Mengenal Lebih Dalam “Susindra” Bloggerwati dari Jepara : Sebuah Blog Review

Riri-4-tahun-BlogCamp4-150x93Pada “launching” Perdana  kontes hari berdiri Blogcamp ditempat pak dhe cholik lewat FB, saat itu ada mbak susi yang punya blog http://blogsusindra.blogspot.com/,  sedang mencari pasangan untuk kontes ini. Lalu dengan PD-nya saya, eh kepedean maksudnya menawarkan diri untuk menjadi pasangan  kontes review blog ini.  Gayung bersambut, pinangan saya disambut hangat dan baik oleh Mama duo jagoan Destin dan Binbin ini.  Asli saat menawarkan diri kepada mbak susi lewat comment di FB ini masih belom begitu “ngeh” tentang tema dan tata cara kontes ini apa dan bagaimana. Lalu setelah membaca detail lagi baru ngeh dan dalam hati berkata “ APA!! REVIEW BLOG????!!!!” Mampukah saya??!!!  Saya belum pernah sekalipun yang namanya “review” blog orang lain. Walah saya ini istilahnya ngeblog aja suka suka dan nggak pake pakem atau aturan  ini itu malah sok sok-an mau mereview blog orang lain.

Byuhhhhhhhhhhhhh…….rasanya mau mundur saja saya dari kontes ini dan lalu mengucapkan beribu bahkan berjuta maaf kepada mbak susi yang  sudah saya pinangdengan PD-nya  lewat komentar saya waktu itu di FB. Lalu hati kecil saya yang lainnya berkata…”Walah masak gitu aja menyerah, cemen dan “gocik” (penakut red), Ayo kamu pasti bisa!”  dan  Here  I am…Bismillah saya ingin mencoba mengikuti kontes yang diadakan pak dhe ini  dengan bersungguh-sungguh dan belajar apa itu review blog, apa yang seharusnya dilakukan dalam mereview sebuah blog  seperti yang  sudah pak dhe tuliskan “TIPS” nya disini.  Malu rasanya dengan   tulisan pak dhe yang bilang “Jangan Ngaku blogger kalo belom pernah bikin tulisan review Blog orang lain”. Hehehe walaupun  saya ini penulis blog “abal-abal” tapi tetap aja pingin ngaku sebagai blogger sejati *halah halah mak…..Ok, baiklah cukup Preambule-nya mari-mari kita “review” blognya mbak susi.

Mengenal Lebih  Dalam “Susindra”  Bloggerwati dari Jepara

Sebelum merivew Blog mbak Susi, ijinkan saya flashback kebelakang tentang  awal mula saya berkenalan dengan blog mbak susi.Saya tidak ingat dengan pasti kapan tepatnya saya berkenalan dan BW ketempat mbak Susi ini. Yang pasti yang saya ingat mbak susi ini sebagai juri sebuah kontes photo yang diadakan mbak lidya fitrian bertema “Maret Ceria”. Terus saya juga ingat pernah membaca artikel postingan mama Hilsya  tentang blog mbak susi saat mbak susi mengadakan kontes diblog-nya beberapa tahun silam serta kopdarnya mama Hilsya dan mbak susi di Jepara saat itu. Tulisannya tentang “parenting” dan pola asuhnya kepada Duo jagoan “Binbin dan Destin” sering menginspirasi dan jadi “reminder” ataupun jadi referensi saya mengasuh kinan anak saya.

22372_1185314353853_1258088191_30480583_5026664_nMemulai untuk merivew blog mbak susi ini  saya  memiliki banyak kesulitan karena banyak faktor, disamping alasan terbesar adalah karena saya belom pernah sekalipun mereview blog orang lain, lalu hal-hal  teknis dalam dunia per-blogger-an yang saya tidak mengerti dan kuasai dengan baik, ditambah lagi “platform” blog kami berbeda, saya biasa menggunakan “wordpress” dan mbak susi menggunakan platform “blogspot”.  Tapi rasanya itu bukan halangan dan alasan saya untuk mundur dan menyerah. Baiklah mari kita mulai “membedah” blog mbak susi secara detail versi emak kinan;

