Tips Memilih dan Membeli Oven Listrik Ala Emak Kinan

Disclaimer: Bukan Posting Iklan berbayar dan bukan posting “pameran”. Hanya murni sharing semata. Jangan terkecoh dengan judul🙂

Halah……opo meneh iki emak kinan…..hehehe mentang mentang mau lebaran, menulis sedikit saat break…dan mengucap syukur alhamdullilah berkat doa kawan kawan blogger dalam postingan yang ini tahun lalu , akhirnya alhamdullilah bisa beli “Oven”listrik menjelang ramadhan tahun ini. Halah gitu aja ditulis mak…lho yo mengucapkan terimakasih rek sama yang telah doain tahun lalu,pan jadinya emak kinan nggak perlu pinjam pinjam “otang” dari Mama-nya Hanin…jadi insyallah kalo butuh butuh bikin kue kering dan juga bolu lebih gampang dan praktis.

Komen sekaligus do'a dari bunda monda  tahun lalu..makasih bunda  akhirnya punya oven baru :) *emak kinan lebay dan naris.....:)

Komen sekaligus do’a dari bunda monda tahun lalu..makasih bunda akhirnya punya oven baru🙂 *emak kinan lebay dan naris…..:)

Alhamdullilah..matur nuwun pak ne….yang begitu kekeh sumekeh pingin membelikan saya oven..maskudnya apa coba biar saya rajin baking gitu kah??  Hua hua..tergantung mood yah pak ne….selalu saja dari dulu masih mikir mikir antara beli atau tidak…dan dari kemarin Cuma  searching searching di internet tentang “Tips memilih dan membeli oven”… pada akhirnya dipaksa beli juga…..mungkin pak ne males nganter saya ambil oven pinjeman ketempat mama hanin yang jauhnya lumayan..hehhehe…

Akhirnya  hari sabtu tanggal 29 Juli, sepulang dari imunisasi Hepatitis A untuk kinan di Awalbross dengan dokter Dewi Metta SPA,Mkes. kita langsung cabcus ke Carrefour. Halah mak ra repot bawanya ke Tanjung Uban naik kapal roro, yah lumayan rempong tapi dami selisih harga yang lumayan bisa untuk beli susu kinan satu kardus kok yo eman eman..*dasar emak perhitungan njlimet tingkat tinggi sekali…walah …:). Terus terang nggak mau beli yang mihil mihil nggak ada budget untuk itu jadi pilihannya yang sesuai budget. Tanjung Uban ada yang inceran seperti yang saya inginkan ini tapi  ya gitu seperti penjelasan saya diatas, selisih lumayan dengan di Carrefour.

Sudah diputuskan pingin beli oven listrik aja daridapa “otang” atau “oven tangkring” yang lebih familiar disebut oven “H*CK”..secara saya mengalami susahnya dan penuh perjuangan kalo pakai oven tangkring atau “otang” ini  so diputuskan untuk beli oven listrik aja.Jadi sekarang tinggal pilah pilih oven listri yang masuk budget dan apa aja fitur fiturnya..*halah emang beli HP mak kok pake fitur fitur segala hehehe….maksudnya dilihat keterangan atau spesifikasi masing masing oven yang saya incer antara Merek yang awalnya “C” atau “K”….C dari C*S*M*S…..K dari K*R*N…..hmmm yang ngaku emak emak sejati pasti udah pada tahu dua merek ini….sempat pusing juga yang mana…sampek pak ne…bosen nungguinnya…hedeh namanya juga emak emak istilahnya jangan sampai lah “naudzubillah” amit amit menyesal setelah beli..soale yo cari duit susah cyn….

 Ini check list alias Tips untuk memilih Oven Listrik ala emak kinan ;

