu hari  kinan bercerita kepada saya;

Kinan : “Mama, tadi jihan nakalin kinan lho ma, terus ngatain Kinan jelek, kinan jelek” kinan kan cantik, iya kan ma. Kemarin aja kinan dikatain “kinan pulang kampung, kinan pulang kampung” begitu cerita kinan dengan saya yang ending ceritanya  membuat saya sedikit tertawa.

Lalu saya tanya; “ dinakalin gimana?atau Cuma dikatain?”

 Kinan menjawab: “Mau dicubit gitu tangan kinan”.

Kemudian saya berusaha tenang, untuk memberikan gambaran jika permasalahan seperti itu terjadi lagi, saya bilang, kalo misalnya jihan sampai nyubit beneran ke kinan, kinan bilang ke bunda disekolah yah atau bilang mama kalo sudah pulang sekolah. Kalo bilang ke bunda disekolah bilang kalo jihan nyubit, atau  langsung bilang ke  jihan  aja sendiri nggak boleh melakukan itu lagi karena kinan sakit.

Baru kemudian  saya jawab yang soal jihan yang bilang “Jelek” ke kinan. Nggak apa apa dibilangin jelek, kan kenyataannya kinan tetap cantik *emaknya lebay hehehe. Nggak usah nangis dan cengeng kalo  dibilang jelek, nanti lain kali  kalo jihan bilang kinan jelek lagi kinan bilang seperti ini yah “ Jihan nggak boleh lho ngatain orang jelek, nanti dirinya jelek sendiri lho” begitu kata saya dengan menjelaskan ke kinan bahwa intinya orang yang mengatakan kawannya jelek itu dia jelek sendiri.  Udah dong dibilangin kayak gitu kayaknya tercerna benar kinan, diingat banget.

Suatu malam pas lagi asyik santai sambil baca baca dan cerita sama kinan di tempat tidur tiba tiba ada sesuatu yang harus diambil diluar kamar, saya minta tolong ayah kinan untuk mengambilkan karena saya dan kinan lagi asyik. Lalu ayah kinan bilang males gitu. Terus saya yang kadang suka becanda sama ayah kinan tiba tiba spontan bilang  ke ayah kinan “ Ayah jelek”. Lalu apa yang terjadi? Tiba-tiba kinan bilang ke saya “ Mama, nggak boleh bilangin ayah jelek, nanti mama yang jelek sendiri lho! Kan mama yang bilang  kemarin.” Gubrakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk…..alamak saya termakan omongan saya sendiri sama kinan…hehehe

 Selang tak seberapa lama setelah peristiwa yang kinan cerita tentang jihan yang suka ngatain kinan jelek, kinan dapat undangan ulang tahun dirumah jihan. Lalu saya dan ayah kinan mengajak kinan untuk pergi membeli kado untuk dibawa besuk acara ulangtahun ditempat jihan. Lalu entah datangnya dari mana kinan begitu polosnya bertanya ke ayahnya;

 Kinan : “Ayah kenapa kita beli kado untuk jihan? Kan jihan sering  nakalin dan ngatain adek jelek?”

Hmmm hening sejenak saya dan ayah kinan saling berpandangan….bingung mau jawab apa…akhirnya  kita jawab, pada dasarnya semua anak itu baik, kawan kawan kinan juga baik, jihan juga baik, mungkin jihan sedang marah waktu itu sama kinan mungkin soal mainan atau  apa gitu, nah ini buktinya jihan baik,kinan diundang ke acara ulangtahun jihan dirumahnya, nah berarti baik kan.  Begitu akhirnya kinan mau memilihkan hadiah yang kira kira disukai jihan, kinan bilang jihan suka bawa bantal ditasnya, lalu kinan memilihkan guling boneka karakter doraemon besar untuk kado buat jihan.

 Pacaran

Suatu sore saat santai sambil cerita cerita seperti biasanya saya pulang kerja kinan tiba tiba tanya sama saya. Kinan: “Mama tadi kak Afifa  cerita cerita pacar pacaran gitu lho disekolah” *

Hah…melongo dan  bener benar kaget..dirumah sama sekali kita tidak menggunakan kata kata yang membuat kinan mengenal hal-hal dan perkataan yang istilahnya belom pada waktunya. Bahkan sinetron pun kita tidak pernah kenalkan, kinan mengerti dan malah kinan sendiri kalo tidak sengaja channel pindah ke stasiun tv yang saat itu menayangkan sinetron apapun itu pasti kinan langsung minta diganti channelnya. Hmm namun kosakata baru ini dapat dari teman-nya…lalu  kinan menambahkan pertanyaannya:

“Mama pacaran itu apa sih?”

