Khasiat Kulit Manggis untuk Penderita Diabetes

Hari ini cuti setengah hari  karena mengantar kinan masuk TK hari pertama untuk MOS atau Masa Orientasi Siswa yang sekaligus maksudnya Pesantren kilat dari Jam 8-9 pagi. Alhamdulillah cepat mau beradaptasi nggak pake ditungguin, masuk kelas dan langsung beradaptasi menjawab pertanyaan guru dan juga mau maju kedepan bareng bareng kawan kawannya. Syukur alhamdulilah. Mungkin lain kali aja kalo ada waktu diceritakan tentang hari pertama kinan masuk sekolah. Sekarang mau ngomongin soal Kulit buah Manggis. Si hitam manis, buah langka yang ternyata kulitnya mempunyai manfaat yang besar.

Buah Manggis

Buah Manggis

Kenapa tiba tiba ngomongin buah manggis? Jam sebelas udah sampai tempat kerja, kepagian satu jam dari jadwal kalo saya masuk dengan cuti setengah hari, mampir dulu ngobrol  sama mbak fifi, terlihat ada Koran “Jawa Pos” disitu ada artikel pojok iklan yang kayaknya iklan tentang product herbal yaitu “ekstrak kulit buah manggis” …Gxxxx tidak usah saya sebutkan mereknya yah..soalnya bukan bermaksud mengiklan. Saya tertarik karena disitu judul artikelnya menarik buat saya “ Ketika Diabetes telah Mengganggu Fungsi Ginjal”

Sumber Batam Pos ( 15 July 2013)

Sumber Batam Pos ( 15 July 2013)

Saya keingat bapak saya atau Atungnya kinan..hmm Ya allah semoga kadar gula bapak semakin turun dan mendekati normal. Bapak sudah sebulanan ini rajin minum ekstrak buah manggis dari kulit buah manggis asli. Begitu selesai membaca Koran ini saya segera telp kerumah, ingat bapak..alhamdullilah bapak puasa, saya bilangnya jangan dipaksakan bisa fidyah kalo emang sakit dan nggak kuat, tapi kata bapak saya Alhamdulillah sehat. Kinan yang angkat  tadi saya kasih tahu, “Adek, kasih tau Mbah Kung yah untuk check gula darah nanti sore di klinik”, lalu saya dengar kinan nyari atungnya dan bilang “Mbah Kung, mama bilang mbah kung check gula darah nanti sore” lalu mbah kungnya  menjawab “Iya”, kinan balek lagi ngobrol sama saya..”udah ma udah dikasih tahu, bilangnya Iya” Alhamdulillah kinan sudah bisa menyusun kalimat dan bercerita dengan kronoligis yang benar.

Wajar sebagai anak saya khawatir dengan kesehatan bapak saya. Saya hanya dua bersodara mas saya di jawa dan saya disini , siapa lagi yang bisa mengingatkan dan menjaga bapak dan ibuk saya di masa tua-nya. Ya allah semoga bapak ibu saya dan juga bapak ibu mertua saya  sehat sehat dan panjang umur *aamiin. Saya minta bapak konsumsi klorofil, konsumsi sarang semut atau propolis dan juga kulit manggis ini untuk mengurangi kadar gula-nya yang tinggi.

Ternyata buah manggis ini dari yang saya baca kandungan dalam kulitnya yang namanya “xanthone” mempunya khasiat yang banyak dan bermanfaat sebagai anti oksidan. Ternyata juga telah banyak dilakukan penelitian tentang kulit manggis ini diluar negeri maupun didalam negeri.  Hari ini saya searching tentang bagaimana cara membuat  jus dari kulit manggis, dan alih alih daripada menguap didokumentasikan disini. Kalo selama ini kurang lebih 2 bulan kulit manggis itu direbus lalu diminum airnya sama bapak saya. Dari hasil searching hari ini ternyata kulitnya bisa di jus dan dimakan juga untuk menurunkan kadar gula. Jadi tahu kan, coba nanti saya beritahu bapak saya soal jus-nya ini biar lebih efektif dan masksimal hasilnya untuk mendapatkan sari atau ekstrak “xanthone” dari buah manggis ini. Kepikiran juga untuk membelikan pil  ekstraknya yang kata Koran tadi ada di Tanjung Uban juga agennya di apotik xxx.