Penampakan Blog Susindra

Penampakan Blog Susindra

Alamat  dan Nama Blog

Mbak susi seorang wanita cantik dari Jepara, memilih nama “blogsusindra” yang maksudnya adalah gabungan nama dari “Susi dan Indra” yang digabung menjadi “susindra” dengan platform blogspot, jadi secara lengkap kita bisa googling blog mbak susi dengan alamat seperti ini; http://blogsusindra.blogspot.com.  Blog ini berisi beraneka ragam  tulisan cerita dari buah pikiran mbak susi tentang banyak hal, seperti tentang  parenting, Film, tentang furniture atau mebel dan seni ukiran dari  jepara, budaya, agama, dan juga yang terbaru tentang kegemaran mbak susi yang akhirnya menjadi sebuah bisnis yaitu seni kerajinan dari kain flanel. Berbagai tutorial tentang membuat kerajinan dari kain flanel ini didokumentasikan dengan baik di blog ini begitu pula dengan hasil atau produk yang dijual secara online juga melalui blog ini. Terlihat dari tampilan di menu yang berisi tiga hal; Beranda, C’est MoiBunga flanel.

Beranda adalah halaman yang merupakan tampilan depan blog mbak susi yang hanya berisi 2 artikel terbaru yang diposting dan ditandai dengan penggunaan fasilitas “jump break” sehingga menuntut pembaca untuk wajib klik continue untuk mengetahui isi dan akhir Artikel. Ada beberapa wigdet atau pernak pernik disisi samping dan bagian bawah yang sifatnya berupa informasi tentang slide photo hasil kreasi flanel mbak susi, ada Archieve blog, Label, Update blog sahabat, Page rank, Page stats, dan yang paling bawah ada widget member blog. Jadi secara keluruhan beranda blog ini terkesan sederhana dan enak dipandang mata pengunjung. Namun ada beberapa hal yang menjadi catatan saya seperti  dibawah ini;

C’est Moi      atau dalam bahasa Indonesia artinya  “Inilah Aku” pada halaman ini  menceritakan ringkasan tentang sapaan kepada pembaca dan juga gambaran siapa yang punya blog ini, kegiatannya sehari-hari, hobby dan ketertarikannya pada beragam hal  dan juga tentang keluarga dan keinginannya menceritakan peristiwa keluarga dalam blog ini dengan label “diary” sebagai tempat untuk mendokumentasikan atau jurnal bagi keluarga kelak.

Bunga flanel, dihalaman ini berisi tentang hasil kreasi mbak susi dengan kerajinan flanelnya yang disertai dengan gambar atau photo-photo produk yang dijualnya.

Templete dan  Theme

Seingat saya mbak susi ini beberapa kali pernah ganti “templete” untuk blog-nya dan yang terakhir sekarang dengan  ScreenWritersArena  blog mbak susi terlihat lebih “Fresh,Simple but  Elegant”. Dengan banyak sentuhan tulisan menggunakan bahasa Perancis menandakan sang empunya blog ini sangat cinta bahasa perancis dan fasih mempraktekannya.  Dengan  Header tulisan yang mencolok “ Un Voyoge do Couer”  atau kalo diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebihnya adalah “Sebuah Perjalanan Hati”  semakin memberikan bukti kecintaan mbak susi pada bahasa perancis seperti yang disebutkan dalam halaman “C’est Moi“.

Loading Blog

Saya mencoba menggunakan “Pingdom” untuk melihat seberapa besar kecepatan loading yang dibutuhkan untuk membuka blog mbak susi ini, dan hasilnya seperti dibawah ini;

speed test blog susindraButuh waktu  tidak terlalu lama untuk membuka blog mbak susi ini,  dengan waktu 2.71s blog mbak susi ini mudah untuk dibuka. Hal ini juga dimungkinkan tidak banyaknya Widget dan pernak pernik yang ada di halaman pertama atau beranda dari blogsusindra ini sehingga tidak memperberat loading blog.  Dibandingkan dengan blog saya yang memakan jauh lebih  lama untuk loading  atau membuka blog yaitu 12.75s.  Bahkan blog sang komandan Blogcamp dengan 4.64s masih kalah cepat dengan loading blog mbak susi ini. Siapa yah komandan Blogcamp ini?? kok berani beraninya emak kinan pakai untuk “test loading speed”nya dan di bandingkan dengan blog mbak susi gitu lho???!!!…*ampun nggih dhe, sungkem untuk pak dhe cholik yang ada  dialamat ini.