Hedeh, akhirnya saya jawab “Pacaran itu adalah berteman”…lalu kinan mengejar lagi…”Kayak mama dan ayah ini yah pacaran?” waduh….akhirnya kita jawab aja iya…biarlah pengertiannya sampai disitu dulu,  kelak pada masanya nanti insyallah kinan akan saya beri pengertian atau mungkin malah mengerti dengan sendirinya konsep kata kata itu.

 Sariawan

Pada waktu beberapa minggu lalu kinan sempat terjangkit sariawan satu mulut penuh kemarin kinan sering nangis pura pura dan mengeluh saat makan  sambil berkata “ hik hik adek nggak mau mulut yang ini (maksudnya mulut yang sariawan-red), adek maunya  mulut yang lama” ….hedeh…kita yang dengar ngekek ngekek  tapi  juga kasihan melihatnya.

 Marah

Kinan sekarang lebih ekspresif kala mengungkapkan kemarahannya, walaupun tidak sering tantrum tapi sering marah dan ngambek. Lalu sering saya bilangin “Adek jangan suka ngambekan dan marah sama orangtua lho, nanti Allah marah” begitu kata saya..lalu kinan dengan lugunya balik lagi bertanya “ Emang Allah suka marah yah ma”…waduh bingung juga mau menjelaskannya…waduh makanya harus berhati hati dalam mengatakan sesuatu.

 Mbah Kung  dan Gosok gigi

Kinan suka menggoda dan sok menasehati mbah kung-nya  karena melihat Gigi mbah kung-nya banyak yang ompong.

Kinan: “Makanya mbah kung jangan suka makan permen dan coklat, makanya giginya ompong. Nieh lihat gigi adek cantik karena adek nggak makan permen”

Belum berhenti sampai disitu kinan malah suka bertanya pagi hari “Mbah kung udah gosok gigi. Nih lihat adek aja  suka gosok gigi” walah..gaya banget kinan mbah kungnya dikasih tahu kayak gitu..hehehe….

Gaya bercerita memakai bahasa Inggris “Thinker Bell”

Kinan sering melihat ayahnya yang sedang menerima telp dari kawan kantornya dengan menggunakan bahasa inggris. Lalu saya ceritakan bahwa dikantor banyak ekspatriat dari singapore jadi komunikasinya memakai bahasa inggris.   Apalagi di Chanel Disney Junior banyak film kartunnya yang masih belom diadaptasi kedalam bahasa Indonesia. Jadi masih dalam bahasa inggris baik dalam perkataan dan lagunya. Ini sebenarnya menimbulkan rasa keingin tahuan kinan yang besar tentang bahasa inggris. Apalagi saat berjalan jalan ke Singapore dan Kuala Lumpur waktu lalu seringnya kita bertanya kepada orang orang atau mengobrol dalam bahasa inggris, yah walapun minimalis banget kemampuan emaknya dalam bahasa inggris hehehe.. tapi kinan suka tanya kepada saya atau ayahnya minta di terjemahkan setelah kita mengobrol dengan orang. “Mama orang itu tadi bilang apa”, suatu hari saya lihat kinan  sedang pura pura membaca buku bacaan  berbahasa Inggris “Thinker Bell” yang membuat saya harus menahan tawa selama saya merekamnya dalam HP Samsung saya.

 Gaya bercerita kinan dengan Buku Halo balita

Video berikutnya ini juga tentang kinan dan gaya bercerita alias celotehannya berpura-pura sedang membaca buku Halo balita, tentang Sali dan Saliha.

Seusia kinan ternyata juga mempunyai selera humor yang sudah mulai terlihat. Terbukti  bahwa setiap kali kinan marah atau menangis selalu mudah ditenangkan dengan cerita cerita lucu yang kami ceritakan. Begitupun kemarin malam minggu secara tak sengaja nonton OPera Van Java disebuah stasiun TV yang live di Palembang kinan terbahak bahak melihat aksi parto sebagai dalang  yang mana marah marah lampu sorotnya tak mengikutinya. Hmmm melihat kinan tertawa melihat tontonan OVJ justru saya yang tertawa melihat kinan senang dan mengerti kelucuan sebuah adegan.