  • Pertama pasti yang di check Watt-nya dong..jangan sampai yah istilahnya kita beli oven listrik yang watt-nya nggak sesuai dengan kapasitas Watt listrik dirumah kita, masak yo mau di colokin di listrik punya tetangga.
  • Terus  check kapasitas dan ukurannya atau modelnya…, berapa liter muat nya..terus ukuran dan modelnya besar nggak ruang untuk pembakarannya. Istilahnya jangan sampai deh kita beli oven yang ukurannya kecil sehingga keinginan kita untuk bikin kue kue kering atau bikin bolu nggak tertampung di oven yang kita beli itu
  • Nah sekarang check fungsi dan fitur nya yang lain…seperti bahan untuk rak ovennya, saya lebih pilih yang stainlesssteel, emang ada gitu yang nggak stainless mak..kayaknya sih ada waktu saya chek kemarin
  • Terus Fungsi pemanasnya, suhunya,terus check  ada panas atas, panas bawah, fitur untuk memutar dan lain sebagainya, begitu juga tentang timer yang selalu ada  di oven listrik. Alhamdulillah ada semua fitur-nya di yang emak kinan beli kemarin.
  • Baca buku petunjuk sebelum pemakaian pertama yah….biar lebih mantep dan afdol sebelum dipakai..jangan sampai kejadian kayak kawan yang  adonan roti dimasukkan kedalam oven baru kemudian  ovennya dinyalakan  :)
  • Yang tak kalah penting sebenarnya ini adalah petama kali sebelum memutuskan membeli  adalah check harga juga dipasaran, kalo bisa dapat lebih murah pan lumayan misal di took ini ada discoutnnya di toko sebelah enggak..yo jelas kalo bisa cari yang diskon dong..hehehe..*judulnya tetep emak irit..:)

Alhamdulliah..test pertama dengan oven listrik emak kinan berhasil dengan sukses untuk membuat “bolu tape” untuk kinan….jam 7 pagi mulai mulai mengocok adonan selesai langsung diputar kearah timer 20 menitan…lalu  “Tinggg” matang deh..tekstur dan kematangan oke…Utinya kinan yang mengangkat bolunya dari oven..karena ditinggal emak kinan kerja setengah delapan atau lebih dikit harus berangkat.

Ini penampakan pembuatan bolu kukus tape emak kinan dengan oven baru…belom transfer photo dari digcam..jadi diakalin sama emak kinan dari digcamp diphoto pake hp..nah baru diambil untuk di edit dan templok di postingan ini..halah mak ono ono bae..

Oven listrik

Oven listrik

Lalu selama ini bikin bolu pake apa mak wong belum punya oven listrik??..Mau tahu…saya nekat pake panci Teflon tebal serbaguna yang murah…jadi nggak sayang kalo saya korbankan sebagai oven yang saya pake kurang dua tahunan….jadi tidak punya oven tidak menyurutkan saya untuk belajar baking …tapi tingkat abal abal..hehehe🙂. Pengalaman menggunakan panci teflon serba guna ini  saya lihat kawan saya di jakarta dulu, jadi dia punya panci teflon khusus yang bisa dibuat untuk panggang bolu, dan hasilnya bagus pancinya pun tak rusak. Tapi karena panci yang saya beli ini kayaknya murah dan pas diskon pula..jadi akhirnya emang nggak mulus lagi setelah saya pake untuk memanggang bolu…*jangan ditiru yah..hehehe..tidak ada oven panci telfon pun jadi…:)

Panci Teflon untuk bikin Bolu kukus emak kinan *dulu yah...sekarang dah ada oven....hehehe

Panci Teflon untuk bikin Bolu panggang emak kinan *dulu yah…sekarang dah ada oven….hehehe

Ini penampakannya panci Teflon yang saya jadikan oven untuk membuat kue sebelum punya oven listrik. Kalo di rumah emak saya di Jawa malah punya panci khusu serbaguna yang harganya melebihi harga oven ini dan ok untuk dipakai membuat bolu panggang….

Lalu Mak kapan bikin kue lebarannya? Hayoooooooooo..jangan jangan oven listriknya dianggurin aja dan nggak jadi bikin kue lebarannya…Bismillah insyallah pingin buat kue kering,  ditunggu tanggal mainnya…*halah nggaya tenan emak kinan  emang bisa bikin kue …hehehehe….namanya juga penghematan nggak beli jadi…:) so diusahakan untuk belajar membuat sendiri alias “home made”…* kekep dompet supaya nggak tergoda beli kue…yang brosur dan testernya mulai bertebaran di kantor.  Ayuk…mari mari berbagi resep kue lebaran…*Hayah….puasa baru dapat beberapa haru udah lebaran aja dipikirin….:)

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

56 Responses to Tips Memilih dan Membeli Oven Listrik Ala Emak Kinan

  1. dian_ryan says:

    akhirnya pilih oven merk apa mama kinan, soalnya aku juga lagi nyari oven

  2. Lidya says:

    merknya apa bun? bisiki dong hehehe. Aku udah punya oven listrik waktu itu belinya gak tanya2 dulu aku gak ada pembakaran hanya bawah, adanya atas, ats& bawah, sama buat pnggang ayam

