Ramadhan 1434 H : Tidur Saja Jadi Ibadah Apalagi Bekerja dengan Niat Ibadah

Alhamdullilah, Bisa bertemu dengan bulan suci yang penuh berkah, yaitu bulan Ramadhan. Dan Ramadhan kali ini lebih spesial karena saya berencana mengajak dan mengenalkan kinan dengan sholat tarawih berjamaah di masjid. Ini adalah sholat tarawih pertama saya di masjid secara berjamaah setelah beberapa tahun ini hanya sholat tarawih dirumah sendiri dengan alasan kinan masih kecil dan belom bisa diajak untuk ikut ke masjid untuk sholat tarawih, apalagi ayahnya yang saat itu menginginkan saya sholat tarawih aja dirumah karena pertimbangan usia kinan yang mungkin belum nyaman untuk diajak ke masjid.

Mau flashback  berapa tahun saya tidak sholat tarawih berjamaah dimasjid atau dimushola, Agustus 2009 kinan lahir 2 hari sebelum puasa jadi praktis saya tidak sholat tarawih dong karena masih masa nifas. Terus 2010 kinan usianya masih 1 tahunan kurang lebih, masih ASI, jadi ayahnya tidak mengijinkan saya sholat tarawih ke masjid dulu, terus 2011 dan 2012  kinan usia 2 dan 3 tahun, Nah baru 2013 ini dirasa anaknya sudah bisa di kasih tahu dan mengerti “konsep” apa itu sholat, kenapa  mama sholat, terus pergi ke masjid untuk sholat, baru kita aja, soalnya takut juga diusianya yang tahun tahun sebelumnya kinan memang masih sering tantrum dan belom mampu mencerna sebuah pengertian kenapa harus sholat dimasjid, tahunya mungkin lebih kearah nyaman dan tidak nyaman aja. Saya juga tidak mau memaksakan kehendak saat kinan masih kecil soalnya daripada tantrum dan nangis di mushola kan saya juga yang repot, dan pastinya  mengganggu  ke khusyukan dan suasana ibadah. Jadi ya memang segala sesuatunya saya tunggu sampai kinan mau dan siap dan saya yang memang harus mengalah dengan beribadah dirumah.

 Awal Ramadhan tahun ini 1434 H atau bertepatan dengan  tahun 2013, kita ingin mengajak kinan sholat tarawih berjamaah ke masjid. Dan Alhamdullilah berjalan lancar, kinan tampak senang dan  antusias sekali. Dari pagi sebelum kita berangkat kerja sudah mewanti wanti  untuk nanti tidur siang dan supaya malamnya nggak ngantuk untuk kita aja tarawih, secara kinan ini biasa jam 9 udah kita ajak masuk kamar untuk tidur, sedangkan disini kalo tarawih biasanya jam 9 lebih kadang baru selesai. Pas siangnya saya telp katanya sih nggak tidur ya udah bismillah lihat mood anaknya aja kalo OK yah diajak kalo enggak ya udah emaknya tarawih aja dirumah sendiri. Tapi ternyata anaknya antusias, malah dari siang cerita cerita terus kalo nanti malam mau tarawih sama ayah dan mama. Weleh…nduk…anak anak nieh kalo udah dijanjikan ingat terus…:)

Narsis dulu sebelum berangkat ke Masjid...

Emak dan anak Narsis dulu sebelum berangkat ke Masjid…

Ini dia kinan yang ikut mama pergi sholat tarawih berjamaah di masjid Raya, Tanjung Uban.

Kinan di Masjid Raya Tanjung Uban

Kinan di Masjid Raya Tanjung Uban

Senangnya ternyata kinan anteng banget saat sholat, malah ikutan sholat, tapi kalo capek tiduran didekat saya, yang penting nggak rewel. Pas ceramah dan pembukaannya yang lumayan dari 3 orang, panitia masjid, bu camat dan penceramah sempat juga bosan dan bilang, “Kok Lama” tapi alhamdulilah sampai selesai tidak rewel walaupun tampak menguap beberapa kali. Pas sampai rumah ditanya lagi besuk mau nggak kayak tadi ikut mama ke masjid, pertama jawabannya spontan “Enggak”..tapi pas giliran saya bilang ya udah adek tidur awal aja yah biar mama bisa ke masjid sama ayah, eaaa spontan langsung bilang “Mau ikut lagi” hehehe ya udah “Let See How..tonight”…nggak memaksakan juga ..dilihat mood anaknya.

