Manfaat dan Khasiat Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis

 Lemon source from here

Lemon source from here

Out of Topic alias OOT: Update terkini soal “kabut asap” yang saya posting disini dan disini, alhamdullilah sejak sabtu siang berangsung angsur menghilang. Sekarang walaupun belom 100% bersih dari asap kiriman setidaknya dari hari minggu tanggal 23 juni kemarin sudah membaik langit kelihatan biru-nya dan kelihatan cerah. Alhamdulillah pagi ini matahari bersinar cerah tidak kemarahan dalam pekat kabut seperti hari kamis dan jum’at minggu lalu. Begitu juga radang tenggorokan saya dari sabtu dan minggu saya home treatment dengan banyak minum air jeruk lemon dan madu serta propolis, plus kumur dengan air garam Alhamdulillah hari senin ini sudah membaik dan sudah tidak begitu menyiksa untuk dipakai puasa hari ini.

Alhamdulillah..semoga kabut asap tidak datang datang lagi yah…soalnya masih was was juga, soalnya dari liputan berita seputar Indonesia RCTI kemarin Batam kondisi sudah membaik dan asap berangsur menghilang, namun tergantung arah angin juga begitu katanya. Semoga segera bisa diatasi dari sumbernya disana, terimakasih kepada pemerintah yang saya lihat dan baca dibeberapa berita mengirimkan pesawat cesna dan beberapa helicopter untuk meredakan asap…*semoga memang benar2 dipadamkan…dan juga semoga beberapa pihak atau pengusaha atau perusahaan baik domestik maupun perusahaan yang disinyalir dari negeri jiran yang juga diduga terlibat dalam upaya perluasan lahan dengan pembarakan lahan semoga bisa di-investigasi dan ditindak lanjuti dengan sangsi, dan berharapnya tahun tahun kedepan tidak ada lagi “Kabut Asap”kiriman.

Lalu posting apa hari ini? Hmmm sebenarnya banyak banget ide dan juga tulisan yang masih setengah setengah dan ngendong di draft seperti kegiatan kinan disekolah, acara pentas seni PAUDnya kinan, lalu clean up tulisan tentang kuala lumpur yang tinggal hari terakhir kita disana,atau tulisan “milestones” alias ulang bulan kinan dan beberapa kegiatan kreatifitasnya dihari weekend bersama saya, atau tulisan kontes yang sebenarnya pingin diikuti, walah banyak banget ide yang pingin ditulis tapi akhirnya harus mandeg dengan keterbatasan waktu. Maklum penulis blog abal abal, dan bisanya posting sesenggannya aja disela cangkul mencangkul.

Hmm baiklah, mau posting dan sekedar share yang ringan tapi bermanfaat, dan ini bener-benar telah saya rasakan manfaatnya beberapa hari ini. Yah Subhnallah,saya begitu terpesona dengan khasiat buah lemon dan buah jeruk nipis untuk mengobati “radang tenggorokan” saya. Radang tenggorokan atau “faringitis” (http://id.wikipedia.org/wiki/Faringitis) penyakit umum yang sering saya derita sejak kecil. Saya ingat sejak SD kalo waktunya “ulangan” selalu langganan dibawa ke dokter panas tinggi dan penyebabnya adalah radang tenggorokan. Saya masih ingat muka dokter wiranto jaman kecil saya dulu pas bilang “faringitis” pak, ketika bapak saya bertanya tentang apa sakitnya saya. Begitu juga waktu sudah gede sering langganan penyakit ini, dan mungkin saya kecil dulu kenyang kali dengan yang namanya “antibiotic” makanya saya berharap kinan lebih kuat daya tahannya dibanding saya kecil dulu dan semoga tidak kayak emaknya yang gampang banget kena radang tenggorokan. Asli tersiksa banget ditambah lagi kalo meriang dan demam.