    • kayaknya sama mbak lidya…fiturnya..atas dan bawah, bawah thok, lalu atas thok, lalu ada untuk pemutar…kalo bakar..ayam atau ikan…merk-nya K*R*N…

    • Mama faruq says:

      Mama kinan…klw bikin kue kering ato bolu pke pemanasx salah satu aja ttp jd gk?
      Makasih…^^
      *episode ngirit listrik

      • saya blom pernah nyoba pemanas satu mbak, kalo saya ganti gantian aja, kalo misalnya yang bawah kayaknya udah ok, tinggal yang atas saya nyalain. yang bawah saya matiin, ganti ganti aja pemanas yang ingin kita gunakan panas atas atau yang bawah🙂
        selamat mencoba mbak🙂

  3. monda says:

    waah.., kok komenku nongol he..he…, terima kasih apresiasinya mbak
    selamat ya.., impiannya tercapai, syukur alhamdulillah…, biar tahun ini Kinan mam kastengel buatan mama ya

  4. Desi says:

    asiiikkkk bisa bikin kueh2 lebaran pake oven baru ya mba..😉
    selamat berbaking2 …;)))

  5. Pingback: Ramadhan 1434 H: Silaturahmi Membuka Pintu Rejeki | My new world

  6. mama hilsya says:

    berapa wattnya oven ini? langsung ngiler entah kesambet apa…

  7. nyonyasepatu says:

    Aku jg lg nyari2 oven tp bingung mau beli yg mana. Maunya muran, bagus n hemat listrik hihi

  8. Pingback: Membuat Kue Nastar dengan Oven Listrik | My new world

  9. fitri says:

    em,,,,,sing sit
    mau nanya2 donk merek apatu krn….
    trus hrg y brpn y q lagi cari2

  10. Dian says:

    Bun, harganya brp? Klo merk sy dh tau, Sy jg lg bingung cr oven listrik yg cocok buat di rmh

  11. Nanda says:

    Selamat Pagi bu…
    Saya ada Oven Listrik merk “SUMACO” Toaster Oven Model No . KWS-160AR (AC220V – 50Hz 1000watt) Kondisi masih Mulus Harga Rp. 600.000 Nego
    Kalo ibu perlu gambarnya nanti saya kirimkan ke Email…

    ini email saya:
    nanda-binjai@yahoo.co.id
    nndmaulana7@gmail.com

    Nomor Hp yg bisa dihubngi (081274282472 Bpk. Nanda M)

  12. hunnyb33 says:

    halo bun,, boleh tau kapasitasnya yg berapa liter ya?

  13. nisa says:

    Lagi pengen cari oven juga, tp buta sama skali ttg oven. Bedanya panggang atas sama bwh apa ya? Kebetulan hobiku bikin macaroni schotel, nah itu berarti pake yg atas apa yg bawah? Trus mau tau brapa lamanya kita memanggang gimana? Dan brapa derajatnya. Thanks yg udah mau jawab beberapa pertanyaanku.

    • hi mbak nisa, kalo soal panggang atas bawah itu maksudnya elemen pemanasnya ada diatas dan dibawah, macaroni schotel yang saya tahu pake atas dan bawah matang sempurna dengan pemanas elemen dari bawah dan juga dari atas agar agak sedikit kering, terus kalo tahu lama memanggan nanti ada timernya..rata rata oven listrik sekarang ada timernya gabung jadi satu jadi diputer dia jalan, otomatis mati sesuai dengan angka yang kita setting. derajat juga begitu ada tulisan dan indikator derajatnya misalnya kita pingin 200 nah kita putar pas diangka 200, rata rata di oven skg udah build in semua itu…kalo enggak berarti nggak lengkap fiturnya semoga berguna yah mbak infonya

  14. ratnareene says:

    mbak, smpe saat ini uda nyoba bikin kue kering blum pke oven barunya? sy lg nyari oven jg ne, tp msh bngung.

    • Udah pernah mbak bikin kue nastar 2 kali dan hasilnya memuaskan sih mbak untuk pemanasannya menurut saya, kalo bolu panggang udah sering juga ok hasilnya
      cerita yang bikin kue nastarnya ada disini
      https://artyakinanthi.wordpress.com/2013/08/29/membuat-kue-nastar-dengan-oven-listrik/

      • ratnareene says:

        assalamualaikum. maaf mbk, kmren sy prnh baca tulisan mbak tentang pinggang kecetit. gmn kbrnya mbk? udah sembuh? huhuhu, spertinya sy jg mngalaminya. oh y selain exercise yg diajarin dokter, apa ada obat2an pndukungnya?