Kalo dari sharing yang saya baca hari ini, kalo ingin membuat jus kulit buah manggis kurang lebih seperti ini;

  • Keroklah kulit buah Manggis di bagian dalam dengan menggunakan sendok. Dalam tahapan ini, Anda harus pandai memilih buah Manggis yang kulitnya bagus dan tidak busuk untuk memperoleh kulit buah yang berkualitas tinggi. Saat melakukan pengerokan kulit buah, hindari bagian yang berwarna hitam atau getah kuning supaya jusnya tidak terasa pahit.
  • Setelah hasil kerokan kulit buah dikumpulkan, langkah selanjutnya ialah merebus kulit buah Manggis tersebut. Langkah ini sebenarnya alternatif kalau Anda tidak mau rasa jusnya terlalu pekat dan pahit. Dengan direbus terlebih dahulu, maka rasa sepat dan pahit bisa diminimalisir. Disarankan untuk tidak membuang air rebusan kulit Manggis tersebut dan sebaiknya simpanlah sisa air rebusan tersebut didalam kulkas, untuk digunakan lagi pada lain kesempatan. Bahkan beberapa herbalis menganjurkan untuk menggunakan air rebusan tersebut sebagai instrumen terapi pengobatan beberapa penyakit.

Beberapa bulan lalu di kompas Sabtu atau Minggu * lupa tepatnya..pokoknya langganananya 2 hari itu aja…hehehe… juga mengulas tentang  ekstrak kulit  buah manggis dan buah manggis sebagai komoditas ekspor dari Negara Indonesia. Buah ini banyak diminati untu pasar luar negeri. Hmm ternyata buah  manggis dari nusantara yang kesannya buah sederhana banyak bermanfaat dan berkhasiat. Jangan sampai kita sebagai bangsa yang mempuanyai komoditas ini malah tidak tahu kandungan yang begitu besar untuk kesehatan tubuh kita.  Di KOmpas itu juga diulas perkebunan “buah manggis” didaerah  puncak –jawa barat  punya  bapak Abdul Latief..masih ingat kan siapa beliau…yang punya La tivi jaman dulu..sebelum dibeli dan jadi nama TV one…terus yang pernah jadi menteri di masa Orba kalo tak salah… karena ternyata buah ini mempunyai pangsa pasar di luar negeri yang bagus.

Di Tanjung ubang khususnya buah manggis  ini dibandrol Rp. 28.000 per kilo…walah dulu sebelum banyak orang tahu manfaat dan khasiatnya kayaknya lebih murah harganya, kalo pas musim masyallah bisa berlimpah ada dikios buah. Sekarang rada susah carinya.

Beberapa link yang sempat saya check dan baca hari ini tentang  manfaat dan khasiat kulit buah manggis, serta cara membuat jus kulit buah manggis.

http://didiopay.wordpress.com/2013/01/09/cara-mengekstrak-kulit-buah-manggis/

 http://www.deherba.com/cara-membuat-jus-kulit-buah-manggis.html

 http://www.deherba.com/khasiat-kulit-buah-manggis.html

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Khasiat Kulit Manggis untuk Penderita Diabetes

  1. nyonyasepatu says:

    wah bagus banget yaa si manggis ini🙂 jadi pengen nyobain. tfs yaaaa🙂

  2. dian_ryan says:

    aku baru tau mba kalo kulit manggis berkhasiat untuk diabetes *kemana aja*, mertuaku meninggal karena komplikasi yang berawal dari diabetes karena diabetesnya keturunan, makanya aku agak khawatir sama suami karena gennya itu😦

    TFS berguna banget ini😀

  3. Kami pernah konsumsi xathone, jeng, yang dijual botolan itu, tapi cuma abis sebotol, soalnya badan kok malah gak enak ya minum itu? Apa mgkn krn kadar gula normal makanya badan justru kurang berasa enak setelah minum itu kali’ yah?

  4. Desi says:

    Oo bagus juga ya khasiatnya si buah manggis ini. Ternyata selaen buahnya enak, kulitnya juga ada manfaatnya buat obat diabetes…
    aku suka banget ama manggis tapi emang udah agak jarang ditemuin sekarang..

  5. muhtar says:

    assalamualaikum
    makasi mbak atas kunjungannya
    sehubungann dengan pertanyaan mbak,setahu saya ada dua cara untuk menghasilkan ekstrak
    pertama cair.campur dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2 dan hancurkan dengan blender. Endapkan selama 24 jam, setelah itu saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak Xanthone kulit manggis.kemudian cairan tersebut dipanaskan sebentar untuk menguapkan kandungan etanolnya.
    cara kedua.keringkan kulit manggis,setelah itu giling dengan mesin penepung.untuk cara konsumsinya masukkan dalam kapsul agar tidak terasa pahit.
    okey mbak ,selamat mencoba!!!

  6. Lidya says:

    sekarang banyak ya bun dijual kulit manggis ini, aku belum pernah coba agak mahal

  7. emasarh says:

    salam mbak,
    untuk mengatasi diabetes, sebaikya menggunakan kulit manggis kapsul, dalam bentuk jus ataukah kulit manggis kering yang dimasak sendiri? mana yang lebih baik khasiatnya mbak? mksh.

    Dara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s