Sejak sebulan yang lalu atau lebih, saya mempraktekan pola hidup sehat ala mbak vera yang ada di blog ini, dengan lemon atau jeruk nipis, dengan meminum perasan lemon setiap pagi setelah bangun tidur atau malam sebelum tidur. Saya tidak tahu pasti apakah ini bener karena efek minum perasan lemon ini atau bukan, yang pasti berat badan saya turun walaupun tidak langsung drastis 2 kg, bagi saya adalah rekor..*susah banget soalnya menurukan berat badan tanpa diet dan olahraga…gimana bisa mak..hehehe…dan dampak nyata lainnya selama hampir sebulan setengah ini saya jarang mengeluhkan pusing , metabolisme lancar…dan herannya adalah saya ini ada Maag tapi ternyata bener gak ada pengaruhnya minum lemon ini tidak membuat maag saya kambuh, malah perut terasa enak. Ini hanya testimoni saya yah..bukan iklan dan mungkin reaksi tubuh masing masing orang yang mungkin berbeda…, saya hanya mempraktekkan dan membuktikan khasiat buah lemon ini dan ternyata bermanfaat bagi saya.

Dari hari jumat ketika kabut asap merajalela, tenggorokan saya sudah terasa kering dan sakit, nggak enak banget pokoknya, sabtu dan minggu “home treatment” hanya dengan Madu dan perasan lemon minimal 3 kali sehari dan juga propolis 4 tetes 3 kali sehari, bahkan sampai minuman air putih saya dua hari lali saya kasih irisan lemon dan di cemplungkan kedalam gelas ari putih saya, alhamduillah hanya dua hari terasa sakitnya..senin hari ini maksudnya sudah mulai membaik. Saya pernah share mengenai propolis di blog saya, disini. Saya yakin kalo saya kedokter kemarin pasti dikasihnya antibiotic seperti biasanya, entah itu kelas cefadroxil, atau amoxicillin atau sejenis permen untuk pelaga tenggorokan F-G throsis… dan hasilnya emang cepat sembuh kalo menggunakan antibiotik, tapi beberapa bulan kemudian bisa jadi akan terulang lagi alias kembuh lagi. Kalo pengobatan alami atau herbal seperti dengan lemon ini memang kita harus telaten dan pastinya tidak secepat dengan menggunakan antibiotik. Tapi demi untuk berusaha “Rational Use medicine”..menerapkan polah hidup sehat…hiks olahraga nieh yang kurang…sekali aja “fitness” dan sekarang enggak lagi..pingin badminton atau renang rajin gitu..blom juga kesampaian…hiks… Halah malah tulisannya kemana mana..curcol nggak penting..hehehe

Bagi yang ingin tahu kandungan dan manfaat lengkap jeruk lemon bisa dilihat di link dibawah ini:

Nutrition Facts (Fakta kandungan Gizi Lemon berdasarkan sumber dari sini http://en.wikipedia.org/wiki/Lemon)

lemon from wikipediaFrom this link     (http://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/the-nutrition-of-lemon-juice.html)

Calories Content

One hundred grams of lemon may contain no more than 25 calories. Other elements that are present in negligible quantities are protein, ash, fiber, sugar and carbohydrates.

Seratus gram jeruk lemon mungkin berisi tidak lebih dari 25 kalori. Unsur-unsur lain yang terdapat dalam jumlah yang protein, diabaikan abu, serat, gula dan karbohidrat.

Minerals

Minerals that are found in lemon juice include calcium, iron, phosphorus, magnesium, potassium, sodium, copper, zinc, manganese and selenium. Most of the essential minerals that are required by the human body are present in lemon juice.

Mineral yang ditemukan dalam jus lemon meliputi kalsium, besi, fosfor, magnesium, kalium, sodium, tembaga, seng, mangan dan selenium.Sebagian besar mineral penting yang diperlukan oleh tubuh manusia hadir dalam jus lemon.

Vitamins

Lemon juice contains high amounts of vitamin C, thiamine (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), pantothenic acid (vitamin B5), vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, retinol, folate and folic acid.

Jus lemon berisi jumlah tinggi vitamin C, Tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantothenic (vitamin B5), vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, retinol, folat dan asam folat.

