Petrosains and The Sultans of Science Kuala Lumpur

Saatnya pulang menunggu si ayah….,hmm…aktifitas “nyangkul” dihentikan ..boleh dong..tengok blog dan meneruskan cerita perjalanan kami di Kuala Lumpur awal Mey 2013 kemarin. Halah mak ini lho udah 17 Juni 2013 …sebulan lebih lah berarti..tapi kok rasanya sayang nggak didokumentasikan diblog..waktu rasanya cepat banget bergulir, masyallah udah terasa hawa hawa mendekati bulan Ramadhan, hari ini udah tanggal 8 Sya’ban.  Semoga diberi kesehatan dan panjang umur agar bisa menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan  yang insyallah awal bulan July nanti.

Hmm…setelah beberapa cerita tentang perjalanan ke Kuala Lumpur kami disini, disini, disini dan disitu, saatnya kita mendokumentasikan tentang beberapa objek yang kami sempat singgahi kemarin. Kali ini saya ingin mendokumentasikan tentang Petrosains yang ada di Mall Suriah, Kuala Lumpur.

Apa sih Petrosains ini? Kalo boleh saya sedikit menyimpulkan dari beberapa review yang saya baca dari perjalanan para emak blogger lainnya, Petrosains ini semacam kurang lebih seperti Taman Pintar yang ada di Yogyakarta, terus kalo di Jawa Timur Park 1 Malang adalah Galeri Belajar dan Science atau Ilmu pengetahuan-nya, atau kalo di Singapore mungkin seperti Museum Science-nya Singapore.

Pas masuk kedalamnya awalnya yah persepsi saya masih bisa sama dengan yang  saya pernah baca. Eee tapi semakin kedalam akhirnya banyakan malah kayak perangkat berat atau demonstrasi tentang Teknologi  “Perminyakan” punya Petronas…asli lho…drilling pipe…demonstrasi ini itu..alat alat pengeboran….mobil balap formula one….dikemas dengan cantik dan sedemikian rupa sehingga menarik dan jadi tempat yang patut  dikunjungi dan  berkesan serta bisa menambah ilmu pengetahuan untuk anak anak. Kalo saya bawa kinan dengan usia yang kurang dari 4 tahun saya mau jujur, kinan hanya fun jalan jalannya aja..dan ada beberapa konsep yang cucok dan pas untuk usianya…tapi kebanyakan adalah blom pas dengan usia kinan…jadi kalo boleh saya bilang hanya 20% yang bisa dinikmati untuk kinan dengan usianya sekarang ini, mungkin kalo sudah SD tahu konsep konsep hukum hukum semacam archimides lah…inilah…bayangan lah..cermin lah…ini akan jadi “perfect journey” buatnya untuk nambah pengetahuan.

Tapi daripada tidak dikunjungi sama sekali, toh sudah sampai ini di Mall Suriah KLCC. Jadi bagi kami tidak ada ruginya kita mengajak kinan kesini. Kami membeli tiket sepaket dengan Pameran ilmu pengetahuan yang ada disebelah Petrosains, karena kalo di-kurs-an jauh lebih murah jadi mengapa tidak kita kunjungi juga pameran ilmu pengetahuan disebelahnya.  Kalo tidak salah per orang RM 25 tiket masuknya tapi kalo ambil paket kemarin bertiga dengan kinan hanya membayar kurang lebih RM 50 …(lebihnya saya lupa tapi yang pasti tidak sampai RM 60). Untuk lebih jelas tetang Tiket dan segala sesuatu tentang Petrosain bisa dilihat di web resminya yang ada disini (http://www.petrosains.com.my/)

The Sultan Exhibition (Sultans of Science)

Karena kita membeli tiket promo bersama untuk pameran the Sultan Exhibition, maka yang pertama kita kunjungi adalah The Sultan Exhibition yang terletak disamping pintu utama Petrosains, lebih lengkap tentang The Sultan Exhibition ini bisa check  web resminya,disini (http://www.petrosains.com.my/sultansofscience/about.html). Masuk kedalamnya kita dibawa ke nuansa model model kerajaan di Timur Tengah atau kerajaan Melayu Islam gitu dekorasinya. Suasana remang remang, disitu banyak dipamerkan tentang perkembangan ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh umat islam dari jaman ke jaman.