 Sahur dengan semangat, Alhamdullilah semua bisa menikmati makan sahur, kinan sempat bangun tapi nggak mau ikutan minta bobo lagi.  Nggak tidur lagi setelah beres beres sedikit, Ngaji nunggu subuh, sholat subuh baru  cuci cuci piring dan membuatkan kue bolu untuk kinan, anak ini dari kapan hari suka nyemil kemarin aja minta dibikinin bolu sama Utinya walaupun bantat tapi senengnya bukan main pamer pas saya pulang kerja kamarin.

Berangkat kerja dengan penuh semangat..Bismillah…diniatkan Ibadah,  Lha wong tidur aja dibulan Puasa ini jadi Ibadah apalagi kalo Bekerja, semoga insyallah pahalanya berlipat lipat…*Aamiin…:), Soal hadist dan kesahihan tentang tidur sebagai ibadah dibulan puasa ini ternyata masih diperdebatkan. Yang pada intinya dibulan Suci ramadhan ini kita diberikan pahala yang berlipat ganda ketika melakukan ibadah. Seperti petikan yang saya dapat disini,

Tingkatkan Amal Ibadah

Bagi setiap muslim, Ramadhan adalah bulan ibadah. Bulan yang didalamnya diperintahkan untuk berpuasa, shalat tarawih, membaca al Qur’an, bersedekah, iti’kaf pada sepuluh hari terakhirnya. Berbagai amal-amal ketaatan diperintahkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan ini sebagai sebab untuk mendapatkan surga Allah yang pintu-pintunya dibuka khusus di bulan ini dan hendaklah menjauhi berbagai pelanggaran dan kemaksiatan yang dapat mendorongnya kedalam neraka. 

Untuk itu hendaklah setiap muslim bersabar di dalam melaksanakan amal-amal tersebut menjadikan waktu-waktunya penuh dengannya dan menyedikitkan waktu tidurnya. Tidaklah dibenarkan seorang yang berpuasa hanya menghabiskan sepanjang siangnya dengan tidur meskipun hal ini tidaklah diharamkan selama dirinya masih menunaikan kewajiban-kewajiban shalat pada waktu-waktunya. 

Tidaklah banyak kebaikan dan keberkahan yang bisa diraih oleh orang yang mengisi waktunya hanya dengan tidur saja karena dirinya telah kehilangan banyak kesempatan beribadah. Jadi jangan sia-siakan waktu kita di bulan Ramadhan hanya dengan memperbanyak tidur. Allahuma Balighna Ramadhan…

Yuk melipir ke mushola….ayo mak.. ojo blogging thok wae…”ojo sepur momot ghoni” alias  iso ngomong ra iso  ngelakoni…*transalate bahasa indonesianya…”Bisa Ngomong aja tapi tidak  bisa menjalankannya” ….

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Cerita Mama, Gado-gado, Religi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Ramadhan 1434 H : Tidur Saja Jadi Ibadah Apalagi Bekerja dengan Niat Ibadah

  1. Vera says:

    Heeeebaaaatt kinan ga rewel diajak taraweh ya

  2. ndutyke says:

    asik taraweh sama kinaaan!🙂

  3. mama hilsya says:

    aduh mama kinan, aku tadi ketiduran..hehe

  4. hehe… ojo sepor momot ghoni…, khas sekali istilah ini. Benar sekali, Ramadhan, di samping banyak beribadah, juga semakin produktif. Selamat beribadah dan berkarya ya, Mbak.

  5. Lidya says:

    Ke masjidnya bawa hp yaaa hehehe. Kinan sudah muali sholat tarawih ya

  6. naniknara says:

    senangnya bisa ngajak anak tarawih di Masjid.
    Puasa hari pertama, saya malah berangkat ke Jakarta mbak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s