      • waalaikum salam mbak, alhamduilllah sekarang saya hampir tidak pernah mengalami pinggang kejetit lagi, setiap kali pinggang udah terasa kaku saya langsung peregangan sesuai gambar dan excercise sederhana, obat obatan pendukung kayaknya sih kalo sudah agak berat terapi sih mbak, untuk disinar (dipanaskan dengan sinar) oleh dokter tujuannya untuk melenturkan otot2, kawan saya dulu ada yang terapi ini tapi, saya kemarin hanya berkunjugn sekali dan obat untuk otot yang diminum waktu itu saya tidak minum, saya lebih memilih saya gunakan obat luarnya atau saleb nya ..kayanya pernah saya share namanya coba nanti saya check lagi di email. semoga lekas sembuh yah

      • ratnareene says:

        aamiin. Alhamdulillah mbk kecetitnya udah mereda dgn ngikutin exercise yg mbk posting. wlopun blm 100% ilang, tp udah bs beraktifitas dgn nyaman. mksh byk y mbk sharenya manfaat bgt. he

  15. viona says:

    mbak, tanya donk bedanya oven ama oven toaster.. aku bener2 ga ngrti ttg oven2 gni.. kpn kita tau hrus pake panggang bawah ato atas ato 22 nya? klo dibilang dibuku resep misalnya 180º,itu pake panggang yg mana? mbak tau ga watt yg lbh kecil lg? makasi jwbnnya mbak..

  16. irna says:

    Bund kalau yang merk c*o*s*m*s 958 bagus ngga ya bund ? Bedanya apa sama krn ? Lebih bagus yg mana ?? Bukannya Krn itu lebih ke pemanggang ikan atau ayam ya ?

  17. wahyukurniautami says:

    Klo pake oven ini listrik dirmh hrs brp watt y bund?trims

    • dirumah kebetulan pake yang 1300 watt dayanya….:)
      nyala bawah aja 400 Watt mbak, terus kalo atas juga nyala 400 watt jadi mungkin total 800 watt kalo nyala pemanggang atas dan bawah

  18. Nuke says:

    Mba, oven nya bisa dibuat ganti goreng-goreng ngga?kaya kerupuk dll jadi mengurangi minyak2an

  19. liana says:

    Bunda mau tanya oven listrik yang hemat listrik merk apa yah?

  20. annty salim says:

    Haaaaa oven sama ky punya ku jeng, memang tahan itu, aku udah pakai hampir 7 tahunan lah, belum pernah mengecewakan, mudah2an begitu seterusnya, cuma kalau loyang browneis yg 30cm gak bisa masuk memang..
    happy baking yaaaaa

    • Merry says:

      tahanlama juga yaa berarti oven krn, jadi pengen pilih ini aja deh, tips rawatnya gimana buun biar awet gitu.. thx😀

  21. Yudi Kenza says:

    bun…klo bikin kue pakainya api ap ya? atas bawah atau bawah aj

  22. Emen says:

    Mba..mau tanya dunk…knp y tiap bikin kue, saya selalu gagal? T^T hiks…klo ga bantet pasti kempes saat keluar dari oven
    tp lebih sering kempes sih…
    pdhal udah kasih baking powder…oven jg udah aku panasin
    kurang apa y? huhuh apa jml telor mempengaruhi y?

    • iya mungkin komposisi jumlah telor dan juga perbandingan dengan tepungnya, dan juga pastikan kocokannya sesuai petunjuk…kurang lebih itu aja sih mbak..mohon maaf soalnya saya juga masih amatiran bakingnya

  23. wenny says:

    mama kinan, salam kenal..
    saya belom pernah bikin kue sama skali, ini jg baru beli oven listriknya, mau nanya kalo mau bikin kue gt, ovennya dipanasin dulu, atau dimasukin adonan dulu baru oven dinyalain ya? kalo oven dipanasin dulu, brp menit ya? maaf banyak tanya, masi baru pertama kali soalnya hehehe

    • selamat yah mbak wenny atas oven listrik barunya, saya juga amatiran blom begitu mahir baking dan itupun tergantung mood, kalo mau bikin kue oven dipanasin dulu dari buku petunjuk 10 menit cukup pemanasan oven dengan suhu 150 derajat celcius. saya juga masih belajar kok..sama sama mari kita belajar🙂