Perjalanan kembali ke zaman keemasan dunia Islam (700-1700 Masehi), waktu dimana para cendekiawan Muslim yang cerdik membuat terobosan ilmiah dan teknologi yang telah mempengaruhi masyarakat modern. Pameran menampilkan sembilan utama bidang usaha ilmiah Islam – matematika dan navigasi, astronomi, Kedokteran, pembuatan, alat halus teknologi dan penemuan, optik, teknik, arsitektur dan penerbangan. Anda akan kagum pada berapa banyak terkenal penemuan dan penemuan-penemuan yang saat ini dihubungkan dengan ilmuwan Barat, pada kenyataannya, pertama kali dibuat oleh para cendekiawan Muslim. Terlibat dengan pameran interaktif dan terinspirasi oleh penemuan Islam kuno menakjubkan, dibawa ke kehidupan dengan teknologi yang mutakhir. (sumber translate dari  sini)

optik at sultan of science Ibnu Battuta

Banyak  lukisan dipasang di sisi jalan menuju ruang pameran semua adalah ilmuwan Islam, diantaranya Al Razi bapak pediatric .

Banyak lukisan dipasang di sisi jalan menuju ruang pameran semua adalah ilmuwan Islam, diantaranya Al Razi bapak pediatric .

Ayah kinan  dan kinan tampak sibuk memainkan beberapa peraga yang ada  disitu, dan juga gambar gambar touch screen yang ada di stand pameran.

Kinan bermain dengan "touch screen" tentang perjalanan Ilmu pengetahuan

Kinan bermain dengan “touch screen” tentang perjalanan Ilmu pengetahuan

Walaupun kinan belom mengerti dengan baik setidaknya saya  tetap menjelaskan dengan bahasa yang sederhana yang bisa dan dimengerti kinan.

Kinan dan  ayah @sultans of science kuala lumpur

Kinan dan ayah @sultans of science kuala lumpur

Sudut Matematika - Geometri @ sultan of science

Sudut Matematika – Geometri @ sultan of science

Alat peraga Al Hambra - @ sudut matematika  sultan of science

Alat peraga Al Hambra – @ sudut matematika sultan of science

Kita juga diajak untuk ikut “Stand Up Science” dimana disitu kita duduk dan diajak ber cerita secara sederhana tentang ilmu pengetahuan. Waktu itu pertama kita diruangan itu ditanya dari mana..ada yang dari canada, Indonesia saya dan keluarga lalu lainnya banyakan wisatawan domestik dari kedah, kelantan, malaka dan lain lain. Sayangnya saya hanya duduk 10 menit saja disitu setelah perkenalan dan mempraktekkan sesuatu tentang pergerakan tangan, soalnya kinan sudah tidak nyaman dan nampak bosen.

Stand up science @ Sultan of science

Stand up science @ Sultan of science

Selesai dari The Sultan Exhibition, kita segera menuju ke arah Pintu Masuk Petrosains. Menunggu dan antri sejenak untuk kendaraan yang membawa kita masuk menuju hall petrosains.

Kinan infront of Petrosains

Kinan infront of Petrosains

Kendaraannya kayak helm besar yang disebut “Dark Ride”, kita berjalan perlahan dalam gelap..(*kalo kinan belom 3 tahun gelap kayak gini pasti nangis seperti juga ada seorang anak kecil yang menangis jejeritan saat kita sudah mau keluar dari  petrosain dan menuju ke pintu utama)… dengan disuguhkan visual dan pengisi suara yang menjelaskan tentang bumi dan seisinya, minyak bumi..kebudayaaan…disepanjang kanan kiri perjalanan kita menuju ke hall utama petrosain.  Hmm kesan pertama keren…terkagum kagum kita…kita dilarang mengambil gambar saat berada di kendaraan ini. Sampai lalu berhenti dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke Petrosains yang sebenarnya.

