Tanaman Sayuran di Halaman

Udah Kamis  aja…buka blog sebelum rutinitas masak memasak, selasa kemarin cuti kerja, sequel kelanjutan “radang tenggorokan” kemarin setelah kabut asap, ganti terserang flu mulai selasa saya dan kinan kemarin hari rabu ganti Uti dan Atungnya kinan. Pas hari selasanya  kemarin waktunya ambil raport kinan dan juga membereskan beberapa urusan sekolah TK-A kinan yang alhamdulilah setelah dari cadangan lalu diterima di TK inceran karena Quota dari TK A nya masih kurang katanya jadi cadangan naik. Alhamdullilahh, nggak enaknya adalah saya harus mencabut pendaftaran yang di TK satunya, mohon maaf kepada kepala sekolah dan gurunya, semoga silahturahim tetap terjaga dan tidak ada suudzon kepada saya.

Langsung disambut dengan segambreng masalah ditempat kerja..Bismillah…*tapi asli rasanya damai dirumah sama kinan kemarin, terus hari ini kinan “mberbek mili”alias sedih saya tinggal kerja, apalagi kondisi flu gitu…walah tambah sedih juga emaknya.  Ya allah…kuat kuat…bismillah demi cita cita bersama….

Lalu posting apa? Raport kinan? halah lagi belom mood nulis soal segambreng dokumentasi kinan disekolah, nanti kalo udah ada waktu nulis dan edit photo dirumah, biasa cerita dokumentasi  emak emak tentang anaknya pastilah panjang hehehe…

bunga labuNulis yang sederhana saja, yang ingin didokumentasikan….lagi nggak pingin nulis yang berat berat. Mau membahas soal photo header yang saya ganti beberapa minggu lalu, hayo tebak photo bunga dan daun dari tanaman apa hayooooooo, siapa yang tahu ngacung  tunjuk jari?  nggak ada yang tahu…itu adalah daun dan bunga dari tanaman labu atau disebut bligo atau baligo, atau entah apalagi bahasanya yang ada didepan rumah saya di Bintan. Halah rumah saya…???!!!  udah berani bilang rumah saya…soalnya statusnya udah bukan ngontrak tapi udah dalam pembelian kami,kenapa akhirnya memutuskan beli rumah?? walah panjang cerita mungkin lain kali saja…walaupun di KPR-kan hingga beberapa tahun kedepan, semoga insyallah sebelum kinan SD kelas 1 atau at least TK B rumah sederhana yang kami tinggali ini sudah lunas. *aamiin.

Jadi karena bukan status ngontrak itulah Atungnya kinan suka tanam tanam sembarang didepan halaman kami,benihnya kadang beli kadang dapat dari kawan, yang kemarin pake botol bekas Aqua lah pake media inilah itulah, semi hidroponik lah, tanam terong, bayam merah, jahe, serai, kunci, kencur, daun katuk dan lain sebagainya. Saya memang sengaja membiarkan dan belom ada keinginan untuk renovasi atau memperindah rumah bintan ini, selain alasan terbesar belom ada dana, aslinya memang belum terpikirkan dan belom ada ide. Biarlah kita nikmati yang ada ini dengan segala keindahan dan kenyamannya.

Yang pasti untuk tanaman serai nggak pernah beli lagi, tomat pernah panen juga sekali walapun setelah itu pohonnya mati terus males tanam lagi,begitu juga  kangkung, cabe, bayam merah, lalu  tanaman terong, sering kali panen dan disayur sama Uti, bayem merah malah sering dibagi sama tetangga yang punya balita, katanya pingin bayem merah yang organik, tanaman sendiri jadi minta sama Utinya kinan. Jadi ceritanya nggak ada bunga bunga yang indah atau mahal ditanam di depan rumah…hehehe..emaknya kinan males dan blom ada waktu untuk berhobi bercocok tanam saat ini. Atungnya pun saat ini sudah tidak seheboh pas awal awal tinggal disini.

Berikut ini beberapa tanaman yang ditanam sama Uti dan Atungnya kinan;

Daun sop atau seledri tanaman Utinya kinan

Daun sop atau seledri tanaman Utinya kinan

Tanaman terong punya uti, dibiarkan tua untuk benih

Tanaman terong punya uti, dibiarkan tua untuk benih

Tomat hasil bercocok tanam Uti dan Atung kinan

Tomat hasil bercocok tanam Uti dan Atung kinan

Cabe tanaman utinya kinan yang sering berbuah lebat

Cabe tanaman utinya kinan yang sering berbuah lebat

Tanaman Atungnya kinan dengan media semi hidroponik karya cipta Atungya kinan..sekarang yang nepel di pagar tembok ini sudah dibersihkan.