Health Benefits

Due to its acidic nature, lemon juice can be taken to aid the production of digestive juices in the stomach. It is also used to reduce body temperature and cure diseases such as scurvy. I’s levels of ascorbic acid or vitamin C are also beneficial. Ascorbic acid is an antioxidant, and it is responsible for the formation of collagen, which can help to strengthen the body muscles and blood vessels. Furthermore, vitamin C can also be used to treat dental and skin-related problems. The citrate in lemon juice is used to prevent kidney stones, and potassium can improve the transmission of messages to the nervous system.Lemon juice boosts the immune system of the body, and it can be used for treating infections. Additionally, it can provide relief for illnesses such as constipation, burns, skin care, high blood pressure, cataracts, the common cold, mouth ulcers, hair disorders, respiratory disorder and obesity.

Karena sifat asam, jus lemon dapat diambil untuk membantu produksi cairan pencernaan dalam perut. Hal ini juga digunakan untuk mengurangi tubuh suhu dan menyembuhkan penyakit seperti penyakit kudis. Tingkat asid askorbik atau vitamin C juga bermanfaat. Asam askorbat adalah antioksidan, dan bertanggung jawab untuk pembentukan kolagen, yang dapat membantu untuk memperkuat otot-otot tubuh dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C dapat juga digunakan untuk mengobati masalah gigi dan kulit yang terkait. Sitrat dalam jus lemon digunakan untuk mencegah batu ginjal, dan kalium dapat meningkatkan transmisi pesan sistem saraf.Jus lemon meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan dapat digunakan untuk mengobati infeksi. Selain itu, ini dapat memberikan bantuan untuk penyakit seperti sembelit, luka bakar, perawatan kulit, tekanan darah tinggi, katarak, pilek, sariawan, rambut gangguan, gangguan pernapasan dan obesitas

Link lainnya tentang Lemon dan manfaatnya untuk kesehatan;

http://health.kompas.com/read/2013/05/12/19272740/Mengenal.Khasiat.Air.Perasan.Lemon.

http://www.merdeka.com/sehat/8-khasiat-air-lemon-yang-menakjubkan.html

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=140323:15-khasiat-tersembunyi-lemon

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Manfaat dan Khasiat Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis

  1. ndutyke says:

    temen2ku rajin nih minum jeniper tiap pagi. jeruk nipis peres atau lemper, lemon peres. kelar diperes, sisa di kulitnya diusapkan kewajah, hehehehe. natural treatment untuk sehat dan cantik luar dalam:mrgreen:

  2. Lidya says:

    suamiku yang biasanya minu air yang ditambahi perasan jeruk bun

  3. Suami aku juga sekarang diet pake jeruk nipis, jeng. Aku juga minum walo gak rutin. Tapi memang bener, ngaruh banget di menjaga daya tahan tubuh

  4. hilsya says:

    aku juga suka minum, tp takut beratnya tambah susut jadi jarang-jarang.. enak ya, seger dan sehat

  5. Pingback: Infused Water Ala Emak Kinan | My new world

  6. Terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat. Ternyata Lemon dan Jeruk Nipis banyak sekali manfaatnya. So’ tidak ada salahnya selalu menyediakan Lemon dan Jeruk Nipis di dalam kulkas🙂

  7. nelly says:

    saya sdh cb bbrp minggu ini minum lemon campur madu…tp harganya mahal ya…kemarin beli sampe Rp 96000/kg.., ngga sampe 2 minggu sdh hbs. Sama ngga sih khasiat nya dgn jeruk nipis? Kl jeruk nipis hrg nya lbh murah dan bisa dibeli di pasar

    • iya memang mahal kalo jeruk lemon, disini di Bintan juga satu biji aja 6 ribu rupiah, kawanku pake jeruk nipis juga, aku rasa khasiatnya sama mungkin, tapi coba googling aja khasiatnya jeruk nipis, ini aku lagi hamil udah jarang jarang minum jeruk lemon, pingin mulai buat suami nieh tiap pagi tapi juga kayaknya pingin coba jeruk nipis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s