DARK RIDE - Petrosains  kendaraan yang membawa kita ke Hall utama Petrosains (sumber dari sini)

DARK RIDE – Petrosains kendaraan yang membawa kita ke Hall utama Petrosains (sumber dari sini)

Bermain Bayangan  didepan area pintu masuk

Bermain Bayangan didepan area pintu masuk

Lalu masuk kedalam…”Wow, ada dinosaurus yang bernyanyi” begitu kata kinan….

dinosaurus

Patung Dinosaurus di Petrosains

Patung Dinosaurus di Petrosains

Gunung berapi - Volcano @ PetrosainsGunung berapi – Volcano @ Petrosains

Invention and Interactive Art at Petrosains

Invention and Interactive Art at Petrosains

Formula 1 corner @Petrosains

Formula 1 corner @Petrosains

petrosainsSetelahnya sudah kita hanya jalan jalan saja…cepat cepat supaya ketemu jalan keluar karena kinan dah bosan dan hanya melihat drum drum dan alat alat berat. Perjalanan keluar dengan “Dark Rider” lalu kami sampai diluar. Begitulah kira kira perjalanan kami ke Petrosains dan Sultans of Science Kuala Lumpur waktu itu.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Jalan-Jalan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Petrosains and The Sultans of Science Kuala Lumpur

  1. Susi says:

    Wow….. bisa jadi tempat wisata favorit Destin, nih. Daaann…. di foto terakhir itu….. si papa DnB bakalan berlama-lama. Keren….
    Mbak, kalo posisi gambarnya menyebar dengan baik di antara tulisan, pembaca tidk akan merasakan banyaknya kata dan informasi yang dibaca loh. aku enjoy banget bacanya. #Jempolan

  2. The Others says:

    Wow ulasannya lengkap dan detil banget… ditambah dengan foto2 yang banyak itu jadi gambarannya makin jelas mbak.🙂

  3. Keren banget tempatnya yah, dan memang bagus banget untuk anak usia SD ke atas, banyak sekali pengetahuan yang bisa didapat di situ dan liputan mama Kinan juga komplit banget😀

  4. Lidya says:

    seperti biasanya nih bundanya Kinan selalu mengulas lengkap jadi pembaca bisa tau

  5. mama hilsya says:

    duh, sama-sama lagi bertema museum.. tapi kalo aku pelit foto🙂

  6. ichaawe says:

    Sayang bgt tiap ke KL ga pernah mampir kesini. Seru bgt ya mba kayaknya buat anak2 ..bs jd wisata edukasi yang asik.

    Aku terakhir ke KL bln februari lallu… Waktu dihabiskan lebh bnyk buat ngobrol kopdaran ma temen lama di apartmentnya. Hadeuuuh emak2😀

  7. desi says:

    waah kereen bangeet ya mbaa…ada patung dinosaurusnya segala…jadi inget filem jurasic park..hihihi..

    smoga di Jakarta akan segera di bikin museum2 kayak gini…;))

  8. Lyliana Thia says:

    Walau belum paham benar, pasti Kinan jg menikmati jalan2nya yah.. Apalagi bareng ayah dan bunda..🙂

    Tempat2 seperti ini semakin banyak disini jg sepertinya ya mbak.. Semakin bnyk anak Indonesia yg senang belajar sains..

  9. Ika Oetomo says:

    Foto2nya kok ngeblur ya Bunda

  10. Pingback: Jalan Jalan Ke Kuala Lumpur: “AQUARIA” | My new world

  11. Pingback: Jalan Jalan Kuala Lumpur : Pasar Seni dan Sungai Wang Bukit Bintang | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s