Ramadhan 1434 H: Hakekat Puasa Tidak Hanya Sekedar Menahan Lapar dan Dahaga

Tanda ini jadi "reminder" buat saya sendiri sebagai manusia biasa yang kadang penuh khilaf

Tanda ini jadi “reminder” buat saya sendiri sebagai manusia biasa yang kadang penuh khilaf

Udah beberapa hari puasa ramadhan berjalan, saya mau jujur hari ini saya mellow banget , entah kenapa tiba tiba pingin mewek aja bawaannya,  pikiran kusut, lemes terasa capek banget. Capek pikiran, capek hati dan juga capek fisik….Astagfirullah…Ya Allah kok jadi ngeluh gini, asli bukan bermaksud mengeluh…Bismillah saya yakin saya bisa menjalaninya dengan baik setiap peran dan juga tanggung jawab yang telah dibebankan dan telah saya sandang. Membereskan satu persatu setiap benang kusut yang ada dalam kehidupan saya saat ini untuk bisa jadi lebih baik lagi…jadi muslimah yang baik, jadi ibu yang baik..jadi istri yang baik, jadi anak yang baik buat kedua orangtua saya…jadi menantu yang baik, jadi adik yang baik, jadi tante yang baik, jadi sodara atau teman yang baik…Intinya adalah semua-nya semoga menjadi lebih baik….. Allah itu Maha sayang sama umatnya…Maha  Penolong…maka saya hanya tinggal berdoa dan berpasrah Pada-NYA… insyallah semuanya akan baik baik sesuai dengan yang telah di gariskan oleh-NYA. *Aamiiin…

Sebenarnya kalo lagi sensi dan mellow ini bisa jadi sarana yang manjur banget buat saya ber-munajat kepada-NYA..bisa pasrah banget…dan yakin banget dengan segala Kasih Sayang NYA dan juga Pertolongan-NYA…dengan ikhlas berdoa dan memohon ampunan padaNYA…walah mak…mosok eling eling dengan sangat KEPADANYA pas mellow aja …nggak sih nggak gitu maskudnya tapi selalunya pas kondisi mellow gini…bisa merasakan kepasrahan…apalagi di tambah fisik lemes lemes kayak gini…*haduh emak satu ini memang bener bener Lebay…:) maaf kawans…kalo emang lebay..inilah enaknya punya blog..bisa curhat apa yang mungkin tidak bisa kita omongkan kepada kawans..kepada suami..kepada orangtua..nah disini plong…suka suka….mau nulis apa…*sing penting sopan dan nggak nulis aib diri sendiri maupun aib orang lain…

BW sejenak ke tempat kawans blogger non yang ada disini, yang menceritakan tentang cerita hari pertama ramadhan untuk dia dan dan suami-nya yang notabene seorang mualaf membuat saya terasa disentil banget… TERSENTIL  BANGET ..hehehe…pakai capslock soale bener bener sentilan keras….halah opo tho mak?? Hmmm…tersentil kata kata yang ditulis mbak noni disitu yang menurutnya cerita dari suaminya;

“Yeah….emang puasa itu kan bukan sekedar nahan lapar n haus doang ya, yang semestinya adalah menahan nafsu2 itu hehe. Saya aja yg dari kecil masih gak lulus apalagi Matt yg baru nyobain.”

Soal Makna dan hakekat puasa Ramadhan…apa tho puasa ramadhan itu…apakah hanya sekedar menahan makan dan minum dari terbitnya fajar shadiq (subuh) sampai dengan terbenamnya matahari (maghrib) tiba.   Saya mengiyakan banget kutipan tulisan mbak noni diatas, kalo sekedar menahan lapar dan dahaga, insyaallah kuat,tapi menahan hawa nafsu dan godaan setan yang lain itu, Ya allah susah banget. Perlu perjuangan berat untuk menahan Hawa nafsu untuk amarah,  hawa nafsu ngerumpiin orang lain, hawa nasfu pandangan mata,berbohong atau berkata dusta, intinya adalah menahan hawa nafsu  untuk  yang lain lain yang intinya bisa membatalkan dan atau mengurangi pahala puasa ramadhan kita. Ibaratnya sayang banget kan kita dah penuh perjuangan menahan lapar dan dahaga tapi tidak dibarengi dengan menahan hawa nafsu yang ada didalam diri kita.   Pada intinya menurut Wikipedia yang ada disini, Umat Islam juga dikehendaki menahan diri daripada menipu, mengeluarkan kata-kata buruk atau sia-sia, serta bertengkar atau bergaduh. Ini kerana puasa merupakan medan latihan memupuk kesabaran, kejujuran serta bertolak ansur dalam diri. Secara tidak langsung amalan puasa akan menyuburkan sikap murni di dalam diri pelakunya. Adalah menjadi harapan kita agar kesemua nilai yang baik ini akan terus dipraktikkan ke bulan-bulan berikutnya.

Saya hanya manusia biasa, terus terang dan jujur…ada banyak godaan setan dan kesempatan  yang pada akhirnya  bisa saja membuat kita terpancing untuk misalnya emosi, marah, nggak sabaran, kadang secara nggak sadar ikut terjebak ngomongin orang…astagfirullah..ampuni saya Ya Allah…saya masih belajar dan selalu belajar untuk selalu lebih baik dan mendapatkan pahala puasa ramadhan secara maksimal, dan semoga  insyallah  lebih baik dari tahun tahun yang lalu. *Amiin

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Religi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Ramadhan 1434 H: Hakekat Puasa Tidak Hanya Sekedar Menahan Lapar dan Dahaga

  1. naniknara says:

    sepakat mbak, puasa tidak sekedar menahan haus dan lapar. Jika sudah menyadari hal ini, insyaallah saat berbuka tidak akan “kemaruk”

  2. Desi says:

    amiiin….

    smoga puasa kita bener2 diterima Allah SWT ya…
    aku puun masih suka terjebak ngomongin orang deh ini..huhuhu *bekep mulut pake lakban*

  3. nyonyasepatu says:

    nahan nafsuuu yang laen2 selain makan n minum plus otak2 nakal ini susyeeeeeee🙂
    kalo berhasil pasti hebat banget ya

  4. Lidya says:

    semoga puasa kita benar2 puasa yang sebenarnya ya bun🙂

  5. Adini says:

    Iya mb…berpuasa bukan sekedar menahan haus dan lapar, banyak hal yang kita bisa dapatkan dari kita menjalankan ibadah puasa ini.

    Gimana kabarnya mb, moga sehat ya, Kinan juga moga sehat selalu. Kinan sudah sekolah lagi ya mb..hmmm pasti senang sekali dia. Sun sayang untuk Kinan dari kakak Dini ya.

  6. Hervani says:

    Di bulan Puasa atau Ramadhan ini aku sanggup saja menahan hawa nafsu untuk tidak berbuat suatu kejahatan, kemunafikan, kesyirikan, keburukan, kemungkaran, kesombongan, kedustaan dan atau juga perbuatan dosa-dosa yang dimurkai oleh Allah.
    Tetapi kalau untuk yang namanya menahan makan dan minum maka, jujur aku tidak sanggup.

Leave a Reply

