Pergi ke Dokter Gigi

Gara gara hari ini Blog walking ketempat mbak lidya disini, http://www.fitrian.net/2013/07/ke-dokter-gigi.html , cerita kak pascal ke dokter gigi pertama-nya, mengingatkan saya akan dokumentasi kinan saat pergi ke dokter gigi untuk pertama kalinya. Waduh kayaknya sudah lama peristiwa itu terjadi hari rabu 6 Maret 2013, haduh  terlewat  untuk didokumentasikan, dan baru bisa sekarang di tulis di blog. Biasa maksudnya sebagai pengingat dan mendokumentasikan cerita kinan masa kecilnya. Sebenarnya sudah diwacanakan sejak usia 2 tahunan pingin diajak ke dokter gigi untuk check gigi kinan. Tapi selalu saja terkendala, lalu sejak menginjak  usia ke 3 tahun tiap kali sabtu pas ada dokter gigi yang di tuju praktek selalunya kinan mengeluh nggak mau dengan alasan takut.

Buku Halo Balita, Episode Cerita Saliha pergi ke dokter gigi, Hayo siapa yang mau beli atau pesan Halo Balita bisa sama saya...*hehehe tetap jualan...:)

Buku Halo Balita, Episode Cerita Saliha pergi ke dokter gigi, Hayo siapa yang mau beli atau pesan Halo Balita bisa sama saya…*hehehe tetap jualan…:)

Dari buku Halo balita ada cerita tentang Saliha yang takut ke dokter gigi, tapi akhirnya berani, hampir setiap ada kesempatan gencar dibacakan agar secara nggak sadar “brain wash” ke kinan juga bahwa tidak perlu takut pergi ke dokter gigi. Apalagi dari artikel yang saya baca lebih baik mengenalkan anak ke dokter gigi sejak dini, agar pada saat anak sakit gigi dan butuh untuk ke dokter gigi sudah tidak takut lagi untuk pengobatan atau pemeriksaan gigi.  Nah menginjak usia-nya yang ke 3 tahun kemarin memang Nampak di gigi bagian depan kinan sedikit ada lobang kecil. Saya worried-nya kian hari kian besar atau jadi “gigis”    padahal baru 3 tahun usianya. Akhirnya pada saat ada kesempatan cuti dari kerjaan karena nganter  jemput kinan sekolah saat ditinggal Uti dan Atungnya yang pergi Ke Tanjung Pinang untuk mengurusi  Pensiunan-nya di BPTN Tanjung pinang. Pulang sekolah langsung setengah saya paksa dengan diberikan reward hadiah “crayon” Hello Kitty Incerannya, kinan mau juga diajak ke dokter gigi cantik langganan emaknya Dr. Neo Novitasari.

Ini penampakan kinan saat di dokter gigi,dokumentasinya sayang hanya seperti ini karena terus terang tidak leluasa memfoto karena kinan nggak mau jauh dari saya, sedikit masih agak takut walaupun tidak nangis atau rewel, melihat peralatan dentist-nya dan juga lampu-nya yang bersinar terang.

kinan  ke dokter gigi   06-Maret-2013

kinan ke dokter gigi 06-Maret-2013

Dari kungjungan pertama ini kinan dapat hadiah diminta memilih sama dokternya, antara pinsil dan penghapusnya atau gantungan kunci. Karena kinan sudah punya pinsil yang persis seperti itu dirumah akhirnya dia memilih gantungan kunci “mickey” yang dia sukai.

Dokter Novy  menyarankan agar untuk kunjungan kedua yang mungkin bisa dijadwalkan, minta gigi depan yang sedikit berlobang itu di tembel, karena mengingat usia kinan masih 3 tahun setengah waktu itu kalo tidak salah. Menurut saya sih emang sebenarnya lobangnya ini tidak terlalu kelihatan hanya sedikit, tapi takut juga kalo lama lama jadi besar. Sedangkan gigi bawah, samping kanan dan kiri semua bagus. Akhirnya saya sampaikan ke ayah kinan, lalu ayah kinan bilang tunggu dulu lah jangan sekarang soalnya masih kecil juga dan apa “concern-nya” harus ditambal sementara usianya masih 3.5 tahun. Hmm bingung juga memutuskan akhirnya sampai sekarang juga belom ke dokter Neo lagi.