Artikel Blog, Statistik, dan Page Rank

Blogsusindra. blogspot.com ini masuk dalam Page Rank 3 dengan jumlah pengunjung yang telah mencapai  lebih dari  244046, terlihat dari statistik yang dicantumkan dibagian kiri bawah Beranda. Jumlah yang menurut saya lumayan signifikan.  Dari http://www.alexa.com didapatkan data tentang blog mbak susi ini seperti dibawah ini;

blog susindra dari alexa.comDengan artikel-artikel yang menarik yang pernah di share mbak susi, serta menggunakan judul yang tepat dan mengundang rasa keingintahuan serta banyak bersinggungan dengan banyak hal yang dicari pengguna internet, membuat  blog susindra ini mampu meningkatkan pengunjung.Penggunakan “keyword”  yang tepat  ini memang perlu diperhatikan begitu juga dengan “Tag” dan juga langkah untuk  mendaftarkan blog mbak susi ini  pada mesin pencari seperti google, Bing, yohoo   memungkinkan mesin pencari dengan mudah memunculkan artikel kita. Dibawah ini adalah hasil yang didapatkan dari Alexa.com tentang 7 topik yang banyak dicari dari blog susindra ini.

Sumber Alexa.com

Sumber Alexa.com

Kelebihan lain dari Blogsusindra selain mbak susi piawai menarik pengunjung blognya dengan keyword yang mampu menambah statistik blognya dengan tema dan judul artikel yang menarik, yang lainnya adalah ditaruhnya fasilitas mesin pencari dari blog yang memang berisi banyak informasi ini. Hal ini memungkinkan pembaca mudah mencari informasi tentang sesuatu dari blog mbak susi ini dengan mudah.

Fasilitas yang mempermudah pencarian artikel di Blogsusindra

Fasilitas yang mempermudah pencarian artikel di Blogsusindra

Kritik dan Saran yang membangun untuk blog mbak susi apa yah?? Asli sebagai “tukang review” amatiran kayak saya yang mana blog saja masih acak kadul disana sini, jika melihat blogsusindra ini saya terus terang bingung mencari celah dimana saya harus memberi saran dan kritik yang bisa membangun untuk blogsusindra. Akhirnya dari kacamata awam saya ada beberapa hal yang  jadi catatan saya, yaitu soal widget untuk “archieve” dan juga tampilan “follower” blog yang berada di bagian bawah berjajar lebih dari 100 follower, rasanya membuat sedikit tidak nyaman.

Widget Archieve  Blogsusindra

Widget Archieve Blogsusindra

Widget “Archieve”  Blogsusindra yang tidak menampilkan “Title” atau  Deskripsi secara jelas, dan juga didalam archieve-nya sendiri tidak jelas dari tahun berapa, semua bercampur. Alangkah baiknya jika diperjelas juga pengkatogoriannya juga diberikan deskripsi tentang tahun postingan tersebut dibuat

Widget “Follower” yang menurut saya terlalu panjang dan memakan tempat dibagian paling bawah, menurut saya alangkah indahnya jika “lay out” untuk “follower” diletakkan disamping kanan side bar, dibawah wigdet Label.

Widget "Follower" yang memakan tempat dibagian bawah halaman Beranda

Widget “Follower” yang memakan tempat dibagian bawah halaman Beranda

Saran yang lain adalah tentang tentang halaman “Bunga  Flanel”. Menurut saya postingan yang berbau tentang kreatifitas dari flanel diletakkan khusus dihalaman ini agar lebih mempermudah pencarian dan lebih spesifik.  Jadi tidak hanya berisi tentang product dan juga harga dari product kerajinan yang ditawarkan. Apalagi saya lihat dari hasil analisis Alexa.com  dimana dari 7 topic yang dicari dari blogsusindra ini di level menengah ada keyword ” Cara Membuat” ini bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah penungunjung blog yang berniat mendapatkan informasi tentang sesuatu secara spesifik.