Tanaman Atungnya kinan dengan media semi hidroponik karya cipta Atungya kinan..sekarang yang nepel di pagar tembok ini sudah dibersihkan.

Tanaman Labu Baligo atau bligo

Tanaman Labu Baligo atau bligo atau disebut juga buah Kundur

Buah baligo atau bligo

Buah baligo atau bligo

Ternyata buah baligo atau bligo didaerah saya disebut ini kata ibu saya bermanfaat untuk pengobatan herbal kista, ibu saya lihat disebuah tayangan televisi. Caranya buah baligo atau bligo kupas dan dibersihkan lalu di rebus diambil airnya untuk diminum. Waktu tanaman ini berbuah ibu saya membuatkan saya seperti itu untuk saya dan saya harus minum, bagaimana rasanya,, kecut alias asem..lalu hasilnya?? entahlah saya blom check lagi..selalu saja antara takut dan malas untuk pemeriksaan…dan itu hanya semingguan meminum air rebusan baligo atau bligo ini.

Lebih lengkap mengenai Khasiat buah  bligo bisa di baca disini

Manfaat / Khasiat buah bligo untuk kesehatan:

Buah Bligo memiliki efek farmakologis yang berkhasiat untuk menguatkan ginjal, liver, dan peluruh dahak. Bligo diketahui banyak mengandung seperti protein, karbohidrat, serat,vitamin (B1, B2, dan C), asam nikotinat, alkalin, cucurbitin, dan asam resin. Kulit labu Bligo digunakan untuk melancarkan kemih, menyembuhkan radang ginjal. Sedangkan bijinya untuk mengobati batuk.

Kandungan buah bligo:

  • protein
  • karbohidrat
  • serat
  • vitamin (B1, B2, dan C)
  • asam nikotinat
  • alkalin
  • cucurbitin
  • asam resin
  • vitelin

Lalu ada bayam merah yang juga sering disayur untuk kinan, serta sering dibikin puding bayam merah untuk kinans ama ibu saya, hasilnya warnanya jadi pink pudingnya kinan seneng karena warnanya pink. Kapan kapan saya share resepnya….

Sebenarnya banyak update dari tanaman di halaman yang udah diganti dan dibersihkan biar kelihatan bersih dan nyaman, misalnya kayu kayu untuk nempel botol2 aqua itu sudah dibersihkan samaUti-nya kinan hanya ada beberapa tanaman yang dibutuhkan dan masih hidup dengan bagus namun belom sempat ke photo. Asli kalo lahannya luas gitu saya senang juga melihat banyak tanaman sayur dan buah buahan ataupun bunga tumbuh. Semoga impian kelak pingin punya rumah kebun yang luas bisa jadi kenyataan. *Aamiin.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Cerita Mama, Gado-gado and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Tanaman Sayuran di Halaman

  1. yeye says:

    wah enak yah klo punya lahan yg bs ditanami macam2, jd bs nanem sayur mayur hehhehe

  2. hilsya says:

    waaah, aku juga punya cita-cita bisa nanem banyak pohon di halaman.. namun itu hanya sebatas angan belaka, hehe… seneng nih kalo banyak tanaman gini

  3. naniknara says:

    saya juga lebih suka menanami sayuran mbak, dibanding bunga-bunga🙂
    eh aslinya, ART saya yang nanam🙂 saya sih kadang2 aja menyirami

  4. Lidya says:

    emaknay Kinan suka menanam ternyata ya, kalau aku sukanya memanen hehehe

  5. gold price says:

    Buah Bligo (Benincasa hispida) adalah sejenis tanaman semak yang sekeluarga dengan buah labu (labu-buan). Bentuknya yang bulat dan lonjong besar yang mirip seperti semangka. Kulitnya hijau polos dan keras, bergradasi antara hijau tua dan hijau muda ber-bedak”. Ciri khas tumbuhan ini adalah buahnya yang bisa mencapai hingga 2 meter.

  6. Livia Libriani Wijaya says:

    Haiii… salam kenal….saya livia….apa saya bs beli tanaman buah bligo/kundur? utk mama saya..trims

Leave a Reply