Hmmm anak-anak..dengan segala celoteh dan pertanyaannya kadang membuat kita  orangtuanya atau orang dewasa yang ada disekitarnya  ini mati gaya menjawab pertanyaannya,membuat kita kadang bahkan merasa terharu ingin nangis,tertawa karena dibuat geli, dan baru sadar ternyata anak anak kita berproses dan mencerna segala sesuatu yang terjadi disekitarnya, dengan kemampuan bahasanya yang semakin berkembang seiring dengan banyak pengalaman visualnya. Makanya saya selalu mewanti wanti kepada semua yang setiap hari ada dirumah bersama kami, untuk menjaga perkataan, berkata dan mengajari kinan dengan baik,dengan bahasa yang baik dan contoh tingkah laku yang baik  karena anak pada masa masa usia balita seperti itu sungguh seorang peniru ulung.

Demikian tulisan tentang celoteh dan polah tingkah kinan dengan bermacam gayanya, mengungkapkan ekspresi kepolosan dan keingin tahuannya. Semoga kita bisa jadi orangtua yang bijak dan bisa membimbing anak anak kita menggunakn kemampuan bahasa dengan baik dan benar.

Tulisan ini diikut sertakan dalam  “Cerita lucu ini ditulis untuk acara Vania’s May Giveaway”.

==========================================================

Selamat Ulang Tahun untuk Kak Vania, semoga sehat selalu, semakin cantik, pintar, cerdas dan kritis, Jadi putri cantik  yang jadi kebanggaan dan kebahagiaan bunda thia dan  seluruh keluarga. Kiss dan salam dari Mama dan kinan di Bintan

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Perkembangan Kinan-ku, Quis & Contest and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Mama Nanti Jelek Sendiri Lho

  1. Elsa says:

    ampuuuuuuuuun deh Mbaaaak…

    nyesel banget kasih tau Mama Kinan soal GA nya Vania ini
    habisnya postingan Mama Kinan lengkap banget nget nget!! pake bukti video segala
    (tuh video youtube nya jangan jangan pake 3 dimensi ya???)
    biar makin autentik yaaa???

    subhanalllooooohhhh pasti Mama Kinan menang nih
    hiks hiks
    menyesaaaaal kasih tau Mama Kinan
    jadi saingannya makin berat!!!

    Hahahahahahahahaaa…. Hahahahahaaaa…..

    peace Mbak!!

    Hahahahahahhahaa……………

  2. D I J A says:

    giginya Kakak Kinan bagus ya? Cling yaa???
    Giginya Dija bolong sedikit Kak…..
    😦

  3. monda says:

    waduh ..itu berhasil ngorek banyak kenangan omongan Kinan..
    aku rasanya tak mampu lagi ingat2 omongan lucu anak2 udah belasan tahunlewat he..he..

  4. Lyliana Thia says:

    hahahaaa! Kinan pinterrr… ^_^

    wuah, makasih mbak Elsa udah woro2 ke emak Kinan.. hihihi..

    hadeh iyah eh, lengkap bangettt ceritanyaa mbak… hmm.. sebentar lagi Kinan ulang tahun ke-4 dong yah? hihi.. iyah mbak bener, kita jd sering mati gaya ya ngadepin pertanyaan anak2.. lucu, dan kritis sekali mereka itu..

    dan ini.. “Emang Allah suka marah yah ma” —> ini susah nih njawabnya mbak.. hihihi..

    makasih yah mama Kinan atas partisipasinya, sudah kami catat sebagai peserta.. ^_^

    salam buat Kinan cantik.. ^_^

  5. mama hilsya says:

    hahaha… siapa lagi peserta yang selalu all out klo bukan emak kinan?

    tapi asli, lucu.. khasnya anak-anak..

  6. Erit07 says:

    Pintar sekak juga kinan,,,

  7. lozz akbar says:

    hahaha butuh berapa mulut baru tuh Kinan kalau nanti sering kena sariawan?

    terima kasih sudah ikutan berceloteh di GA Vania’s May Day

    sudah tercatat sebagai peserta ya

    salam kenal buat Kinan cantik ya

  8. BunDit says:

    Paling suka kalau Mama Kinan nulis untuk GA ini pasti lengkiiiip banget. Video Kinan lucu banget, makin pinter deh. Semoga sukses dengan GA nya ya mam.

  9. nh18 says:

    Makanya mbah kung jangan suka makan permen dan coklat, makanya giginya ompong. …

    Waaaa … om kena skak juga nih sama kinan …
    gigi om kan udah nggak adaaaa …

    qiqiqiqi

    Salam saya Mama Kinan

  10. Pingback: Tentang Hadiah Dari Aktifitas Dunia Maya | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s