  24. Rini says:

    ada nomer typenya gitu ga bund ? misalnya kirin type sekian.. ato emang cuma satu type aja

  25. iVY says:

    mom kinan..saya juga lagi bingung nii beli oven baru merk D*np*o disitu cuma ada fitur pmanasan atas bwh dll dan timernya saja..lhaa ini di sebuah resep kue kering yg mau saya coba disuruh panaskan oven sampai 400drajat farenheit or 205 drjt celcius gitu ya i think..ini gmn ya mom kinan.. gada fitur drajatnya? mohon pencerahannya? klo 205drjt celcius harus dipanaskan brp menit gt ovenny? #garuk2kpaladipojokandapur

  26. bunda ewi says:

    Mom, kirinnya type apa ya ini??
    Naksir juga nie, masih ada di pasaran ga yaaaa??😀

    • rachel mustika says:

      Bantu jawab bunda ewi: itu merk Kirin KBO-190RA kapasitasnya 19L bun,,, hehee kelamaan jawabnya mungkin bunda sudah beli yaa. Masih ada dipasaran bun, soalnya saya kemaren baru saja lihat” oven

  27. Fay says:

    Bun, ukuran 19 L ini muat kah loyang 20 cm? Makasih sebelumnya🙂

  28. Bun kasi saran dong
    di rmh sy daya nya 1300va
    mnr bunda bagus ny sy beli oven merk apa? Ditunggu jawaban ny ya bun soalny sy lg nyari oven

    • Mengenai oven listrik yang kira kira cocok untuk daya dirumah yang 1300 mungkin bunda bisa cari yang kurang lebih 300 watt -450 watt banyak sekali dipasaran bun, coba aja googling dulu bun misalnya seperti oven merek K*r*n yang saya punya, atau ox*n* atau Cosm*s , coba saja check dan bandingkan fitur dan kegunaannya kalo watt nya kurang lebih rata rata sama

  29. cerita kalis kukis says:

    hi mamanya Kinan, salam kenal ya, lagi mau posting soal oven listrik eh terdampar di sini,, makasih sharingnya ya… jadi tambah inspirasi untuk menulis, btw mampir2 ya ke blogku, atau ke sini http://www.kaliskukis.com

  30. Tipe Oven Gas Sesuai Kebutuhan pembuatan Kue Cake dan Bakery
    Hubungi : 0821 2657 2597

    Oven Gas Tipe M40
    Ukuran PxLxT : 50 x 45 x 50 cm
    Kapasitas Loyang : 2 pcs
    Ukuran Loyang : 40 x 40 cm
    Jumlah Rak : 2 Tray

    Oven Gas Goldenstars Tipe Stanstard
    Ukuran PxLxT : 80 x 45 x 55 cm
    Kapasitas Loyang : 2 pcs
    Ukuran Loyang : 40 x 60 cm
    Jumlah Rak : 2 Tray
    Oven Gas Murah

    Oven Gas Goldenstars Tipe Super Standard
    Ukuran PxLxT : 82 x 50 x 60 cm
    Kapasitas Loyang : 2 pcs
    Ukuran Loyang : 40 x 60 cm
    Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.8 mm
    Jumlah Rak : 2 Tray
    Optional : Rockwoul / Peredam Panas

    Oven Gas Goldenstars Tipe P60
    Ukuran PxLxT : 88 x 66 x 65 cm
    Kapasitas Loyang : 3 pcs
    Ukuran Loyang : 60 x 60 cm
    Jumlah Rak : 3 Rak
    Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.9 mm
    Optional : Rockwoul / Peredam Panas

    Oven Gas Goldenstars Tipe KK50
    Ukuran PxLxT : 120 x 50 x 60 cm
    Kapasitas Loyang : 6 pcs
    Ukuran Loyang : 40 x 40 cm
    Jumlah Rak : 3 Tray
    Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.8 mm
    Optional : Rockwoul / Peredam Panas
    Bahan Bakar : Gas Elpiji 12 kg
    Termasuk : Selang Gas, Regulator, Kaki+Meja, Termo, Kran Gas
    Cat / Warna : Anti Panas / Silver / Silver Stone

    Informasi Lebih Lengkap Silahkan Hubungi : 0821 2657 2597
    Atau cek : http://www.goldenstars.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s