Padahal kinan ini termasuk rajin gosok gigi sehari 2 kali pagi dan mau tidur itu yang sering, karena emaknya galak ditunggui sikat giginya atau disikatkan emaknya…..kadang juga kesadaran sendiri minta sikat gigi kita bikin lomba sikat gigi tiap mau tidur *Maksudnya biar kinan mau…alasannya lomba hehehe. Hmm jadi ingat saya kemarin tanya ke bunda monda yang ada disini tentang hal ini, dan jadi ingat juga dengan bu dokter gigi thia bunda-nya kak vania disini..coba melipir dulu untuk tanya ke mbak thia via email. soal ini…..semoga ada jawaban yang mungkin menguatkan lagi biar saya segera ke dokter gigi lagi..*halah emak kinan ki ribet banget yah …hehehe namanya juga nggak ngerti mending kita cari tahu ..googling atau tanya pada ahlinya…:)

Gigi depan mulai geripis, saran dokter ditambal, bagaimana seharusnya?? googling dan pingin bertanya..

Gigi depan mulai geripis, saran dokter ditambal, bagaimana seharusnya?? googling dan pingin bertanya..

 Enaknya punya kawan blogger dokter gigi yah…hehe bisa konsultasi gratisan * halah dilempar sama alat dentisnya mbak thia dan bunda monda baru tahu rasa emak kinan hehhee….

indahnya nge-blog...bisa konsultasi gratis dengan bunda monda :)

indahnya nge-blog…bisa konsultasi gratis dengan bunda monda🙂 Jazakillah bunda monda….

 Huoke…nanti kira kita jawabannya dan actualnya bagaimana kelanjutannya semoga lancar…dan gigi kinan sehat sehat selalu, walaupun masih nge-dot…walaupun tidak sering..alhamdulillah udah jarang nge-dotnya, minum susu dari kotak aja langsung.

Pada intinya, adalah saya berdoa supaya gigi-nya kinan bagus nggak seperti gigi emaknya..haduh….mau bilang kayak “Pak Tukul” mosok yo saya mendholimi diri saya sendiri…halah hehehe bilang aja giginya agak “TUTIK” mak…alias Metu Sitik..dan nggak beraturan..hehehe..inilah makanya bercermin dari emaknya pingin supaya anaknya giginya lebih rapi-an seperti gigi-nya ayahnya.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Pergi ke Dokter Gigi

  1. danirachmat says:

    Aaaa. Samaaaa. Udah jadwalin mau ke dokter gigi buat Aaqil. Giginya udah 5 tapi belom pernah ke dokter. Jadi dagdigdug takut giginya rusak. Hihihi. Buat anak yang terbaik pasti ya Mba

  2. mba.. jadi sebenarnya pada usia berapa tahun anak periksa ke dokter gigi utk pertama kalinya?
    Sampai sekarang Samara belum loh…usia nya sudah 3y4m.

    • kayaknya sebenernya nggak ada pakem atau aturan atau baikny umur berapa dikenalkan dan diperiksakan ke dokter gigi, tapi mungkin pas ketika gigi anak mulai tumbuh mungkin bisa dibawa untuk check kali yah..hehee..tapi kok yo terlalu kecil …paling enggak setelah gigi anak tumbuh kita rawat kali yah walaupun tidak dengan disikat hanya dibersihkan dengan kasa sterill yang dicelup air hangat untuk membersihkan giginya…aslinya kalo kinan nggak ada geripis kecil di gigi saya juga mungkin belom bawa dia kedokter mbak, pas aja anaknya pas mau dan ada maksud untuk pemeriksaan biar ketika nanti butuh ke dokter gigi untuknya udah nggak takut lagi..cari dokter gigi yang ramah ke anak mbak biar nggak trauma untuk kunjungan berikutnya🙂

  3. renny says:

    Mbak, saya malah penasaran sama buku halo balita nya, hehee
    Minta tolong di email harganya ya mbak.. Makasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s