Promo Blog juga kayaknya jadi poin yang penting untuk blogsusindra apalagi jika memang sisi lain dari halaman “Bunga Flanel” yang berisi promosi hasil “crafting” mbak susi yang setengah berfungsi “online Shop” jadi bisa memanfaatkan media sosial yang ada seperti Facebook,Twitter, dan lain sebagainya yang memang sudah disedian mbak susi pada setiap artikel yang di posting. Kemudian langkah berikutnya perlu juga mendaftarkan blog dimesin pencari seperti Google.com, Bing, ataupun Yahoo.com.  Ini hasil yang terlihat ketika saya mencoba memasukan data kedalam Mesin pencari hasil yang saya dapatkan adalah sebagai berikut;

blogsusindra.blogspot.com  hasilnya “About 2,990 results (0.29 seconds)”  artyakinanthi.wordpress.com hasilnya”About 6,310 results (0.27 seconds)”abdulcholik.com (blogya  komandan blogcamp) “About 58,900 results (0.46 seconds)”

Entah kenapa blog mbak susi hanya memuat  2,990  dalam mesin pencari “google”  mungkin ini juga yang harus menjadi “PR” mbak susi untuk mencari jawabannya.

Wah ternyata membuat “review” tentang blog orang lain ini bener-bener menguras energi dan juga membuat “kringetan”.*lap lap mana lap keringat….ibarat kita melihat orang lain lain, rasanya ada saja kekurangan yang ada di diri orang lain. Entah kurang inilah, kurang itulah….dan ketika kita balikkan kepada diri kita sendiri lalu pernahkah kita bertanya “Sudah sempurnakah kita?”, tapi ini hanyalah sebuah “review” untuk lebih mengenal blog kita dari kacamata “blogger” lainnya, dan tentunya semoga bermanfaat untuk menata  dan memperbaiki blog menjadi lebih sempurna.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan 

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Quis & Contest and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Mengenal Lebih Dalam “Susindra” Bloggerwati dari Jepara : Sebuah Blog Review

  1. Sebuah penilaian dari sahabat blogger itu bisa menjadi sebuah acuan kita dalam mebangun sebuah rumah maya yag lebih baik ya Mba. Komplit dan dikupas habis semuanya.

    Salam wisata

  2. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

  3. mama hilsya says:

    ini pasti karena ga bisa merem..
    emak kinan.. coba deh blogku direview juga.. hadiahnya jalan2 di Bangkok.. hahahaha

  4. Susi says:

    Saya banyak mengamini kri-sannya. bener bangeeeet….. jika artikelku banyak yg tepat secara SEO, tapi asli tdk paham teknisnya. penasaran banget… nanti kutanya2 lebih jelas di chat ya….
    FYI, saya tuk sering jutek2an ma suami gara2 menunda2 ikut kontes SEO. Saya tahu pasti engine blog belum tepat tuk kontes SEO, tapi tak tahu cara upgrade-nya. makasih… makasih.. maksih banget.

  5. monda says:

    mama Kinan…ini udah pinter banget lho reviewnya …
    asyiik gitu, nggak kelihatan ah kalau masih awam ngereview

  6. ndutyke says:

    sippp sipppp. reviewnya komplit mak!🙂

  7. LAdangduters says:

    Saya tahu mbak Susi dan pernah mampir blognya.. ya nih sering disuguhin aneka flanel di sana

    sukses kontesnya mbak

  8. Noer says:

    Review yang menarik. Sukses untuk konteks mbak …

  9. Anggie says:

    Sippp daahh.. sukses kontesnya yaaa

  10. Wuowwww…review-nya lengkap banget, jeng. Mama Kinan nih kalo udah ikut kontes pasti gak setengah2 deh..hehehe…. Good luck ya mam🙂

  11. Lidya says:

    sama-sama direview jadi makin bagus nanti ya bun

  12. Lyliana Thia says:

    Wah, review nya komplit sekali ya Mama Kinan…
    Sy ndak sanggup bikin yg seperti ini.. Huhuhu.. Jd ya seadanya sj.. Hehe..
    Ndak ngerti masalah pernak pernik blog soalnya diriku… Yg penting nyaman dibaca sj yah ndak mak Kinan..?🙂

  13. Pingback: Cara Membuat “Account” dan Chek Saldo Jamsostek Online | My new world

  14. bunda kanaya says:

    waaah kumplitnyooo…. feelingku sih ini salah satu pemenangnya niy mbak……

  15. Pingback: Tentang Hadiah Dari Aktifitas Dunia Maya | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s